peluang usaha saat wabah corona, bisnis covid-19, usaha corona, usaha covid-19
image credit : pexels.com

Merebaknya wabah virus corona atau Covid-19 telah memaksa masyarakat mengubah kebiasaan mereka secara drastis. Masyarakat yang sebelumnya terbiasa berinteraksi fisik secara langsung harus menjalani kegiatan mereka melalui media jarak jauh. Tidak hanya itu, akibatnya banyak usaha yang mengalami kesulitan karena perubahan tersebut seperti bisnis travel, rumah makan dan tempat hiburan.

Tetapi seperti berbagai perubahan yang diakibatkan oleh teknologi atau kondisi ekonomi selalu ada peluang usaha saat wabah corona yang menjanjikan. Menjalani usaha ditengah wabah corona mempunyai tantangan tersendiri, tetapi bagi mereka yang kehilangan pekerjaan atau usaha konvensionalnya mengalami kesulitan akan sangat sulit untuk berdiam diri menunggu kondisi ini berlalu terlebih jika tidak mempunyai tabungan yang cukup.

Untuk anda yang ingin memulai peluang usaha saat wabah corona yang menjanjikan berikut 10 usaha yang dapat anda pertimbangkan ditengah wabah Covid-19.

1. Usaha Pembuatan Website

usaha website design, peluang usaha saat wabah corona, bisnis covid-19, usaha corona, usaha covid-19
image credit : pexels.com

Meningkatnya kebutuhan akan pembuatan website saat wabah Covid-19 menjadikan bisnis yang satu ini termasuk salah satu peluang usaha saat wabah corona yang menjanjikan. Dengan dibatasinya interaksi secara langsung dan semakin banyaknya kegiatan yang dilakukan tanpa tatap muka, keberadaan website untuk suatu bisnis menjadi semakin penting. Dengan mempunyai website sendiri suatu bisnis dapat menawarkan penawaran kepada pelanggan mereka dengan interaksi yang minimal, bahkan untuk bisnis konvensional sekalipun dengan menawarkan layanan pesan antar atau dengan menerapkan sistem booking sehingga interaksi dengan orang banyak dapat dikurangi secara signifikan.

Anda dapat belajar merancang suatu website dengan menggunakan WordPress yang sangat user friendly dan mudah dipelajari. Anda juga dapat melihat berbagai channel Youtube yang dapat membantu anda dalam mempelajari bagaimana merancang suatu website WordPress. Kelebihan lain WordPress adalah anda tidak perlu memahami pemograman komputer secara mendalam untuk bisa mendesain website yang menarik karena anda bisa menggunakan theme WordPress. Setelah mengenal WordPress anda dapat menawarkan jasa anda melalui berbagai situs freelance atau sosial media anda.

2.  Usaha Affiliate Marketing

Affiliate marketing sudah terbukti sebagai salah satu bisnis online yang menjanjikan. Affiliate marketer yang sukses dapat menghasilkan puluhan ribu sampai ratusan ribu Dolar Amerika dalam sebulan. Pat Flynn adalah salah satu contoh sukses dari Affiliate Marketing, sebelum melebarkan sayap bisnis onlinenya ke bisnis podcast, online course, dan software dia mendapatkan sebagian besar penghasilannya yang mencapai US 1.500.000 dalam satu tahun dari affiliate marketing.

Secara sederhana affiliate marketing dapat diibaratkan seperti bisnis agen properti. Anda mendapatkan komisi dari penjualan yang anda hasilkan. Untuk mendapatkan komisi tersebut anda diberikan suatu link khusus yang berguna untuk mentracking pembelian yang dihasilkan dari promosi yang anda lakukan. Jika ada pembeli yang menggunakan link anda maka anda kemudian akan mendapatkan komisi.

Saat ini semakin banyak bisnis yang menawarkan program affiliate, contohnya Involve Asia yang menawarkan banyak sekali program affiliate yang menjanjikan seperti Affiliate Shopee, Lazada, Zalora, Blibli dan masih banyak lagi.

 

3. Usaha Blogging

Menulis untuk blog tidak hanya sekedar hobi yang produktif, blogging dapat menjadi usaha dan bisnis yang menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit. Dengan blogging anda bisa menarik ribuan pembaca setiap harinya yang mencari info-info menarik serta ketertarikan mengenai suatu hal tertentu. Anda kemudian dapat menghasilkan uang dengan Google Adsense atau program iklan lainnya. Anda juga dapat menjual produk digital anda sendiri melalui blog anda, atau anda juga dapat mempromosikan produk bisnis lain dengan affiliate marketing.

Untuk memulai usaha blogging secara serius anda akan membutuhkan domain dan hosting. Domain dan hosting dibutuhkan agar anda bisa mendapatkan rangking yang tinggi di mesin pencari seperti Google sehingga anda dapat ditemukan dengan mudah oleh pembaca anda dan menjaring pembaca baru setiap harinya.

Jika anda bingung memilih jasa hosting Niagahoster adalah salah satu jasa hosting yang terjangkau untuk pemula blogging, Niagahoster menawarkan hosting termurah dengan harga mulai Rp. 10.000 perbulan yang sangat cocok untuk blogger pemula. Selain itu mereka juga mempunyai support yang baik dan layanan yang baik untuk blogger.

 

4. Usaha Online Course

Apakah anda tau jika pasar pendidikan online global telah mencapai USD 187 miliar pada tahun 2019, akan tumbuh hingga mencapai USD 318 miliar pada tahun 2025? Pendidikan melalui media online menjadi semakin populer berkat semakin terjangkaunya akses internet dan meningkatnya kecepatan internet.

Disisi lain wabah corona juga membantu pasar secara lebih luas mengadopsi dan mengenal metode pembelajaran jarak jauh. Sehingga dapat diprediksi pasar online course akan semakin meningkat pertumbuhannya.

Memulai usaha online course dapat anda lakukan dengan membuat video instruksi mengenai materi yang anda kuasai dengan baik dan mempersiapkan material lain untuk pembelajaran lain yang membantu murid anda menguasai materi tersebut. Anda kemudian dapat menawarkan program kursus online anda melalui platform marketplace kursus online seperti Udemy.

 

5. Usaha Toko Online

usaha toko online, bisnis saat wabah corona, bisnis covid-19
image credit : pexels.com

Toko online tidak dapat merupakan salah satu usaha yang relatif tahan terhadap dampak wabah virus corona. Bahkan banyak diprediksi belanja online semakin meningkat karena semakin banyak mereka yang mengurangi dan bahkan menghentikan belanja melalui media offline dan konvensional.

Secara khusus ditengah wabah virus corona toko online yang menjual vitamin, alat kesehatan, obat, dan obat herbal menjadi primadona utama dengan meningkatnya permintaan untuk menjaga kesehatan.

Selain yang berkaitan dengan kesehatan berbagai perlengkapan rumah tangga, game dan hobi juga dapat meningkat permintaannya karena semakin banyak orang yang mempunyai waktu lebih untuk berada di rumah dan melakukan hobi mereka.

 

6. Usaha Aplikasi Mobile

Meningkatnya penggunaan handphone dan gadget di tengah wabah virus corona merupakan suatu keniscayaan. Hal ini tercermin dari peningkatan signifikan terhadap paket data berbagai operator seluler di Indonesia. Salah satu usaha yang dapat meningkat dan memanfaatkan trend tersebut adalah usaha aplikasi mobile. Oleh karena itu usaha aplikasi mobile termasuk salah satu usaha saat wabah corona yang menjanjikan.

Usaha aplikasi mobile seperti Android dan iPhone dapat meningkat keuntunggannya dengan wabah virus corona karena orang semakin banyak menggunakan handphone dan menghabiskan waktu dengan handphone mereka. Anda dapat belajar membuat aplikasi mobile yang sederhana melalui Udemy dan kemudian merancang aplikasi anda sendiri. Atau anda juga bisa merancang konsep dan ide aplikasi mobile yang bagus dan kemudian mencari freelancer untuk membuatnya untuk anda.

 

7. Freelancing

bisnis covid-19, usaha corona, usaha covid-19, freelance,
image credit : pexels.com

Jika anda mempunyai suatu keahlian yang dapat diberikan melalui jarak jauh seperti menulis artikel, memberikan jasa Search Engine Optimization, desain grafis, akuntasi, perpajakan dan lain sebagainya maka salah satu usaha yang bisa anda lakukan dengan bermodal keahlian tersebut dan segera mendapatkan uang adalah dengan mencoba menawarkan jasa freelancing. Anda bisa menawarkan jasa freelance melalui situs marketplace freelance atau melalui website anda sendiri.

 

8. Usaha Kuliner Pesan Antar

Kemunculan wabah corona bukan berarti orang tidak lagi butuh makan. Memang banyak orang yang memilih untuk memasak dirumah sebagai akibat wabah corona tetapi kebanyakan orang akan merasa bosan dan akan mencari kuliner enak untuk mencerahkan hari mereka. Namun saat ini perilaku telah bergeser dimana semakin banyak orang yang mencari makanan dengan pesan antar.

Untuk itu salah satu usaha saat wabah corona atau Covid-19 yang menjanjikan adalah usaha kuliner pesan antar. Anda dapat menawarkan usaha kuliner anda melalui media sosial dan menerima pesanan dari Gofood dan Grab food, atau untuk beberapa makanan yang tersedia dalam kemasan seperti rendang kemasan anda bisa menawarkannya juga melalui online marketplace.

 

9. Usaha Masker

Dengan merebaknya wabah Covid-19, usaha masker menjadi salah satu usaha yang menjanjikan. Banyak orang yang mencari masker untuk pencegahan penularan virus Corona. Anda bisa membuat masker dari kain beberapa lapis dan kemudian menjualnya, akan lebih baik lagi jika kamu menggunakan bahan dengan serat kain yang rapat agar lebih melindungi. Untuk memulai bisnis ini kamu membutuhkan mesin jahit dan bahan-bahan dasar. Pastikan untuk mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan agar orang lebih yakin dengan masker buatan anda.

 

10. Usaha Vitamin

Salah satu senjata terbaik dalam mencegah dan melawan virus Corona adalah daya tahan tubuh yang kuat. Oleh karena itu vitamin menjadi salah satu produk yang banyak diburu oleh masyarakat. Usaha vitamin dengan demikian menjadi salah satu peluang usaha saat wabah Covid-19 yang menjanjikan.

 

Penutup

Wabah virus corona menjadi tantangan bagi kita semua, terutama bagi mereka yang kehilangan pekerjaan, penghasilan atau mengalami omzet yang menurun akibat wabah Covid-19.

Please follow and like us:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here