Beranda eCommerce Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Shop Untuk Pemula

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Shop Untuk Pemula

1428
4
bagaimana cara memulai bisnis online shop, membuat online shop, memulai online shop

Apakah anda ingin memulai bisnis online shop anda sendiri? apa yang menghalangi anda untuk memulainya?

Jika yang menjadi hambatan anda adalah tidak mengetahui bagaimana cara memulai bisnis online shop, anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini kami akan membantu anda langkah-langkah memulai bisnis online shop untuk pemula.

Perlu diakui bahwa untuk seorang pemula memulai bisnis online shop tidaklah mudah. Tidak jarang seorang pengusaha pemula menyerah memulai bisnis online shop karena banyaknya detail yang diperlukan untuk mendirikan toko online.

Berbagai masalah desain, penamaan, produk yang dijual, hosting, domain, dan pembayaran adalah masalah klasik yang perlu dihadapi oleh seorang pemula bisnis online shop.

Untungnya saat ini memulai bisnis online shop sudah jauh lebih mudah dan dapat dimulai tanpa pengetahuan coding dan desain website lainnya dengan adanya software pembuat website online shop untuk UKM seperti Jejualan. Memulai bisnis online shop dengan mengunakan jasa pembuatan online shop merupakan pilihan yang dapat anda pilih jika anda termasuk sulit belajar hal-hal mengenai teknologi website dan ecommerce.

Dengan menyederhanakan proses aspek teknis pembuatan online shop itu sendiri menggunakan Jejualan, berikut langkah-langkah bagaimana cara memulai online shop untuk pemula:

 

1. Tentukan Barang Untuk Dijual

Dalam memulai bisnis online shop langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan barang untuk dijual. Jika anda ingin memulai bisnis online shop karena anda sudah memiliki toko fisik maka tahapan ini dapat anda lewatkan. Namun, jika anda belum mempunyai barang untuk dijual maka sebelum memikirkan untuk membuka toko online anda harus menentukan barang apa yang akan anda jual.

Untuk pengusaha pemula, menentukan barang yang dijual di online shop menjadi salah satu tantangan yang sering menjadi hambatan besar. Mendapatkan ide barang untuk dijual dapat menyulitan dan seringkali terbentur pada perasaan bahwa pasar untuk barang tersebut mempunyai persaingan yang ketat.

Perlu diingat bahwa persaingan pasar yang ketat bukan berarti tidak terdapat peluang bagi anda untuk sukses dibidang tersebut. Jika anda mempunyai ide atau strategi yang dapat meningkatkan pelayanan, kualitas, atau persepsi terhadap produk tertentu maka jauh lebih baik anda memilih untuk menjual produk tersebut dibandingkan memilih produk berdasarkan trend.

Hal ini yang dilakukan oleh bisnis sepatu lokal dengan merek Brodo. Brodo adalah salah satu studi kasus dimana online shop menjual barang yang mempunyai persaingan pasar yang ketat dan tetap sukses. Kesuksesan brodo tidak terlepas dari kualitas produk yang tinggi dan strategi marketing untuk membangun citra Brodo sebagai sepatu untuk gentleman.

Oleh karena itu cari tau apa produk yang sesuai dengan passion anda dan ketahui bagaimana cara meningkatkan kualitas, pelayanan atau persepsi untuk produk yang akan anda jual.

 

2. Memberi Nama Online Shop 

Setelah anda mengetahui apa barang yang akan anda jual, selanjutnya anda harus memberi nama online shop anda. Memberi nama online shop bukan merupakan perkara mudah. Jika anda bermaksud untuk membangun bisnis yang berkelanjutan dan menguntungkan mempunyai nama yang tepat dapat membantu anda dalam membangun merek online shop anda.

Nama online shop anda adalah identitas penting bisnis anda. Nama online shop anda akan mencerminkan merek dan persepsi pelanggan terhadap apa yang anda jual, bagaimana layanan anda dan bagaimana kualitas produk yang ada jual.

Selain itu, Nama online shop yang baik harus mudah diingat, unik, dan mempunyai kesan yang sesuai dengan identitas merek anda. Dengan karakteristik tersebut perlu diakui bahwa membuat nama online shop yang bagus tidaklah mudah.

Jika anda kesulitan untuk mencari nama yang tepat, anda bisa mencoba metode brainstorming dengan menkombinasikan dua kata yang mencerminkan produk yang anda jual dan persepsi apa yang ingin anda sampaikan kepada pelanggan anda.

Anda juga bisa memilih nama sederhana dan singkat agar mudah diingat dengan kolerasi tinggi terhadap bisnis anda. Misalnya anda menjual batik maka anda bisa memberi nama online shop anda “Motiv” atau “Canting”.

Namun jika anda memerlukan bantuan lebih lanjut anda bisa mencoba untuk mencari ide dengan menggunakan 10 website pembuat nama yang ditulis dalam artikel Shopify ini.

Dalam memberi nama online shop anda pastikan dulu terdapat Top Level Domain (TLD) seperti .com, .id, atau .net yang tersedia untuk dipakai oleh online shop anda.

 

3. Mendesain Logo Online Shop

Langkah selanjutnya dalam langkah bagaimana cara memulai bisnis online shop untuk pemula adalah desain logo online shop anda. Jika anda mempunyai sedikit keahlian desain anda bisa mencoba membuat logo online shop sendiri dengan menggunakan typography yang menarik dan sedikit gambar menggunakan Canva.

Tetapi jika anda tidak mempunyai keahlian desain sedikit pun atau anda bukan tipe kreatif maka anda bisa mencoba menggunakan Fiverr untuk mendesain logo anda hanya dengan harga mulai dari USD 5 (sekitar Rp. 65.000).

 

4. Membuat Online Shop 

Setelah logo online shop anda siap, selanjutnya untuk mulai membuat online shop anda. Sebagaimana yang telah saya sampaikan sebelumnya bahwa untuk mempermudah aspek teknis dalam membuat online shop akan lebih baik jika menggunakan website builder yang dikhususkan untuk membuat online shop.

Dengan menggunakan website builder anda tidak perlu pusing lagi mengatur masalah pembayaran, pengiriman, desain, dan fitur-fitur penting lain yang diperlukan untuk sebuah online shop.

Saat ini terdapat banyak online shop builder mulai dari yang internasional seperti Shopify dan BigCommerce sampai lokal seperti Jarvis-Store dan Jejualan. Shopify dan Bigcommerce mempunyai fitur yang lebih lengkap tetapi harganya jauh lebih tinggi.

Untuk itu bagi pemula menurut saya akan lebih baik untuk menggunakan Jejualan atau Jarvis-Store karena harganya yang jauh lebih terjangkau.

Cara membuat online shop di Jejualan maupun di Jarvis-Store tidak jauh berbeda, anda hanya perlu mengisi form yang berisi nama online shop anda, alamat email anda, dan password (serta nomor handphone untuk Jejualan).

daftar jarvis-store
halaman daftar jarvis-store

Untuk Jarvis-Store anda bisa memulai dengan paket gratis dengan batasan 20 barang yang dijual dan untuk Jejualan anda bisa memulai dengan trial 15 hari.

jejualan, toko online instan, pembuat toko online, toko online murah
jejualan.com adalah salah satu startup pembuat toko online instan indonesia

 

5. Menambahkan Deskripsi dan Foto Barang

Setelah selesai membuat toko online anda sebelum mulai berjualan anda perlu melengkapi terlebih dahulu informasi tentang barang yang anda jual.

Foto barang yang anda jual sebaik mungkin, berikan beberapa foto yang setidaknya 1 foto menunjukkan keseluruhan produk dan 1 foto menunjukkan detil dari bagian penting produk.

Selain foto yang bagus, deskripsi produk yang lebngkap juga tidak kalah penting. Anda perlu memberikan informasi yang lengkap mulai dari bahan, cara penggunaan, ukuran, fitur-fitur, dan garansi (jika ada).

 

6. Mengubah Tampilan Online Shop

Setelah menambahkan foto dan deskripsi barang-barang yang anda jual di online shop anda harus mengubah tampilan online shop anda sesuai dengan persepsi merek yang ingin anda bangun.

Mengubah tampilan online shop dengan menggunakan Jarvis-store atau Jejualan sangatlah mudah. Anda tinggal memilih template yang tersedia dan kemudian cukup mengubah sedikit aksen warna dari template tersebut, menambahkan logo, banner untuk produk unggulan dan mengubah background.

Jika anda belum benar-benar puas akan tampilan online shop anda, anda jangan mengkhawatirkannya. Tampilan toko online anda tidak perlu sempurna untuk mulai melakukan penjualan, yang penting tampilan online shop anda tidak sulit untuk digunakan oleh pembeli untuk mengorder dan melihat barang yang anda jual.

7. Promosi, Promosi dan Promosi

Melakukan promosi untuk online shop dan barang yang anda jual adalah tahap akhir dari langkah bagaimana cara memulai online shop untuk pemula ini. Walaupun begitu langkah akan anda lakukan terus menerus selama anda menjalankan toko online anda.

Selain itu tahap ini juga merupakan tahap paling penting yang sangat mempengaruhi penjualan serta keuntungan dari online shop yang anda mulai.

Untuk mempromosikan toko online anda dengan cepat anda perlu memanfaatkan social media dan jaringan pribadi anda. Share online shop yang baru anda buat berikut dengan beberapa barang unggulan yang anda jual di online shop tersebut. Kemudian mintalah kepada teman-teman dan keluarga anda untuk ikut menshare postingan yang anda buat tersebut.

Perlu diingat bahwa untuk membangun merek diperlukan waktu yang tidak sedikit, anda perlu melakukan promosi secara teratur dan konsisten sehingga orang mengenal online shop anda.

Selain promosi dengan menggunakan social media anda juga dapat membangun jumlah pengunjung secara organik dengan menulis artikel di blog toko anda yang relevan dengan apa yang anda jual. Pastikan artikel yang anda tulis telah sesuai dengan praktik-praktik SEO untuk memudahkan orang menemukan artikel anda melalui Google.

Jika anda mempunyai budget, anda bisa beriklan di Facebook dan Instagram dengan menggunakan FacebookAds. Anda bisa beriklan dengan menggunakan FacebookAds secara murah, dengan harga antara 150-300 rupiah per klik.

 

Penutup

Selamat!! setelah selesai menjalankan langkah-langkah bagaimana cara memulai bisnis online shop untuk pemula diatas, anda seharusnya sudah mulai mendapatkan pembeli dan melakukan penjualan.

Jika anda mengalami kesulitan atau mempunyai pertanyaan terkait dengan langkah-langkah bagaimana cara memulai bisnis online shop untuk pemula diatas jangan segan untuk bertanya pada bagian komentar dibawah ini.

4 KOMENTAR

  1. siang gan…artikel yg sangat membantu pagi pemula pembisnis…step by step yg mudah dimengerti dan mudah dilaksanakan…thanks gan ya..

  2. Melakukan promosi untuk online shop dan barang yang anda jual adalah tahap akhir dari langkah bagaimana cara memulai online shop untuk pemula ini. Walaupun begitu langkah akan anda lakukan terus menerus selama anda menjalankan toko online anda.

    Selain itu tahap ini juga merupakan tahap paling penting yang sangat mempengaruhi penjualan serta keuntungan dari online shop yang anda mulai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here