macam macam bisnis, bisnis untuk pemula, usaha untuk pemula
image credit : pixabay

Salah satu masalah yang dihadapi pengusaha pemula adalah memilih bisnis yang sesuai. Pertanyaannya, apa saja macam macam bisnis modal kecil yang cocok untuk pemula? Artikel ini akan membahas mengenai hal tersebut.

Wirausaha dan memulai usaha sendiri merupakan salah satu jalan terbaik untuk meningkatkan pendapatan dan taraf hidup. Berbeda dengan karyawan yang pendapatannya dibatasi oleh seberapa besar bos anda mau menggaji anda, pendapatan seorang wirausahawan dibatasi oleh kemampuan mereka.

Namun berbeda dengan karyawan yang mempunyai pendapatan relatif tetap seorang wirausahawan tidak mempunyai keamanan yang memastikan berapa pendapatan mereka atau apakah investasi mereka akan kembali atau tidak. Dengan demikian potensi pendapatan tersebut dibarengi dengan risiko yang lebih besar dalam menjadi seorang wirausahawan.

Menimbang risiko dalam berwirausaha tersebut, seorang wirausahawan pemula harus berhati hati dalam memilih bisnis yang akan mereka jalankan. Hal tersebut karena tidak semua peluang bisnis cocok untuk pemula, ada bisnis yang mempunyai risiko lebih besar dan ada bisnis yang mempunyai risiko lebih kecil.

Memilih bisnis yang tepat tersebut sangat penting karena begitu anda sudah memilih dan mulai menjalankan suatu bisnis akan lebih sulit untuk mengubah bidang bisnis yang anda jalankan. Untuk membantu anda dalam memilih usaha yang tepat berikut 15 macam macam bisnis modal kecil yang cocok untuk pemula.

Macam Macam Bisnis Yang Cocok Untuk Pemula Bidang Jasa

Bisnis bidang jasa adalah bisnis yang memberikan pelayanan kepada pelanggan untuk menyelesaikan masalah mereka. Bisnis jasa mencakup berbagai jenis bisnis yang beraneka ragam, mulai dari bisnis jasa yang kompleks sampai relatif sederhana.

Tidak sedikit bisnis jasa yang cukup sederhana sehingga cocok untuk dijalankan oleh pemula. Berikut ini beberapa contoh usaha jasa yang cocok untuk pemula.

1. Bisnis Laundry Kiloan

usaha laundry kiloan, macam macam bisnis untuk pemula
usaha laundry kiloan : macam macam bisnis untuk pemula

Selain itu saat ini kepraktisan merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan dan banyak orang yang tidak ragu membayar uang lebih untuk mendapatkan kepraktisan. Masalah kepraktisan itulah yang menjadi latar belakang kenapa berbagai startup seperti Go-Jek, Uber, Traveloka, dan Tokopedia menjadi startup yang sukses.

Hampir semua orang membutuhkan pakaian yang bersih dan rapi untuk aktivitas mereka. Namun ditengah semakin cepatnya ritme kehidupan dan kesibukan yang ada tidak sedikit orang yang tidak mempunyai waktu atau enggan mencuci, mengeringkan dan menyetrika pakaian mereka sendiri.

Bisnis laundry kiloan merupakan salah satu bisnis jasa yang menjual kepraktisan tersebut. Bisnis laundry kiloan mempunyai proses bisnis yang sederhana. Secara garis besar prosesnya terdiri dari penawaran jasa, penerimaan order, dan pemenuhan pesanan.

Bahkan untuk menyederhakan lebih lanjut proses yang terakhir yaitu pemenuhan pesanan dapat diserahkan ke pihak ketiga yang mempunyai skala besar sehingga anda cukup berkonsentrasi pada dua proses lain yaitu penawaran jasa dan penerimaan order.

Selain prosesnya yang sederhana, bisnis laundry juga hanya membutuhkan modal yang kecil. Khususnya jika anda menggunakan skema agen atau kemitraan dengan bengkel cuci yang besar, modal utama anda adalah materi promosi, strategi promosi, menjaring pelanggan dan tempat serta orang untuk menerima order laundry. Dengan karakterisik tersebut bisnis laundry kiloan termasuk salah satu macam macam bisnis modal kecil yang cocok untuk pemula.

Baca Juga : 20 Peluang Usaha Modal 5 Juta Yang Menguntungkan

 

2. Bisnis Mitra Bukalapak

Bukalapak adalah salah satu dari Unicorn Indonesia (startup dengan nilai perusahaan lebih dari satu miliar dollar) dan merupakan salah satu perusahaan eCommerce yang dikenal luas di Indonesia.
Tidak hanya untuk berbelanja atau berjualan, Bukalapak juga membuka peluang bagi anda yang ingin berbisnis tanpa modal atau ingin mengembangkan warung anda dengan menawarkan berbagai produk digital seperti pulsa, paket data, token listrik, BPJS dan lainnya.

Sponsored

Selain produk digital, anda juga bisa menawarkan jutaan barang yang dijual di Bukalapak kepada pelanggan anda dan memperoleh komisi sebesar 5% untuk penjualan produk fisik seperti laptop, TV, atau bahkan keperluan sehari hari seperti popok, susu bayi dan banyak lagi.

Dengan skema yang fleksibel dan tidak dibutuhkan modal untuk memulai menjadi Mitra Bukalapak dapat menjadi alternatif untuk anda yang ingin memulai usaha tanpa modal. Anda dapat mempelajari lebih lanjut mengenai Mitra Bukalapak disini.

 

3. Bisnis Cuci Motor

Tidak dapat dipungkiri jika saat ini motor merupakan salah satu moda transportasi utama masyarakat Indonesia. Satu rumah mungkin dapat memiliki satu atau lebih motor, bahkan ada yang satu rumah punya 4 motor untuk orang tua dan anak-anaknya.

Dengan banyaknya jumlah motor diluar sana bisnis yang berkaitan dengan motor mempunyai peluang yang cukup baik untuk dijajal. Salah satu macam macam bisnis yang cocok untuk pemula yang berkaitan dengan motor adalah bisnis cuci motor.

Bisnis cuci motor cocok untuk pemula karena modalnya yang relatif kecil, dapat dimulai dengan skema bagi hasil dengan pekerja untuk mengurangi risiko dan basis lokal yang kuat. Bisnis cuci motor khususnya sangat cocok dijalankan jika anda mempunyai tempat yang tidak terpakai di daerah yang ramai dan anda dapat mempromosikan jasa anda ke orang-orang di daerah tersebut.

Baca Juga : Modal Usaha Bisnis Cuci Motor Sederhana Rincian dan Analisa Bisnis

 

4. Bisnis Service AC

Suhu yang semakin panas dan kesejahteraan masyarakat yang cenderung meningkat (dibuktikan dengan semakin banyaknya kelas menengah) telah mendorong pemakaian AC menjadi berkali kali lipat dibandingkan 20 tahun yang lalu.

Perkembangan tersebut diprediksi akan terus terjadi karena masyarakat kelas menengah Indonesia masih akan meningkat dari 50 juta menjadi 200 juta di tahun 2040. Dengan trend yang positif tersebut dapat dipastikan jika bisnis service AC akan menjadi salah satu bisnis yang tidak akan sepi orderan.

Usaha bisnis service AC termasuk macam macam bisnis yang cocok untuk pemula karena modalnya yang relatif kecil dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjalani bisnis service AC tidaklah rumit. Bahkan anda tidak perlu menjalankan bisnis ini sendiri, anda dapat merekrut salah satu anak SMK permesinan dan anda dapat fokus pada pemasaran service AC kepada banyak orang.

 

5. Bisnis Service Smartphone

bisnis service handphone, macam macam bisnis
image credit : pexels.com

Smartphone saat ini telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan data Kementrian Perindustrian pada tahun 2018 diprediksi terdapat 100 juta pengguna aktif smartphone.

Kemudian dari riset Digital GFK Asia pada 2016, rata-rata pengguna smartphone Indonesia menggunakan gawai mereka setidaknya 5,4-5,6 jam sehari. Tingkat penggunaan yang sangat tinggi dan kemungkinan terus bertambah mengingat di tahun 2018 ini semakin banyak pekerja yang harus terus menerus menggunakan smartphone seperti driver Ojek Online, seller toko online, jasa titip, social media marketer dan berbagai profesi baru lainnya.

Besarnya pengguna smartphone dan tingginya intensitas penggunaan smartphone tersebut menjadi faktor pendukung yang positif untuk peluang bisnis service smartphone.

Bisnis service smartphone cocok untuk pemula karena risikonya yang relatif lebih kecil dibandingkan bisnis kuliner atau perdagangan. Selain itu modalnya juga tidak besar jika anda menggunakan skema DP untuk service yang membutuhkan penggantian spare part.

 

6. Bisnis Les Privat

Jika anda memiliki suatu pengetahuan yang cukup baik di mata pelajaran tertentu seperti matematika, fisika, kimia atau bahasa asing maka salah satu macam macam bisnis yang cocok untuk pemula seperti anda adalah bisnis les privat.

Kenapa bisnis les privat cocok untuk pemula? pertama bisnis les privat hanya membutuhkan modal sedikit. Anda mungkin perlu menghabiskan uang untuk mengiklankan jasa anda, tetapi diluar itu modal utama anda adalah keahlian mengajar anda. Dengan adanya media internet anda bahkan dapat mengiklankan jasa les privat anda secara gratis.

Kedua, bisnis les privat cocok untuk pemula karena proses bisnisnya tidak rumit. Anda memberikan les kepada klien dan anda menerima pembayaran untuk setiap sesi atau jam yang anda berikan.

Dengan kemudahan memulai dan sederhananya proses bisnis les privat, bisnis les privat sangat cocok untuk pemula. Jika anda ingin mengembangkannya anda dapat merekrut guru lain untuk membentuk jaringan penyalur jasa les privat ke lebih banyak klien.

 

7. Bisnis Agen Jasa Pengiriman

Merebaknya jual beli online membawa berkah tersendiri untuk bisnis logistik dan pengiriman. Dampaknya tersebut terlihat dari pertumbuhan bisnis pengiriman yang diprediksi mencapai 15 persen pada 2018, sama dengan tahun 2017. Tingkat pertumbuhan yang sangat tinggi karena hampir 3 kali lipat dari pertumbuhan ekonomi nasional.

Trend positif tersebut juga diprediksi masih akan terus berlanjut mengingat pertumbuhan bisnis eCommerce masih akan terus meningkat seiring dengan meningkatknya kelas menengah Indonesia.

Bisnis jasa agen pengiriman termasuk bisnis yang dapat dimulai dengan modal kecil, terutama jika anda memiliki tempat yang tidak terpakai yang lokasinya cukup strategis. Selain itu juga proses bisnisnya cukup sederhana sehingga bisnis ini termasuk dalam macam macam bisnis yang cocok untuk pemula.

Baca Juga : Mau Bisnis Modal Tempat Usaha? 5 Ide Bisnis Ini Cocok Untuk Kamu

Selain bisnis jasa diatas anda juga dapat mencoba beberapa peluang usaha bidang jasa lain dalam artikel contoh usaha jasa yang menjanjikan di 2021.

Macam Macam Bisnis Untuk Pemula Bidang Kuliner

8. Bisnis Donat

bisnis modal 5 juta, ide bisnis modal 5 juta, ide bisnis modal kecil, bisnis modal kecil
usaha donat rumahan, bisnis modal 5 juta image credit : stocksnap.io

Donat tidak asing lagi sebagai makanan ringan yang cukup digemari oleh berbagai kalangan mulai dari usia tua hingga muda. Populernya donat sebagai cemilan dapat dimanfaatkan oleh anda untuk memulai usaha sampingan.

Bisnis donat dapat dijalankan dengan skema titip jual dan kerjasama dengan warung-warung atau kantin sekolah dan kantor, sehingga anda dapat meraih pasar yang cukup baik tanpa harus mempunyai warung sendiri. Dengan skema tersebut kebutuhan modal bisnis donat relatif kecil.

Selain kebutuhan modalnya yang kecil, bisnis donat cocok untuk pemula karena mudahnya membuat kreasi donat. Variasi donat yang biasanya dijual umumnya terdiri dari donat polos dengan taburan gula pasir, donat meses coklat, donat coklat kacang dan donat topping layaknya donat mall. Harga jualnya dapat bervariasi mulai dari 2.500 sampai 3.000 untuk donat yang dijual diwarung.

Selain cocok untuk pemula, bisnis donat juga mempunyai kemungkinan untuk dikembangan dengan sistem franchise.

 

9. Bisnis Kue Kering

Kue kering seperti putri salju, kastengels, sus, nastar, dan berbagai macam kue lainnya biasanya banyak diburu untuk cemilan menjelang momen-momen istimewa seperti lebaran.

Kue kering tersebut biasanya dijual dalam bentuk toples oval transaparan dengan berat 250 gram. Untuk ukuran tersebut kue kastengels biasanya dijual dengan harga Rp. 80 – 100 ribuan. Cukup menguntungkan dengan bahan-bahan yang diperlukan margin keuntungan dari bisnis kue kering dapat mencapai 40%.

Untuk memulai bisnis kue kering rumahan anda juga tidak memerlukan modal besar, beberapa perlengkapan utama yang anda butuhkan adalah oven gas, mixer, timbangan dan loyang adonan. Semua perlengkapan tersebut dapat dibeli dengan harga kurang dari Rp. 5 juta.

Bisnis kue kering dipandang sebagai bisnis musiman, tetapi sebenarnya kue kue kering tertentu tetap laku dijual diluar momen-momen istimewa seperti lebaran. Beberapa contohnya seperti cheese stick. Selain mengembangkan varian yang laku dijual di momen lebaran anda juga dapat mengembangkan bisnis ini dengan sistem kemitraan dan distributor untuk menjangkau lebih banyak wilayah penjualan.

Dengan kebutuhan modal yang relatif kecil dan kemungkinan untuk mengembangkan tanpa harus menggunakan banyak modal tambahan bisnis kue kering termasuk dalam salah satu macam macam bisnis untuk pemula yang menguntungkan.

 

10. Bisnis Keripik

Berbagai jenis keripik seperti keripik pisang, tempe, tahu, kulit, dan buah tidak asing lagi di masyarakat Indonesia. Keripik mempunyai tempat tersendiri sebagai cemilan yang populer di berbagai kalangan dan umur mulai dari anak kecil sampai orang tua banyak yang biasa menikmati keripik.

Besarnya bisnis keripik tersebut membuka peluang usaha yang menguntungkan bagi wirausahawan yang mempunyai ide-ide kreatif menciptakan keripik yang enak dan sesuai selera lidah orang Indonesia.

Bisnis keripik termasuk bisnis yang hanya membutuhkan modal kecil, modal minimum yang diperlukan dapat kurang dari satu juta dengan memanfaatkan dapur sendiri dan perlengkapan dapur yang sudah ada.

 

11. Bisnis Bubur Ayam

Siapa yang tidak suka dengan bubur ayam, makanan yang hangat dan ringan ini sangat digemari untuk sarapan atau untuk makan ringan di malam hari. Sebagai salah satu jenis makanan yang paling laris bubur ayam mempunyai potensi pasar yang besar dan relatif mudah untuk ditembus.

Kunci utamanya sukses bisnis bubur adalah melihat apakah sudah banyak pedagang bubur ayam di lokasi yang mempunyai prospek cerah. Jika tidak ada atau hanya sedikit anda mempunyai peluang yang bagus untuk bisnis bubur ayam di daerah tersebut.

Namun untuk kesuksesan jangka panjang bisnis bubur ayam anda harus mengembangkan variasi-variasi yang berbeda, rasa yang unik, branding dan konsep yang matang untuk membuka peluang pengembangan usaha bubur ayam dengan skema kemitraan.

 

12. Bisnis Nasi Goreng

Pada tahun 2017 nasi goreng telah meraih predikat sebagai salah satu makanan terenak di dunia versi CNN (nomor 2 setelah rendang). Tidak heran jika nasi goreng sangat populer di masyarakat Indonesia. Makanan kesukaan mantan presiden Amerika Serikat Obama tersebut memang mempunyai rasa yang gurih, sedikit manis dan kaya rempah-rempah.

Nasi goreng biasanya dimakan sebagai santapan malam atau sarapan, oleh karena itu kebanyakan penjual nasi goreng menjajakan jualannya dimalam hari. Karakteristik konsumsi nasi goreng tersebut memungkinkan nasi goreng dimulai sebagai suatu usaha sampingan dan tanpa pinjaman modal.

Anda dapat memulai bisnis nasi goreng dengan berjualan di depan rumah atau membeli gerobak bekas dengan harga kurang dari dua juta untuk mulai berbisnis. Dengan kebutuhan modal yang relatif kecil dan risiko yang kecil tersebut bisnis nasi goreng termasuk salah satu macam macam bisnis untuk pemula yang layak dicoba.

 

Jenis Bisnis Yang Cocok Untuk Pemula Bidang Online

13. Bisnis Toko Online

bisnis toko online, macam macam bisnis online
bisnis toko online : salah satu macam macam bisnis yang cocok untuk pemula

Internet telah mengubah berbagai hal, salah satunya perilaku berbelanja masyarakat Indonesia. Dengan merebaknya penggunaan smartphone, semakin banyak orang yang berbelanja melalui toko online.

