Beranda Ide Bisnis Mau Bisnis Modal Tempat Usaha? 5 Ide Bisnis Ini Cocok Untuk Kamu

Mau Bisnis Modal Tempat Usaha? 5 Ide Bisnis Ini Cocok Untuk Kamu

788
2
bisnis barbershop, bisnis modal tempat usaha, ide bisnis modal tempat

Apakah bisa memulai bisnis modal tempat usaha? Tentu saja bisa. Modal untuk usaha tidak hanya berbentuk uang, semua hal yang bisa dinilai dengan uang sebenarnya merupakan bagian dari modal memulai usaha. Contohnya, dalam dunia startup tidak jarang seorang co-founder diberikan bagian kepemilikan dari startup tersebut walaupun dirinya tidak menyetor uang sedikitpun. Sebagai gantinya co-founder tersebut biasanya membawa keahlian, pengalaman atau jaringan professional yang vital bagi keberlangsungan dan operasional perusahaan.

 

Bagaimana Caranya Memulai Bisnis Modal Tempat Usaha?

Jika anda sudah memiliki modal tempat usaha dan bingung mengenai cara memulainya anda kemungkinan mempunyai pertanyaan ini karena dua hal:

  1. Anda tidak mempunyai modal berupa uang yang dibutuhkan untuk memulai usaha; atau
  2. Anda tidak mengetahui usaha apa yang cocok dengan tempat anda.

Untuk pertanyaan yang pertama salah satu solusinya adalah dengan membuat penawaran kerjasama dengan pemilik modal. Anda perlu menyadari bahwa banyak sekali orang yang mencari kesempatan untuk berbisnis, tetapi karena kurangnya waktu yang mereka punya atau karena dibutuhkannya komitmen awal yang dibutuhkan mereka tidak pernah menjalankan bisnis.

Dari pemasalahan tersebut anda bisa menawarkan solusi dimana anda memberikan modal berupa tempat usaha dan operasional sedangkan pihak pemodal uang akan memberikan sejumlah uang untuk membiayai operasional bisnis anda. Untuk meyakinkan investor menanamkan modal anda perlu membuat rencana bisnis yang menjelaskan prospek usaha yang anda pilih dan berapa kebutuhan modalnya.

Baca Lebih Lanjut Panduan Lengkap Membuat Rencana Bisnis

 

Apa Ide Bisnis Yang Cocok Untuk Memulai Bisnis Modal Tempat Usaha?

Pertanyaan yang kedua inilah yang akan dijawab secara rinci dalam artikel ini, mencari ide bisnis yang cocok memanglah tidak mudah dan dibutuhkan perhitungan yang matang. Sebagai pertimbangan utama lakukan analisis mengenai demografi di lokasi tempat usaha anda. Analisis demografi sangat penting untuk mengetahui apakah bisnis anda sesuai dengan pasar yang ada di tempat usaha anda.

Dalam analisis demografi dasar anda perlu mengelompokan dan menghitung (secara kasar) jumlah potensi pasar anda berdasarkan jenis kelamin, kelompok usia, dan juga tingkat ekonomi di daerah tempat usaha anda. Untuk mempermudah proses ini anda dapat bertanya kepada orang yang mengenal banyak orang didaerah tersebut seperti tokoh masyarakat, ketua RT/RW (yang aktif) dan juga kepada komunitas-komunitas sekitar lokasi usaha anda.

Proses analisis tersebut sangatlah penting untuk menghindari sebab kegagalan utama dari suatu bisnis, yaitu tidak adanya pasar yang membutuhkan produk atau jasa yang anda tawarkan. Setelah mengetahui demografi lokasi usaha anda barulah anda bisa menentukan ide bisnis apa yang cocok, sebagai bahan pertimbangan anda kami berikan ide bisnis yang mungkin cocok untuk anda pilih:

 

1. Bisnis Barbershop

bisnis barbershop, bisnis modal tempat usaha, ide bisnis modal tempat
Bisnis barbershop saat ini tengah di gandrungi dan bermunculan dimana-mana. Tidak heran karena hampir semua orang ingin tampil rapih dan gaya. Tempat yang strategis dan konsep yang sesuai dengan target pasar adalah kunci keberhasilan bisnis ini. Bisnis ini cocok untuk dijalankan jika tempat usaha anda mempunyai lokasi yang strategis dimana banyak dilewati orang sesuai target pasar anda, misalnya jika lokasi tempat usaha anda berada di sekitar sekolah dengan murid yang banyak maka anda dapat membuat konsep barbershop yang lebih fokus kepada anak-anak dan remaja.

 

2. Bisnis Salon

bisnis salon, bisnis modal tempat usaha, ide bisnis modal tempat

Banyak layanan yang bisa ditawarkan bisnis salon kepada pelanggannya, mulai dari potong rambut, creambath, facial, manicure dan kelayanan kecantikan lainnya. Semua hal tersebut merupakan layanan yang menjawab keinginan wanita untuk tampil cantik, suatu kebutuhan yang sangat besar, menjanjikan keuntungan yang tidak sedikit dan permintaannya akan selalu ada. Bisnis ini sangat cocok dijalankan jika tempat usaha anda banyak dilewati wanita remaja dan dewasa dengan pendapatan kelas menengah.

Berbeda dengan bisnis barbershop yang telah mengalami perubahan dan naik daun akhir-akhir ini, bisnis salon relatif stagnan dan stabil tanpa adanya perubahan yang berarti. Hal tersebut memberikan peluang bagi anda yang mempunyai ide untuk mengembangkan bisnis salon menjadi lebih modern dan sesuai dengan perkembangan zaman.

 

3. Bisnis Jajanan Cepat Saji dan Minuman Dingin 

bisnis modal tempat usaha, ide bisnis modal tempat,bisnis sosis bakar, bisnis jajanan
bisnis sosis bakar adalah bisnis jajanan siap saji yang populer

Siapa yang tidak suka jajan saat masih sekolah? Ya, anak dan remaja umumnya sangatlah suka jajan, mulai dari gorengan sampai cemilan ringan seperti kue cubit, cireng, cimol, cilok, sosis bakar/goreng. otak-otak, burger murah, nugget adalah salah satu dari jajanan favorit anak dan remaja. Bahkan tidak sedikit juga orang dewasa yang menyukai jajanan tersebut.

Begitu juga dengan minuman dingin seperti pop ice ditambah bubble atau cincau, selain digemari oleh anak dan remaja, tidak sedikit juga orang dewasa yang membeli minuman dingin seperti itu disaat cuaca sedang panas. Kedua usaha tersebut dapat anda kombinasikan dengan baik untuk memaksimalkan potensi pendapatan anda. Usaha ini tidak hanya cocok dijalankan di tempat usaha yang dekat dengan sekolah, usaha ini juga dapat dijalankan di lingkungan perumahan yang cukup padat dan ramai.

 

4. Bisnis Bakso dan Jus Buah

bisnis modal tempat usaha, bisnis bakso

Kepopuleran bakso sebagai makanan di Indonesia sangatlah luar biasa, hal ini dapat anda lihat dari bagaimana mudahnya menemukan bakso di kaki lima maupun di mall. Nah jika anda menyadari bahwa di lokasi usaha anda belum ada yang menjual bakso, atau kalau adapun rasanya kurang mantap maka ada baiknya anda mempertimbangkan untuk membuka usaha bakso.

Untuk memaksimalkan potensi pendapatan anda di bisnis bakso terutama di saat cuaca sedang panas, anda bisa mengkombinasikan bisnis bakso dengan bisnis jus buah. Berbeda dengan bisnis bakso yang pembelinya lebih banyak disaat cuaca dingin, bisnis jus cenderung lebih banyak pembeli pada saat cuaca panas. Dengan menggabungkan kedua bisnis ini anda mengurangi risiko pendapatan yang berkurang drastis akibat cuaca.

Untuk mengkombinasikan kedua bisnis ini secara efektif anda tidak dapat hanya sekedar menawarkan jus dalam daftar menu anda, anda juga harus mempunyai etalase sendiri dan banner yang menunjukkan bagaimana segarnya jus anda dan bagaimana sehatnya jus yang anda tawarkan. Untuk lebih memaksimalkan pendapatan anda bisa membuat paket makanan dan minuman yang terdiri dari bakso dan jus ukuran lebih kecil.

 

5. Bisnis Bed and Breakfast / Guest House

bisnis guest house, bisnis hostel, bisnis modal tempat usaha, ide bisnis modal tempat

Jika anda memiliki tempat atau kamar yang dapat disulap menjadi akomodasi yang nyaman, dan lokasi anda mempunyai lokasi yang cukup strategis maka anda bisa mencoba untuk memulai bisnis bed and breakfast atau guest house kecil-kecilan dengan memanfaatkan tempat atau kamar tersebut. Lokasi yang strategis disini misalnya dekat dengan jalan raya, punya akses transportasi yang bagus, dan kota anda termasuk sebagai kota yang ramai. Untuk pemasarannya anda bisa mengiklankannya dengan bergabung di situs airbnb.com.

 

 

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here