Bagaimana cara mengembangkan mindset kewirausahaan? Artikel ini akan mencoba untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Mindset dipercaya sebagai salah satu faktor penting yang menentukan sukses atau tidaknya seseorang. Kepercayaan tersebut didasarkan pada konsep mindset yang secara langsung mempengaruhi perilaku dan keputusan seseorang.

Mengapa Mengembangkan Mindset Kewirausahaan?

cara mengembangkan mindset kewirausahaan
cara mengembangkan mindset kewirausahaan – image: pexels.com

Kewirausahaan adalah salah satu profesi dengan tingkat kompleksitas yang luar biasa tinggi. Anda dituntut untuk menguasai produk, pemasaran, keuangan dan berbagai aspek penting bisnis lainnya.

Kompleksnya masalah dalam kewirausahaan tersebut yang menjadi salah satu tantangan mengapa banyaknya pengusaha pemula yang gagal mempertahankan usahanya lebih dari 5 tahun.

Dibutuhkan berbagai keahlian untuk dapat menjalankan semua aspek dalam kewirausahaan secara benar. Kebutuhan tersebut menjadi tantangan yang sulit untuk pengusaha pemula.

Disinilah bagaimana mindset yang tepat dapat membantu anda dalam mengambil keputusan serta menangani masalah-masalah tersebut. Nah tanpa berpanjang lebar lagi berikut ini beberapa cara untuk mengembangkan mindset kewirausahaan yang dibutuhkan:

1. Bentuk Kebiasaan Positif

Kesuksesan dalam berwirausaha tidak dicapai dalam waktu semalam. Sukses jangka panjang dibangun dengan proses yang panjang dan kerja keras yang konsisten.

Disinilah peran adanya kebiasaan positif dalam kehidupan sehari-hari dapat mendukung kesuksesan anda. Kebiasaan berolahraga, berhemat, dan bersosialisasi rutin adalah contoh beberapa kebiasaan positif yang dapat mendukung kesuksesan dalam berwirausaha.

Adanya kebiasaan positif tersebut juga menjadi benteng akan adanya kebiasaan negatif yang dapat menghambat kesuksesan wirausaha anda. Jika anda terbiasa hemat tentu anda akan lebih kecil untuk menjadi boros.

Bagaimana cara untuk membentuk kebiasaan positif? anda dapat memulai dengan membuat mengidentifikasi kebiasaan anda yang sudah ada dan kemudian memasukkan perubahan kecil dalam kebiasaan tersebut.

Untuk kiat yang lebih lengkap dalam bagaimana membentuk kebiasaan baru anda bisa membaca buku Atomic Habit dari James Clear.

2. Mencari Peluang Dalam Masalah

Bagi kebanyakan orang masalah hanya sebagai kesulitan yang menyusahkan. Tapi bagi seorang pengusaha sejati masalah adalah sumber peluang baru untuk bisnis.

Barang dan jasa yang disediakan oleh pengusaha pada dasarnya menawarkan solusi atas suatu masalah. Karena itu pengusaha yang sukses seringkali memulai usahanya dari suatu masalah dan kemudian membuat solusi atas masalah tersebut.

Ambil contoh Gojek. Kesuksesan Gojek tidak terlepas dari besarnya masalah kemacetan di kota besar di Indonesia dan ojek sebagai salah satu potensi solusi atas masalah tersebut namun belum dimaksimalkan penggunaannya.

Kemampuan untuk melihat peluang dari suatu masalah tersebut tidak datang begitu saja tetapi harus diasah. Mulailah dengan melatih kemampuan anda melihat peluang dengan membuat daftar beberapa masalah yang anda alami dan kemudian membuat daftar potensi solusi atas masalah tersebut.

Sponsored

Baca Juga: 42+ Bisnis Anak Muda Modal Kecil Menjanjikan Di 2021

3. Menetapkan Tujuan

Setiap perjalanan hanya akan mencapai suatu tempat tertentu jika anda sudah menetapkan suatu tujuan yang jelas. Tanpa adanya tujuan yang jelas dari suatu perjalanan maka kemungkinan besar anda akan berakhir tersesat dan kehilangan arah.

Hal ini juga berlaku dalam berbisnis dan berusaha. Oleh akrena itu salah satu cara mengembangkan mindset kewirausahaan adalah dengan menetapkan tujuan. Memulai suatu usaha tanpa adanya tujuan yang jelas dari apa yang ingin dicapai oleh usaha anda akan meningkatkan kemungkinan usaha anda berakhir pada kegagalan.

Karena itu biasakan untuk menetapkan tujuan dari bisnis anda. Hal ini berlaku untuk tujuan harian, mingguan, bulanan, tahunan dan jangka panjang. Tuliskan tujuan anda setiap hari dan ingatkan diri anda untuk dapat mencapai tujuan tersebut.

4. Kejar Pertumbuhan dan Pengembangan

Kesuksesan dalam berbisnis dapat dicapai dengan senantiasa bertumbuh dan mengembangkan usaha menjadi lebih baik. Hal ini tidak terlepas dari kenyataan bahwa bisnis anda pasti memiliki kekurangan atau kelemahan yang menghambat bisnis anda mencapai potensi maksimalnya.

Mengatasi kekurangan dan kelemahan tersebut sangat penting untuk meraih sukses jangka panjang. Ambil contoh anda mempunyai warung yang dapat menyajikan makanan yang sangat enak, tetapi anda lemah dalam mengatur keuangan dan tidak menyisihkan keuntungan sebagai modal.
Jika anda tidak menyadari kelemahan dan memperbaiki masalah tersebut maka cepat atau lambat warung makan anda tetap akan bangkrut meskipun ramai pembeli karena anda tidak bisa mengatur keuangan dengan baik.

5. Berusaha dan Tidak Takut Gagal

Dalam dunia bisnis ketidakpastian adalah suatu faktor yang akan selalu ada. Adanya ketidakpastian tersebut menimbulkan risiko yang dapat berakibat pada kegagalan.

Ambil contoh pandemi COVID-19. Pandemi tersebut telah mengakibatkan banyak sekali bisnis mengalami kegagalan. Risiko terjadinya pandemi yang mengakibatkan penutupan dan pembatasan kegiatan masyarakat secara besar-besaran tersebut tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Begitu banyak faktor-faktor penting yang dibutuhkan untuk meraih kesuksesan yang sebenarnya tidak dapat dikontrol oleh pengusaha. Namun jika anda hanya terpaku pada potensi kegagalan tersebut maka anda tidak akan pernah bisa menjadi pengusaha karena anda tidak akan pernah mencoba menjalaninya.

Menghadapi kondisi ketidakpastian yang dialami oleh pengusaha tersebut hal terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan selalu fokus kepada apa yang bisa anda lakukan dan tidak takut gagal meskipun anda tidak dapat memastikan kesuksesan anda.

Baca Juga: 7 Tips dan Cara Menjadi Pengusaha Sukses dari Nol

Advertisement
Sponsored

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here