Beranda Memulai Bisnis 15 Ide Bisnis Anak Kuliahan Modal Kecil dan Menguntungkan

15 Ide Bisnis Anak Kuliahan Modal Kecil dan Menguntungkan

43
0
memulai bisnis saat masih mahasiswa, bisnis mahasiswa, memulai bisnis mahasiswa
image credit : pixabay.com

Apakah kamu mahasiswa yang bermimpi menjadi pengusaha? Bingung apa ide bisnis anak kuliahan modal kecil yang menjanjikan? Dapatkan inspirasi dari artikel ini dan mulai bisnis kamu.

Memulai usaha disaat masih kuliah bukan suatu hal yang mudah, tetapi banyak pengusaha sukses yang memulai kisahnya dari berwirausaha di masa-masa kuliah.

Chairul Tanjung, salah satu pengusaha terkaya di Indonesia memulai karirnya sebagai pengusaha dengan menjual buku-buku bekas dan membuka usaha fotokopi di kampusnya saat kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia.

Bahkan faktanya, 7 dari 10 pengusaha paling berpengaruh di dunia seperti Bill Gates, Warren Buffet, Elon Musk, dan Larry Page memulai bisnis atau pernah berbisnis pada masa kuliah atau bahkan sebelumnya.

Kolerasi antara kesuksesan berwirausaha dan pengalaman berbisnis di masa kuliah memang belum diteliti secara lebih mendalam dan tidak terdapat bukti yang kuat bahwa memulai bisnis pada masa kuliah akan meningkatkan kemungkinan sukses anda.

Tetapi melihat kenyataan bahwa mayoritas pengusaha paling berpengaruh pernah mempunyai pengalaman berbisnis di masa kuliah menunjukkan bahwa terdapat manfaat yang cukup besar dalam memulai usaha sebagai seorang mahasiswa.

Selain itu tidak dapat dipungkiri jika pengalaman mempunyai pengaruh yang cukup besar dalam sukses tidaknya berbisnis. Hal tersebut diutarakan dengan baik dalam kata-kata sebagai berikut

There are no secrets to success. It is the result of preparation, hard work, and learning from failure. – Colin Powell

Tanpa panjang lebar lagi berikut 15 ide bisnis anak kuliahan modal kecil yang menguntungkan untuk inspirasi kamu.

 

Peluang Usaha Mahasiswa Bidang Kuliner

Bisnis kuliner adalah salah satu bidang bisnis yang paling populer di Indonesia. Bisnis kuliner tidak hanya dapat dijalankan oleh mereka yang mempunyai modal besar.

Jika jeli sebenarnya cukup banyak ide bisnis kuliner yang cocok untuk mahasiswa. Bisnis kuliner yang cocok untuk mahasiswa tersebut hanya membutuhkan modal yang relatif kecil namun membutuhkan kreatifitas yang besar dan pemasaran yang giat untuk bisa sukses.

 

1. Usaha Snack Kemasan

usaha snack
rekomendasi usaha rumahan modal kecil – usaha snack

Bisnis anak kuliahan modal kecil yang pertama adalah usaha snack kemasan. Usaha snack kemasan termasuk usaha yang cocok untuk mahasiswa karena beberapa faktor yaitu:

  • hanya membutuhkan modal kecil (Rp. 1 jutaan);
  • proses produksi dapat di alihdayakan dengan kerjasama;
  • potensi untuk mengembangkan usaha dengan membuka program reseller dan kemitraan;
  • kesuksesan bergantung kepada kreatifitas meracik rasa dan melakukan pemasaran.

Selain faktor-faktor diatas, usaha snack kemasan termasuk usaha yang cocok untuk mahasiswa karena sebagai mahasiswa kamu bisa memanfaatkan jaringan teman dan kawan-kawan dikampus kamu atau kampus lain untuk mendapatkan momentum dan basis pasar awal.

Potensi dari bisnis usaha snack kemasan sendiri saat ini memang sudah terdapat cukup banyak persaingan di pasar. Namun, dengan pertumbuhan pasar snack kemasan yang tinggi dan cukup terbukanya pasar snack kemasan untuk produk baru dapat dikatakan bahwa usaha snack kemasan masih mempunyai peluang yang cukup bagus.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Makanan Ringan Dengan Modal Kecil

 

2. Usaha Thai Tea

Rasanya yang menyegarkan dan enak, membuat thai tea menjadi salah satu minuman ringan yang sangat laris saat ini. Selain populer, usaha thai tea juga termasuk bisnis yang cocok untuk mahasiswa.

