Kesuksesan dalam bisnis toko online saat ini sulit diraih jika anda hanya mengandalkan harga yang murah dan bersaing. Di era persaingan bisnis online yang semakin ketat ini pelayanan yang prima menjadi salah satu kunci penting dalam meraih kesuksesan dan membangun keunggulan kompetitif yang kuat.

Melihat perkembangan persaingan di bisnis toko online yang semakin ketat sekarang ini tidak heran jika banyak pengusaha online yang merasakan tekanan untuk memberikan harga termurah dibandingkan dengan kompetitor.

Disaat anda memberikan harga termurah maka anda harus memotong pengeluaran di pos-pos lain untuk mengkompensasi penurunan margin penjualan. Pengeluaran yang terkait dengan pelayanan pelanggan seringkali menjadi bagian yang dipotong atau dikurangi untuk memenuhi kebutuhan penghematan tersebut. Karena anda percaya dengan memberikan harga termurah pelanggan pasti akan tetap datang.

Kenyataannya seringkali kebalikan dari kepercayaan tersebut. Pelayanan pelanggan sama atau bahkan lebih penting dari harga termurah dalam kesuksesan bisnis online. Hal tersebut karena terdapat hubungan langsung antara pelayanan pelanggan yang baik dengan keuntungan jangka panjang bisnis anda.

1. Memberikan Deskripsi Produk Yang Lengkap dan Jelas

Kunci pelayanan agar toko online ramai pembeli yang pertama adalah menuliskan deskripsi produk yang lengkap dan jelas. Memberikan deskripsi produk yang lengkap dan jelas adalah langkah pelayanan pembeli yang paling mendasar untuk toko online.

Hal ini diperlukan agar pembeli benar-benar memahami seperti apa produk yang dibeli olehnya. Deskripsi yang jelas juga diperlukan agar pembeli tidak salah paham dan kecewa dengan produk yang dibelinya.

Deskripsi yang jelas dan lengkap disini berarti anda harus menguraikan merek, model, spesifikasi, penggunaan dan juga kebijakan garansi yang anda berikan. Anda juga dapat memberikan video penjelasan sebagai salah satu cara agar pelanggan mengenal produk anda dengan lebih baik.

2. Menjawab Pertanyaan pelanggan Dengan Cepat Dan Lengkap

kunci pelayanan pelanggan agar toko online ramai pembeli
image: pexels.com – kunci pelayanan pelanggan agar toko online ramai pembeli

Meskipun anda memberikan deskripsi yang jelas dan lengkap ada kalanya pembeli merasa ragu dan memerlukan informasi dengan menanyakannya kepada penjual secara langsung. Menjawab pertanyaan dengan cepat, lengkap dan jelas dapat meyakinkan pembeli anda bahwa anda mempunyai komitmen pelayanan yang baik dan serius dalam berbisnis.

Menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat dan baik dengan demikian mempunyai korelasi secara langsung terhadap tingkat pendapatan usaha online anda. Jika anda sering mengabaikan pertanyaan pembeli maka besar kemungkinan mereka kabur kepesaing anda. Oleh karena itu menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat dan lengkap merupakan salah satu kunci pelayanan agar toko online ramai pembeli.

3. Melakukan Pengepakan dan Pengiriman Dalam Waktu Kurang Dari 2 Hari

Setiap pembeli ingin agar barang yang dipesannya cepat sampai ke tangannya. Agar barang dapat cepat sampai ke pembeli melakukan pengepakan dan pengiriman secepat yang anda bisa harus menjadi perhatian khusus.

Untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan anda usahakan agar anda dapat mengirimkan barang ke kurir paling lambat 2 hari setelah pesanan masuk.

Selain itu berikan informasi estimasi waktu pengepakan kepada pelanggan anda sebelumnya. Kemudian jika anda membutuhkan waktu lebih lama untuk mengirimkan barang segera informasikan kepada pelanggan anda.

4.  Perhatikan Catatan Pesanan Pelanggan

Memperhatikan catatan pesanan dari pelanggan merupakan bagian dari pelayanan agar toko online ramai pembeli.

Catatan pelanggan yang perlu diperhatikan khususnya terkait pilihan warna atau varian produk, ataupun masalah kecepatan pengiriman atau keamanan dalam pengepakan.

Jika anda tidak memperhatikan catatan pesanan dengan baik anda kemungkinan besar akan mengecewakan pelanggan karena catatan pelanggan tersebut biasanya merupakan harapan penting dari pelanggan untuk produk anda.

Sponsored

5. Gunakan Bahasa Yang Sopan dan Ramah

kunci pelayanan pelanggan agar toko online ramai pembeli
image: pexels.com

Dalam melayani pelanggan pemilihan bahasa baik yang sopan dan ramah sangatlah penting. Jika anda menggunakan bahasa yang kurang sopan pelanggan mungkin dapat tersinggung dengan apa yang anda sampaikan meskipun anda tidak mempunyai maksud buruk.

Anda juga harus membiasakan untuk selalu ramah menjawab pertanyaan pelanggan dengan mengucapkan terima kasih dan meminta maaf jika anda melakukan kesalahan.

 

 

 

Advertisement
Sponsored
Artikulli paraprak3 Cara Mendapatkan Barang Untuk Jualan Online
Artikulli tjetërBerapa Modal Usaha Baso Aci? Rincian dan 5 Tips Sukses
Firman adalah dosen manajemen di Fakultas Ekonomi & Bisnis UIN Syarif Hidayatullah, internet entrepreneur,dan investor keuangan. Mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam wirausaha, bisnis, usaha kecil dan menengah, entrepreneurship dan manajemen keuangan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini