Beranda Memulai Bisnis 10 Peluang Usaha Tanpa Riba Yang Menguntungkan

10 Peluang Usaha Tanpa Riba Yang Menguntungkan

27
0
peluang usaha tanpa riba, bisnis bebas riba
peluang usaha tanpa riba, image credit : pexels.com

Apa ada peluang tanpa riba yang menguntungkan? Tentu saja ada, kami akan membahas 10 peluang usaha tanpa riba yang menguntungkan di artikel ini.

Bagi umat muslim yang taat, berbisnis tidak hanya sekedar untuk mencari uang dan membuka pintu rezeki. Berbisnis juga merupakan salah satu sarana untuk mendapatkan rahmat dari Allah.

Namun untuk bisa mendapatkan rahmat dari berbisnis tersebut, tentu anda harus memastikan praktik-praktik bisnis anda telah sesuai dengan hukum syariah. Salah satu hukum syariah yang penting untuk dijalankan dalam berbisnis adalah menghindari riba atau utang yang berbunga.

Untuk menghindari riba tersebut anda harus menghindari penggunaan bank-bank konvensional dan pendanaan yang tidak berbasis syariah.

Dengan batasan tersebut tentu tidak semua usaha dapat dijalankan dengan sistem tanpa riba, karena banyak usaha yang membutuhkan pendanaan yang cepat dan mudah untuk bisa dijalankan.

Untuk memberikan inspirasi bagi anda yang ingin memulai usaha tanpa riba berikut 10 peluang usaha tanpa riba yang menguntungkan.

Peluang Usaha Tanpa Riba Bidang Jasa

1. Usaha Service Handphone

usaha modal 10 juta yang menjanjikan
image credit : pexels.com

Saat ini hampir semua orang memiliki handphone, dan sebagian besar memakainya setiap hari. Bahkan cukup banyak orang yang membutuhkan handphone untuk bisa mencari makan, misalnya ojek online dan pebisnis online shop.

Penggunaan yang rutin dan kebiasaan untuk membawa handphone kemanapun tersebut meningkatkan risiko rusaknya handphone karena pemakaian ataupun kecerobohan.

Dengan besarnya potensi pasar tersebut, usaha jasa service handphone mempunyai peluang yang baik untuk menjadi usaha yang menguntungkan. Keuntungannya juga cukup menggiurkan dimana untuk service software bisa mengenakan biaya mulai Rp. 50 ribu dan service handware biaya mulai Rp. 100 rb (diluar biaya sparepart).

Usaha service handphone modalnya yang relatif kecil, anda tidak memerlukan pinjaman modal untuk memulai usaha ini. Anda juga dapat mengembangkan usaha secara organik dengan pemasaran melalui mulut ke mulut. Oleh karena itu usaha jasa service handphone termasuk salah satu peluang usaha tanpa riba yang menguntungkan.

 

2. Usaha Service AC

Berbeda dengan 20 tahun lalu dimana AC merupakan barang mewah dan hanya dimiliki oleh masyarakat kelas atas. Dengan harganya yang semakin terjangkau saat ini AC sudah banyak dimiliki dan digunakan oleh masyarakat menengah.

Masyarakat kelas menegah Indonesia juga termasuk salah satu kelompok yang jumlahnya berkembang paling pesat. Saat ini diperkirakan ada 40 juta orang kelas menengah di Indonesia. Pada tahun 2045 jumlah kelas menengah diprediksi akan membengkak lima kali lipat yaitu 200 juta orang, sedangkan populasi total hanya meningkat 60 juta.

Melihat trend tersebut, bisnis service AC mempunyai prospek yang cerah. Selain prospeknya yang cerah, usaha service AC tidak membutuhkan modal yang besar dan anda dapat memulainya serta mengembangkan bisnis service AC tanpa riba.

Usaha service AC memberikan jasa cuci AC, isi freon, bongkar pasang AC, dan reparasi AC. Untuk jasa-jasa tersebut anda bisa memperoleh keuntungan yang lumayan. Untuk jasa cuci AC misalnya anda bisa mendapatkan Rp. 60 ribu untuk cuci satu AC. Sedangkan untuk isi freon anda bisa mengenakan biaya Rp. 100 rb per AC.