Usaha thai tea termasuk ide bisnis anak kuliahan karena bisnisnya dapat dimulai dengan modal kecil dengan kisaran modal mulai dari 2 jutaan.

Selain keuntungan dari kebutuhan modalnya yang kecil, bisnis thai tea juga dapat dijalankan tanpa menggangu aktivitas sebagai mahasiswa dengan memanfaatkan bazaar dan pasar kaget untuk berjualan di akhir minggu.

 

3. Usaha Katering Diet

Salah satu jalan meraih berat badan yang ideal adalah dengan makan-makanan yang sehat dan mengikuti program diet tertentu seperti diet ketogenik, diet GM, dan diet mayo.

Walaupun efektif menurunkan berat badan program diet tersebut mengharuskan seseorang untuk mengikuti rencana makanan yang dianjurkan selama periode tertentu.

Keharusan tersebut dapat sulit dilaksanakan terutama untuk orang yang sibuk. Kamu dapat menghasilkan uang dari masalah tersebut dengan menawarkan solusi diet yang mudah berupa paket katering diet untuk jangka waktu tertentu.

Keuntungan yang dapat dihasilkan bisnis ini cukup menggiurkan. Untuk paket diet mayo 2 kali makan sehari (siang dan malam) selama 13 hari kamu bisa mengenakan harga mulai dari Rp. 900 ribuan perorang.

Jika kamu seorang mahasiswa yang sibuk kamu dapat memulai usaha ini dengan bekerja sama dengan ibu rumah tangga yang pandai memasak. Kamu sebagai mahasiswa kemudian fokus kepada pemasaran produk katering melalui berbagai jalur marketing yang ada.

 

4. Usaha Bubur Ayam

Hampir semua orang pasti suka makan bubur ayam. Sebagai salah satu makanan yang paling laris dijual bubur ayam sangat diminati dan diterima hampir semua lapisan masyarakat.

Selain mempunyai potensi pasar yang luas tersebut, usaha bubur ayam dapat dimulai dengan modal 1 jutaan saja. Bubur ayam juga populer sebagai sarapan atau makanan larut malam sehingga seorang mahasiswa dapat memulai bisnis bubur ayam dengan berjualan dipagi hari atau malam hari saja.

Kebutuhan modal yang kecil, kemungkinan untuk berbisnis pada waktu tertentu serta margin keuntungan yang cukup besar menjadi dasar mengapa bisnis bubur ayam termasuk dalam ide bisnis anak kuliahan yang menguntungkan.

 

5. Usaha Donat Rumahan

Donat tidak asing lagi sebagai salah satu jajanan sehari-hari. Donat dapat dengan mudah kamu temukan di berbagai tempat seperti kantin sekolah, kantin kantor, koperasi, supermarket, dan bahkan pusat perbelanjaan.

Kamu sebagai seorang mahasiswa juga dapat memulai usaha donat sebagai usaha rumahan modal kecil. Kamu dapat memproduksi donat di dapur rumah dan kemudian menitipkan hasil produksi donat tersebut di kantin-kantin, warung dan berbagai tempat lainnya dengan skema titip jual.

 

Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Bidang Jasa

6. Jasa Tutor/Kursus

Sebagai seorang mahasiswa kamu kemungkinan mempunyai suatu kelebihan dalam satu mata pelajaran, keahlian atau pengetahuan tertentu sebagai suatu modal penting.

Modal tersebut dapat kamu gunakan untuk menghasilkan uang dengan memberikan jasa tutor atau kursus kepada orang lain. Jasa tutor atau kursus privat dapat menghasilkan uang yang lumayan. Setidak-tidaknya kamu dapat mengenakan biaya Rp. 100.000 untuk setiap sesi selama  1 jam, dengan asumsi sehari kamu mengajar 3 jam maka kamu dapat menghasilkan Rp. 300.00 sehari.

Jika kamu kemudian ingin menghasilkan uang lebih banyak tanpa menambah jam mengajar tersebut kamu dapat membentuk jaringan pengajar privat dan mendapatkan uang dalam bentuk komisi dari murid yang kamu dapatkan.

 

7. Jasa Reparasi Handphone

Tidak dapat dipungkiri jika handphone telah menjadi salah satu perlengkapan wajib untuk banyak orang. Bahkan untuk beberapa profesi seperti ojek online dan pedagang online handphone sudah menjadi alat untuk mencari makan.

Disisi lain karena selalu digunakan sehari-hari, handphone rawan mengalami kerusakan. Jika terjadi kerusakan tidak semua orang dapat membeli yang baru, dalam hal kerusakan tidak parah memperbaikinya merupakan pilihan yang ekonomis.

Jika kamu hobi mengutak-atik handphone dan memperbaiki peralatan elektronik, maka salah satu ide bisnis anak kuliahan modal kecil yang bisa kamu coba adalah bisnis jasa reparasi handphone.

Kamu bahkan tidak memerlukan tempat khusus untuk menawarkan jasa kamu, kamu dapat menempelkan brosur-brosur atau mempromosikan jasa melalui social media untuk menerima order.
Dengan kebutuhan modal yang kecil dan fleksibilitas kerja yang tinggi, usaha jasa reparasi smartphone sangat cocok untuk dijalankan oleh seorang mahasiswa.

 

8. Jasa Desain Grafis

usaha yang cocok untuk mahasiswa, bisnis anak kuliahan, bisnis desain grafis
bisnis desain grafis – bisnis anak kuliahan

Logo, banner, spanduk, poster, dan berbagai media promosi lainnya selalu dibutuhkan oleh bisnis atau perorangan untuk promosi produk atau kegiatan mereka.

Membuat desain yang menarik dan bagus bukanlah suatu perkara yang mudah. Tidak semua orang sanggup melakukannya dengan baik.

Jika kamu mempunyai kreativitas dan dapat membuat desain yang menarik, kamu dapat menawarkan jasa desain grafis untuk menghasilkan uang.

Untuk memulai usaha ini kamu membutuhkan laptop, software desain grafis dan kemampuan untuk memasarkan jasa kamu tersebut. Untungnya untuk pemasaran saat ini sudah menjadi lebih karena setidaknya kamu bisa mencari pekerjaan freelance dari situs-situs freelance seperti Freelancer.com, Sejasa, Sribulancer, Fiverr, Upwork, dan masih banyak lagi.

 

9. Jasa Social Media Marketing

Social media tidak hanya sekedar media untuk berkomunikasi dan mengekpresikan diri. Saat ini social media telah menjadi alat yang sangat kuat untuk melakukan pemasaran melalui media internet.

Pengaruh social media marketing untuk mempromosikan suatu bisnis dapat dilihat dari kesuksesan Brodo berkembang menjadi merek sepatu pria yang dikenal karena promosi melalui social media.

Namun tidak semua orang dapat menggunakan social media untuk sarana promosi dengan baik. Jika kamu mempunyai pengetahuan yang mendalam mengenai pemasaran melalui social media maka ini dapat menjadi usaha yang cocok untuk kamu.

Untuk memulai bisnis ini yang kamu butuhkan hanyalah sebuah smartphone dan paket data. Selebihnya yang kamu butuhkan adalah kemampuan kamu untuk memasarkan dan menjual jasa tersebut. Dengan modal yang kecil dan fleksibilitas kerja yang baik bisnis ini termasuk bisnis yang cocok untuk mahasiswa.

 

10. Jasa Fotografi

Mengabadikan suatu momen atau menampilkan keindahan terbaik suatu dari suatu objek adalah aspek dari fotografi yang membutuhkan kemampuan yang tidak dimiliki oleh semua orang.

Jika kamu hobi fotografi kemungkinan besar kamu sudah memiliki kamera yang cukup baik untuk modal menjual jasa fotografi kepada orang lain.

Untuk memulai bisnis ini kemungkinan besar kamu harus membangun portofolio terlebih dahulu dengan memberikan jasa fotografi secara gratis atau diskon besar kepada teman atau keluarga anda.

Setelah kamu mempunyai portofolio yang cukup banyak dan bagus, kamu dapat mulai mengenakan biaya kepada mereka yang menginginkan jasa fotografi kamu.

 

11. Jasa Event Organizer

Mengatur suatu acara membutuhkan waktu dan tenaga yang mungkin tidak sedikit. Terlebih jika tamu yang datang cukup banyak atau menginginkan suatu konsep tertentu di acara tersebut.

Hal tersebut mungkin sulit dilakukan untuk mereka yang sibuk atau tidak memiliki sumber daya untuk mengatur acara tersebut dalam internal organisasi mereka.

Jasa event organizer adalah solusi dari permasalahan tersebut. Bisnis event organizer termasuk bisnis anak kuliahan dengan kebutuhan modalnya yang relatif sedikit. Kamu dapat meminta DP sebagai modal operasional awal.

