affiliate marketing, cara bisnis baju online tanpa modal
affiliate marketing -cara bisnis baju online tanpa modal (credit: pexels.com)

Apakah kamu pernah ingin berjualan atau bisnis baju online tetapi bingung karena tidak punya modal? atau bingung karena tidak punya pengalaman jualan online?

Jika ya, anda tidak perlu bingung lagi karena dengan perkembangan zaman sekarang terdapat beberapa cara bisnis baju online tanpa modal untuk pemula.

Bisnis baju merupakan salah satu bisnis yang banyak diminati oleh pengusaha pemula. Besarnya minat tersebut tidak terlepas dari peluang bisnis baju yang masih cukup menggiurkan.

Untuk pemula bisnis baju juga mempunyai tingkat risiko yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan bisnis makanan karena baju tidak akan basi dan mempunyai daya simpan yang lama.

Disisi lain bisnis baju membutuhkan modal yang besar karena membutuhkan persediaan barang dalam jumlah cukup banyak, sewa toko, rak dan etalase, serta karyawan dengan biaya yang tidak sedikit.

Semua kebutuhan tersebut mengakibatkan bisnis baju menjadi bisnis yang membutuhkan modal usaha yang cukup besar.

Untungnya dengan teknologi internet yang semakin murah, penggunaan smartphone yang luas dan semakin akrabnya masyarakat Indonesia untuk berbelanja online saat ini terdapat beberapa cara bisnis baju online tanpa modal.

Bagaimana caranya? berikut ini 3 cara bisnis baju online tanpa modal untuk pemula yang dapat kamu tiru dan pelajari.

1. Jualan Baju Online Dengan Sistem Dropship

dropship, cara bisnis baju online tanpa modal
dropship – cara bisnis baju online tanpa modal (credit: pexels.com)

Cara bisnis baju online tanpa modal untuk pemula yang pertama adalah berjualan dengan sistem dropship.

Apa itu dropship? jika kamu belum mengetahuinya, dropship adalah sistem dimana kamu dapat berjualan tanpa mempunyai persediaan barang dengan bekerja sama dengan supplier untuk membantu menjualkan barang milik supplier langsung kepada pelanggan kamu.

Untuk memulai usaha baju online dengan sistem dropship kamu harus menentukan terlebih dahulu target pasar. Setelah menentukan target pasar kamu kemudian dapat mulai mencermati barang dan model baju seperti apa saja yang laku dijual ke target pasar tersebut.

Setelah itu kamu dapat mulai mencari supplier dropship yang menyediakan baju dengan barang dan model yang sesuai dengan target pasar kamu. Kemudian untuk menjual baju tersebut kamu harus membuat toko online.

Untuk membuat toko online kamu dapat memanfaatkan online marketplace gratisan seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan sebagainya. Dengan menggunakan online marketplace kamu dapat segera berjualan, dapat digunakan gratis dan mudah untuk diatur.

Namun kekurangannya kamu akan mempunyai banyak sekali saingan, serta sulit untuk membangun nilai merek dan loyalitas pelanggan untuk kelangsungan usaha jangka panjang.

Selain itu saat ini untuk dapat mendapatkan penjualan dari online marketplace kamu seringkali perlu mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk biaya iklan sehingga baju yang kamu jual dapat dilihat oleh pembeli karena sudah terlalu banyaknya penjual di online marketplace.

Kamu juga dapat menggunakan akun social media seperti Facebook dan Instagram untuk berjualan. Kamu dapat mulai berjualan dengan cepat dan tidak butuh biaya untuk membuatnya, dan terdapat potensi untuk membangun nilai merek serta loyalitas pelangggan untuk kelangsungan usaha jangka panjang.

Kekurangannya kamu membutuhkan investasi waktu dan kreativitas yang cukup tinggi (dan terkadang uang iklan) untuk dapat membangun jumlah pengikut yang cukup banyak sehingga kamu bisa mendapatkan pelanggan dalam jumlah yang cukup.

Baca Juga : Bagaimana Memulai Bisnis Dropship

2. Gunakan Platform Untuk Jualan Baju Online Kustom

platform custom, cara bisnis baju online tanpa modal
platform custom – cara bisnis baju online tanpa modal (credit: pexels.com)

Tees.co.id dan Ciptaloka merupakan platform untuk membuat berbagai barang-barang dengan desain sendiri seperti kaos, jaket, mug, casing hp, bantal dan masih banyak lagi.

Tidak hanya untuk membuat barang-barang personal yang digunakan sendiri, Tees dan Ciptaloka juga membuka peluang untuk kamu yang mempunyai kreativitas untuk membuat usaha baju online sendiri tanpa modal.

Caranya sangat mudah, kamu cukup membuat akun di website tersebut, mulai membuat desain sendiri dan kemudian tetapkan harga sesuai keinginan kamu.

Selain mudah dan gratis, kedua platform tersebut juga mengurus produksi, pengiriman, dan pembayaran sehingga kamu dapat fokus ke pemasaran kaos yang kamu desain.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Shop Untuk Pemula

3. Affiliate Marketing

bagaimana cara memulai affiliate marketing, affiliate marketing untuk pemula
image credit : pexels.com

Cara usaha baju online tanpa modal yang terakhir ini dapat dilakukan tidak hanya dengan membuat toko online, kamu juga dapat melakukannya dengan membuat blog review lifestyle dan fashion.

Affiliate marketing adalah skema kerjasama antara advertiser (pengiklan) dengan publisher (penerbit) dimana publisher mendapatkan komisi dari persentase penjualan advertiser yang direferensikan dari publisher.

Dengan skema affiliate anda dapat mempunyai bisnis baju online tanpa modal dengan cara mempromosikan dan membuat rekomendasi baju-baju model terbaru dan menarik di blog atau toko online anda.

Kemudian pembeli yang tertarik dapat mengunjungi website advertiser untuk melakukan pembelian baju tersebut. Jika pembeli tersebut melakukan pembelian maka kamu sebagai publisher akan mendapatkan keuntungan berupa komisi dari penjualan tersebut.

Untuk memulai bisnis baju online dengan skema affiliate marketing kamu setidak-tidaknya membutuhkan website untuk menuliskan review dan rekomendasi secara detail.

Setelah itu kamu perlu mendaftar untuk menjadi affiliate dari situs-situs eCommerce yang menjual produk-produk fashion seperti Zalora, Lazada, Blibli dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memulai Affiliate Marketing Untuk Pemula

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here