cara dropship dengan aliexpress
cara dropship dengan aliexpress

Ingin memulai bisnis dropshipping dengan Aliexpress? Yuk pelajari cara dropshipping dengan Aliexpress melalui artikel ini.

Dropshipping merupakan salah satu cara terbaik untuk menghasilkan uang dari Internet. Di bisnis dropship anda tidak perlu memikirkan masalah stok barang atau pengiriman. Anda juga tidak perlu mencari lokasi fisik atau menyewa pegawai sehingga bisnis dropship dapat dimulai dengan modal kecil.

Memulai bisnis dropshipping juga relatif sederhana, anda mencari produk yang tepat (banyak dicari dan laris), anda mencari supplier produk tersebut, dan anda dapat memulai berjualan.

Meskipun relatif sederhana untuk dimulai bisnis dropship, seringkali sulit untuk mencari supplier yang dapat diandalkan dan terpercaya melalui Internet.

 

Aliexpress merupakan salah satu solusi yang dapat anda pilih jika anda kesulitan mencari supplier yang dapat diandalkan. Aliexpress merupakan marketplace online yang memudahkan untuk mencari barang yang dapat anda jual kembali melalui dropshipping.

Jika kamu ingin menjajal bisnis dropship lokal dengan mudah tetapi bingung mencari supplier atau ingin dropship tanpa repot upload foto produk, menulis deskripsi dan posting produk anda bisa menggunakan tools dropship SedotX disini.

 

Kelebihan Dropshipping Dengan Aliexpress

Aliexpress merupakan online marketplace global yang sudah berpengalaman dan mempunyai reputasi yang baik. Penjual Aliexpress yang berpengalaman sudah terbiasa melakukan pengiriman internasional ke negara lain secara tepat dan akurat.

Aliexpress juga mempunyai jumlah penjual yang sangat banyak serta pilihan produk yang mencapai jutaan. Dengan besarnya jumlah katalog produk dan penjual yang ada, sangat mudah untuk menemukan produk yang tepat untuk anda jual sesuai dengan ceruk pasar anda.

Penjual Aliexpress biasanya melengkapi produknya dengan deskripsi, spesifikasi yang lengkap serta foto dari berbagai sisi. Hal tersebut sangat memudahkan dropshipper untuk membuat halaman produk yang lengkap dengan foto yang menarik.

Kelebihan lain dari dropshipping dengan Aliexpress adalah mudahnya melakukan hal tersebut. anda cukup memesan barang kepenjual dan mengganti alamat pengiriman dengan alamat pembeli anda.

Aliexpress
Cara Dropshipping Dengan Aliexpress

Dropshipping dengan Aliexpress juga menguntungkan karena anda tidak dipungut biaya langganan didepan seperti platform dropship kebanyakan. Anda dapat memulai dropshipping dengan Aliexpress secara gratis sekarang juga.

Terakhir, banyak penjual Aliexpress yang menawarkan free shipping atau gratis ongkir sehingga anda tidak perlu pusing lagi mengenai masalah pengiriman.

Selanjutnya kita akan membahas lebih mendalam mengenai cara memulai dropshipping dengan Aliexpress, mulai dari mencari produk, sampai menghasilkan keuntungan pertama anda.

Sponsored

 

Cara Memulai Dropshipping Dengan Aliexpress

Sebelum membahas mengenai detail teknis cara memulai dropshipping dengan Aliexpress, mungkin anda bertanya-tanya kenapa pembeli anda mau membeli barang dari anda jika mereka bisa membeli langsung dari Aliexpres?

Terdapat beberapa keuntungan yang dapat anda berikan kepada pelanggan anda dengan membeli dari anda.

Pertama anda dapat menerima pembayaran dalam mata uang Rupiah dan transfer bank lokal yang tidak diterima oleh Aliexpress.

Kedua, anda dapat memudahkan mereka memilih barang dengan deskripsi Bahasa Indonesia dan layanan pelanggan yang baik.

Ketiga, anda dapat fokus kepada ceruk pasar tertentu sehingga meningkatkan nilai merek anda dan memudahkan anda ditemukan pelanggan.

Hokagestore adalah salah satu contoh bisnis dropship yang menerapkan strategi ceruk pasar dengan baik. Dengan fokus kepada pernak-pernik Naruto dan Anime mereka dapat memperoleh keuntungan yang besar dari pasar global.

Memilih Produk Aliexpress Untuk Dropshipping

Langkah pertama dalam cara droshipping dengan Aliexpress adalah memilih produk apa yang akan anda jual. Langkah ini penting untuk menentukan konsep merek anda seperti nama, logo dan strategi pemasaran anda nantinya.

Untuk memilih produk anda dapat menentukan berdasarkan minat anda terlebih dahulu. Jika kamu tertarik dengan gadget kamu bisa memilih aksesoris gadget. Jika kamu tertarik dengan olahraga kamu bisa menjual berbagai perlengkapan olahraga.

Selain berdasarkan minat kamu juga bisa menentukan produk apa yang ingin kamu jual berdasarkan peluang pasar yang ada.

Misalnya kamu menyadari bahwa belum banyak yang menjual pernak-pernik unik untuk anjing atau kucing peliharaan di Indonesia maka kamu bisa memilih ceruk tersebut.

Jika masih bingung kamu bisa melihat halaman kategori Aliexpress dan mencari inspirasi apa jenis barang yang bisa kamu jual.

aliexpress kategori
aliexpress kategori

Setelah kamu menentukan apa ceruk pasar yang ingin anda garap pastikan terlebih dahulu terdapat cukup banyak pilihan produk untuk dijual dengan melakukan pencarian cepat di search bar. Sebagai contoh disini kita mengambil ceruk pasar aksesoris kucing.

cara dropship dengan aliexpress
cara dropship dengan aliexpress

Setelah menentukan ceruk pasar, saatnya untuk membuat toko online untuk berjualan. Banyak pilihan untuk hal ini, anda bisa memulai dengan membuka toko online di online marketplace lokal, berjualan di Instagram atau di Facebook Marketplace.

Didalam panduan cara dropshipping dengan Aliexpress ini kita akan menggunakan Wordpress + Woocommerce karena metode tersebutlah yang mempunyai potensi jangka panjang paling baik dan fleksibel untuk menerapkan berbagai strategi marketing.

Memilih Domain

Anda harus memilih nama domain toko anda dengan pertimbangan yang matang karena nama domain akan menggambarkan toko dan merek anda.

Pilih nama domain yang relevan dan sesuai dengan ceruk pasar anda. Hindari kata-kata yang terlalu panjang dan sulit diingat, gunakan maksimal dua kata. Dan sebisa mungkin gunakan Top Level Domain yang terpercaya seperti .com .id. atau co.id.

Memilih Hosting

WordPress + Woocommerce merupakan salah satu standar utama setiap layanan hosting yang berkualitas dan terdapat banyak sekali perusahaan hosting yang bisa anda pilih.

Sebagai contoh, Dewaweb merupakan salah satu perusahaan hosting berkualitas yang bisa anda pertimbangkan. Dewaweb memberikan hosting yang berkualitas, gratis domain, jaminan uptime 100% dan customer service 24 jam yang dapat diandalkan.

Menginstall WordPress + Woocommerce

Jika menggunakan Dewaweb atau hosting yang mempunyai Cpanel dengan Softaculus Apps Installer anda cukup mengklik WordPress dalam pilihan aplikasi untuk diinstall di website anda.

Setelah WordPress terinstall temukan menu Plugin > Tambah Baru, cari Woocommerce dan klik Pasang untuk menginstall Woocommerce.

 

 Menambahkan Produk

Langkah selanjutnya dalam cara dropshipping dengan Aliexpress adalah menambahkan produk ke toko anda.

Setelah Woocommerce terinstall anda bisa mulai mencari beberapa produk untuk anda tambahkan ke toko online anda.

Disini sebagai contoh saya memilih mainan kucing. Untuk mencari produk sangat mudah, anda tinggal mengetik kata kunci yang sesuai dalam search bar dan berbagai pilihan produk akan muncul.

Cara Dropshipping Dengan Aliexpress, Mencari Produk
Cara Dropshipping Dengan Aliexpress – Mencari Produk

Dengan banyaknya pilihan produk dan supplier yang ada di Aliexpress, memilih produk dapat menjadi hal yang membingungkan untuk dropshipper pemula.

Sebagai pedoman untuk memilih produk dan supplier anda perlu memperhatikan beberapa pertimbangan sebagai berikut:

  • Produk dengan order lebih dari 200 : banyaknya order menunjukkan bahwa terdapat permintaan yang cukup banyak untuk produk tersebut dan supplier tersebut dapat diandalkan.
  • Rating 4.5 atau lebih : hal ini untuk memastikan bahwa hampir semua pelanggan supplier tersebut puas dengan layanan yang diberikan untuk menghindari masalah dikemudian hari dengan pelanggan anda.
  • Bukan barang KW atau palsu: hindari menjual barang KW atau palsu karena anda tidak ingin mendapatkan masalah di proses pengiriman barang atau terkena masalah hukum nantinya.
  • Free shipping : produk yang free shipping lebih disarankan karena anda tidak perlu menghitung lagi ongkos kirim yang dapat berbeda untuk dikenakan ke konsumen. Selain itu produk yang gratis ongkir biasanya lebih populer untuk dijual.

Anda bisa menggunakan plugin Alidropship yang memungkinkan anda untuk dengan mudah mencari produk dan memasukkan produk ke toko online anda dengan menggunakan fitur filtering mulai dari kategori, kata kunci, volume penjualan, harga dan lain-lain.

Cara Dropshipping Dengan Aliexpress – Alidropship

Jika anda menggunakan Alidropship anda tinggal mengunjungi Aliexpress dan mengklik tombol import yang ada diatas browser dan semua foto, informasi, dan varian produk akan ditambahkan secara langsung ke website anda.

Plugin Alidropship sangat berguna jika anda menginginkan dropshipping dengan mudah dan tanpa banyak kerja manual.

Selain memudahkan untuk mencari dan menambahkan produk, Alidropship juga memudahkan anda dalam menangani order yang anda terima nantinya karena Alidropship akan secara otomatis mengorder produk yang dipesan ke Aliexpress sesuai dengan alamat pembeli anda.

Cara Dropshipping Dengan Aliexpress, Alidropship
Cara Dropshipping Dengan Aliexpress – Alidropship

Tidak hanya itu Alidropship juga secara otomatis menyesuaikan perubahan harga dari supplier dan toko anda sehingga anda tidak perlu khawatir mengalami kerugian karena perubahan harga.

Jika anda ingin menggunakan Alidropship anda bisa memakai kode promo STARTER15 dan mengklik link ini untuk mendapatkan diskon 15%.

Jika anda memilih untuk menggunakan cara manual maka anda harus mengambil foto produk dari Aliexpress dengan screenshoot dan paste ke paint untuk mendapatkan foto produk.
Setelah itu anda harus menulis deskripsi barang sesuai dengan penjelasan yang diberikan oleh penjual dalam halaman produk. Usahakan untuk menulis deskripsi secara lengkap namun original dan mudah dipahami oleh pembeli.

Pastikan anda menekankan bahwa barang membutuhkan waktu 20-30 hari untuk sampai karena pengiriman Aliexpress umumnya membutuhkan waktu selama itu untuk bisa sampai. Untuk pengiriman informasikan bahwa anda akan memberikan update melalui email dan tracking code.

Baca Juga : Kisah Sukses Dropshipping Aliexpress Alex dari $0 Ke $6000 dalam 4 Bulan

Memasarkan Produk Anda

Setelah menambahkan setidaknya 20-30 produk di toko online anda maka saatnya untuk mulai memasarkan produk anda. Cara terbaik untuk mendapatkan penjualan adalah dengan mendapatkan traffic gratis.

Anda bisa mendapatkan traffic gratis melalui posting social media atau melalui Search Engine Optimization atau SEO. Mengenai strategi social media atau SEO tidak akan dibahas diartikel ini karena kedua topik tersebut merupakan aspek tersendiri yang membutuhkan artikel terpisah.

Selain melalui social media dan SEO anda juga bisa menggunakan email marketing. Untuk menjalankan email marketing anda harus mengumpulkan daftar email dari pengunjung website anda.

Untuk mengumpulkan daftar email tersebut anda bisa menawarkan diskon khusus atau kode potongan harga untuk mereka yang memberikan email.

Setelah anda mendapatkan email mereka anda bisa terus mengirimkan email promosi kepada mereka setiap beberapa hari sekali untuk mendorong penjualan yang baru dari pelanggan tersebut.

Memenuhi Order

Jika anda menjalankan pemasaran dengan giat dan tekun maka tidak akan butuh waktu lama sebelum anda mendapatkan order pertama anda.

Setelah mendapatkan order pertama, anda dapat memenuhinya secara otomatis jika anda menggunakan plugin Alidropship sebagaimana telah kami jelaskan diatas.

Jika anda memilih cara manual maka anda harus mengunjungi Aliexpress, kembali mencari produk yang sesuai dan melakukan pembelian dengan alamat pembeli anda.

Akan lebih baik jika anda mengorder dengan memberikan catatan bahwa anda melakukan dropshipping dan meminta supplier untuk tidak memberikan invoice atau materi promosi didalam paket yang dikirim.

Baca Juga : 20 Peluang Usaha Modal 5 Juta Yang Menguntungkan

Dropshipping Aliexpress di Shopee

Karena banyaknya pembaca IDNtrepreneur yang menanyakan bagaimana cara dropshipping Aliexpress di Shopee kami disini secara khusus akan membahas bagaimana langkah-langkah untuk bisa dropship dari Aliexpress dengan Shopee.

Secara singkat langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pilih tema toko dan produk untuk dijual: pada langkah ini anda harus mencari produk di Aliexpress yang ingin anda jual di Shopee, anda bisa mencari produk-produk yang laris dijual di Shopee sebagai pertimbangan memilih produk.
  • Set-up Akun Shopee: setelah menentukan 20-30 produk pertama untuk dijual anda bisa mulai membuat dan mengatur akun Shopee anda. Atur akun anda seperti biasa, gunakan alamat asli anda untuk mengirim dan aktifkan fitur Preorder untuk produk yang anda jual.
  • Preorder: Atur jangka waktu preorder sesuai dengan lama pengiriman dari Aliexpress.
  • Pesan Barang Di Aliexpress: setelah anda menerima order pesan barang di Aliexpress dengan tujuan pengiriman alamat anda.
  • Kirimkan barang: setelah barang sampai ke alamat anda barulah anda dapat mengirimkan barang dari Aliexpress ke pembeli anda.

Proses dropship dari Aliexpress ke Shopee tidak bisa langsung ke alamat pembeli karena untuk akun pribadi anda tidak dapat membuat alamat pengiriman dari luar negeri.

Alternatif lainnya adalah anda melakukan pengetesan terlebih dahulu apakah ada permintaan untuk produk-produk yang ingin anda jual melalui akun lain dan setelah ada beberapa orderan yang anda terima anda bisa memesan produk yang dipesan tersebut untuk kemudian anda jual setelah barang tersebut sampai ke alamat anda (dalam hal ini proses bisnisnya anda kurang lebih bertindak sebagai reseller).

 

Penutup

Dropshipping dengan Aliexpress dapat menjadi pilihan yang baik untuk memulai bisnis dropship yang menguntungkan. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli persediaan barang atau membayar biaya member untuk memulainya sehingga bisnis ini sangat cocok untuk anak muda yang mempunyai modal terbatas ataupun karyawan.

Hal tersebut memungkinkan anda untuk bereksperimen dengan bebas untuk mengetahui apa saja produk yang laku dijual dan jika tidak laku anda cukup menghapusnya dari toko anda.

Baca Juga : Bagaimana Memulai Bisnis Dropship

Terkait : 10 Rekomendasi Bisnis Online Untuk Pemula Yang Menjanjikan

Sponsored
Artikulli paraprak10 Usaha Tanpa Modal Hasil Melimpah Yang Menjanjikan
Artikulli tjetër7 Cara Menemukan Peluang Usaha Yang Menjanjikan
Firman adalah dosen manajemen di Fakultas Ekonomi & Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, internet entrepreneur,dan investor keuangan. Mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam wirausaha, bisnis, usaha kecil dan menengah, entrepreneurship dan manajemen keuangan.

12 KOMENTAR

    • Credit card lebih mudah tapi bisa juga pakai DOKU wallet mas. Pembayarannya patokan USD tapi ditagih rupiah sesuai setting aplikasi Aliexpress atau websitenya.

    • tidak semua konsumen bisa menunggu selama itu, tapi ada juga yang bisa. Di Tokopedia ada beberapa barang yang PO nya 40 hari atau bahkan lebih dan tetap laku

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini