strategi bisnis di era digital, social media marketing
strategi bisnis di era digital - social media marketing (image credit pexels.com)

Digitalisasi telah merambah hampir semua aspek kehidupan. Tidak hanya belanja dan komunikasi yang semakin mengandalkan teknologi digital kesehatan, keuangan dan bahkan pelayanan masyarakat juga semakin terkait dan terhubung dengan dunia digital.

Merambahnya digitalisasi keberbagai aspek kehidupan merupakan fenomena yang tidak dapat dicegah dan telah mengubah perilaku masyarakat secara luas. Dunia bisnis harus dapat beradaptasi terhadap perubahan tersebut jika ingin dapat bertahan diarus perubahan yang kencang tersebut.

Bisnis yang gagal beradaptasi akan jatuh dan bahkan bangkrut. Sebaliknya bisnis yang berhasil beradaptasi akan berkembang dan dapat mencapai kesuksesan. Untuk bisa beradaptasi tersebut setiap bisnis harus mempunyai strategi bisnis di era digital yang tepat.

Apa saja strategi bisnis di era digital yang tepat tersebut? Kami telah mengumpulkan 9 contoh strategi bisnis di era digital yang penting untuk membantu bisnis kamu berkembang sebagai berikut.

 

1. Website Bisnis

website bisnis, strategi bisnis di era digital
strategi bisnis di era digital – image pexels.com

Kebanyakan orang sekarang mencari informasi yang mereka butuhkan melalui internet. Informasi yang orang cari di internet saat ini termasuk terkait dengan barang yang ingin mereka beli atau jasa yang mereka perlukan.

Saat ini tidak jarang seorang calon pelanggan melakukan riset yang cukup mendalam terlebih dahulu mengenai suatu bisnis sebelum membeli barang atau bahkan mempertimbangkan untuk mengunjungi bisnis anda.

Contohnya saat ini banyak orang yang mencari terlebih dahulu bagaimana menu dan suasana restoran dari google atau situs review kuliner seperti Zomato.

Melihat perubahan tersebut, salah satu strategi bisnis di era digital yang harus dilakukan oleh setiap bisnis adalah membuat website bisnis yang menyediakan informasi yang lengkap, update dan akurat.

Informasi yang lengkap, update dan akurat membantu calon pelanggan untuk mengenal anda lebih jauh, dan dapat meningkatkan kemungkinan mereka benar-benar menjadi pelanggan anda.

Tidak hanya sebagai sarana untuk memberikan informasi kepada pelanggan, website bisnis juga dapat menjadi perlengkapan penting dalam mengumpulkan data calon pelanggan dan pelanggan anda.

Contohnya email, nama pelanggan, dan profil lainnya, data-data tersebut sangat berharga untuk mengenal lebih jauh mengenai pelanggan anda dan untuk meningkatkan penawaran bisnis anda menjadi lebih baik untuk pelanggan anda.

2. Integrasi Offline – Online

UKM, cara membuat usaha ramai
image credit : pexel.com

Toko, kantor, atau kehadiran secara offline merupakan bagian penting yang tidak dapat dipisahkan untuk sebagian besar bisnis saat ini. Beberapa bisnis yang kehadiran offlinenya sangat penting seperti restoran, toko bahan bangunan, toko furniture, atau bengkel.

Kehadiran offline yang sangat penting untuk bisnis-bisnis seperti itu tidak menjadi alasan untuk menelantarkan atau mengabaikan pentingnya kehadiran bisnis di dunia digital.

Kenapa kehadiran di dunia digital tetap penting untuk bisnis-bisnis tersebut? karena saat ini semakin banyak calon pelanggan yang memulai pencarian mereka dari dunia digital dan menghabiskan waktu di dunia digital.

Dengan memiliki kehadiran yang baik di dunia digital anda mempunyai kemungkinan yang lebih besar untuk ditemukan dan dikunjungi oleh pelanggan anda.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari dunia digital untuk bisnis yang mempunyai titik berat di kehadiran offline salah satu strategi bisnis di era digital yang perlu diterapkan adalah mengintegrasikan aspek online dengan aspek offline bisnis anda.

Integrasi offline dengan offline dapat dilakukan dengan memberikan opsi bagi pelanggan anda untuk melihat-lihat barang dan layanan yang diberikan serta memesannya melalui jalur online. Namun kemudian untuk penyampaian barang atau layanan dilakukan melalui media offline.

 

3. Sosial Media Marketing

strategi bisnis di era digital, social media marketing
strategi bisnis di era digital – social media marketing (image credit pexels.com)

Sosial media mempunyai potensi dan kekuatan yang luar biasa untuk menyebarkan informasi secara cepat dan luas dengan biaya yang rendah.

Kekuatan sosial media untuk menyebarkan informasi tersebut menjadi salah satu alasan mengapa saat ini terdapat perusahaan kecil yang kemudian dapat berkembang menjadi besar dalam waktu yang relatif singkat. Contohnya Maicih, Brodo, dan masih banyak lagi.

Bermain di sosial media menjadi suatu keharusan karena jika tidak saingan anda akan mendominasi di platform tersebut dan dapat menggerus pangsa pasar anda.

Oleh karena itu salah satu strategi bisnis di era digital yang krusial adalah memastikan anda mempunyai program sosial media marketing yang efektif.

 

4. Email Marketing

strategi bisnis di era digital, email marketing
email marketing – image credit: pexels.com

Sosial media mungkin merupakan media yang sangat kuat untuk menyebarkan informasi secara cepat dan luas, namun email tidak kalah dari sosial media untuk jangkauan, efisiensi dan efektifitas yang diberikan untuk mempromosikan suatu bisnis.

Hal tersebut dibuktikan dengan salah satu penelitian oleh Marketing Sherpa yang menunjukkan bahwa email merupakan media favorit 72% konsumen untuk menerima informasi mengenai promosi.

Email memang mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan sosial media untuk menjadi media promosi. Salah satu kelebihannya, email memungkinkan bisnis memberikan informasi yang lebih lengkap dan dalam format yang lebih mudah dipahami.

Selain itu email marketing juga memungkinkan bisnis untuk memberikan penawaran yang lebih terpersonalisasi dan relevan dengan kondisi konsumen tersebut.

5. Video Marketing

video marketing, strategi pemasaran era digital
video marketing – strategi pemasaran era digital (image credit pexels.com)

Apakah anda tau jika Youtube mempunyai 1,9 miliar pengguna aktif bulanan? dan setiap bulannya ada 5 miliar video yang ditonton?

Dengan jumlah pengguna aktif tersebut, Youtube merupakan platform media terbesar kedua setelah Facebook dan mempunyai pengaruh yang luar biasa besar di dunia digital.

Namun terlepas dari besarnya pengaruh Youtube di dunia Youtube, Omnicoreagency melaporkan bahwa hanya ada 9% usaha kecil dan menengah yang mempunyai kehadiran di Youtube.

Sedikitnya usaha kecil dan menengah yang mempunyai kehadiran di Youtube menjadi suatu peluang yang bagus untuk mempromosikan bisnis anda melalui konten-konten video yang menarik. Apalagi saat ini smartphone harga 2 jutaan saja sudah dapat menangkap video yang cukup bagus dan menarik.

Beberapa contoh video yang dapat anda buat untuk bisnis anda seperti video penjelasan dan review produk, video profil bisnis anda, video suasana lokasi bisnis anda, tips dan trik penggunaan produk, dan video testimoni dari pelanggan.

 

6. Program Affiliate 

affiliate marketing, strategi bisnis di era digital
affiliate marketing – image credit: pexels.com

Program affiliate merupakan salah satu solusi pemasaran bisnis kecil yang mempunyai budget terbatas untuk mempekerjakan tenaga pemasar full time atau membuat iklan.

Berbeda dengan iklan konvensional yang mengharuskan suatu bisnis membayar biaya tetap yang ditetapkan oleh pengiklan, program affiliate hanya mengharuskan anda membayar biaya kepada pengiklan berdasarkan sebagian kecil persentase penjualan yang dihasilkan dari program affiliate tersebut.

Skema tersebut memungkinkan pemilik bisnis kecil untuk memastikan budget pemasaran yang terbatas tersebut memberikan hasil yang maksimal. Tidak heran jika program affiliate menjadi semakin populer sebagai salah satu strategi bisnis di era digital yang efektif.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memulai Affiliate Marketing Untuk Pemula

 

7. Blogging 

blogging, strategi bisnis di era digital
blogging strategi bisnis di era digital – image credit: pexels.com

Blogging merupakan salah satu cara terbaik untuk mempromosikan bisnis kecil anda kepada calon pelanggan.

Blogging dapat membantu anda membangun reputasi yang positif di mata calon pelanggan.

Bagaimana caranya? buatlah tulisan yang berkualitas dan membantu pelanggan anda di topik yang berkaitan dengan bisnis anda.

Misalnya anda memiliki bisnis service AC maka salah satu cara untuk memperkenalkan bisnis anda kepada calon pelanggan dan meningkatkan reputasi anda sebagai penyedia jasa yang baik adalah dengan menulis dan mempublikasikan artikel tentang berbagai masalah yang biasa dialami oleh AC.

 

8. Search Engine Optimization

search engine optimization - strategi bisnis di era digital
search engine optimization – strategi bisnis di era digital (image credit: pexels.com)

Search engine optimization atau SEO merupakan salah satu strategi bisnis di era digital yang sangat efektif untuk memberikan hasil jangka panjang.

Bagaimana tidak? saat ini hampir semua orang mencari suatu informasi dari hasil penelusuran mesin pencari seperti Google atau Bing. Tercatat setiap harinya terdapat 3,5 miliar pencarian melalui mesin pencari atau lebih dari 1,2 trilliun pencarian dalam setahun.

Pertanyaan apa itu SEO? SEO adalah praktik-praktik optimisasi website agar konten-konten yang terdapat didalam website tersebut seperti artikel, gambar atau video mempunyai peringkat yang tinggi di mesin pencari.

Menerapkan SEO dan meraih sukses dalam SEO tidaklah mudah, anda memerlukan pengetahuan yang cukup baik mengenai praktik-praktik SEO, kesabaran untuk menerapkannya dan waktu untuk dapat melihat hasilnya.

Namun, SEO yang sukses dapat memberikan ribuan atau bahkan jutaan pengunjung website dengan biaya yang sangat rendah dan bernilai tinggi untuk bisnis anda. Dengan potensi hasil yang luar biasa tersebut, anda melewatkan kesempatan yang sangat besar jika anda melantarkan SEO dalam strategi bisnis anda.

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here