Bisnis toko online kemudian menjadi salah satu bisnis yang booming dan berkembang pesat selama beberapa tahun belakangan. Bisnis toko online juga telah melahirkan banyak sekali pengusaha muda yang sukses di berbagai bidang.

Bisnis toko online memang berbeda dengan bisnis toko offline yang memerlukan modal jauh lebih besar. Anda dapat memulai bisnis toko online dengan modal yang kecil. Terutama jika anda menggunakan skema kerjasama dan komisi dengan supplier sehingga anda tidak harus membayar cash untuk persediaan barang, anda baru membayar persediaan saat barang tersebut terjual.

Selain itu bisnis toko online juga dapat dimulai sebagai bisnis rumahan dan sampingan. Dengan kebutuhan modal yang kecil tersebut, bisnis toko online termasuk macam macam bisnis yang cocok untuk pemula seperti anda.

 

14. Blogging

Jika anda termasuk orang yang suka menulis, membuat konten yang menarik, dan suka mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan komputer dan internet maka salah satu macam macam bisnis yang cocok untuk pemula seperti anda adalah blogging.

Kenapa blogging cocok untuk pemula? blogging dapat dimulai tanpa modal sedikitpun, anda dapat memulai dengan menggunakan platform gratis seperti Medium.com atau Blogspot.com.

Setelah itu kamu dapat menggunakan blog tersebut untuk mulai melatih kemampuan menulis dan membangun portofolio anda. Setelah anda membangun cukup banyak konten yang dapat meraih banyak pembaca anda dapat mulai memasarkan jasa menulis konten anda kepada perusahaan-perusahaan lain atau mengambil pekerjaan secara freelance dari Freelancer.com, Fiverr, Upworks dan banyak lagi.

Tidak hanya menulis, anda juga dapat membangun keahlian Search Engine Optimization atau SEO dari membuat dan menjalankan blog. Jika anda sudah menguasai SEO anda bisa memasarkan jasa tersebut juga ke perusahaan atau orang lain dengan harga yang tinggi.

Atau jika anda ingin mengembangkan bisnis blog anda ketingkatan yang lebih serius anda bisa berinvestasi dengan membuat website mandiri dengan domain terpisah dan membangun bisnis dari blog tersebut dengan Google Adsense, menjual produk fisik, menjual produk digital, atau affiliate marketing.

Baca Juga : Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog di Tahun 2018

 

15. Bisnis Affiliate Marketing 

Apakah kamu suka membuat review atau testimonial dari barang atau jasa yang kamu gunakan? atau mungkin kamu pernah membuat rekomendasi kepada teman dan keluarga anda untuk suatu produk?

Jika ya anda bisa menghasilkan uang dari membuat review dan promosi dengan affiliate marketing. Apa itu affiliate marketing? secara sederhana affiliate marketing adalah kegiatan promosi kepada orang lain yang membutuhkan suatu produk melalui media internet. Jika kemudian ada yang membeli produk tersebut melalui link khusus yang diberikan kepada anda oleh perusahaan tersebut maka anda akan memperoleh komisi dari nilai penjualan tersebut.

Kemungkinan besar anda pernah berbelanja sesuatu dari Tokopedia atau Bukalapak kan? Jika anda memiliki website pribadi dengan pengunjung cukup banyak, social media dengan pengikut cukup banyak maka anda bisa menghasilkan uang dengan bergabung ke program affiliasi Accesstrade. Program afiliasi Accesstrade bermitra dengan banyak perusahaan ternama seperti Tokopedia, Bukalapak, Koinworks, Lazada, Zalora, Pegipegi dan masih banyak lagi. Sehingga apapun niche anda kemungkinan anda dapat mempromosikan sesuatu dari salah satu program di Accesstrade.

Sponsored
Artikulli paraprak3 Definisi dan Contoh Keunggulan Kompetitif
Artikulli tjetër10 Rekomendasi Bisnis Online Untuk Pemula Yang Menjanjikan
Firman adalah dosen manajemen di Fakultas Ekonomi & Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, internet entrepreneur,dan investor keuangan. Mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam wirausaha, bisnis, usaha kecil dan menengah, entrepreneurship dan manajemen keuangan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini