rekomendasi bisnis online untuk pemula, bisnis online
image credit : pixabay

Tidak semua bisnis online mudah dipelajari dan dijalani oleh pemula. Lalu apa rekomendasi bisnis online untuk pemula yang menjanjikan? Artikel ini akan menjawab pertanyaan tersebut secara lengkap dan mendalam.

Di zaman yang semakin terkoneksi dengan internet terdapat berbagai perubahan perilaku masyarakat yang memunculkan berbagai peluang bisnis online yang menjanjikan. Banyak pengusaha muda yang melihat dan memanfaatkan peluang tersebut hingga kemudian berhasil meraih sukses.

Namun dari berbagai jenis bisnis online yang ada tidak semuanya cocok untuk dijalankan oleh seorang pemula. Tidak semua bisnis online cocok untuk pemula karena tidak semua bisnis online dapat dimulai dengan modal kecil dan mempunyai risiko yang kecil. Memilih peluang bisnis online yang tepat untuk pemula sangat penting untuk menghindari mengambil risiko yang terlalu tinggi atau risiko ditipu oleh orang lain.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa meskipun daftar rekomendasi bisnis online untuk pemula ini mempunyai risiko yang relatif kecil dan hanya memerlukan modal kecil, tetapi seperti bisnis lainnya bisnis online bukanlah cara untuk kaya dengan cepat. Jika ada yang menjanjikan kaya cepat dengan bisnis online kemungkinan orang tersebut mau menipu anda atau peluang bisnis tersebut mempunyai risiko besar.

Anda perlu terus menerus berusaha dan meningkatkan kemampuan anda untuk bisa sukses dan berhasil dalam bisnis online.

 

1. Hasilkan Uang Dengan Bisnis Online Jasa Titip

bisnis jasa titip, rekomendasi bisnis online untuk pemula
image credit : pexels.com

Rekomendasi bisnis online untuk pemula yang pertama adalah bisnis jasa titip.

Bisnis jasa titip menawarkan kemudahan bagi klien mereka untuk membeli barang yang mereka inginkan tanpa perlu keluar rumah. Sebagai gantinya penyedia jasa titip memungut biaya jasa titip untuk pembelian yang mereka bantu tersebut.

Bisnis jasa titip tengah berkembang dan telah menjadi bisnis yang cukup menguntungkan.

Pipit Widiya Sari salah satu pelaku usaha bisnis jasa titip yang fokus di produk IKEA mengaku bahwa dia bisa mendapatkan untung sampai belasan juta rupiah jika sedang ada sale.

Bisnis jasa titip tidak hanya berlaku untuk barang-barang domestik, anda juga dapat memberikan jasa titip secara lintas negara jika anda sering pergi keluar negeri, kuliah atau bekerja di luar negeri.

Untuk bisnis jasa titip lintas negara tersebut bahkan ada pengusaha yang meraih keuntungan menggiurkan sampai ratusan juta rupiah untuk bisnis jasa titip barang-barang mewah.

Trik sukses dari bisnis jasa titip adalah ketahui siapa pelanggan anda dan pelajari barang seperti apa yang mereka inginkan.

Selanjutnya mulailah berburu promosi barang-barang tersebut. sebarkan info promo tersebut melalui social media dengan foto atau video yang atraktif dan sampaikan jika kamu menerima jasa titip untuk yang berminat.

 

Sponsored

2. Jual Barang Kustom Dengan Tees

Tees, rekomendasi bisnis online untuk pemula
Tees, rekomendasi bisnis online untuk pemula

Tees.co.id adalah website yang memungkinkan kamu untuk membuat desain unik untuk berbagai macam barang. Kamu dapat membuat kaos, jaket, hoodie, mug, casing hp, sampai bantal dengan desain sendiri di Tees.co.id.

Selain memungkinkan kamu untuk berkreasi membuat barang-barang unik, Tees juga membuka peluang untuk kamu yang ingin berbisnis online dengan skema pembagian keuntungan.

Caranya mudah, kamu cukup membuat desain tetapkan harga barang diatas atau sesuai harga rekomendasi dan kemudian promosikan kepada teman-teman, pelanggan dan keluarga kamu.

Kamu tidak membutuhkan modal karena sistem produksi, distribusi, pembayaran dan administrasi diatur oleh Tees. Kamu dapat fokus untuk membuat desain dan memasarkan produk tersebut.

Bahkan kamu dapat mendapatkan keuntungan lebih banyak jika kamu dapat mencapai target penjualan tertentu dengan sistem preorder (hampir 2 juta untuk 36 kaos).

Dengan kemudahan tersebut jelas jika bisnis ini termasuk dalam rekomendasi bisnis online untuk pemula.

Mau tau lebih lanjut? kunjungi halaman ini.

 

3. Dapatkan Komisi Dari Affiliate Marketing

Apakah kamu pernah merekomendasikan suatu produk kepada teman, keluarga atau orang lain? Apakah kamu senang membantu mereka memilih produk yang tepat untuk mereka?

Jika ya, kamu dapat menjadikan kegiatan merekomendasikan sesuatu tersebut sebagai suatu bisnis online yang menguntungkan. Caranya dengan affiliate marketing.

Affiliate marketing adalah skema bisnis dimana kamu mendapatkan komisi penjualan dari produk (barang atau jasa) yang kamu rekomendasikan kepada orang lain.

Komisi tersebut biasanya dicatat apabila orang yang kamu rekomendasikan membeli melalui link khusus yang disediakan oleh perusahaan tersebut.

Bisnis affiliate marketing biasanya mengharuskan kamu mempunyai sebuah website. Walaupun tidak semua program affiliate mengharuskan kamu mempunyai website tetapi website akan sangat membantu kamu untuk mengembangkan bisnis ini.

Mengingat saat ini mudah sekali mencari hosting dengan harga dibawah Rp. 200 ribu setahun maka modal dari bisnis affiliate ini sangatlah kecil.

Setidaknya kamu pasti pernah membeli barang atau pulsa dari Tokopedia dan Bukalapak. Atau mungkin kamu pernah membeli tiket pesawat dan hotel dari online travel agent. Jika ya kamu dapat mulai menghasilkan uang melalui affiliate marketing dengan bergabung ke Accesstrade.

Accesstrade adalah platform affiliate marketing asal Jepang yang menghubungkan perusahaan dengan affiliate marketer.

Dengan Accesstrade kamu bisa memilih beberapa program yang sesuai dengan minat dan keahlian kamu untuk dipromosikan salah satunya Tokopedia, Bukalapak, Expedia, dan masih banyak lagi. Tertarik? kunjungi Accesstrade.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memulai Affiliate Marketing Untuk Pemula

 

4. Jualan Tanpa Modal Dengan Dropship

Rekomendasi bisnis online untuk pemula yang satu ini mengharuskan anda berjualan barang tetapi tanpa modal.

Apa bisa jualan tanpa modal? Di zaman sekarang jualan tanpa modal sangat bisa! Caranya dengan model bisnis dropship.

Secara sederhana dalam model bisnis dropship anda menjual barang kepada penjual dan pemenuhan dari penjualan yang terjadi anda teruskan ke supplier.

Supplier kemudian akan mengirimkan barang tersebut langsung ke pembeli. Saat ini sudah terdapat berbagai platform yang mengakomodasi skema ini contohnya Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan masih banyak lagi.

Skema dropship dapat dilakukan dengan berjualan di marketplace atau membuat toko online sendiri. Namun akan lebih baik jika menggunakan website toko online sendiri untuk menyasar segmen pasar tertentu dan untuk menghindari persaingan harga di marketplace.

Baca Juga : Bagaimana Memulai Bisnis Dropship

 

5. Jualan Dengan Toko Online

Banyak pengusaha muda yang sukses dengan berjualan dengan toko online. Beberapa contohnya adalah Yasa Singgih pendiri Men’s Republic dan Yukka Harlanda pendiri Brodo.

Tidak heran jika kemudian berjualan dengan toko online patut masuk rekomendasi bisnis online untuk pemula. Berjualan dengan toko online saat ini jauh lebih mudah, diterima secara luas oleh masyarakat dan dapat dimulai dengan modal kecil.

