Setiap pengusaha sukses memulai perjalanan mereka dengan menemukan peluang usaha yang tepat. Terkadang peluang yang tepat tersebut didapat secara tidak sengaja. Namun kebanyakan peluang usaha yang tepat ditemukan dengan upaya dan usaha sendiri.

Bagi pengusaha pemula tahapan pertama tersebut dapat membingungkan dan sulit. Untuk itu artikel ini akan mencoba membantu anda dalam mengetahui bagaimana cara menemukan peluang usaha yang tepat. Tanpa lebih banyak kata lagi berikut ini beberapa cara yang bisa anda coba untuk menemukan peluang usaha yang cocok untuk anda:

1. Identifikasi Masalah Anda

identifikasi masalah anda - cara menemukan peluang usaha yang tepat
image credit : pexels.com

Banyak sekali ide bisnis yang brilian datang dari permasalahan yang dialami sendiri oleh pendiri bisnis tersebut. James Dyson pendiri Dyson Ltd misalnya memulai usahanya dengan mengembangkan vacuum cleaner sendiri karena frustasi oleh kemampuan vacuum cleaner miliknya yang semakin buruk.

Begitu juga dengan Elon Musk yang memulai SpaceX karena pengalaman sulitnya mencari roket dengan harga terjangkau untuk eksperimen mengirimkan makhluk hidup kecil ke Mars.

Memulai usaha dari masalah yang nyata bagi anda dapat menjadi pilihan yang baik karena anda sendiri memahami celah pasar yang belum dilayani oleh bisnis yang sudah ada. Memasuki pasar yang belum dimasuki oleh bisnis yang sudah ada tersebut merupakan suatu peluang untuk meraih sukses.

Baca Juga: Peluang Usaha Kecil Kecilan Untuk Remaja

2. Selaraskan Dengan Passion Anda

memulai bisnis, passion bisnis,
image credit : stocksnap.io

Cara menemukan peluang usaha yang tepat selanjutnya adalah dengan mencari usaha yang sejalan dengan passion anda. Saran ini mungkin terdengar klise, namun tips ini memang mempunyai dasar yang kuat.
Menjalankan dan mengembangkan usaha dari nol hingga sukses bukanlah hal yang mudah. Hambatan dan kesulitan dalam menjalani usaha yang baru adalah keniscayaan. Dalam kondisi sulit dan keras tersebut mempunyai mental yang kuat merupakan modal yang penting.
Memulai usaha yang sesuai dengan passion dapat membantu anda melewati masa-masa sulit tersebut karena anda melakukan sesuatu hal yang memang anda sukai dan anda percaya mempunyai arti yang lebih dari sekedar mencari keuntungan.

3. Identifikasi Kekurangan Bisnis Di Lokasi Anda

cara menemukan bisnis yang tepat
cara menemukan bisnis yang tepat – image: pexels.com

Memulai usaha yang menjadi solusi atas kekurangan bisnis yang sudah ada di lokasi anda terkadang dapat menjadi peluang usaha yang bagus. Anda dapat mengidentifikasi apa kekurangan dari bisnis yang mempunyai prospek cukup baik di tempat anda ingin memulai usaha dan mencoba mencari cara untuk menyelesaikan kekurangan yang ada di bisnis lain.

Contohnya, terdapat beberapa laundry kiloan yang berjalan cukup lama diwilayah, namun kekurangannya semua laundry tersebut menerapkan sistem pencucian yang dicampur antara setiap pelanggan. Akibatnya tidak jarang terjadi adanya pakaian pelanggan yang hilang atau tertukar.

Nah melihat kekurangan tersebut, anda dapat menawarkan konsep laundry kiloan yang berbeda. Anda dapat memulai usaha laundry dengan kelebihan tidak mencampur pakaian pelanggan sehingga pakaian yang dicuci tidak akan hilang atau tertukar.

4. Bertanya Kepada Calon Pelanggan Anda

Masukan dan permintaan dari pelanggan adalah sumber ide yang baik untuk memulai usaha. Hal ini karena mereka mengetahui apa yang mereka inginkan dan mereka cari terkait dengan suatu produk.

Metode bertanya kepada calon pelanggan ini banyak dilakukan oleh bisnis besar sebelum mereka meluncurkan produk baru. Untuk melakukan hal ini Anda dapat mewawancarai atau mengadakan survey dengan calon pelanggan bisnis anda.

Mulailah dengan bertanya mengenai suatu masalah yang menurut anda dapat sediakan solusinya. Kemudian tanyakan kepada calon pelanggan berbagai fitur, kelebihan dan kelemahan yang akan anda tawarkan sesuai dengan apa yang mereka inginkan dari suatu solusi atas masalah tersebut atau tidak.

5. Cari Franchise Yang Sesuai

Jika anda ingin memulai bisnis namun bingung mau memulai bisnis apa karena terkendala masalah keahlian dan pengalaman maka mencari franchise dapat menjadi pilihan yang baik. Memulai bisnis dengan membeli franchise dapat membantu karena franchise yang baik tidak hanya sekedar menjual merek tetapi juga berbagai keahlian dan pengalaman yang penting untuk bisnis yang sukses.

Untuk mencari franchise yang sesuai anda dapat mengikuti pameran franchise atau dengan menjelajahi kota anda dan melihat franchise apa yang cukup ramai. Kemudian anda bisa menghubungi pemberi franchise untuk mengetahui apa saja yang mereka sediakan jika anda bergabung sebagai mitra dan apa saja yang kemudian harus anda bayarkan.

Sponsored

Jangan memilih franchise semata-mata karena harga awalnya yang murah. Pastikan anda memperhitungkan terlebih dahulu dukungan yang mereka berikan berbanding biaya yang mereka kenakan. Jika dukungan yang diberikan dapat mempunyai nilai yang tinggi dan dapat membantu peluang anda untuk sukses secara signifikan maka tidak ada salahnya anda memilih franchise dengan harga yang lebih mahal tersebut.

Advertisement
Sponsored

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here