 

3. Usaha Tutor/Kursus Privat

peluang usaha tanpa riba, jasa kursus privat
peluang usaha tanpa riba – jasa kursus privat | image credit : pexels.com

Peluang usaha tanpa riba yang satu ini tidak hanya menguntungkan, anda juga bisa mendapatkan pahala dengan membagikan ilmu yang bermanfaat kepada orang lain. Selain itu anda juga bisa merasakan kepuasan tersendiri dengan membantu murid anda meraih nilai yang diharapkan atau mempelajari keahlian tertentu.

Usaha tutor atau kursus privat termasuk salah satu peluang usaha tanpa riba karena kebutuhan modalnya yang minim. Modal utama anda adalah pengetahuan dibidang tertentu yang ingin anda ajarkan dan keahlian anda untuk memasarkan jasa tersebut kepada mereka yang tertarik.

Usaha tutor atau kursus privat yang populer biasanya mengajarkan ilmu sains seperti matematika, fisika, atau kimia. Selain itu anda juga bisa menawarkan les bahasa asing yang populer seperti bahasa Inggris, Mandarin, Jepang atau Korea.

Diluar materi tersebut anda juga bisa menawarkan jasa kursus komputer, programming, desain, alat musik atau bahkan menjahit.

 

4. Usaha Event Organizer

Mengatur dekorasi, properti, tamu, venue, pengisi acara, dan berbagai aspek operasional lain yang penting untuk memastikan jalannya suatu acara berjalan dengan lancar bukan suatu perkara yang mudah.

Kegiatan-kegiatan tersebut membutuhkan pengalaman, ketelitian, kecermatan dan kemampuan untuk membuat rencana serta melaksanakannya dengan baik.

Bisnis event organizer adalah bisnis yang memberikan solusi bagi kliennya dalam memudahkan mereka menjalankan acara yang akan mereka adakan. Hal tersebut dilakukan dengan kemampuan penyedia event organizer untuk membuat rencana, mengkoordinasi, mengeksekusi dan mengkontrol jalannya suatu acara.

Bisnis event organizer termasuk peluang usaha tanpa riba yang menguntungkan karena modalnya terdapat pada sumber daya manusia yang anda miliki. Anda harus memiliki sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan yang baik untuk dapat menjalankan bisnis event organizer.

Sedangkan untuk modal operasionalnya anda bisa menggunakan downpayment yang diberikan untuk klien dalam memberikan layanan anda kepada klien anda.

 

5. Usaha Desain Grafis

Peluang usaha tanpa riba yang satu ini sangat ideal jika anda mempunyai kreativitas dan punya passion di bidang desain.

Desain grafis adalah salah satu jasa yang selalu dibutuhkan dan mempunyai banyak permintaan. Selalu ada bisnis atau orang yang membutuhkan jasa desain grafis karena membuat materi desain untuk berbagai jenis media bukanlah hal yang mudah bagi mereka yang tidak mempunyai keahlian mendesain.

Jasa desain grafis dapat mencakup pembuatan desain logo, flyer, company profile, kartu nama, cover buku, banner, sampai desain t-shirt atau barang fashion lainnya. Keuntungannya cukup besar, dimana satu desain logo saja untuk desainer pemula dapat mengenakan biaya mulai dari Rp. 120 ribu perdesain dengan 2 kali revisi.

Selain keuntungannya yang lumayan tersebut modal yang dibutuhkan juga tidak besar, yang anda perlukan hanya satu komputer atau laptop yang mempunyai spesifikasi cukup baik untuk desain grafis. Komputer atau laptop tersebut dapat anda beli dengan harga di bawah Rp. 5 jutaan atau bahkan Rp. 3 jutaan untuk komputer atau laptop second.

 

Peluang Usaha Tanpa Riba Bidang Kuliner

6. Usaha Bubur Ayam

Siapa yang tidak suka dengan bubur ayam? setidaknya anda pasti suka bubur ayam untuk sarapan yang hangat dan ringan. Bubur ayam sangat populer di masyarakat Indonesia, bahkan kuliner yang satu ini dapat dikatakan sebagai salah satu makanan yang paling laris.

Sebagai salah satu makanan yang paling laris, bubur ayam juga sangat menguntungkan untuk dijual karena harga bahan dasarnya yang relatif rendah sehingga margin kotornya cukup tinggi.

