Beranda Ide Bisnis 17 Rekomendasi Usaha Rumahan Modal Kecil Yang Menguntungkan

17 Rekomendasi Usaha Rumahan Modal Kecil Yang Menguntungkan

87
0
usaha rumahan
rekomendasi usaha rumahan

Selama 4 tahun belakangan rasio wirausaha di Indonesia meningkat pesat dari 1,7% dari jumlah penduduk pada tahun 2014 menjadi 3,1% jumlah penduduk pada tahun 2017. Peningkatan tersebut tidak terlepas dari semakin mudahnya memulai usaha rumahan dengan modal kecil. Jika anda merupakan salah satu calon pengusaha, kami akan memberikan rekomendasi usaha rumahan yang bisa anda mulai dengan modal kecil sebagai berikut.

Rekomendasi Usaha Rumahan Bidang Kuliner

Bisnis di bidang kuliner terkenal dengan sebagai “bisnis yang tidak ada matinya” karena setiap orang pasti butuh makan dan selama ada orang yang butuh makan bisnis kuliner akan tetap hidup.

Bisnis kuliner tidak hanya mencakup bisnis kuliner skala menengah dan besar yang membutuhkan modal besar seperti restoran, dan cafe. Bisnis kuliner juga dapat mencakup skala usaha rumahan. Berikut ini beberapa rekomendasi usaha rumahan di bidang kuliner.

1. Bisnis Snack Kemasan

usaha snack
rekomendasi usaha rumahan modal kecil – usaha snack

Bisnis snack kemasan termasuk bisnis yang sangat potensial dan menguntungkan. Hal tersebut terbukti dari sudah banyaknya pengusaha yang meraih kesuksesan dari bisnis snack kemasan.

Contohnya, Reza Nurhilman pendiri Maicih, Ali Muharram pendiri Makaroni Ngehe, Yana Hawi Aripin pendiri Keripik Karuhun, dan masih banyak lagi.

Usaha snack kemasan termasuk dalam daftar rekomendasi usaha rumahan ini karena modalnya yang relatif kecil dan mempunyai potensi pasar yang besar.

Untuk memulai usaha snack kemasan setidaknya anda memerlukan dapur dengan perlengkapan memasak, food sealer, dan sarana pemasaran melalui social media.

 

2. Bisnis Bubur Ayam

usaha kuliner yang menjanjikan dan unik, bubur ayam topping

Siapa yang tidak suka dengan bubur ayam yang hangat dan enak? hampir semua orang suka makan bubur ayam, terutama untuk sarapan atau disaat sakit.

Tidak heran jika bubur ayam termasuk makanan yang paling laris. Selain laris dijual, bisnis bubur ayam juga termasuk sebagai usaha rumahan dengan modal kecil. Bahkan bisnis bubur ayam dapat anda mulai dengan modal 1 juta saja.

Dengan kebutuhan modal yang kecil dan larisnya bubur ayam di masyarakat maka tidak heran jika bisnis bubur ayam masuk dalam daftar rekomendasi usaha rumahan ini.

 

3. Bisnis Lauk Kemasan

Tidak hanya snack yang laku dijual dengan konsep siap saji atau kemasan. Bisnis lauk yang siap saji dan dikemas juga tengah naik daun saat ini. Beberapa contoh lauk yang bisa dijual kemasan seperti rendang sapi, dendeng, rendang ayam.

Bisnis lauk kemasan dapat dimulai dengan modal kecil, anda hanya memerlukan dapur dan perlengkapan masak, bahan dasar, 1 unit vacuum sealer untuk memulai usaha ini.

 

4. Bisnis Gorengan

Gorengan populer dinikmati oleh berbagai kalangan mulai dari tua, muda, laki-laki atau perempuan. Kegemaran masyakarat Indonesia untuk makan gorengan menjadi salah satu kesempatan usaha rumahan yang menjanjikan jika kamu dapat membuat gorengan yang enak.

Bisnis gorengan sendiri bukan bisnis yang baru dan mempunyai persaingan yang cukup ketat. Untuk itu akan lebih baik jika kamu bisa membuat konsep gorengan yang berbeda dengan pesaing anda.

Kamu bisa memulai bisnis gorengan sebagai usaha rumahan dengan berjualan gorengan di depan rumah. Jika rumah kamu berlokasi strategis seperti sering dilewati mahasiswa, dekat sekolah, atau titik ramai perkampungan maka bisnis gorengan kamu mempunyai peluang untuk sukses.

 

5. Bisnis Katering Rumahan

bisnis katering, bisnis modal 5 juta, bisnis modal 5 juta menguntungkan
image credit : stocksnap.io

Bisnis katering rumahan merupakan salah satu peluang usaha ibu rumah tangga dan usaha rumahan yang cocok dijalankan mereka yang senang memasak atau mempunyai minat kuat di bidang kuliner.

Bisnis katering rumahan juga cukup menjanjikan karena menyediakan makanan yang enak untuk berbagai perayaan atau acara tertentu merupakan masalah yang banyak dibutuhkan orang.

Selain untuk acara-acara, bisnis katering rumahan juga dapat menyediakan layanan kepada anak kos, atau kantoran untuk katering harian dengan harga yang terjangkau.

Untuk memulai bisnis katering rumahan anda memerlukan orang yang mempunyai keahlian memasak, dapur dan perlengkapannya, serta sarana pemasaran seperti media sosial, website gratis Wix.com, brosur dan promosi personal ke teman-teman dan keluarga anda.

Terkait : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Katering Untuk Pemula

 

6. Bisnis Nasi Goreng

Apakah dilokasi sekitar rumah anda banyak kos-kosan? atau rumah anda berada di titik ramai perkampungan? Jika jawaban anda ya untuk salah satunya maka salah satu rekomendasi usaha rumahan untuk anda adalah bisnis nasi goreng.

Bisnis nasi goreng tidak membutuhkan modal besar, anda dapat memulai dengan modal kecil. Terlebih jika memanfaatkan depan rumah anda, anda dapat berjualan dengan membeli gerobak atau etalase bekas, kompor dan tabung gas, serta perlengkapan masak lain.

Nasi goreng termasuk salah satu usaha kuliner yang laris dan banyak dicari orang. Kunci suksesnya anda harus selalu meningkatkan rasa nasi goreng yang anda jual sehingga menjadi salah satu nasi goreng terenak di lokasi anda berjualan.

 

7. Bisnis Kue Rumahan

Dengan berkembangnya penggunaan social media dan internet, saat ini membuka usaha kue dan cake dirumah menjadi semakin mungkin dilakukan.
Saat ini sudah banyak pengusaha cake dan kue yang merintis usaha kue mereka dari rumah dengan memanfaatkan promosi social media dan internet seperti instagram atau facebook.

Bisnis kue rumahan membutuhkan modal yang lebih besar karena membutuhkan perlengkapan yang lebih banyak seperti oven kue, mixer, kulkas dan freezer, serta perkakas lainnya.

Namun omzet yang dapat dihasilkan dari bisnis ini juga terbilang besar. Satu buah cake pesanan dapat memberikan pendapatan sebesar Rp. 180 ribu – Rp. 500 ribu bergantung kepada ukuran dan pesanan yang didapatkan.

 

Rekomendasi Usaha Rumahan Bidang Jasa

Bisnis di bidang jasa memberikan solusi berupa layanan kepada pelanggan mereka. Bisnis jasa umumnya membutuhkan modal yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan bisnis ritel. Bahkan cukup banyak bisnis jasa yang hanya membutuhkan modal pengetahuan dan pengalaman dari pengusahanya tersebut.

Bisnis di bidang jasa juga cukup banyak dilakukan untuk skala rumahan atau kecil. Beberapa rekomendasi usaha rumahan di bidang jasa adalah sebagai berikut:

 

8. Bisnis Laundry Rumahan

Bagi sebagian besar orang, baju dan celana yang bersih sangat penting. Namun, mencuci, menjemur, dan menyetrika adalah pekerjaan yang tidak menyenangkan dan menyita cukup banyak waktu.

Terlebih untuk mahasiswa, pegawai kantoran lajang, bahkan keluarga yang keduanya bekerja mencuci baju sendiri seringkali sulit dilakukan karena keterbatasan waktu dan kesibukan yang padat. Tidak heran jika kemudian jasa laundry yang bersih dan terjangkau selalu diperlukan oleh banyak orang.

Bisnis laundry rumahan tidak membutuhkan modal besar, terutama jika pada masa-masa awal anda menggunakan mesin cuci yang sudah ada atau membeli mesin cuci second yang masih bagus.

Namun sebelum memulai usaha laundry rumahan perhatikan terlebih dahulu apakah disekitar rumah anda sudah terdapat banyak laundry rumahan atau tidak dan apakah terdapat pemimpin pasar yang ramai didatangi orang.

 

9. Bisnis Jasa Web Design

image credit : pexels.com

Di era smartphone dan internet seperti sekarang, sebagian besar orang mencari suatu informasi mengenai produk, jasa ataupun orang dan perusahaan melalui internet.

Oleh karena itu saat ini sangat penting bagi setiap usaha atau bisnis untuk mempunyai website yang berfungsi dan diisi dengan informasi yang lengkap. Dengan website suatu usaha atau bisnis dapat ditemukan oleh calon pelanggan mereka dengan mudah dan dapat menjadi sarana penjualan yang efektif.

Namun tidak semua orang sanggup membuat website mereka sendiri meskipun saat ini sudah jauh lebih mudah untuk membuat website yang menarik dengan menggunakan WordPress dan template premium.

Nah jika kamu mempunyai keahlian mengunakan komputer dan membuat website, salah satu rekomendasi usaha rumahan yang dapat kamu lakukan adalah bisnis web design.

Untuk memulai bisnis jasa web design kamu memerlukan laptop yang cukup kuat dan kamu dapat mulai mencoba mencari pekerjaan dengan menawarkan kepada teman dan kolega anda. Selain itu kamu juga dapat mencoba mencari pekerjaan dari situs-situs freelance seperti Fiverr, Upwork, Sribulancer, dan Freelancer.com.

 

10. Jasa Penulisan Artikel

Apakah kamu senang menulis atau kamu dapat membuat suatu tulisan yang menarik? Walaupun saat ini konten audio visual seperti video semakin populer tetapi konten teks seperti artikel tetap mempunyai peranan penting.
Konten teks masih menjadi salah satu pilihan utama untuk pemasaran dengan metode konten marketing. Konten teks juga merupakan salah satu bentuk konten yang populer digunakan oleh perusahaan dan perorangan dalam menjelaskan produk atau jasa yang mereka tawarkan.

Oleh karena itu jika kamu mempunyai laptop dan koneksi internet, salah satu rekomendasi usaha rumahan untuk kamu adalah bisnis jasa penulisan artikel. Kamu dapat mulai membuat beberapa contoh tulisan kamu dan menerbitkannya di medium.com, setelah membuat beberapa contoh tersebut kamu dapat mulai mencari klien dengan menggunakan Fiverr, Freelancer, Upwork dan situs-situs freelance lainnya.

 

11. Jasa Les Privat

Jika kamu mempunyai pengetahuan yang cukup baik disuatu mata pelajaran yang populer untuk les seperti matematika, fisika, kimia, kamu bisa menjadikan pengetahuan kamu sebagai modal utama memperoleh uang tambahan dengan memberikan jasa les privat.

Tidak hanya pelajaran sekolah, kamu juga bisa memperoleh uang dari bisnis jasa les privat dengan keahlian lain seperti bahasa asing, programming, les software komputer, ujian akademik tertentu seperti GRE, GMAT, IELTS, dan TOEFL.

Dengan pengetahuan sebagai modal utama, anda dapat memulai bisnis jasa les privat tanpa modal besar. Selain itu bisnis jasa les privat juga dapat memberikan hasil yang menguntungkan dimana rata-rata les privat dapat memberikan pendapatan Rp. 150 ribu sampai Rp. 1 juta bergantung kepada tingkatan dan subyek dari les privat tersebut.

 

12. Jasa Fotografi

bisnis fotografi ide bisnis sampingan yang menguntungkan untuk karyawan
image credit : pexels.com

Jasa fotografi merupakan salah satu rekomendasi usaha rumahan untuk kamu yang gemar memfoto dan pintar menangkap keindahan dengan foto.

Jasa fotografi dapat menghasilkan pendapatan yang cukup menguntungkan. Khususnya untuk jasa fotografi terkait dengan pre wedding dan kawinan.

Sebagai contoh, jasa foto pre wedding yang cukup berpengalaman dapat mengenakan biaya jasa mulai Rp. 2 juta untuk sesi 2 jam. Sedangkan untuk kawinan, jasa fotografi dapat mengenakan biaya mulai dari Rp. 4-5 juta untuk resepsi.

 

Rekomendasi Usaha Rumahan Kategori Bisnis Online

Bisnis online berkembang dengan saat pesat dalam 5 tahun terakhir ini. Bisnis online telah mengubah cara orang berbelanja, dan juga telah menghasilkan cukup banyak pengusaha muda yang sukses memulai bisnis dari nol.

Dengan karakteristik dasar bisnis online yang dapat dikerjakan dimanapun selama ada gadget dan sambungan internet, banyak bisnis online yang dapat dimulai sebagai usaha rumahan. Untuk inspirasi kamu memulai bisnis berikut rekomendasi usaha rumahan di bidang bisnis online dari kami:

 

13. Bisnis Affiliate Marketing

strategi pemasaran online affiliate marketing
cara kerja affiliate marketing

Apa itu affiliate marketing? secara sederhana affiliate marketing adalah kegiatan mempromosikan suatu produk dan jasa kepada orang lain. Kemudian jika orang lain tersebut membeli produk atau jasa yang dipromosikan melalui link/tautan unik yang dimiliki seorang affiliate marketer (affiliate) maka affiliate tersebut akan mendapatkan komisi dari perusahaan produk atau jasa tersebut.

Affiliate marketing merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari blog dan bisnis online lain yang mempunyai nilai tambah membantu pembaca atau penikmat konten anda menemukan produk atau jasa yang mereka butuhkan.

Affiliate marketing juga tidak merugikan pembeli karena tidak ada mark up atau biaya tambahan untuk produk atau jasa yang dibeli melalui link khusus, bahkan seringkali affiliate memberikan promosi khusus kepada pembaca yang membeli lewat link tersebut.

Untuk memulai bisnis affiliate marketing anda membutuhkan laptop dan website. Website dibutuhkan untuk sarana promosi produk atau jasa dan juga sumber traffic. 

Setelah mempunyai website anda bisa mempromosikan barang atau layanan yang sudah anda gunakan, misalnya jika anda mempunyai website review gadget dan sering menggunakan Tokopedia untuk membeli gadget maka anda bisa mendaftar sebagai affiliate Accesstrade yang mempunyai program affiliasi Tokopedia di dalamnya.

Baca Lebih Lanjut : Bagaimana Cara Memulai Affiliate Marketing Untuk Pemula

 

14. Bisnis Dropship

bisnis dro
rekomendasi usaha rumahan – bisnis dropship

Kamu sudah mengetahui tentang bisnis Dropship. Dropship adalah model bisnis yang memungkinkan seorang pebisnis online untuk menjual barang tanpa harus memiliki stok barang sendiri.

Dalam model bisnis dropship, pesanan dari pembeli dipenuhi oleh penjual dengan membuat order ke supplier yang kemudian mengirimkannya langsung ke pembeli atas nama dropshipper.

Memulai bisnis dropship juga sangat mudah, anda bisa memulai dengan membuat akun di online marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee atau langsung berjualan di social media anda.

Kemudian setelah itu anda perlu mencari barang yang dapat dijual dengan sistem dropship, idealnya anda mencari langsung ke supplier/distributor yang membuka peluang kerjasama dropship.

 

15. Bisnis Blogging

Blogging mungkin identik dengan mereka yang menyalurkan hobi mereka menulis tentang suatu topik yang mereka gemari di waktu senggang mereka. Namun sebenarnya blogging dapat menjadi suatu bisnis online yang menguntungkan.

Blog yang sudah mempunyai jumlah pembaca cukup banyak bisa menghasilkan uang dari iklan Adsense, sponsored post, affiliate marketing, menjual produk digital atau bahkan menjual produk fisik melalui blog tersebut.

Potensi pendapatan dari blog yang berhasil cukup menggiurkan, dan bisa menyaingi pekerjaan professional lain. Bahkan beberapa dari blogger terkaya di dunia mempunyai penghasilan mencapai milyaran rupiah perbulannya.

Untuk memulai blogging sebagai bisnis anda harus memiliki laptop dan website, setelah itu anda harus menghasilkan konten, mempelajari search engine optimization, dan terus membangun komunitas sendiri dari blog tersebut.

Terkait : Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog di Tahun 2018

 

16. Bisnis Toko Online

Bisnis toko online merupakan bisnis online yang paling banyak diketahui luas di masyarakat. Bisnis toko online memang dapat dijalankan sebagai usaha rumahan mengingat toko online tidak membutuhkan tempat usaha khusus. Anda dapat memanfaatkan rumah anda untuk menyimpan persediaan barang untuk dijual.

Bisnis toko online diprediksi masih akan terus berkembang dengan cukup pesat. Dimana rata-rata pertumbuhan bisnis ecommerce dapat mencapai belasan persen setahun.

Anda dapat memulai bisnis toko online dengan berjualan di online marketplace, social media, atau membuat website toko online instant sendiri.  Jika anda bingung apa barang yang dapat anda jual, anda bisa membaca artikel kami tentang 12 produk yang paling laris dijual di toko online atau anda mungkin bisa mencari inspirasi dari Aliexpress (misalnya winter coat, atau jam tangan).

 

17. Jasa Search Engine Optimization

Search Engine Optimization atau SEO adalah praktik dan pengetahuan yang membahas mengenai optimisasi suatu website agar mempunyai rangking yang tinggi di situs pencari seperti Google, Bing atau Yahoo.

SEO merupakan salah satu strategi pemasaran internet yang penting dan mempunyai return jangka panjang yang baik. Hal tersebut karena pengunjung yang berasal dari situs pencari seperti Google biasanya mencari suatu jawaban, solusi atau produk tertentu. Berbeda dengan pengguna social media yang tidak mempunyai maksud tersebut.

Mempelajari SEO membutuhkan waktu dan keinginan belajar yang kuat. SEO bukan ilmu pasti yang tidak berubah, SEO senantiasa berubah sesuai dengan algoritma Google yang berlaku. Namun jika kamu bisa menguasai SEO, kamu bisa menawarkan jasa SEO sebagai usaha rumahan yang menguntungkan.

 

Penutup

Memulai usaha rumahan dapat menjadi pilihan jika anda mempunyai modal yang terbatas. Terdapat cukup banyak peluang usaha rumahan disekitar kita dan hal tersebut mungkin dapat membuat anda bingung memilih apa usaha rumahan yang tepat.

Rekomendasi usaha rumahan diatas diharapkan dapat membantu anda dalam memilih usaha rumahan. Sebagai tips, sebelum memulai lakukan perhitungan bisnis seperti analisa persaingan di lokasi anda, potensi pasar, serta apa yang menjadi minat anda.

Bagaimana menurut anda? apa usaha rumahan yang paling prospektif dari daftar rekomendasi usaha rumahan modal kecil diatas? berikan komentar anda disini atau bagikan artikel ini kepada teman anda. Terima kasih banyak !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here