Selain modal awalnya yang relatif sedikit tersebut kamu juga dapat memanfaatkan jaringan teman-teman kamu untuk memasarkan jasa kamu tersebut. Oleh karena itu, bisnis ini sangat cocok untuk mahasiswa.

 

Bisnis Online Untuk Mahasiswa 

12. Bisnis Toko Online

Bisnis toko online adalah salah satu ide bisnis untuk anak kuliahan. Bagaimana tidak? kamu dapat memulai bisnis ini dengan modal kecil. Kamu dapat memilih ceruk pasar yang tidak membutuhkan modal besar seperti fashion, perlengkapan rumah tangga berukuran kecil, obat herbal dan masih banyak lagi.

Selain itu, bisnis toko online juga tidak terikat dengan lokasi dan kamu dapat menggunakan waktu-waktu kosong di sela-sela kuliah untuk melayani pembeli dan mengantarkan pesanan ke agen jasa pengiriman.

 

13. Menjadi Youtuber

bisnis anak kuliahan, bisnis video, usaha yang cocok untuk mahasiswa
bisnis anak kuliahan – usaha yang cocok untuk mahasiswa

Sudah bukan rahasia lagi jika saat ini menjadi seorang Youtuber dapat menjadi suatu profesi yang dapat menghasilkan uang dalam jumlah besar.

Tidak tanggung-tanggung, Daniel Middleton atau DanTDM  penghasilannya dari Youtube mencapai US$ 16,5 juta atau Rp 225,11 miliar pada 2017.

Tidak hanya Youtuber Internasional yang dapat menghasilkan uang besar. Ria Ricis misalnya, Youtuber yang menjadi salah satu Youtuber terkaya Indonesia diestimasi dapat menghasilkan penghasilan bulanan sebesar Rp. 88 juta sampai Rp. 1,4 miliar.

Jika kamu sering mempunyai ide-ide kreatif, lucu, unik, atau bermanfaat kamu dapat mencoba untuk merekam ide-ide tersebut dalam bentuk video dan menjadi seorang Youtuber.

Baca Juga : 8 Tips dan Cara Menjadi Vlogger Sukses

 

14. Bisnis Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah kegiatan dimana kamu mempromosikan suatu produk atau jasa kepada orang lain dan memberikan link khusus kepada mereka untuk melakukan pembelian produk atau jasa tersebut.

Jika mereka membeli produk atau jasa tersebut kamu kemudian akan mendapatkan komisi dari penjualan produk atau jasa yang kamu promosikan.

Banyak sekali produk atau jasa yang dapat kamu promosikan melalui affiliate marketing, bahkan mungkin produk atau jasa tersebut sudah sering kamu gunakan.

Misalnya Tiket.com, Blibli.com, mungkin kamu pernah menggunakan mereka untuk membeli tiket pesawat atau handphone baru kamu dan disaat teman kamu membutuhkan rekomendasi kamu dapat memberikan promosi untuk menggunakan Tiket.com atau Blibli.com karena pengalaman positif kamu saat menggunakan jasa mereka.

Dari rekomendasi tersebut kamu menghasilkan uang, dan kamu membantu teman kamu memperoleh produk atau jasa yang tepat dan sudah terbukti. Hal tersebut tentu menguntungkan kedua belah pihak.

Bisnis affiliate marketing umumnya hanya membutuhkan satu website yang aktif dan mempunyai pembaca yang cukup besar. Dengan kebutuhan modal yang kecil dan fleksibilitas kerja yang besar, bisnis affiliate marketing dapat menjadi salah satu pilihan bisnis anak kuliahan modal kecil yang menguntungkan.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memulai Affiliate Marketing Untuk Pemula

 

15. Bisnis eBook

eBook saat ini menjadi semakin populer dengan semakin banyaknya smartphone dengan layar yang cukup lebar untuk nyaman membaca eBook.

eBook juga dapat menjadi ide bisnis anak kuliahan modal kecil yang menguntungkan jika kamu dapat membuat eBook yang menarik dan menjualnya dalam jumlah besar.

Membuat eBook yang menarik dan menjualnya dalam jumlah besar tentu tidak mudah, terlebih jika melihat banyak judul buku yang terbit diberbagai platform digital seperti Amazon Kindle Direct Publishing dan Google Books.

Namun, mencapai hal tersebut bukanlah suatu hal yang mustahil terutama jika kamu mempunyai kemauan yang keras untuk terus belajar, terus menciptakan buku baru dan melakukan marketing secara terus menerus.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here