Selain menguntungkan, usaha bubur ayam juga hanya membutuhkan modal yang kecil untuk dimulai. Anda bisa memulai bisnis bubur ayam dengan modal 1 jutaan saja dan tidak butuh pinjaman untuk memulai usaha ini. Karena itu jelas jika bisnis bubur ayam termasuk peluang usaha tanpa riba yang menguntungkan.

 

7. Usaha Nasi Goreng

Tidak berbeda dengan bubur ayam, nasi goreng merupakan salah satu makanan yang paling mudah ditemukan di berbagai tempat di Indonesia dan juga disukai oleh banyak orang.

Terlepas dari banyaknya penjual nasi goreng, terdapat cukup banyak pengusaha nasi goreng yang berhasil meraih sukses dengan memposisikan merek nasi goreng mereka secara unik, misalnya nasi goreng mafia.

Terlepas dari populernya nasi goreng, saat ini masih tidak banyak usaha kuliner dalam skala besar yang mempunyai spesialisasi nasi goreng. Berbeda dengan bakso, mie ayam atau ayam goreng yang sudah mempunyai Bakso Afung, Bakmi GM dan KFC.

Selain masih terbukanya peluang usaha nasi goreng secara luas, bisnis nasi goreng juga dapat dirintis dengna modal yang kecil. Anda tidak perlu meminjam uang dari bank untuk memulai bisnis ini. Anda bahkan bisa memulai dengan membuat stand sederhana di depan rumah di malam hari untuk menjajakan nasi goreng yang anda buat.

Oleh karena itu kami berpendapat bahwa usaha nasi goreng termasuk peluang usaha tanpa riba modal kecil yang menjanjikan.

 

8. Usaha Snack Kemasan

Keripik, dan berbagai snack kemasan lain merupakan cemilan yang sangat populer dan laris untuk dijual. Hal tersebut dibuktikan dengan tingginya pertumbuhan bisnis snack kemasan yang tumbuh sebesar 8%- 10% pertahun jauh lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional yang sebesar 5%.

Usaha snack kemasan juga dapat dimulai dengan modal yang kecil, anda tidak perlu meminjam uang ke bank untuk memulai usaha ini.

Untuk memulai dengan modal kecil anda cukup memanfaatkan dapur anda dan memproduksi dalam skala yang kecil atau menggunakan sistem preorder/reseller untuk menghemat modal awal anda. Beberapa contoh usaha snack kemasan yang populer adalah usaha keripik pedas dan makaroni pedas.

 

Peluang Usaha Tanpa Riba Modal Bidang Lainnya

9. Bisnis Buket Bunga

Momen-momen istimewa akan terasa lebih menyenangkan jika dirayakan dengan memberikan bunga kepada orang yang anda sayang atau berharga untuk anda.

Buket bunga biasanya diberikan untuk merayakan kelulusan, ulang tahun, anniversary, atau bahkan untuk meminta maaf kepada pasangan.

Buket bunga juga saat ini menjadi semakin populer dengan meningkatnya penggunaan social media dan meningkatnya daya beli masyarakat.

Memulai usaha buket bunga saat ini dapat dimulai dengan modal kecil, anda tidak perlu mempunyai stok untuk memulai bisnis ini. Anda dapat membuat beberapa contoh buket bunga yang bagus dan kemudian promosikan melalui social media untuk mendapatkan order.

 

10. Bisnis Laundry Kiloan

Bisnis laundry termasuk bisnis yang tidak ada matinya, dan relatif stabil. Kenapa? karena selalu terdapat orang yang membutuhkan jasa laundry yang terjangkau dan praktis. Khususnya jika untuk lokasi yang dekat dengan apartemen atau kos-kosan.

Bisnis laundry kiloan dapat dimulai dengan modal yang kecil. Anda bahkan dapat memulai bisnis laundry dengan modal kurang dari 2 juta dengan mesin cuci bekas dan setrikaan saja dengan memanfaatkan sistem jemput dan antar untuk pelanggan anda.

Dengan kebutuhan modal yang kecil tersebut anda tentu tidak perlu meminjam uang dari bank sehingga bisnis ini dapat dijalankan dengan bebas dari riba.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here