Anda bisa berjualan dengan toko online melalui berbagai platform. Untuk pemula yang mempunyai keahlian membuat produk, atau mempunyai supplier yang dapat diandalkan bisa memulai dengan bergabung di online marketplace seperti:

  • Tokopedia;
  • Shopee;
  • Bukalapak; dan
  • Carousell;

Kemudian untuk pemula yang gemar bermain social media dan mempunyai banyak pengikut bisa memulai bisnis toko online ini dengan menggunakan Instagram atau Facebook.
Terakhir, jika sudah lebih berpengalaman dan mengetahui seluk beluk bisnis toko online dan ingin membangun merek yang lebih kuat kamu bisa membuat website toko online sendiri.

Untuk tahap yang terakhir tersebut saat ini sudah menjadi jauh lebih mudah karena terdapat banyak layanan toko online instan yang memungkinkan kamu membuat toko online sendiri dalam waktu yang singkat.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Shop Untuk Pemula

6. Jasa Pembuatan Artikel / Konten

Senang menulis? Jika ya, kamu dapat menghasilkan uang dari bisnis online dengan menulis.

Pemasaran konten atau Content Marketing adalah salah satu cara pemasaran online yang tengah naik daun.

Berdasarkan riset pasar Technavio yang dilaporkan theDrum.com, industri content marketing diproyeksikan mempunyai tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 16%.

Dengan tingkat pertumbuhan gabungan tersebut nilai industri content marketing akan berlipat ganda dari $195.58 miliar di 2016 menjadi $412.88 milyar pada 2021.

Besarnya pertumbuhan industri tersebut tentu memberikan kesempatan jika kamu dapat mempelajari seluk beluk konten marketing dan memulai mempraktikannya untuk membangun portfolio kamu.

Untungnya saat ini terdapat banyak sekali sumber daya untuk mempelajari content marketing secara komprehensif. Salah satunya dengan mengikuti online course yang terjangkau di Udemy.

Sitewide-10usd300x250

Kemudian kamu dapat mempraktikan konten marketing tersebut dengan membuat halaman pribadi kamu di Medium.com.

 

7. Hasilkan Uang Dengan Jadi Publisher Online / Blogger

rekomendasi bisnis online untuk pemula, bisnis online
image credit : pixabay

Masih berkaitan dengan menulis. Menjadi publisher online atau blogger adalah salah satu cara klasik menghasilkan uang dari internet.

Sebagai salah satu bisnis online yang klasik, bisnis ini termasuk dalam rekomendasi bisnis online untuk pemula. Kenapa? karena cara untuk menjadi publisher online atau blogger banyak sekali dibagikan secara gratis di Internet.

Salah satu contoh sumber belajar yang bagus adalah website Problogger yang dibangun oleh salah satu blogger tersukses, Darren Rowse.

Proses untuk membangun bisnis publisher online secara garis besar adalah sebagai berikut:

  • tentukan topik yang ingin dibahas di website anda (saat ini website dengan topik umum lebih sulit bersaing untuk mendapat ranking di Google);
  • buat website anda;
  • buat konten atau artikel secara rutin;
  • masukkan kode Google Adsense untuk mendapat penghasilan dari iklan.
  • kembangkan sumber penghasilan lain dengan blog tersebut seperti affiliate marketing, menjual produk digital, produk fisik, sponsored post atau bahkan konsultasi pribadi.

Baca Juga : Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog di Tahun 2018

 

8. Tawarkan Jasa Manajemen Social Media

Tidak dapat dipungkiri jika saat ini social media menjadi salah satu bagian kehidupan sehari-hari yang tidak terpisahkan bagi banyak orang.

Khususnya di Indonesia penggunaan social media sangatlah masif. Pengguna Facebook misalnya sudah mencapai 130 juta (negara urutan keempat pengguna terbanyak). Sedangkan Instagram sudah mencapai 53 juta (negara urutan ketiga pengguna terbanyak).

