keunggulan kompetitif
image credit : pixabay

Apa definisi keunggulan kompetitif? Apa contoh keunggulan kompetitif suatu bisnis? Artikel ini akan mencoba menjawab kedua hal tersebut.

Definisi Keunggulan Kompetitif

Keunggulan kompetitif atau “Competitive Advantage” adalah istilah yang muncul pertama kali dari buku “Competitive Advantage” Michael Porter. Michael Porter adalah seorang Professor dari Harvard Business School yang terkenal sebagai salah satu akademisi bisnis dan manajemen yang berpengaruh.

Keunggulan kompetitif atau Competitive Advantage dapat didefinisikan sebagai bagaimana suatu perusahaan atau organisasi menciptakan nilai untuk penggunanya yang baik lebih besar dari biaya untuk menciptakannya dan superior dari kompetitor (Johnson et al, 2017). Menurut Porter (1985, p. 3) nilai adalah apa yang pembeli berminat untuk membayar, dan nilai yang superior bersumber dari penawaran harga yang lebih rendah dari kompetitor untuk manfaat yang sama atau  memberikan manfaat yang unik yang lebih dari sepadan untuk harga yang lebih tinggi.

Keunggulan kompetitif dengan demikian memberikan suatu pelindung dari tekanan persaingan pasar karena perusahaan atau organisasi tidak dapat menawarkan harga yang lebih rendah atau nilai yang lebih superior.

Michael Porter (1985) menjelaskan bahwa terdapat dua tipe dasar keunggulan kompetitif yang dapat dikombinasikan dengan lingkup kegiatan untuk meraihnya, yaitu, kepemimpinan biaya, diferensiasi, dan fokus. Untuk lebih jelasnya berikut tabel jenis keunggulan kompetitif menurut Porter.

Biaya Yang Lebih RendahDiferensiasi
Target Luas1. Kepemimpinan Biaya2. Diferensiasi 
Target Sempit3A. Fokus Biaya3.B Fokus Diferensiasi

Tabel 1. Keunggulan Kompetitif Generik

Contoh Keunggulan Kompetitif

Keunggulan Kompetitif dalam Kepemimpinan Biaya adalah keunggulan dimana perusahaan tersebut mempunyai biaya yang paling rendah di bidang tersebut. Perusahaan dapat meraih keunggulan ini dengan mempunyai operasional yang efisien dan efektif. Umumnya hal tersebut mengharuskan perusahaan membayar upah yang rendah, menghemat berbagai aspek operasional dengan produktifitas yang tinggi.

Contoh keunggulan kompetitif ini dimiliki oleh maskapai Airasia dan Lion Air yang sanggup menawarkan harga rendah untuk penerbangannya karena struktur biaya mereka yang rendah dan efisien.

air asia, contoh keunggulan kompetitif kepemimpinan biaya
air asia contoh keunggulan kompetitif kepemimpinan biaya

Contoh keunggulan kompetitif yang kedua yaitu Diferensiasi adalah keunggulan perusahaan untuk menawarkan manfaat yang unik atau lebih superior dibandingkan dengan kompetitor. Perusahaan yang mempunyai keunggulan kompetitif diferensiasi dapat mengenakan harga yang lebih tinggi dari saingannya, dan mendapatkan margin laba yang lebih tinggi.

Keunggulan kompetitif dalam bentuk diferensiasi umumnya dapat didapat dengan beberapa cara yaitu kualitas, inovasi, atau pelayanan. Google adalah contoh perusahaan yang mempunyai keunggulan kompetitif kualitas dimana hasil pencarian dari search engine Google secara relatif lebih berkualitas dibandingkan dengan search engine lain. Johnson & Johnson mempunyai keunggulan kompetitif inovasi dengan kemampuan mereka menghasilkan obat baru yang inovatif. Sedangkan Hilton dipilih oleh banyak pelanggannya karena pelayanannya yang luar biasa bagus.

johnson n johnson contoh keunggulan kompetitif
johnson n johnson contoh keunggulan kompetitif

Keunggulan kompetitif yang terakhir yaitu Fokus adalah kemampuan perusahaan untuk memahami suatu segmen pasar secara mendalam dan membentuk strategi yang terbaik untuk melayani segmen pasar tersebut.

Untuk fokus kepemimpinan biaya, perusahaan berusaha untuk mempunyai harga terendah di segmen tertentu. Contoh keunggulan kompetitif ini dimiliki oleh IKEA yang menjual furniture desain modern dengan harga rendah, IKEA mempunyai fokus yang kuat di furniture dasar dan menegah dan dapat menawarkan harga yang rendah karena efisiensi struktur biaya dengan skema swalayan, merakit sendiri dan disimpan dalam bentuk datar.

Baca Juga: 20+ Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Menjanjikan dan Menguntungkan

ikea contoh keunggulan kompetitif
ikea contoh keunggulan kompetitif

Sedangkan untuk keunggulan kompetitif fokus diferensiasi, suatu perusahaan mempunyai keunggulan dengan memberikan manfaat yang unik dan berbeda dari kompetitor yang fokus pada segmen terkait. Keunggulan kompetitif fokus diferensiasi mengharuskan suatu usaha untuk memahami secara mendalam mengenai segmentasi pasar bisnis mereka, dengan memahami segmentasi pasar mereka secara mendalam suatu bisnis dapat menyesuaikan penawaran mereka menjadi penawaran yang paling cocok dengan target pasar mereka. Contoh keunggulan kompetitif fokus diferensiasi dimiliki oleh Mercedes-Benz yang menawarkan kenyamanan terbaik, teknologi terbaru dan prestise untuk kalangan eksekutif dan kelas atas yang menjadi segmen pasar mereka.

Baca Juga : 5 Keunggulan Kompetitif Untuk Bisnis Yang Sukses

Sponsored

 

Penutup

Keunggulan kompetitif saat ini menjadi semakin penting karena persaingan pasar yang semakin ketat, dunia bisnis yang semakin dinamis dan semakin cepatnya pergantian pemimpin pasar. Kemampuan suatu perusahaan untuk membentuk, mempertahankan dan memperbarui keunggulan kompetitif adalah suatu keharusan untuk kelangsungan dari setiap perusahaan.

Keunggulan kompetitif tidak dapat dibentuk dalam waktu yang singkat, diperlukan waktu, upaya dan strategi yang tepat untuk membentuknya. Walaupun demikian, imbal hasil dari perusahaan yang dapat membentuk keunggulan kompetitif sangatlah besar dengan kemampuan mereka untuk lebih baik dari saingan memungkinkan perusahaan dengan keunggulan kompetitif untuk menjadi yang terdepan di bidangnya.

Baca Juga : 30 Cara dan Tips Untuk Menjadi Pengusaha Sukses

Sponsored
Artikulli paraprak10 Peluang Usaha Tanpa Riba Yang Menguntungkan
Artikulli tjetër15 Macam Macam Bisnis Modal Kecil Yang Cocok Untuk Pemula
Firman adalah dosen manajemen di Fakultas Ekonomi & Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, internet entrepreneur,dan investor keuangan. Mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam wirausaha, bisnis, usaha kecil dan menengah, entrepreneurship dan manajemen keuangan.

9 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini