tips dan cara menjadi pengusaha sukses dari nol
image : pexels.com / tips dan cara menjadi pengusaha sukses

Belajar dari berbagai kisah pengusaha sukses terdapat satu poin penting yang dapat diambil dari perjalanan para pengusaha sukses. Poin penting tersebut adalah cara menjadi pengusaha sukses dari nol membutuhkan banyak hal. Hampir semua pengusaha sukses dari nol melewati berbagai masalah dan membutuhkan perjuangan sebelum mencapai kesuksesannya.

Contohnya, Rustono pengusaha Indonesia yang sukses di Jepang dengan bisnis tempe. Sebelum sukses mengembangkan bisnis tempe di Jepang, Rustono gagal dalam membuat tempe ratusan kali selama 6 bulan pertama. Tidak hanya itu dia juga mengalami lebih dari puluhan penolakan untuk menjual produknya setiap hari selama berbulan-bulan.

 

1. Melihat Masalah Sebagai Peluang

Elon Musk, salah satu pengusaha terkaya di dunia dan salah satu yang paling terkenal memulai SpaceX karena mengalami kesulitan saat ingin membeli roket untuk menghidupkan kembali minat masyarakat luas akan eksplorasi luar angkasa.

Elon Musk melihat bahwa masalah tingginya biaya untuk membeli roket sebagai peluang usaha. Dalam perjalanan pulang dari perjalananya untuk mencari roket tersebut diapun segera menulis rencana bisnisnya yang kemudian menjadi cikal bakal SpaceX. Perusahaan penerbangan luar angkasa swasta pertama yang meraih berbagai pencapaian penting dalam penerbangan angkasa luar.

Begitu juga dengan Nadiem Makarim pendiri Gojek yang melihat masalah rendahnya penghasilan ojek berasal dari sulitnya mencari penumpang, sedangkan penumpang enggan mencari dan menggunakan ojek karena harga yang tidak jelas.

Kisah tersebut menunjukkan bahwa pengusaha sukses melihat suatu masalah lebih dari sekedar hal yang tidak mengenakan tetapi sebagai suatu peluang usaha.

2. Kerja Keras

Hampir semua pengusaha sukses dari nol mengatakan bahwa salah satu tips dan cara menjadi pengusaha sukses dari nol adalah bekerja keras dan tekun dalam mengembangkan bisnis mereka. Kenyataan ini tidak mengherankan karena memulai bisnis dan mengembangkan bisnis dari nol membutuhkan banyak sekali hal yang diperlukan. Mulai dari masalah produksi, pemasaran, sampai pengadaan perlu diperhatikan oleh pengusaha yang memulai dari nol karena umumnya pengusaha pemula memiliki keterbatasan sumber daya manusia dan sumber daya keuangan.

 

3. Visualisasi Kesuksesan

Memvisualisasikan kesuksesan merupakan salah satu cara pengusaha sukses dari nol dalam mencapai keberhasilan mereka. Sebagai contohnya Rustono, pengusaha tempe Jepang memvisualisasikan mimpinya menyebarkan tempe ke seluruh Jepang dengan memberikan tanda di kota-kota di peta Jepang yang menunjukkan ambisi Rustono.

Begitu juga dengan banyak pengusaha lain, mereka menggunakan visualisasi kesuksesan untuk membantu mereka melewati masa-masa sulit. Tetapi jangan mengira bahwa visualisasi kesuksesan dapat menggantikan kerja keras. Jadikan visualisasi kesuksesan sebagai bahan bakar motivasi dan memperkuat keyakinan anda untuk terus bekerja dan berusaha.

 

4. Terapkan Pengawasan Yang Baik

Salah satu risiko utama bisnis adalah kerugian akibat tidak adanya pengawasan operasional bisnis yang baik. Risiko ini menjadi salah satu penyebab utama mengapa suatu bisnis dapat mengalami kerugian dan bangkrut.

Anda harus melakukan pengawasan secara ketat terhadap operasional bisnis anda dan memastikan karyawan bertanggung jawab dan melakukan tugasnya sesuai dengan apa yang anda amanatkan.

Hindari terlalu mempercayai salah satu karyawan tanpa adanya pengawasan lebih lanjut karena hal ini membuka kelemahan dalam sistem bisnis anda.

5. Cari Mentor

pengertian bisnis menurut para ahli, cara menjadi pengusaha sukses
image credit : pixabay

Seorang mentor atau guru yang dapat memberikan saran sebagai pengusaha yang sudah berpengalaman merupakan salah satu tips dan cara menjadi pengusaha sukses dari nol yang terkadang dilupakan.

Bagaimanapun juga berbisnis merupakan suatu kegiatan yang kompleks dan seringkali membutuhkan suatu pengetahuan yang penting untuk dikuasai.

Tidak adanya pengalaman menjadi celah yang dapat meningkatkan risiko bisnis anda terhambat oleh suatu masalah atau bahkan mengalami kerugian karena ketidaktahuan anda.

Dengan mempunyai mentor yang sudah berpengalaman anda dapat mengurangi risiko tersebut dimana mentor anda dapat memberikan saran-saran untuk memitigasi suatu risiko bisnis.

6. Pahami Konsumen Secara Mendalam

Setiap bisnis hanya dapat sukses dan bertahan dengan adanya dukungan dari konsumen mereka. Oleh karena itu salah satu tips dan cara menjadi pengusaha sukses dari nol adalah usahakan untuk memahami konsumen anda secara mendalam.

Pemahaman terhadap karakteristik konsumen memungkinkan anda untuk membuat kampanye pemasaran yang efektif, merancang penawaran yang efektif dan efisien serta meningkatkan keunggulan kompetitif bisnis anda.

7. Jalankan Bisnis Sesuai Passion

quote steve jobs, tips menjadi pengusaha sukses
tips bisnis sukses steve jos dengarkan passion

Jika memungkinkan pilihlah bisnis yang sesuai dengan passion atau minat anda. Memilih bisnis yang sesuai dengan passion anda sangatlah membantu anda dalam mencapai kesuksesan.

Hal tersebut karena anda akan merasa lebih termotivasi untuk terus bekerja dan belajar menjadi lebih baik dibidang yang anda sukai.

Namun perlu diingat juga anda harus memastikan bahwa bidang yang anda sukai tersebut mempunyai potensi pasar yang cukup baik untuk dapat mendukung bisnis yang berkelanjutan.

Please follow and like us:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here