Tidak heran jika kemudian banyak bisnis yang sukses dengan kepiawaian mereka menggunakan social media untuk mempromosikan bisnis mereka.
Namun terlepas dari manfaat social media untuk mengembangkan bisnis tersebut tidak semua pemilik bisnis dapat menggunakan social media dengan efektif.

Dari masalah tersebut kamu bisa menawarkan solusi jasa manajemen social media. Sebagai pemberi jasa kamu memberikan kemudahan bagi pemilik bisnis untuk melakukan promosi di social media dengan membuat konten yang tepat, penjadwalan, interaksi dan pelaporan hasil promosi.

Jasa tersebut bisa kamu tawarkan setelah kamu sendiri berhasil meraih jumlah pengikut yang cukup banyak untuk akun pribadi kamu atau membentuk otoritas melalui menulis mengenai social media di berbagai platform seperti Medium.

Bisnis jasa manajemen social media termasuk dalam rekomendasi bisnis online untuk pemula karena bisnis ini sejatinya tidak memerlukan modal kecuali paket internet atau wifi dan smartphone.

 

9. Jual Jasa Pembuatan Toko Online 

Apakah kamu senang membuat desain yang menarik? Mempunyai ketertarikan untuk membantu pemilik bisnis membuat toko online mereka sendiri?

Jika jawaban keduanya ya, salah satu rekomendasi bisnis online untuk pemula seperti kamu adalah jual jasa pembuatan toko online kepada pemilik bisnis.

Seperti yang saya jelaskan diatas saat ini membuat toko online jauh lebih mudah. Tidak perlu menjadi seorang programmer untuk membuat toko online.

Hal tersebut karena terdapatnya template-template yang mempermudah desain toko online. Selain masalah desain masalah fungsionalitas toko online juga dapat diselesaikan dengan adanya perusahaan penyedia jasa pembuatan toko online secara instan seperti Jejualan.

jejualan, toko online instan, pembuat toko online, toko online murah
jejualan.com adalah salah satu startup pembuat toko online instan indonesia

Dengan Jejualan kamu dapat membuat toko online untuk klien kamu dengan mudah. Kamu bisa mendapatkan keuntungan berupa nilai jasa pembuatan yang kamu kenakan dan selain kamu juga bisa mendapatkan komisi sebesar 30% dengan menjadi affiliate dari Jejualan.

 

10. Passive Income dari Peer to Peer Lending

Rekomendasi bisnis online untuk pemula yang ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menghasilkan passive income dari internet.

Peer to Peer Lending (P2P Lending) adalah perusahaan yang menawarkan kemudahan bagi seorang pemilik dana untuk menyalurkan dana tersebut kepada orang atau perusahaan yang membutuhkan dana segar.

Berbeda dengan bank yang menyimpan uang anda dan kemudian menyalurkannya kepada kreditor yang telah mereka nilai, dalam P2P Lending kamu yang menyalurkannya langsung kepada kreditor melalui media internet.

Dengan skema tersebut kamu akan mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar. Di KoinWorks misalnya untuk kreditor dengan rating A atau pinjaman yang paling aman saja bisa memberikan imbal hasil 14% pertahun. Bahkan untuk rating C imbal hasilnya mencapai 20-22% pertahun. Jauh lebih tinggi dari deposito yang hanya 3% atau bahkan obligasi yang 8% pertahun.

Berinvestasi di KoinWorks tidak membutuhkan modal yang besar. Kamu cukup memulai investasi dengan Rp. 100 ribu saja. Saya sendiri telah berinvestasi di KoinWorks sejak tahun lalu dan selama ini tidak terdapat masalah dalam hal pembayaran atau pencairan.

Tertarik? Kunjungi KoinWorks sekarang.

 

 

Sponsored
Artikulli paraprak15 Macam Macam Bisnis Modal Kecil Yang Cocok Untuk Pemula
Artikulli tjetër6 Franchise Kuliner Yang Murah Dan Menguntungkan Saat Ini
Firman adalah dosen manajemen di Fakultas Ekonomi & Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, internet entrepreneur,dan investor keuangan. Mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam wirausaha, bisnis, usaha kecil dan menengah, entrepreneurship dan manajemen keuangan.

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini