Beranda Ide Bisnis 11 Inspirasi Peluang Bisnis Online

11 Inspirasi Peluang Bisnis Online

1353
0
BERBAGI
peluang bisnis online, peluang bisnis online terbaik
mencari peluang bisnis online

Peluang bisnis online itu masih sangat sangat luas, terutama di Indonesia yang penggunaan internet dan bisnis online masih akan terus bertumbuh dari tahun ke tahun.

Tidak heran mengapa Indonesia seringkali disebut-sebut sebagai pasar paling menjanjikan atau pasar paling menarik di Asia Tenggara. Dengan jumlah penduduk 250 juta jiwa dan luas wilayah terbesar nomor 4 didunia tidak heran Indonesia disebut sebagai salah satu emerging market paling strategis.

Berbicara tentang peluang bisnis online di Indonesia tidak lengkap jika tidak mengetahui lebih dahulu sebesar apa pasar bisnis online di Indonesia dan seberapa besar pertumbuhannya dari tahun ke tahun.

Dari data paling dasar pasar bisnis online, per Januari 2016 terdapat 88 juta lebih  pengguna internet aktif di Indonesia. Jumlah tersebut tumbuh 15% dibandingkan Januari tahun 2015. Itu berarti jika tahun 2016 pengguna internet tumbuh pada kecepatan yang sama maka pada tahun 2016-2017, pengguna internet aktif bertambah lebih dari 13 juta.

Sedangkan dari sisi transaksi yang dilakukan di internet atau E-Commerce pada tahun 2016 bisa mencapai Rp. 394 trilliun (US$ 30 miliar) dan diharapkan mencapai Rp. 1.710 trilliun (US$ 130 miliar) pada tahun 2020. Dari data tersebut jelas bahwa peluang bisnis online di Indonesia masih sangat berkembang.

Oke, sekarang kembali ke fokus utama yaitu terkait inspirasi peluang bisnis online. 20 inspirasi peluang bisnis online yang dapat anda jalankan dibawah ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam memilih peluang bisnis online yang tepat pertimbangkan kemampuan, skill, modal serta minat yang anda punya.

Terkait : Cara Memulai Bisnis Dalam 5 Langkah

 

1. Jual Barang Dengan Toko Online

peluang bisnis online, toko online, membuka toko online, membuat toko online

Bisnis online ini tidak jauh berbeda dengan jual beli biasa.

Anda membuat sebuah toko untuk menunjukkan barang dagangan anda, pasarkan agar banyak yang mengetahui toko dan dagangan anda.

Begitu ada calon pembeli yang tertarik anda dan pembeli menyepakati harga. Anda mendapat bayaran melalui cara pembayaran yang anda sediakan. Kemudian barang anda serahkan baik melalui kurir, gojek atau Cash on Delivery (COD).

 

Kelebihan:

  • Differensiasi lebih dibandingkan berjualan di online marketplace
  • Bisa membuat program loyalti
  • Mempunyai potensi membangun merek dan pelanggan tetap
  • Kebebasan mengatur isi dan tampilan toko

Kekurangan

  • Membutuhkan sedikit keahlian dalam membuat dan mengatur toko online
  • Membutuhkan waktu, biaya dan keahlian untuk membangun traffic lebih dibandingkan dengan online marketplace

Untuk kekurangan yang pertama anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan platform yang sangat, sangat mempermudah anda dalam membuat dan mengatur toko online anda seperti:

 

Jarvis Store

Platform E-commerce asli Indonesia yang bekerja disemua perangkat (PC, Laptop, Smartphone dan Tablet). Jarvis Store sudah punya 20.000 pengguna terdaftar.

Fitur sangat lengkap dan mudah digunakan selain itu anda dapat mencoba secara gratis dengan 20 produk dan 35 MB storage.

Tersedia juga paket premium bagi yang butuh penyimpanan serta jumlah produk lebih banyak sampai tidak terbatas dan banyak bonus seperti gratis desain logo, template premium, Support 30 Hari dan domain.

Biaya : Gratis – Rp.99 rb – Rp. 199 rb- Rp. 499 rb/bulan

Pelajari Lebih Jauh : Jarvis Store

 

Shopify 

Platform E-commerce multinasional yang sudah sangat berpengalaman sejak 2006.

Shopify melayani 300.000 toko online yang aktif diseluruh dunia. Keberhasilan platform Shopify dibuktikan bukan hanya dengan jumlah pelanggannya tetapi juga dengan jumlah transaksi yang fantastis yaitu US$ 20 miliar.

Kelengkapan fiturnya tidak perlu ditanyakan lagi, bahkan Shopify punya semacam virtual assitent pribadi untuk membantu anda dalam melakukan marketing. Tampilan toko onlinenya juga sangat cantik. Contohnya bisa dilihat disini.

Biaya : US$ 29 – US$ 79 – US$ 299/bulan

Pelajari Lebih Jauh : Shopify

 

Jejualan.com

Sama dengan Jarvis Store, plaform ini juga asli dari Indonesia. Jejualan.com diluncurkan pada 2013.

Sudah ada 30.000 toko online terdaftar dan lebih dari 3.000 di antaranya telah berlangganan.

Fitur-fiturnya juga lengkap mulai dari SEO, template premium, integrasi social media,  marketing tools, pilihan pengiriman dan banyak lagi.

Biaya : 99rb- 199rb -499rb -999rb per bulan

Pelajari Lebih Jauh : Jejualan.com

 

2. Jual barang di online marketplace

online-marketplace

Berbeda dengan berjualan barang di toko online yang membuat website sendiri, berjualan barang di online marketplace hanya membutuhkan gambar produk dan deskripsi produk.

Berjualan di online marketplace sederhana dan mudah, anda langsung bisa berjualan setelah melengkapi gambar dan deskripsi produk yang anda jual. Selain itu online marketplace biasanya sudah mempunyai traffic yang cukup besar sehingga basis pelanggan dasarnya sudah ada.

Namun berjualan barang di online marketplace juga tetap mempunyai kekurangan dan kelebihan sebagai berikut:

 

Kelebihan:

  • Sangat sederhana dan mudah, anda bisa mulai berjualan pada hari yang sama;
  • Pengaturan pengiriman dan pembayaran beragam;
  • Tempat berkumpulnya pembeli, basis pasar sudah ada;
  • Umumnya untuk bisa mendaftar tidak dikenakan biaya, sehingga biaya memulai sangat rendah.

Kekurangan

  • Sulit membangun merek bisnis anda;
  • Toko anda bergantung kepada kebijakan website online marketplace yang bisa berubah;
  • Persaingan, di online markeplace selain banyak pembeli, penjual yang lain juga banyak;
  • Pengenaan biaya transaksi yang cukup tinggi (tidak semua online marketplace mengenakan ini)

Sebagai referensi berikut beberapa online marketplace yang populer:

  • Tokopedia : iklannya ada dimana-mana, kebanyakan orang pasti sudah kenal dengan Tokopedia. Salah satu pionir online marketplace di Indonesia, penjualnya sudah banyak sekali. Tidak mengenakan biaya transaksi, persaingan sangat ketat di Tokopedia. Kelebihannya anda punya profil toko yang khusus di tokopedia.
  • Bukalapak : pesaing besarnya tokopedia untuk iklan di TV. Jumlah penjualnya juga sudah banyak, fitur-fiturnya cukup lengkap. Tidak mengenakan biaya transaksi dan sama dengan tokopedia, toko anda punya halaman sendiri.
  • Lazada : online marketplace yang besar dan banyak menjadi referensi pembeli dalam melakukan pembelian. Traffic pembeli sangat banyak, mengenakan biaya transaksi tetapi toko anda tidak punya halaman sendiri. Kekurangannya mengenakan deposit untuk mulai berjualan dan sanksi terlambat mengirim atau terlambat update kehabisan stok memberatkan.
  • Blibli : salah satu pelopor juga dalam konsep online mall di Indonesia, mempunyai jumlah merchant dan brand-brand terkenal yang banyak. Sama seperti lazada, blibli juga mengenakan biaya transaksi. Terdapat skema konsinyasi untuk yang ingin berjualan tanpa mengurus pengiriman.
  • Elevenia : terkenal dengan iklannya yang dibintangi oleh Raisa dan menjamin harga paling murah. Sama seperti Lazada dan Blilbi yang mengenakan biaya transaksi, pendaftaran gratis.
  • Mataharimall.com : pendatang baru di Ecommerce Indonesia tetapi dengan backingan dari Lippo Group Mataharimall.com dengan cepat mendapatkan posisi tersendiri di pasar online marketplace Indonesia. Sama dengan Lazada kekurangannya mengenakan deposit untuk mulai berjualan dan sanksi terlambat mengirim atau terlambat update kehabisan stok memberatkan.
  • Shoppe  : online marketplace yang diluncurkan sebagai mobile apps, terkenal karena program gratis ongkirnya. Cocok untuk jualan barang-barang yang ditargetkan kepada wanita.

Kalau dilihat dari Traffic Alexa rank urutan marketplace yang memiliki traffic paling tinggi adalah:

  1. Tokopedia (posisi 8)
  2. Bukalapak (posisi 10)
  3. Elevenia (posisi 20)
  4. Lazada (posisi 22)
  5. Blibli (posisi 45)

 

3. Menjual ebook,  audiobook,  atau video informatif

peluang bisnis online ebook, peluang bisnis ebook

Menurut saya semua orang memiliki keinginan untuk memiliki pengetahuan atau informasi tertentu. Itulah alasan mengapa search engine seperti google merupakan situs yang paling banyak dikunjungi diseluruh dunia. Mempunyai informasi yang tepat adalah langkah awal mengambil keputusan yang tepat dan untuk belajar melakukan sesuatu.

Selain itu membuat produk informasi yang berkualitas tidak mengharuskan anda menjadi ahli dibidang tersebut. Anda cukup lebih tau, lebih berpengalaman atau bisa menjelaskan dengan lebih baik dibandingkan dengan target pasar anda. Misalnya jika anda ingin membuat ebook tentang bagaimana membuat website maka anda tidak harus menjadi ahli coding yang sanggup membuat website yang kompleks.

Anda dapat menjelaskan cara-cara sederhana dan mudah yang dapat dilakukan oleh pemula, sehingga anda juga hanya perlu memiliki pengetahuan yang lebih banyak dibanding pemula.

Terkait : Membuat Toko Online Dengan Woocommerce

Menjual produk ebook, audiobook dan video juga merupakan peluang bisnis online yang menguntungkan karena anda cukup membuat produk tersebut sekali saja (mungkin dengan beberapa kali revisi jika ada perubahan informasi) dan anda dapat terus menjualnya hanya dengan biaya tambahan yang minimal.

Langkah-langkah untuk membuat produk berupa ebook, audiobook  atau video informatif juga dapat dirangkum sebagai berikut:

  • Temukan masalah yang membutuhkan informasi yang berguna dan terstruktur;
  • Belajar atau kumpulkan informasi untuk memecahkan masalah tersebut;
  • Tulis, rekam atau videokan informasi yang berguna untuk memecahkan masalah tersebut.
  • Pasarkan produk tersebut dengan berbagai strategi seperti blogging, social media, advertising, word of mouth dan banyak lagi.

Walaupun begitu ada tantangan sendiri untuk menjual produk berupa ebook, audiobook dan video yaitu:

  • Bagaimana memasarkan produk tersebut. Memasarkan produk tersebut menjadi tantangan terbesar disini, karena orang lain tidak akan langsung percaya begitu saja jika anda menjual produk yang memang berguna bagi mereka. Oleh karena itu penting sekali untuk membangun reputasi yang baik dan dapat dipercaya.
  • Bagaimana mencegah orang lain membajak produk tersebut. Ini ancaman yang kedua dan mungkin sulit untuk dicegah, salah satu solusinya anda bisa membuat satu website khusus yang dilengkapi dengan fitur untuk mencegah download atau mengcopy konten anda.
  • Bagaimana agar konten informasi tersebut relevan dengan perkembangan waktu. Dengan berkembangnya teknologi dan sosial masyarakat maka dinamika kehidupan dimasyarakat juga akan berubah. Hal tersebut tentu akan merubah apakah konten yang anda berikan masih relevan atau tidak. Untuk itu anda harus mengupdate informasi yang anda berikan dari waktu ke waktu.

Untuk memasarkan produk informasi anda bisa melakukan salah satu atau gabungan dari sini:

  • Membuat website sendiri dan membuat toko online untuk produk digital anda;
  • Bergabung di online marketplace untuk produk digital seperti Ratakan.com (Indonesia), Clickbank (internasional) dan Gumroad (internasional).

 

4. Membuka online coaching,  webinar, dan online courses

Mungkin anda juga pernah mengalami sulitnya belajar suatu materi secara mandiri/otodidak dan merasa lebih mudah belajar jika ada orang lain yang mengajari anda.

Nah jika anda mempunyai suatu keahlian dan anda ingin membantu mereka yang belajar maka ini dapat menjadi bisnis anda.

Bisnis ini juga merupakan peluang bisnis online dengan potensi pendapatan yang besar, karena anda bisa merekam pelajaran dan materi yang anda ajarkan dan kemudian diputar ulang oleh murid anda.

Sehingga berbeda dengan kursus biasa, anda bisa mendapatkan murid jauh lebih banyak dibanding kursus konvesional dengan biaya yang jauh lebih rendah.

Bahkan Jamie Tardy yang sebelumnya tidak punya uang dan memiliki utang sebesar $ 70.000 (sekitar Rp 917 juta rupiah) bisa membangun bisnis ini menjadi bisnis dengan penghasilan lebih dari $ 100.000 (sekitar Rp. 1,3 miliar). Anda bisa mendengar wawancara lengkapnya di entrepreneur-journey.com.

Proses memulainya juga tidak jauh berbeda dengan menjual ebook, audiobook dan video informatif. Perbedaan utamanya lebih kepada produk anda sendiri yang lebih informatif seperti dilengkapi modul latihan atau sesi tanya wajab melalui online messanger/chat.

Sebagai referensi terdapat beberapa platform yang bisa anda gunakan bila ingin memulai bisnis ini:

  • Udemy.com. Situs internasional dengan lebih dari 12 juta murid terdaftar, 20 ribu pengajar. formatnya seperti marketplace, pengajar dan kursus yang tersedia disentralisasi dalam situs Udemy.
  • Lynda.com, Situs internasional yang merupakan bagian dari Linkedin.com, jaringan sosial professional terbesar didunia. Formatnya kurang lebih sama dengan Udemy.
  • Teachable.com. Situs internasional, formatnya merupakan website builder/platform yang khusus untuk memberikan kursus, pengajaran atau webinar online.
  • Thinkfic.com. memberikan solusi all-in-one untuk membantu Anda membuat, menyampaikan, dan memasarkan dan menjual kursus online – termasuk rencana pemula $ 0 (berdasarkan mengambil komisi 10% pada penjualan Anda) yang dapat ditingkatkan sesuai kebutuhan anda.

 

5. Menjadi Blogger

peluang bisnis online, blogging, membuat blog, bisnis blogging, memulai blog

Menjadi seorang blogger adalah bisnis yang serius. Potensi peluang bisnis online sebagai blogger sangatlah besar, contoh paling ekstrimnya The Huffington Post yang sekarang terkenal sebagai internasional media berawal dari blog. Sekarang pendapatannya mencapai $ 2.500.000 (sekitar Rp 32 miliar) per bulannya.

Contoh lain, Mashable.com awalnya adalah blog yang mempunyai tema teknologi dan hal-hal menarik yang ada di Internet. Saat ini Mashable.com dapat meraup $ 600.000 (sekitar Rp. 7,8 miliar) per bulan. (anda bisa liha list lengkap blog internasional penghasilan terbesar disini).

Lalu bagaimana dengan blogger Indonesia? Salah satu blog tersukses berbahasa Indonesia yaitu Maxmanroe.com diperkirakan mendapat Rp. 50 juta perbulan. Sedangkan dari survey salah satu top blogger Indonesia yaitu Mas Sugeng, 27% blogger yang disurvei mempunyai penghasilan lebih dari 10 juta (baca disini).

Dari data-data tersebut dapat disimpulkan jika blogging termasuk peluang bisnis online yang menguntungkan. Untuk memulai bisnis sebagai blogger langkah-langkahnya secara ringkas adalah sebagai berikut:

  • Tentukan tema blog anda (blog bertema campur-campur lebih sulit bersaing);
  • Siapkan hosting dan domain;
  • Tulis artikel dan konten yang informatif dan berguna;
  • Pasarkan blog anda dan tingkatkan trafficnya dengan SEO, Social Media, Internet Marketing;
  • Monetisasi (baru pada tahap ini blog anda akan menghasilkan uang)

Anda bisa monetisasi blog anda dengan cara sebagai berikut (atau gabungan dari beberapa):

  • AdSense
  • Jual iklan banner
  • Affiliate marketing
  • menawarkan layanan premium ke anggota
  • berjualan produk fisik atau digital yang relevan dengan blog

Kami akan membahas lebih dalam bagaimana memulai bisnis blogging dalam artikel selanjutnya.

