Beranda Marketing Panduan Pemula Belajar Social Media Marketing

Panduan Pemula Belajar Social Media Marketing

1117
2
strategi pemasaran UKM, cara pemasaran UKM dengan modal kecil

Apakah bisnis anda sudah memanfaatkan social media marketing?

 

Jika jawaban anda untuk pertanyaan diatas adalah “belum”, anda harus belajar dan mulai menjalankan social media marketing untuk bisnis anda. Mengapa harus belajar social media marketing? karena  seperti ilmu dan kegiatan lainnya jika anda ingin melakukannya dengan baik dan memberikan hasil anda perlu mempelajari dasar-dasarnya. Tanpa mempelajari dasar-dasar ilmu yang diperlukan kemungkinan besar anda hanya akan membuang-buang waktu dan uang dalam pelaksanaan social media marketing.

Jika menghitung bagaimana manfaat yang dapat diberikan oleh social media marketing yang efektif dan berhasil, upaya yang anda lakukan untuk belajar social media marketing akan dapat terbayar dengan sendirinya. Bagaimana tidak, berdasarkan statistik yang dilansir oleh brandwatch.com angka penggunaan social media sangatlah masif dan besar:

  • terdapat 2,3 miliar pengguna aktif social media secara global;
  • 91% merek ritel menggunakan 2 atau lebih saluran social media;
  • pengguna internet menggunakan rata-rata menggunakan 5,54 akun social media;

Sedangkan di Indonesia sendiri pengguna social media paling populer yaitu Facebook per november 2015 sudah mencapai 79 juta. Sedangkan Twitter yang merupakan social media terpopuler nomor 2 di Indonesia, sudah mempunyai 50 juta pengguna pada pertengahan 2015.

 

Apa Manfaat Yang Diberikan Social Media Marketing?

Dengan besarnya jumlah orang yang berada di social media dan menggunakan social media setiap harinya, menggunakan social media marketing bukan saja membantu anda dalam berinteraksi dengan pelangggan/calon pelanggan atau membangun basis pelanggan. Terdapat juga manfaat social media marketing yang lainnya, berikut ini manfaat yang dapat diberikan social media marketing:

  1. Mengenal dan memahami perilaku serta pandangan audiens  dan pasar bisnis anda secara real time dan interaktif.
  2. Memberikan sarana untuk menanggapi pelanggan dan komunitas Anda, sehingga menghemat waktu (dibandingkan dengan memiliki telepon atau percakapan di-orang dengan banyak orang dengan penyelidikan yang sama).
  3. Membangun persepsi merek bisnis anda
  4. Membangun basis pelanggan Anda.
  5. Meningkatkan penjualan Anda dan pendapatan (melalui membangun basis pelanggan Anda, meningkatkan sentimen positif pelanggan Anda melalui layanan pelanggan sosial, dll)
  6. Kemampuan untuk menceritakan kisah merek Anda.
  7. Dapat memotong biaya pemasaran tradisional.
  8. Membantu anda dalam memahami trend pasar dan perubahan selera pelanggan.
  9. Meningkatkan traffic pelanggan dan pengunjung ke website anda.

Tidak peduli apakah bisnis anda baru berjalan, mempunyai skala kecil atau multinasional statistik pengunaan social media diatas sangatlah jelas. Jika anda tidak melakukan social media marketing maka pesaing Anda akan sangat mungkin mengambil pelanggan anda yang aktif di social media. Karena perlu diakui bahwa pengaruh social media dalam melakukan keputusan membeli sesuatu sangat besar, hal tersebut yang menjadi alasan mengapa harga untuk endorsement dari Social Media Influencer dengan ribuan atau jutaan follower mahal.

 

Belajar Social Media Marketing

1. Buat Akun Social Media

Untuk melakukan Social Media Marketing pertama-tama yang perlu anda lakukan adalah membuat akun terpisah bagi bisnis anda, setidaknya buatlah akun sarana social media dibawah ini:

  1. Facebook page.
  2. Twitter.
  3. Instagram.

Ketiga social media tersebut adalah 3 social media teratas di Indonesia dan juga 3 teratas secara global. Ketiga social network bukan saja mempunyai basis pengguna yang besar, penggunanya juga aktif sehingga mempunyai potensi yang besar untuk mengembangkan audiens bisnis anda.

 

2. Gunakan Tools Social Media Marketing

Jika anda memulai bisnis sendiri, menjalankan 3 social media secara bersamaan dapat menyulitkan jika tidak memakai tools yang tepat. Oleh karena itu untuk membantu anda gunakanlah salah satu dari tools social media dibawah ini:

  1. Hootsuite (tersedia di Android playstore, Apple iOS dan website)
  2. Buffer (tersedia di Android playstore, Apple iOS dan website)
  3. Sproutsocial (tersedia di Android playstore, Apple iOS dan website)

Dengan menggunakan salah satu tools tersebut anda dapat mengatur dan menjalankan semua social media anda dalam satu atap sehingga menghemat waktu secara signifikan dalam mengelola akun social media anda. Selain itu tools tersebut memberikan anda analisis dari setiap konten yang anda buat dan perkembangan follower yang anda alamai dari hari ke hari, sangat berguna.

 

3. Pelajari Strategi dan Best Practice Social Media Marketing

Inilah bagian utama dari Social Media Marketing anda, mengetahui jenis-jenis strategi, best practice dan materi konten yang perlu dikeluarkan adalah bagian dari pembelajaran Social Media Marketing yang tidak pernah selesai. Kenapa? karena Social Media selalu berubah dan berubah setiap secara berkala. Anda juga perlu mengingat bahwa dalam Social Media Marketing sangat penting untuk menyesuaikan strategi dan eksekusi dengan perkembangan yang ada di masyarakat.

Dibawah ini kami akan menjelaskan mengenai tips dasar social media marketing berdasarkan 3 platform social media tersebut:

Facebook

social media marketing facebook, facebook marketing, belajar facebook marketing
Facebook adalah social media yang mempunyai jumlah pengguna paling banyak, umur pengguna dan penggunaan facebook juga sangat beragam. Namun pada umumnya facebook digunakan oleh penggunanya untuk mengetahui kehidupan personal teman, berbagi berita dan informasi yang menarik.

Dari sisi fitur, Facebook bukan saja efektif untuk berbagi konten berupa teks, konten berupa gambar ataupun video sangat populer. Selain itu facebook juga mempunyai fitur grup yang sangat efektif dalam mencari komunitas yang sesuai dengan profil pelanggan bisnis anda.

Langkah awal yang perlu anda lakukan adalah lengkapi profil fan page anda, gunakan profile picture sesuai merek anda dan juga cover photo yang menarik. Masukkan informasi website serta alamat bisnis anda. Setelah semua informasi lengkap gunakan fitur “invite friends to like your page/undang teman untuk menyukai halaman anda” untuk mengumpulkan pengikut awal merek anda. Mintalah teman anda menshare posting halaman anda jika mereka merasa posting anda menarik.

Untuk memulai mengumpulkan pengikut dan membangun merek anda, lakukan posting secara berkala dengan menggunakan gambar dan link ke website anda. Jangan melakukan update posting terlalu sering karena hal tersebut justru akan merusak citra merek anda, lakukan maksimal 3-4 kali posting per hari. Selain itu bagikan posting anda kepada grup yang anda bergabung di dalamnya.

Selain itu buatlah interaksi dengan pengikut anda, buatlah pertanyaan yang mungkin dapat memberikan anda pandangan baru terkait dengan masalah yang mereka punya. Jawab dan berikan ucapan terima kasih jika pengikut anda memberikan respon.

 

Twitter

social media marketing twitter, twitter marketing, belajar twitter marketing
Twitter adalah social media dengan format pesan singkat yang memungkinkan Anda untuk mengirim pesan (tweet) hingga 140 karakter kepada orang-orang yang mengikuti anda.

Tweets Anda dapat menyertakan link ke setiap konten web (posting blog, halaman situs, dokumen PDF, dll) atau foto atau video. Dalam Twitter yang berbasis kata-kata, menambahkan gambar ke tweet akan memperkuat pesan anda dan meningkatkan impresi yang bisa anda sebarkan.

Interaksi dengan audiens di Twitter dapat dilakukan dengan cara reply (membalas) dan juga re-tweet untuk membagikan tweet orang lain ke pengikut anda. Berikut beberapa tips untuk menggunakan Twitter dengan efektif:

  • Berpartisipasi dalam Twitter percakapan yang relevan dengan kepentingan pelanggan merek Anda. Anda akan menemukan orang yang berpikiran sama untuk membantu memperluas jaringan Anda.
  • Menyimpan pencarian tertentu mencari pengguna twitter yang mempunyai minat kepada produk atau jasa yang anda tawarkan atau hashtags populer untuk menemukan orang-orang berbicara tentang topik tersebut.
  • Gunakan alat seperti Followerwonk atau Twellow untuk menemukan pengguna.
  • Periksa Twitter Categories, yang memungkinkan Anda menelusuri akun terbaik pada berbagai topik.
  • Gunakan beberapa tanda pagar #(hashtags) pada setiap posting anda untuk memudahkan pengguna dalam mencari tweets anda.
  • Berinteraksilah dengan pengguna yang menunjukkan minat pada topik atau produk yang relevan dengan bisnis anda, bangun hubungan dengan mereka.
  • Dengarkan audiens anda sebelum membuat tweets. Buatlah kolom dalam aplikasi Twitter Anda, seperti TweetDeck atau HootSuite, untuk mendengarkan audiens target Anda lebih mudah dan lebih baik. Misalnya, memiliki kolom terpisah untuk klien, prospek, kompetisi, dll

 

Instagram

social media marketing instagram, instagram marketing, belajar instagram marketing

Instagram adalah platform berbagi gambar/foto yang menjadi populer dengan sangat cepat. Saat ini sudah ada 400 juta pengguna Instagram dan lebih dari 80 juta foto dibagikan di Instagram setiap hari. Instagram adalah social media yang aktif dan juga mempunyai fitur discovery yang sangat potensial untuk menyebarkan pesan anda kepada orang-orang yang peduli terhadap pesan dan merek anda.

Meraih sukses untuk bisnis di Instagram tidak hanya sekedar hanya menerbitkan beberapa gambar yang tampak bagus. Anda harus juga memiliki unsur-unsur ini:

  • visi dan strategi yang jelas
  • konsisten dalam posting
  • Keakraban dengan audiens Anda
  • gaya visual yang jelas

Ketika Anda menggabungkan unsur-unsur diatas, Instagram dapat memberikan hasil yang besar untuk bisnis Anda.

Untuk memudahkan anda dalam menggunakan instagram sebagai sarana social media marketing anda perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Jangan hanya posting untuk jualan, bagikan juga konten yang menarik dan relevan;
  2. Gunakan hashtag dengan baik (secukupnya dan relevan);
  3. Gunakan location tag;
  4. Kolaborasi dengan akun lain yang mempunyai level setara untuk saling mention satu minggu sekali (jika anda mempunyai 100 pengikut maka kolaborasilah dengan akun 100 pengikut);
  5. Sering komentar yang baik dan unik di akun-akun instagram lain yang relevan;
  6. Jika anda punya budget, anda bisa membuat kontes online yang berhadiah untuk pengikut yang mendapatkan likes terbanyak.

 

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here