cara menemukan peluang usaha yang menjanjikan
image credit : pixabay

Kesulitan dalam menemukan peluang usaha yang tepat seringkali menjadi salah satu masalah yang dialami oleh seorang calon pengusaha pemula. Kenyataannya saat anda membaca artikel ini kemungkinan besar anda sedang mengalami masalah tersebut dan ingin menemukan cara menemukan peluang usaha yang tepat.

Cara menemukan peluang usaha yang terbaik adalah dengan berpikir kreatif, melihat dan mengidentifikasi peluang. Jika anda masih bingung dan membutuhkan inspirasi untuk melakukannya berikut 7 cara menemukan peluang usaha yang menjanjikan dari IDNtrepreneur.

Baca Juga : 8 Strategi Bisnis Di Era Digital Yang Harus Kamu Ketahui

 

1. Temukan Ide Bisnis Dari Masalah Pribdi

Bagi orang kebanyakan masalah adalah sesuatu hal yang harus diselesaikan. Disisi lain bagi seorang pengusaha, masalah adalah sumber dari suatu peluang.

Masalah dapat menjadi peluang disaat masalah tersebut belum ada solusinya atau solusi yang lebih baik dapat dikembangkan. Jika anda mengalami suatu masalah yang tidak dapat anda temukan solusi yang cukup baik untuk anda kemungkinan terdapat cukup banyak orang lain yang juga memiliki masalah yang sama dan mau membayar untuk solusi yang baik.

Uber misalnya lahir dari masalah yang dialami oleh Travis Kalanick dan Garret Camp saat kesulitan mencari taksi di malam musim dingin setelah menghadiri konferensi LeWeb di Paris.

Baca Juga : 20 Peluang Usaha Modal 5 Juta Yang Menguntungkan

 

2. Menemukan Peluang Usaha Dari Keahlian Anda

Keahlian merupakan faktor penting dalam melakukan suatu pekerjaan dengan baik. Anda tentu dapat membayang bagaimana jengkelnya anda jika anda mendapatkan makanan yang dimasak oleh koki yang tidak mempunyai keahlian. Sebaliknya, jika anda memakan masakan yang dibuat oleh koki yang ahli tentu anda akan merasa puas dan akan kembali lagi karena rasanya yang enak.

Keahlian dalam bidang terkait dengan demikian merupakan modal penting untuk sukses tidaknya suatu peluang usaha yang ingin anda jalankan.

Dengan demikian salah satu cara menemukan peluang usaha yang tepat adalah dengan mengevaluasi diri anda terlebih dahulu dan membuat daftar keahlian yang anda punya saat ini.

Bagaimana jika anda tidak memiliki keahlian? Jika tidak memiliki keahlian anda bisa memulai dari bidang yang anda sukai terlebih dahulu dan kemudian mengembangkannya menjadi keahlian dengan belajar otodidak melalui internet dan sumber-sumber lainnya.

Usaha service AC, service handphone, jasa pemasaran, jasa copywriting, jasa SEO, jasa fotografi, jasa videografi adalah beberapa contoh nyata peluang usaha yang menjanjikan dari keahlian. Selain itu masih banyak lagi peluang usaha yang menjanjikan.

Baca Juga : Bagaimana Cara Mengubah Hobi Menjadi Bisnis Yang Menguntungkan

 

3. Amati, Tiru, Modifikasi

Konsep amati, tiru dan modifikasi atau bisa disebut sebagai ATM adalah salah satu cara menemukan peluang usaha yang menjanjikan yang sudah terbukti ampuh.

Banyak bisnis yang berhasil dengan menggunakan konsep ini, misalnya Grab yang menerapkan metode ATM ini dengan Uber. Grab juga kemudian menerapkan metode yang sama terhadap Go-Jek untuk Grab-bike.

Untuk menerapkan metode ATM yang benar anda tidak bisa sepenuhnya menjiplak peluang bisnis yang sudah ada begitu saja. Anda harus melihat apa aspek yang dapat anda perbaiki dari bisnis tersebut sehingga pelanggan anda bisa mendapatkan nilai yang lebih dari anda.

Baca Juga : 15 Ide Bisnis dan Usaha Modal 10 Juta Yang Menjanjikan

 

4. Cara Menemukan Peluang Usaha Dengan Mengenali Trend

Metode selanjutnya untuk menemukan peluang usaha yang menjanjikan adalah dengan mengenali serta mengidentifikasi trend yang sedang berkembang di masyarakat.

Terdapat berbagai cara untuk mengenali trend yang ada. Misalnya, anda bisa melihat perkembangan dari sosial media apa barang yang laku dijual di instagram, atau melihat apa saja barang yang paling laku di Aliexpress dalam beberapa bulan terakhir.

cara menemukan ide bisnis yang menjanjikan, google trend
cara menemukan ide bisnis yang menjanjikan google trend

Anda juga bisa mencari trend yang sedang berkembang dengan melakukan pencari di Google Trend. Salah satu contohnya jika anda melakukan pencarian di Google Trend untuk kata kunci ‘Frozen Food’ anda bisa melihat bahwa minat pencarian untuk ‘Frozen Food’ selama 2 tahun terakhir relatif baik dan bisnis Frozen Food cukup baik trendnya.

Baca Juga : 10 Usaha Tanpa Modal Hasil Melimpah Yang Menjanjikan

 

5. Peluang Usaha Dari Masalah Orang Lain

Cara menemukan peluang usaha yang menjanjikan yang satu ini prinsipnya sama dengan metode yang pertama yaitu temukan suatu masalah dan buat solusi yang baik untuk masalah tersebut.

Namun karena anda tidak mengalaminya sendiri anda harus mempelajari masalah orang lain tersebut secara mendalam. Apakah cukup banyak orang yang punya masalah tersebut? apakah orang mau membayar untuk solusinya? berapa harga yang siap orang lain bayar untuk solusi tersebut?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut merupakan dasar dari bisnis yang kuat jika anda ingin memulai bisnis dengan menawarkan solusi yang baik atas suatu masalah orang lain.

Untungnya dengan perkembangan internet saat ini jauh lebih mudah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Anda bisa membuat halaman survey sederhana menggunakan Google Form dan menyebarkannya melalui Facebook untuk mendapatkan cukup banyak jawaban dari orang lain terkait masalah-masalah tersebut.

Baca Juga : 40 Bisnis Anak Muda Dengan Modal Kecil Yang Menjanjikan

 

6. Temukan Peluang Usaha Dari Pameran Dagang

Jika anda mempunyai modal yang cukup salah satu alternatif dalam menemukan peluang usaha yang menjanjikan adalah dengan mengikuti pameran-pameran dagang.

Dalam pameran dagang anda bisa menemukan berbagai perusahaan yang mencari partner, supplier atau distributor, dan anda bisa melihat perusahaan seperti apa yang banyak diminati oleh bisnis.

Jika anda menemukan perusahaan yang cukup diminati oleh banyak orang lain atau memiliki produk yang menurut anda dapat dijual dengan baik maka anda kemungkinan dapat bermitra dengan bisnis tersebut untuk memulai bisnis anda.

Baca Juga : Bagaimana Cara Dropshipping Dengan Aliexpress Untuk Pemula

 

7. Menemukan Peluang Usaha dari Pasar Yang Tidak Terlayani

Melayani pasar yang tidak terlayani oleh perusahaan atau bisnis yang telah ada sebelumnya dapat menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan.

Untuk menemukan pasar yang tidak terlayani anda perlu mengamati apakah calon pesaing tradisional anda hanya menjangkau pasar-pasar tertentu saja? Misalnya jika mereka hanya memiliki penawaran untuk masyarakat kelas menengah keatas maka anda bisa meluncurkan bisnis yang serupa yang ditargetkan kepada masyarakat kelas menengah bawah.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here