 

6. Menjadi social media influencer

Dengan semakin seringnya orang menghabiskan waktu di social media, posisi social media dalam internet marketing menjadi semakin penting.  Hal ini didukung dengan penelitian oleh Hubspot, dimana 92% dari marketer di 2014 mengklaim marketing social media sangat penting untuk bisnis mereka, dengan 80% mengindikasi upaya mereka meningkatkan traffic ke website mereka.

Peluang bisnis online ini juga cukup besar dimana berdasarkan Forbes satu post instagram, twitter, atau facebook dengan pengikut lebih dari 15.000 dapat meraih $ 700 (sekitar Rp 9 juta) dari satu posting bersponsor. Berdasarkan jezebel.com untuk 500 ribu follower lebih anda bisa mendapatkan $ 3,000  (sekitar Rp 39 juta) untuk satu posting bersponsor.

 

7. Menjadi Penulis Freelancer

Dengan semakin berkembangnya E-Commerce dan juga online presence bagi setiap bisnis maka jumlah website akan semakin meningkat. Meningkatnya jumlah website tersebut akan meningkatkan kebutuhan konten yang berkualitas.

Salah satunya adalah artikel, dengan artikel yang berkualitas suatu website dapat membedakan dirinya dari website yang lain. Selain itu publikasi konten berkualitas dan diupdate secara berkala merupakan salah satu faktor berkembangnya traffic website sehingga setiap website yang mau berkembang harus mempublish artikel secara berkala.

Namun, menulis artikel yang berkualitas itu tidak mudah dilakukan semua orang. Dibutuhkan keahlian tersendiri untuk menyusun suatu artikel yang memberikan kesan dan berarti bagi pembaca website yang semakin kritis. Sehingga jasa seorang penulis artikel yang bagus akan selalu dibutuhkan.

Bagaimana potensi pendapatan dari peluang bisnis online ini? di Sribulancer.com satu job freelance content writing berbahasa Inggris bisa dibayar lebih dari Rp. 1.000.000. Dan disitus internasional Freelancer.com bayarannya bisa lebih tinggi bergantung kepada volume pekerjaan.

Anda juga bisa menscale-up bisnis anda sebagai penulis freelancer dengan membuat agensi content marketing.

 

8. Web Design/Development

Jika anda mengetahui banyak bisnis-bisnis lokal punya produk berkualitas atau terkanal dan belum punya website, maka disitu ada peluang bisnis online menjadi web designer/developer. Pemilik bisnis lokal kemungkinan besar tidak mengembangkan website karena mereka tidak punya cukup waktu untuk mengurusi hal tersebut, dengan pendekatan yang proaktif anda bisa meyakinkan mereka.

Bagaimana jika anda tidak bisa coding? jangan bingung karena sekarang ini membuat website sebenarnya sangat mudah. Anda cukup menguasai beberapa atau bahkan satu hanya CMS seperti WordPress.

Untuk kebanyakan bisnis kecil, WordPress umumnya sudah mencukupi kebutuhan mereka.

Anda kemudian tinggal memilihkan theme yang tepat untuk klien anda dan membantu installasi.

Bagaimana dengan prospeknya dari peluang bisnis online ini? Cukup menjanjikan, dengan menghitung jasa pembuatan website bisa dikenakan biaya Rp. 1.500.000 keatas (tergantung kompleksitasnya) dan theme premium berharga $59 di themeforest maka anda bisa mendapatkan keuntungan kurang lebih Rp. 800.000 (dengan kurs  $ 1 = Rp 13.000) .

Belum lagi jika anda juga menjadi reseller hosting yang dapat memberikan anda komisi antara 10%-20% dari harga hosting.

 

9. Membuka Bisnis Konsultasi

Jika anda punya suatu keahlian yang spesifik dalam suatu bidang dan dapat memberikan saran yang berharga maka anda dapat memulai bisnis jasa konsultasi. Bisnis konsultasi juga sangat ideal bagi entrepreneur yang tidak memiliki modal berupa uang, modal untuk bisnis konsultasi adalah:

  • Keahlian dan pengetahuan;
  • Networking dan komunikasi;
  • Rekam jejak pekerjaan sebelumnya dan reputasi;
  • Waktu (khususnya bagi yang belum punya reputasi dan rekam jejak)

Contoh dari beberapa bisnis konsultasi yang populer adalah sebagai berikut:

  • Pembukuan dan akuntansi ;
  • Hukum dan kontrak;
  • Pemasaran;
  • Periklanan;
  • Konseling karir;
  • Konseling pendidikan;
  • Konseling pernikahan;
  • Pajak;
  • Pemasaran internet dan social media.

Bisnis konsultasi merupakan salah satu peluang bisnis online yang menguntungkan karena dapat dimulai dengan modal terbatas dan anda dapat meningkatkan pendapatan anda dengan membangun sistem anda sendiri dan membangun reputasi yang cemerlang.

Bahkan tidak sedikit yang bisa mendapatkan puluhan juta dollar dari bisnis konsultasi.

Untuk memulai bisnis konsultasi anda harus melewati beberapa tahap seperti berikut:

  • Dapatkan keahlian dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh target pasar anda;
  • Demonstrasikan keuntungan dari pengetahuan atau keahlian yang bisa anda berikan dengan free trial atau biaya jasa dibayarkan bergantung pada performa;
  • Bangun reputasi anda dengan pekerjaan demonstrasi yang anda berikan tersebut;
  • Promosikan rekam jejak dan reputasi anda

10. Affiliate Marketing

peluang bisnis online, affiliate marketing

Affiliate marketing adalah bisnis dimana anda dibayar untuk mempromosikan suatu produk atau jasa. Tetapi berbeda dengan periklanan, penghasilan affiliate marketing didasarkan dari kinerja affiliate tersebut (biasanya dari penjualan yang dibukukan).

Kelebihannya dibanding dengan iklan, persentase pendapatan yang bisa anda dari per klik link affiliate jauh lebih besar daripada pendapatan per klik dari iklan. Untuk produk-produk dengan komisi affiliate besar (seperti theme premium dan produk digital) tidak jarang anda bisa mendapatkan komisi sampai puluhan dollar Amerika.

Salah satu affiliate marketer yang sangat sukses adalah Pat Flynn. Dia bisa mendapat komisi affiliate sampai $ 88.000 per bulannya.

peluang bisnis online, affiliate marketing, penghasilan affiliate marketing

Sama dengan blogging, untuk bisa berbisnis affiliate anda setidak-tidaknya membutuhkan website atau profile social media yang dapat menampung link affiliate anda.

Tetapi mendapatkan uang dari affiliate marketing juga tidaklah mudah karena anda harus mempunyai traffic website yang banyak dan juga mempelajari berbagai macam cara yang efektif dalam mempromosikan suatu produk. Anda tidak akan mendapatkan hasil yang instan dari affiliate marketing.

 

11. Membuat Aplikasi Mobile

Pada tahun 2015 diproyeksikan terdapat lebih dari 1,8 miliar pengguna smartphone, sebagian besar menggunakan platform android atau iOS. Dengan pertumbuhan dua kali lipat dari pertumbuhan populasi dunia, pada tahun 2019 pengguna smartphone dapat mencapai angka 2,6 miliar atau pertumbuhan 100% hanya dalam waktu 4 tahun.

Tidak heran membuat aplikasi mobile adalah salah satu peluang bisnis online paling menjanjikan. Berdasarkan fueled.com 25% developer aplikasi iOS bisa meraih lebih dari $ 5000 perbulan dan untuk android 16% developer bisa meraih lebih dari $ 5000 per bulan.

Bahkan jika anda berhasil mengembangkan aplikasi yang sangat menjanjikan maka tidak jarang akan ada perusahaan global yang akan mengakusisi anda dengan nilai jutaan dollar. Contohnya seperti Whatsapp yang dibeli oleh Facebook dengan nilai $ 19 miliar.

peluan

Namun barrier to entrynya juga tidaklah mudah, untuk memulai anda membutuhkan pengetahuan coding yang cukup tinggi. Untuk memulai anda bisa belajar coding di Codeacademy, Udemy.com atau Udacity.com.

 

Penutup, peluang bisnis online mana yang tepat?

Dari inspirasi ide bisnis online diatas mungkin anda bingung mana bisnis yang tepat untuk anda.
Anda pilihlah yang menurut anda sesuai dengan minat dan keahlian anda, jangan tergiur dengan potensi pendapatannya dulu.

Jika sudah menemukan yang menurut anda tepat, segeralah memulai dan jangan berhenti sampai anda berhasil. Karena untuk mencapai keberhasilan tidaklah mudah dan butuh perjuangan.

Untuk kawan-kawan entrepreneur yang membaca, silahkan tinggalkan sharing, komentar atau diskusi. Saya akan sangat senang bisa membantu.

>

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here