usaha untuk anak smp, anak smp, anak sekolah, bisnis anak sekolah
usaha untuk anak smp - image: pexels.com

Jika anda mencari inspirasi usaha untuk anak SMP maka anda berada ditempat yang tepat! Memang mencari usaha yang tepat untuk anak sekolah tidaklah mudah. Banyak usaha yang cocok dijalankan oleh mereka yang sudah memiliki pengalaman atau modal besar. Sedangkan sebagian besar anak SMP memiliki keterbatasan dikedua hal tersebut.

Namun jangan berkecil hati karena usia muda tidak berarti anda tidak bisa sukses berbisnis. Warren Buffet misalnya masa kecilnya diisi dengan berbagai aktivitas kewirausahaan seperti menjual permen karet, Coca Cola, majalah dan lain-lain. Melihat contoh tersebut tidak ada salahnya memulai usaha disaat masih usia sekolah. Adapun berikut ini beberapa contoh usaha untuk anak SMP yang menjanjikan:

1. Jualan Makanan Ringan

makanan ringan, usaha untuk anak smp, bisnis anak sekolah
usaha makanan ringan yang cocok untuk anak smp

Berjualan makanan ringan kemasan seperti makaroni pedas, keripik dan lain sebagainya dapat menjadi alternatif peluang usaha untuk siapapun yang mempunyai semangat berjualan tanpa perlu mempunyai modal besar.

Anda bisa mencoba usaha ini dengan menjadi reseller terlebih dahulu untuk mengembangkan keahlian pemasaran dan mengumpulkan modal. Banyak sekali usaha-usaha skala rumahan dan UMKM yang bergerak dibidang makanan ringan yang membuka peluang usaha menjadi reseller dari produk-produk mereka.

Anda dapat mencoba menemukan peluang usaha reseller makanan rumahan dari sosial media seperti Facebook atau pun Instagram. Setelah menjadi mitra anda bisa mencoba berjualan makanan ringan melalui media internet ataupun di lingkungan sekitar sekolah atau rumah anda.

2. Bisnis Online Shop

Dengan berkembangan sosial media dan marketplace online saat ini semakin mudah untuk berbisnis online shop. Anda tidak memerlukan modal besar untuk memulai bisnis online shop. Anda juga tidak memerlukan pengalaman untuk berbisnis online shop.

Anda hanya memerlukan kemauan belajar yang kuat dan semangat untuk berjualan secara tekun. Oleh karena itu bisnis yang satu ini cocok sebagai usaha untuk anak smp atau anak sekolah.

Anda dapat memulai bisnis online shop dengan membuat akun online shop di sosial media ataupun di beberapa marketplace online. Kemudian carilah supplier yang menyediakan barang yang ingin anda jual.

3. Jasa Desain Grafis

bisnis desain grafis, usaha untuk anak smp, bisnis anak smp
image credit : pexels.com

Jika anda mempunyai minat dibidang seni dan desain salah satu bisnis yang dapat anda coba lakukan adalah memberikan jasa desain grafis.

Jasa desain grafis membantu orang-orang untuk membuat berbagai keperluan promosi seperti logo, company profile, brosur, spanduk dan lain sebagainya.

Jasa desain grafis memiliki permintaan yang cukup tinggi sehingga cukup menjanjikan. Anda dapat menawarkan jasa desain grafis melalui situs-situs freelance seperti Fiverr.com. Yang anda perlukan untuk memulai usaha ini adalah PC atau laptop yang mempunyai spesifikasi mumpuni untuk menjalankan software desain.

4. Usaha Hadiah Unik

Suka membuat prakarya seperti origami, scrapbook atau karya seperti lukisan dan sebagainya? JIka ya maka usaha hadiah unik dapat menjadi pilihan usaha untuk anak smp dan sekolah yang cocok untuk anda.

Anda dapat menawarkan jasa membuat hadiah-hadiah unik seperti scrapbook, explosion box, lukisan portret, sepatu canvas lukis, miniatur dalam frame dan sejenisnya. Anda dapat menerapkan sistem preorder dan berjualan melalui online marketplace sehingga anda dapat mengurangi kebutuhan modal secara signifikan untuk memulai usaha ini.

5. Blogging

Blogging cocok menjadi pilihan usaha untuk anda yang hobi menulis. Anda dapat menghasilkan uang dengan blogging melalui berbagai cara. Salah satu cara paling populer untuk menghasilkan uang dengan blogging adalah dengan program Google Adsense.

Anda dapat bergabung dengan program Adsense jika blog anda sudah memiliki jumlah artikel atau blog yang cukup banyak dan jumlah pengunjung bulanan yang cukup. Pastikan juga anda mengisi blog anda dengan konten yang tidak bertentangan dengan kebijakan Google seperti tidak ada konten pornografi atau konten ilegal seperti software bajakan.

Sponsored

Selain dengan Google Adsense anda juga dapat menghasilkan uang dengan menjual produk digital, produk fisik dan juga dengan affiliate marketing melalui blog anda.

6. Affiliate Marketing

Affilate marketing adalah salah satu cara usaha yang cocok untuk anak muda. Affilate marketing tidak membutuhkan modal besar dan dapat anda lakukan di waktu luang anda, oleh karena itu usaha ini cocok untuk anak smp atau anak sekolah.

Anda dapat memulai usaha affiliate marketing dengan membuat website review berbagai jenis barang yang menjadi fokus utama anda. Contohnya anda mempunyai ketertarikan di bidang fotografi maka anda bisa membuat situs review kamera dan pernak-perniknya. Kemudian anda bisa bergabung dengan InvolveAsia untuk mendapatkan komisi dari orang yang membeli produk yang anda review.

7. Youtube dan Streaming

Saat ini semakin banyak Youtuber dan Streamer yang menghasilkan banyak uang. Bahkan terdapat beberapa youtuber yang sudah menghasilkan milyaran rupiah meskipun usianya masih sangat muda dan berusia sekolah dasar.

Adanya contoh tersebut menunjukkan menjadi youtuber sukses diusia muda adalah suatu hal yang memungkinkan. Namun perlu diingat juga menjadi youtuber yang sukses bukanlah suatu hal yang mudah ataupun instan.

Banyaknya saingan yang juga ingin meraih sukses melalui youtube mengharuskan anda lebih kreatif dan juga menarik untuk bisa mendapatkan pengikut dan penonton dalam jumlah besar.

8. Berjualan Barang Custom

Apakah anda suka membuat desain barang-barang yang unik dan menarik? Jika ya anda bisa memulai usaha berjualan barang custom seperti kaos, sweater, jaket, mug, tote bag dan lainnya melalui Ciptaloka.com.

Ciptaloka.com adalah website yang membuka kesempatan untuk berjualan produk-produk dengan desain buatan anda sendiri tanpa harus pusing memikirkan desain.

Melalui kemitraan dengan Ciptaloka anda dapat membuat berbagai produk-produk custom dan jika ada orang yang membeli melalui toko Ciptaloka anda maka anda akan menerima bagian penjualan setelah dipotong biaya produksi dan lainnya oleh Ciptaloka.

Dengan sistem tersebut anda tidak perlu pusing memikirkan modal ataupun persediaan barang. Anda dapat fokus membuat desain yang menarik dan berjualan desain yang telah anda buat.

9. Jualan Barang Preloved

Barang-barang preloved atau second saat ini semakin diminati sebagai alternatif untuk bisa mendapatkan barang yang diinginkan dengan berhemat.
Anda dapat berjualan barang-barang preloved dengan berburu barang-barang yang kondisinya masih bagus di pasar-pasar second untuk kemudian anda bersihkan atau cuci. Kemudian setelah anda bersihkan anda bisa menjualnya kembali melalui media sosial anda atau melalui online marketplace seperti Carousell dan lainnya.

Sponsored
Artikulli paraprak5 Cara Menemukan Peluang Usaha Yang Tepat
Artikulli tjetër8 Cara Promosi Cafe Agar Ramai Pelanggan
Firman adalah dosen manajemen di Fakultas Ekonomi & Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, internet entrepreneur,dan investor keuangan. Mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam wirausaha, bisnis, usaha kecil dan menengah, entrepreneurship dan manajemen keuangan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini