achmad zaky, tips sukses bisnis online

Achmad Zaky pendiri Bukalapak merupakan salah satu sosok pengusaha Indonesia yang memberikan banyak inspirasi. Kesuksesannya membangun Bukalapak tidak dicapai dengan jalan pintas. Bahkan dia sempat gagal menjalankan bisnis mie ayam sebelum akhirnya sukses mendirikan Bukalapak dengan modal pas-pasan.

Sebagai bos salah satu perusahaan online marketplace terbesar di Indonesia, Achmad Zaky telah membantu jutaan UKM membuka dan memulai bisnis online. Aktif di berbagai seminar dan forum-forum diskusi Achmad Zaky sering membagikan tips-tips sukses bisnis online. Berikut ini 7 tips sukses bisnis online dari Achmad Zaky bos Bukalapak.

1. Keberanian

Di seminar entrepreneurship Indonesia 4.0 SB-IPB di Hotel Pullman Jakarta, Sabtu 28 Juli 2018, Achmad Zaky mengutarakan bahwa keberanian adalah salah satu kunci sukses dalam berbisnis.

Keberanian dibutuhkan untuk memulai dan menjalankan usaha. Bukalapak sendiri dapat mencapai kesuksesan karena Achmad Zaky dan kawan-kawannya berani untuk mengambil risiko yang besar pada saat itu.

Saat memulai Bukalapak timnya tidak mempunyai sokongan dana yang besar, bahkan dia mengutarakan bahwa Bukalapak hanya dimulai dengan modal Rp 80 ribu untuk beli nama domain dan bermarkas di kos-kosan.

Disisi lain tekanan dari keluarga dan teman untuk bekerja di perusahaan terus berdatangan. Sementara itu Bukalapak seolah tidak mempunyai masa depan yang jelas dan Achmad Zaky sempat berpikir untuk menutupnya.

Namun karena semangat yang diberikan dari mitra-mitra UKM Bukalapak akhirnya Achmad Zaky mengurungkan niat tersebut. Dan akhirnya beberapa bulan kemudian Bukalapak mendapatkan pendanaan pertama dari investor Jepang sebesar Rp. 2 miliar yang membantu Bukalapak berkembang lebih pesat.

 

2. Tujuan Yang Besar

Tips sukses bisnis online dari Achmad Zaky yang kedua adalah miliki tujuan yang besar. Tujuan berbisnis online tidak hanya sekadar uang, tetapi harus lebih besar dari hal tersebut.

Achmad Zaky menuturkan bahwa “Denga memiliki niat yang baik, insya Allah rezeki dikasih lebih besar. Kenapa? karena bisnis besar memiliki niat untuk memberikan manfaat kepada orang banyak. Termasuk Bukalapak sendiri besar karena memiliki misi yang mulia”.

Untuk pebisnis online tujuan yang lebih besar tersebut mungkin dapat berupa semangat untuk membuka lapangan pekerjaan baru, meningkatkan taraf penghidupan pengusaha kecil. Atau sekedar membantu orang lain mendapat pengalaman berbelanja online yang menyenangkan serta memperoleh produk yang bermanfaat untuk mereka.

 

3. Kejujuran

Pada acara ulang tahun komunitas Bukalapak di Kota Medan yang ketiga Acmad Zaky membagikan tips sukses bisnis online yang ketiga yaitu utamakan jujuran.

Achmad Zaky mengutarakan bahwa kejujuran haruslah diutamakan. Pelaku UKM dan bisnis online yang tidak menjalankan prinsip kejujuran dalam usahanya tidak akan bisa berkembang.

Masalah kejujuran menjadi penting karena saat ini masyarakat semakin pintar dan selektif dalam mencari toko online. Kebanyakan orang akan memilih toko online yang mempunyai reputasi baik sebelum bertransaksi dengan mereka meskipun terdapat penjual lain yang menyediakan barang dengan harga lebih murah.

Sponsored

 

4. Pelayanan Yang Baik

Dikesempatan yang sama, salah satu tips sukses bisnis online dari Achmad Zaky yang juga menjadi syarat pertama untuk bisa berkembang adalah berikan pelayanan yang baik.

Pelayanan sangat penting untuk kesuksesan pebisnis online karena saat ini sangat mudah mencari alternatif lain untuk berbelanja. Tidak hanya di online marketplace terdapat banyak sekali pengusaha toko online di instagram dan juga website sendiri.

Jika tidak memberikan pelayanan yang memuaskan pelanggan akan tidak jadi berbelanja atau bahkan kapok dan tidak merekomendasikan bisnis anda kepada orang lain.

 

5. Kreatif

Selain kejujuran dan pelayanan yang baik, tips sukses bisnis online dari Achmad Zaky yang berikutnya: berikan nilai lain yang berbeda dan unik.

Achmad Zaky menambahkan bahwa UKM yang ingin besar harus kreatif. “Kalau hanya jujur memang dapat rezeki, tapi terbatas. Dan disokong dengan kreativitas maka akan bisa lebih besar,” ujarnya.

 

6. Belajar dari Kegagalan

Salah satu pelajaran terbesar dan berharga diperoleh dari kegagalan. Itulah salah satu keyakinan Achmad Zaky dalam mendirikan dan membesarkan Bukalapak.

Dalam berbisnis online tidak selamanya barang yang anda jual laku dengan cepat, kalah dengan saingan, atau ada saja pelanggan yang menyebalkan, atau mungkin ada supplier yang memberikan barang tidak sesuai yang anda inginkan.

Menyalahkan kesialan sebagai sumber kegagalan-kegagalan tersebut mungkin lebih mudah bagi diri anda, tetapi untuk jangka panjang hal tersebut tidak memberikan nilai tambah bagi siapapun. Untuk itu lebih baik jika anda melakukan refleksi dari kegagalan yang terjadi dan belajar dari kegagalan tersebut.

7. Pahami Pasar Anda

Tips sukses bisnis online dari Achmad Zaky yang terakhir namun sangat penting adalah pahami seluk beluk pasar anda. Memahami pasar disini maksudnya anda harus mengetahui apa yang diinginkan dan diharapkan oleh pelanggan anda.

Apakah mereka tertarik dengan merek barang tertentu? harga murah? pemilihan model terkini? atau banyak variasi dan pilihan produk?

Memahami pasar dan pelanggan merupakan kunci dalam membuat strategi bisnis dan mengambil keputusan yang tepat. Contohnya dalam memilih stok barang untuk dijual di toko online anda mungkin berpikir bahwa menjual barang dengan harga murah adalah strategi terbaik. Namun jika target pasar anda adalah kelas menengah atas maka barang yang berharga lebih tinggi namun kualitas lebih tinggi dapat menjadi strategi yang lebih baik.

Sponsored
Artikulli paraprak8 Strategi Bisnis Di Era Digital Yang Harus Kamu Ketahui
Artikulli tjetër6 Biografi Kisah Pengusaha Indonesia Sukses Dari Nol
Firman adalah dosen manajemen di Fakultas Ekonomi & Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, internet entrepreneur,dan investor keuangan. Mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam wirausaha, bisnis, usaha kecil dan menengah, entrepreneurship dan manajemen keuangan.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini