usaha tanpa modal hasil berlimpah, usaha jasa titip
usaha tanpa modal hasil berlimpah, usaha jasa titip (image : pixabay.com)

Apa ada usaha tanpa modal hasil melimpah? tentu saja ada, artikel ini akan membahas mengenai beberapa contoh usaha tanpa modal hasil melimpah yang menjanjikan.

Banyak orang yang bermimpi mempunyai usaha sendiri namun tidak pernah memulainya karena kendala modal yang diperlukan untuk usaha tersebut.

Tidak dapat dipungkiri jika modal merupakan faktor penting dalam memulai usaha terutama untuk usaha-usaha konvensional yang membutuhkan aset atau persediaan tertentu.

Namun dengan perkembangan zaman yang semakin maju dan modern kendala permodalan tersebut dapat diselesaikan dengan memulai bisnis lain yang dapat dimulai tanpa modal.

Tanpa modal disini bukan berarti anda tidak harus mengeluarkan uang sepeserpun, anda mungkin harus mengeluarkan rupiah untuk operasional seperti paket data, transportasi dan lainnya. Lalu apa saja usaha tanpa modal hasil melimpah yang bisa dicoba? Berikut ini 10 contoh usaha tanpa modal hasil melimpah yang menjanjikan.

 

1. Usaha Blogging 

Menulis di blog tidak hanya menjadi cara untuk menyalurkan hobi menulis, menghibur orang lain atau berbagi pengetahuan. Di era modern ini blogging dapat menjadi usaha sampingan yang menghasilkan uang.

Banyak yang merekomendasikan blogging untuk dimulai di domain dan hosting sendiri, namun tentu keduanya membutuhkan modal setidaknya Rp. 200 ribu sampai Rp. 400 ribu (untuk satu tahun hosting dan domain).

Namun saat ini ada cara yang cukup baik untuk memulai blogging tanpa harus mengeluarkan uang sepersenpun. Caranya adalah dengan memulai menulis di Medium.com dan bergabung di Partnership Program.

Medium mempunyai jutaan pembaca setiap bulannya dan memberikan anda kesempatan bagus untuk mendapatkan pembaca setia dan eksposure. Selain itu partnership program memberikan pendapatan yang cukup besar bagi blogger yang sukses.
Berdasarkan data dari Medium penulis terbaik mereka pernah mengukir rekor dengan menghasilkan US$ 2,000 untuk satu tulisan. Dan penulis teratas Medium mempunyai penghasilan mencapai US$ 16,000 per bulan!

Terkait : Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog di Tahun 2019

2. Usaha Les Privat

usaha les privat, usaha tanpa modal hasil berlimpah
image credit : pexels.com

Memberikan les privat kepada orang lain merupakan cara yang baik untuk menghasilkan uang dari usaha sampingan. Selain bayarannya yang cukup menjanjikan, usaha les privat juga dapat dimulai tanpa modal.

Yang anda perlukan untuk usaha les privat ini adalah keahlian mengajar dan kemampuan anda untuk memasarkan jasa anda.

Untuk mendapatkan murid anda dapat beriklan di iklan baris online seperti OLX atau diwebsite seperti Sejasa.com.

Sponsored

 

3. Usaha Desainer Barang Kustom

usaha tanpa modal hasil berlimpah, usaha kaos kustom
usaha tanpa modal hasil berlimpah : usaha kaos kustom

Apakah kamu senang membuat desain kaos, jaket, topi, tote bag atau mug? Jika ya salah satu usaha tanpa modal hasil melimpah yang dapat kamu coba adalah usaha desainer barang kustom.

Untuk memulai usaha ini anda bisa bergabung dengan platform Tees.co.id atau Ciptaloka. Kemudian anda tinggal menggunakan platform mereka untuk menciptakan desain yang menarik dan asik. Tees atau Ciptaloka akan membuat halaman toko dan produk anda untuk mulai berjualan.

Selanjutnya anda dapat mulai menjual barang yang telah anda desain tersebut kepada orang lain melalui facebook dan instagram dan mengarahkan mereka untuk mengunjungi halaman anda di Tees atau Ciptaloka. Anda kemudian akan mendapatkan margin keuntungan dari biaya produksi yang mereka kenakan dan harga yang anda tetapkan ke pembeli.

 

4. Usaha Konsultan

usaha konsultan, usaha tanpa modal hasil berlimpah
usaha konsultan – usaha tanpa modal hasil berlimpah image credit : pexels.com

Usaha tanpa modal hasil melimpah yang selanjutnya adalah usaha konsultan. Usaha yang satu ini membutuhkan pengetahuan atau pengalaman sebagai modal utama.

Usaha konsultan dikenal luas sebagai usaha jasa professional formal yang membutuhkan sertifikasi atau pendidikan tertentu seperti jasa hukum, audit, akuntansi, pajak, dan sebagainya.

Namun selain bidang-bidang yang formal tersebut usaha konsultan juga dapat dilakukan untuk bidang-bidang non formal dan tidak membutuhkan sertifikasi atau pendidikan seperti konsultan diet, konsultan hubungan, konsultan mencari pasangan (biro jodoh), dan masih banyak lagi.

 

5. Usaha Jasa Titip

usaha tanpa modal hasil berlimpah, usaha jasa titip
usaha tanpa modal hasil berlimpah, usaha jasa titip (image : pixabay.com)

Usaha tanpa modal hasil berlimpah yang satu ini cocok untuk anda yang suka berbelanja dan mencari diskon. Usaha jasa titip saat ini menjanjikan karena dengan semakin populernya instagram semakin banyak orang yang menggunakan bisnis jasa titip.

Bisnis jasa titip memberikan jasa untuk membeli suatu barang (biasanya merek ternama yang sedang memberikan diskon atau promosi) untuk pelanggan mereka dan untuk mengirimkan barang tersebut melalui kiriman paket.

Sebagai keuntungannya usaha jasa titip mengenakan biaya jasa yang besarannya mulai dari Rp. 5.000 per item, namun ada juga beberapa jenis barang yang mengenakan biaya jasa Rp. 10.000.

 

6. Usaha Dropship

penjelasan dropship dan cara kerja dropshipping

Ya mungkin anda juga sudah menduganya jika usaha dropship termasuk salah satu usaha tanpa modal hasil berlimpah. Keunggulan utama dari bisnis dropship adalah tidak diperlukannya persediaan barang, lokasi fisik dan karyawan sehingga dapat dimulai tanpa modal.

Usaha dropship dapat memberikan keuntungan yang tidak sedikit. Namun persaingan di bisnis dropship domestik semakin meningkat dan anda akan membutuhkan strategi yang baru untuk bisa sukses di usaha dropship.

Terkait : Pengertian Dropship dan Cara Kerja Bisnis Dropshipping

 

7. Usaha Affiliate Marketing

Affiliate marketing dikenal sebagai salah satu cara menghasilkan uang dari internet yang terbukti dan populer. Di Indonesia sendiri usaha affiliate marketing sedang berkembang dengan semakin banyaknya bisnis online besar yang memberikan peluang kemitraan menjadi affiliate seperti Bukalapak, Blibli, Tiket.com, dan portal affiliate marketing seperti Accesstrade.

Untuk menghasilkan uang dari bisnis affiliate marketing anda harus mempromosikan produk atau layanan yang ditawarkan mitra anda kepada pembaca, pengikut atau audiens anda.
Promosi tersebut dapat anda lakukan melalui blog, social media, email atau bahkan video.

Selanjutnya jika audiens anda tertarik dan melakukan pembelian melalui link khusus yang anda punya maka anda akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang berasal dari promosi anda.

Bisnis affilate marketing termasuk bisnis yang besar secara global, Pat Flynn salah satu blogger dan podcaster yang sangat sukses meraih ratusan ribu dollar Amerika Serikat dari affiliate marketing yang dia lakukan melalui blognya.

 

8.   Usaha Jasa SEO

SEO, search engine optimization
Search Engine Optimization

Tidak dapat dipungkiri jika search engine seperti Google dan Bing merupakan salah satu sumber traffic atau pengunjung website yang sangat berharga. Tercatat terdapat 3,5 miliar pencarian melalui Google setiap harinya, dan traffic dari pencarian menguasai 35% sumber traffic vs 26% sumber traffic dari sosial media.

Dengan pentingnya posisi search engine sebagai sumber traffic yang utama dan berkualitas, usaha jasa Search Engine Optimization atau SEO merupakan salah satu usaha yang mempunyai nilai tinggi.

Untuk pasar yang menjanjikan seperti Amerika dan Eropa, jasa SEO rata-rata dapat menghasilkan USD 100-250 perjam sebagai pekerja lepas. Sedangkan untuk agensi jasa SEO dapat menghasilkan uang sebanyak USD 1,500-USD 2,500 per klien per bulan.

 

9. Usaha Jasa Pembuatan Hadiah Unik

Jika anda kreatif dan senang membuat karya yang unik, usaha hadiah unik adalah salah satu usaha tanpa modal hasil berlimpah yang bisa anda coba. Beberapa contoh hadiah unik yang bisa kamu tawarkan seperti scrapbook, ilustrasi potongan kertas, paper craft, kreasi foto dan masih banyak lagi.

Bisnis ini dapat dimulai tanpa modal dengan menggunakan skema pre-order dimana pelanggan memberikan DP terlebih dahulu untuk modal anda membeli bahan-bahan yang diperlukan.

Tidak hanya dapat dimulai tanpa modal, usaha yang satu ini juga sangat menguntungkan. Misalnya jika kamu membuka jasa untuk pembuatan ilustrasi potongan kertas anda bisa mengenakan harga Rp. 150.000 per ilustrasi.

 

10. Usaha Promosi Sosial Media

Ya, saat ini sosial media menjadi bagian yang sangat signifikan dalam kehidupan banyak orang. Semakin banyak orang yang menghabiskan waktu berjam-jam untuk bersosial media setiap harinya.

Penelitian We Are Social yang dilaporkan oleh Kompas.com menunjukkan bahwa orang Indonesia rata-rata menggunakan sosial media selama 3 jam 23 menit sehari untuk bersosial media.

Dengan tingginya penggunaan sosial media tersebut, bisnis yang ingin dikenal oleh calon pengguna mereka harus menyesuaikan strategi pemasaran untuk menjangkau pangsa pasar yang semakin banyak menggunakan sosial media tersebut.

Nah disinilah terdapat peluang bagi content creator yang dapat mengumpulkan perhatian pengguna sosial media. Jika kamu dapat mengumpulkan pengikut dalam jumlah yang cukup besar di sosial media kamu dapat menghasilkan uang yang besar dari jasa promosi dan kemitraan dengan perusahaan yang ingin mempromosikan barang atau layanan mereka.

 

Sponsored
Artikulli paraprak10 Contoh Barang Yang Laku Dijual Di Instagram
Artikulli tjetërBagaimana Cara Dropshipping Dengan Aliexpress Untuk Pemula
Firman adalah dosen manajemen di Fakultas Ekonomi & Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, internet entrepreneur,dan investor keuangan. Mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam wirausaha, bisnis, usaha kecil dan menengah, entrepreneurship dan manajemen keuangan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini