Cafe anda sepi tetapi bingung bagaimana cara promosi cafe agar ramai pengumjung? Tidak perlu bingung lagi karena disini kami akan membagikan beberapa tips promosi cafe yang efektif.

Bisnis cafe memang mempunyai daya tarik tersendiri bagi seorang pengusaha kuliner. Margin yang cukup tinggi dan tingkat perputaran yang cepat dari bisnis cafe memang menjadikan bisnis cafe salah satu usaha kuliner yang menjanjikan.

Apalagi dengan perkembangan terkini dimana banyak masyarakat yang gemar nongkrong dan minum kopi mendorong pertumbuhan bisnis cafe yang cukup pesat dari tahun ke tahun. Namun dibalik itu bisnis cafe mempunyai tingkat persaingan yang cukup tinggi.

Banyak cafe yang meraih sukses dan ramai dikunjungi pelanggan. Namun banyak juga cafe yang tidak bisa meraih pelanggan yang cukup dan berakhir dengan harus menutup bisnisnya.

Untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis cafe diperlukan berbagai strategi yang tepat, salah satunya dari aspek pemasaran dan promosi. Anda harus melakukan promosi yang efektif dalam menarik pelanggan agar cafe anda ramai.

Untuk membantu anda dalam memajukan usaha cafe anda berikut ini 8 cara promosi cafe agar ramai pelanggan dari kami.

1. Menentukan Segmentasi Pasar

Konsep segmentasi pasar atau membagi pelanggan menjadi beberapa kelompok yang mempunyai kesamaan karakteristik adalah konsep dasar pemasaran yang harus anda terapkan di bisnis cafe.

Pemasaran dan promosi yang efektif hanya dapat dilakukan jika anda sudah melakukan segmentasi pasar. Hal tersebut karena cara promosi kepada pelanggan cafe yang menyasar anak muda dengan pekerja profesional tentu berbeda.

Pertama-tama lakukan analisis singkat di lokasi cafe anda terdapat potensi pasar seperti apa. Apakah banyak kampus atau kantor? Apakah orang-orang yang lewat lebih banyak laki-laki atau perempuan?

Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait target pasar itulah anda dapat memahami apa target pasar yang prospektif di lokasi anda. Kemudian selanjutnya anda tentukan target pasar yang ingin menjadi fokus anda.

2. Desain Cafe Sesuai Target Pasar

desain cafe, cara promosi cafe
desain cafe | image credit : stocksnap.io

Dengan ketatnya persaingan di bisnis cafe anda harus mempunyai konsep yang jelas untuk dapat diingat dan menarik target pasar anda.

Buatlah desain dan dekorasi cafe yang sesuai dengan fokus target pasar anda. Posisikan anda sebagai target pasar anda dan buatlah suasana yang nyaman serta sesuai dengan target pasar anda.

Jika perlu undang beberapa orang yang sesuai dengan target pasar anda untuk memberikan masukan dalam mendesain cafe anda.

Jika memerlukan inspirasi desain cafe anda dapat mencoba melihat-lihat Pinterest atau Instagram untuk melihat seperti apa desain serta dekorasi cafe yang populer. Kemudian kembangkan contoh yang anda lihat tersebut menjadi lebih baik lagi.

3. Tingkatkan Cita Rasa Makanan dan Minuman

Seperti bisnis kuliner lainnya, kesuksesan bisnis cafe bergantung kepada cita rasa makanan dan minuman yang anda sajikan.

Sponsored

Promosi tidak akan dapat berjalan dengan efektif mengubah pelanggan menjadi pelanggan setia tanpa adanya dukungan cita rasa makanan dan minuman yang sesuai selera pasar anda.

Sebaliknya jika makanan dan minuman yang disajikan enak maka akan lebih mudah bagi anda untuk menarik pelanggan. Pelanggan lama akan lebih mungkin mampir ke tempat anda jika makanan dan minuman yang anda sajikan enak.

Cita rasa makanan dan minuman yang enak akan meningkatkan potensi pemasaran mulut ke mulut yang efektif dan membantu orang mengingat cafe anda.

Untuk meningkatkan cita rasa makanan dan minuman yang anda sajikan anda bisa bertanya kepada target pasar anda seperti apa rasa makanan dan minuman yang menurut mereka enak.

4. Buat Papan Logo dan Spanduk Yang Besar

Membuat bisnis anda dikenal dan diketahui keberadaannya sangat penting untuk kesuksesan usaha anda. Agar pelanggan mengetahui adanya cafe anda membutuhkan papan logo dan spanduk yang besar dan mudah dilihat pelanggan dari jauh sekalipun.

Agar menarik pelanggan buatlah papan logo dengan warna yang mencolok dan menarik. Selain itu anda juga perlu membuat spanduk promosi yang berisikan tagline yang dapat menarik target pasar anda.

5. Promosi Melalui Niche Influencer

influencer, cara promosi cafe
niche influencer untuk cara promosi cafe

Cara promosi cafe untuk membuat ramai pengunjung yang selanjutnya adalah dengan membuat promosi menggunakan influencer yang mempunyai pengikut di ceruk sesuai dengan target pasar anda.

Untuk mengetahui apakah influencer tersebut mempunyai banyak pengikut yang sesuai dengan target pasar anda lihatlah konten-konten yang dibagikan oleh influencer tersebut. Kemudian lihatlah siapa saja yang berinteraksi dengan postingan influencer tersebut.

Anda juga dapat mempertimbangkan influencer tingkat lokal yang mempunyai banyak pengikut di wilayah dimana cafe anda beroperasi.

6. Gandeng Komunitas Yang Relevan

Salah satu trik jitu untuk membuat cafe anda ramai dengan efektif adalah dengan menggandeng komunitas yang relevan untuk menggunakan cafe anda sebagai tempat berkumpul.

Dengan menggandeng komunitas yang relevan anda dapat meningkatkan basis pelanggan anda dan meningkatkan potensi pelanggan setia yang mendatangi cafe anda.

Untuk menggandeng komunitas sebagai pelanggan cafe anda bisa bergabung terlebih dahulu dengan komunitas tersebut dan aktif di komunitas tersebut. Kemudian anda dapat mempromosikan cafe anda untuk tempat berkumpul teman-teman komunitas anda.

7. Tingkatkan Pelayanan

Bisnis cafe seperti bisnis kuliner lainnya pada dasarnya merupakan bisnis yang didasarkan kepada pelayanan. Pelayanan yang baik adalah kunci dari kesuksesan bisnis kuliner. Siap-siap ditinggal oleh pelanggan jika anda memberikan pelayanan yang buruk atau lambat meskipun makanan yang anda sajikan enak.

Disisi lain pelayanan yang baik merupakan dasar dari pengalaman positif pelanggan yang membuat pelanggan tidak ragu untuk kembali ke cafe anda. Oleh karena itu pastikan anda memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan anda.

Pelajari prinsip-prinsip pelayanan yang baik seperti menyapa pelanggan dengan ramah dan lembut, panggil mereka dengan nama jika memungkinkan, ajak mereka berbicara dan buatlah mereka merasa diterima dengan baik di cafe anda. Cara promosi cafe ini sangatlah efektif dan memberikan dampak jangka panjang. Oleh karena itu pastikan anda menerapkan prinsip ini.

8. Buat Program Member

Cara promosi cafe agar ramai dikunjungi pelanggan yang terakhir dari kami adalah membuat program member. Program member diperlukan untuk memberikan alasan yang lebih kuat bagi pelanggan anda untuk terus mengunjungi cafe anda.

Program member juga menjadi pintu bagi anda untuk memperoleh berbagai informasi penting yang dapat anda gunakan dalam mengenal pelanggan setia anda dengan lebih baik. Anda dapat memberikan promosi khusus disaat mereka ulang tahun, dan anda juga dapat memberitahukan promosi melalui Whatsapp atau email jika mereka membuat program member.

Advertisement
Sponsored
Artikulli paraprak9 Usaha Untuk Anak SMP Yang Menjanjikan
Artikulli tjetër3 Cara Mendapatkan Barang Untuk Jualan Online
Firman adalah dosen manajemen di Fakultas Ekonomi & Bisnis UIN Syarif Hidayatullah, internet entrepreneur,dan investor keuangan. Mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam wirausaha, bisnis, usaha kecil dan menengah, entrepreneurship dan manajemen keuangan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini