bagaimana cara mendapatkan barang untuk jualan online
image credit: pexels.com

Banyak pengusaha yang bingung bagaimana cara mendapatbarang untuk jualan online yang tepat. Mendapatkan barang yang menjanjikan untuk dijual online memang cukup sulit. Pentingnya keputusan terkait produk untuk kesuksesan suatu bisnis dapat membuat banyak pengusaha yang terjebak dalam kebimbangan.

Pentingnya keputusan tersebut karena produk yang dijual dapat menentukan berbagai keputusan penting lain seperti nama bisnis, branding, strategi pemasaran, dan lainnya. Pilihan produk juga menentukan margin kotor, pengeluaran dan akhirnya berdampak besar terhadap laba yang dapat diperoleh. Oleh karena itu disini kami akan membantu anda dalam mengetahui cara mendapatkan barang untuk jualan online.

Apa Barang Yang Tepat Untuk Jualan Online?

Seiring dengan semakin terbiasanya orang dalam berbelanja online saat ini hampir semua barang sebenarnya dapat dijual secara online. Sebagai contoh sebelumnya rolling door atau water heater panel surya tidak termasuk sebagai barang yang dapat dijual online. Namun dari pengalaman penulis kedua barang tersebut nyatanya saat ini dapat dijual secara online dan cukup banyak yang terjual sampai ratusan unit.

Melihat perkembangan tersebut jenis barang yang tepat untuk dijual online dapat dibedakan menjadi 2 jenis:

  • Produk terkomoditisasi;
  • Produk ceruk pasar;

Produk “terkomoditisasi” merujuk kepada barang yang secara umum diperdagangan kepada pasar secara luas dan penawaran atas barang tersebut antara satu dengan lain nyaris tidak ada perbedaan kecuali dari segi harga.

Sebagian besar barang termasuk dalam kategori ini misalnya barang-barang konsumen elektronik, sembako, dan lain-lain. Barang terkomoditisasi juga mencakup barang-barang yang diproduksi oleh brand-brand ternama yang kualitas atau karakteristiknya dikenal luas.

Produk “ceruk pasar” disisi lain merupakan produk yang dirancang, dibuat dan dipasarkan kepada suatu set segmen pasar khusus. Produk ceruk pasar ini biasanya mempunyai penawaran yang dapat dibedakan relatif mudah antara satu perusahaan dengan perusahaan lain. Beberapa contohnya seperti barang-barang buatan tangan, barang seni, produk kreatif, alat musik untuk profesional, sepeda balap, perlengkapan masak profesional, dan lainnya.

Produk terkomoditisasi cenderung mempunyai margin keuntungan yang terbatas karena dikenal luas dan terdapat banyak bisnis yang memberikan penawaran serupa untuk produk tersebut.

Sebaliknya produk “ceruk pasar” mempunyai potensi margin keuntungan yang jauh lebih besar. Tidak hanya margin keuntungan yang lebih besar, produk “ceruk pasar” biasanya mempunyai tekanan persaingan yang lebih rendah dan lebih mudah untuk membangun brand.

Produk terkomoditisasi lebih cocok untuk anda yang tidak mempunyai keahlian atau tenaga ahli untuk membuat produk sendiri yang unik. Sedangkan produk ceruk pasar akan lebih cocok untuk pebisnis online yang mempunyai keahlian serta kreativitas lebih.

Bagaimana Cara Mendapatkan Barang Untuk Jualan Online?

Setiap pengusaha online selalu mencari barang terbaik yang laris dijual online. Namun menemukannya seringkali tidak mudah, anda harus melakukan riset, menghubungi orang-orang dan pasti anda akan menemui berbagai kegagalan.

Untuk membantu anda dalam mengetahui cara mendapatkan barang untuk jualan online berikut ini yang bisa anda lakukan:

1. Mengunjungi Sentra Industri Atau Pusat Grosir

mengunjungi sentra industri, cara mendapatkan barang untuk jualan online
image credit: pexels.com

Cara untuk mendapatkan barang untuk jualan online ini merupakan cara yang paling umum dilakukan. Anda dapat mendapatkan barang dengan mengunjungi sentra industri atau pusat grosir yang menjual barang-barang yang nantinya ingin anda jual.

Contohnya jika anda ingin berjualan pakaian maka anda bisa mencari barang dengan mengunjungi pasar tanah abang. Kemudian jika anda ingin berjualan mainan anda dapat mengunjungi pasar Asemka.

Anda dapat mencari informasi mengenai sentra industri di wilayah anda dengan mengunjungi Dinas UMKM atau Dinas perindustrian setempat. Setelah mengetahui lokasinya anda dapat berkunjung langsung ke lokasi dan meninjau calon-calon supplier yang tepat untuk anda.

Sponsored

2. Browsing Forum, Grup atau Komunitas Bisnis

Cara mendapatkan barang untuk jualan online yang kedua adalah dengan mengunjungi forum, bergabung dengan grup atau komunitas bisnis yang berkaitan dengan produk yang ingin anda jual.

Seringkali terdapat anggota yang membuka peluang untuk menjadi mitra, reseller atau distributor dalam suatu forum, grup atau komunitas bisnis. Anda dapat mencari forum, grup atau komunitas tersebut dengan searching di Google, mencari di Telegram, atau mencari di sosial media seperti Facebook dan Twitter.

3. Mengunjungi Pameran Dagang / Trade Show

Pameran dagang atau trade show merupakan ajang dimana berbagai distributor, importir dan produsen berkumpul untuk mencari peluang-peluang bisnis baru dalam mengembangkan bisnis mereka. Oleh karena itu mengunjungi pameran dagang/trade show dapat menjadi cara mendapatkan barang untuk dijual online yang baik. Hal ini karena anda bisa mengetahui berbagai bisnis dan supplier dalam waktu yang relatif singkat.

Selain itu kelebih dari mengunjungi pameran dagang adalah anda dapat  mengenal lebih langsung dengan calon supplier anda sehingga anda dapat melakukan penilaian dengan lebih baik mengenai bonafide calon supplier anda. Hal ini sangat penting untuk mencegah kemungkinan anda terkena penipuan nantinya.

 

 

 

Sponsored

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini