Beranda Marketing 10 Strategi Pemasaran Online Untuk UKM Yang Efektif

10 Strategi Pemasaran Online Untuk UKM Yang Efektif

479
0
image credit : pexels.com

Indonesia saat ini telah memasuki era “Borderless World” dimana mayoritas penduduk telah memiliki akses internet. Tercatat pada tahun 2016, 132,7 juta dari 256,2 juta penduduk Indonesia (51,8% populasi) telah terhubung ke internet. Bagi pengusaha UKM hal ini berarti implementasi strategi pemasaran online bukan lagi merupakan sebuah pilihan tetapi menjadi sebuah keharusan.

Jika pengusaha UKM tidak menerapkan strategi pemasaran online sebagai bagian dari keseluruhan strategi pemasaran produk UKM anda maka anda sangat berisiko kehilangan pendapatan yang cukup signifikan dan pada akhirnya anda akan dikalahkan oleh saingan anda.

Pentingnya strategi pemasaran online untuk UKM tidak hanya berlaku terhadap UKM yang melakukan bisnis online saja. Strategi pemasaran online juga sama pentingnya bagi UKM yang sebagian besar bisnisnya dilakukan secara offline seperti toko furniture, restoran, cafe dan lainnya.

Oleh karena itu untuk membantu anda menerapkan strategi pemasaran online berikut 10 strategi pemasaran online untuk UKM yang efektif.

 

1. Buat Website Bisnis Anda

Dasar dari pemasaran online adalah mempunyai website bisnis anda sendiri. Walaupun sekarang sudah terdapat social media dan forum-forum online yang dapat digunakan sebagai sarana promosi, website tetap memegang peranan penting dalam pemasaran online untuk jangka panjang.

Hal ini karena pada umumnya orang yang baru mengenal bisnis anda pasti akan mencari website anda terlebih dahulu sebelum mencari informasi dengan cara yang lain. Selain itu website juga merupakan sarana pemasaran online yang efektif karena fungsinya sebagai “jangkar” dari aktifitas subkategori pemasaran online yang lain seperti content marketing, email marketing, search engine marketing, social media marketing dan lainnya.

Terkait : 7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Perlu Mempunyai Website

Terlebih lagi saat ini membuat website bisnis tidak memerlukan biaya yang besar dan dapat dilakukan tanpa mempunyai pengetahuan khusus dibidang teknologi informasi.

 

2. Fokus Ke Satu Social Media

Perlu diakui jika menggunakan social media untuk pemasaran online tidaklah mudah dan memakan waktu yang tidak sedikit. Pemasaran social media semakin menjadi sulit disaat anda mencoba untuk menggunakan semua social media untuk pemasaran online anda.

Bisnis UKM pada umumnya mempunyai sumber daya yang terbatas, oleh karena itu akan jauh lebih baik untuk fokus kepada satu social media yang paling baik untuk bisnis anda. Dengan fokus kepada satu social media anda bisa belajar lebih cepat untuk menguasai seluk beluk pemasaran online menggunakan social media tersebut.

Anda juga dapat membangun momentum yang lebih baik dimana dengan fokus ke satu social media, jumlah penggemar anda akan lebih banyak karena anda mempunyai kehadiran yang besar di social media tersebut.

Pilihlah social media yang paling baik untuk bisnis anda. Social media yang paling baik untuk bisnis anda adalah social media dimana target pelanggan anda banyak berkumpul dan aktif bersosialisasi. Misalnya jika anda mempunyai bisnis restoran yang mempunyai target pelanggan anak muda maka anda mempunyai peluang mendapatkan pelanggan baru lebih besar dengan fokus di Instagram dibandingkan dengan fokus di Twitter.

 

3. Search Engine Optimization (SEO)

online marketing, marketing bisnis, pemasaran produk

Berdasarkan data Internet Live Stats tercatat setiap harinya terdapat lebih dari 3.5 milyar pencarian melalui situs pencari Google. Dengan besarnya jumlah penggunaan mesin pencari Google dalam mencari informasi memaksimalkan website anda untuk mudah ditemukan oleh Search Engine adalah suatu keharusan.

Optimisasi suatu website agar mudah ditemukan dalam search engine dan muncul dihalaman depan inilah yang biasa disebut sebagai SEO. SEO membutuhkan pengetahuan yang cukup mendalam dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk menguasai SEO. Walaupun begitu anda dapat memulai dengan menerapkan dasar-dasar SEO seperti memastikan menggunakan title tag H1, H2, dan H3 secara efektif, memasukkan kata kunci yang relevan dalam headline, menggunakan URL yang ramah SEO.

Mengenai SEO akan dibahas lebih lanjut dalam artikel terpisah. Anda juga dapat mempelajari SEO secara lebih jauh melalui Moz.com.

 

4. Blogging / Content Marketing

strategi pemasaran online untuk ukm, strategi pemasaran online, content marketing
image credit : pixabay.com

Dalam dunia internet informasi yang menarik dan perhatian pembaca/pemirsa adalah aset yang sangat berharga. Oleh karena itu menerbitkan artikel-artikel yang relevan dengan bisnis anda dengan blogging adalah salah satu strategi pemasaran online untuk UKM yang efektif.

Dengan menulis dan mempromosikan artikel-artikel yang menarik mengenai bidang yang berkaitan dengan bisnis anda dapat membangun reputasi bahwa anda mengetahui apa yang anda lakukan. Dalam jangka panjang hal ini membantu bisnis anda untuk memperoleh kepercayaan dan perhatian dari calon pelanggan bisnis anda.

Untuk mendapatkan efek yang lebih besar dari blogging atau content marketing, anda juga perlu memastikan implementasi SEO terhadap artikel atau konten yang sudah anda buat.

 

5. Email Marketing

getresponse tools untuk mengembangkan bisnis, email marketing software, email marketing indonesia
GetResponse : Email marketing tools untuk bisnis

Email marketing adalah salah satu sarana pemasaran online yang efektif tidak hanya untuk meningkatkan penjualan tetapi juga membangun hubungan dengan pelanggan anda.

Jika pelanggan dan prospek bisnis anda telah memberikan alamat email mereka kepada anda, anda dapat mengirimkan email mengenai promosi, acara atau informasi penting tentang bisnis anda. Jika bisnis anda tidak nyaman dengan promosi atau acara, anda juga dapat mengirimkan informasi yang menarik terkait dengan bisnis anda untuk membangun hubungan yang lebih nyata dengan pelanggan anda.

Strategi pemasaran online berupa email marketing pada intinya adalah membangun daftar alamat email pelanggan dan calon pelanggan. Jika anda ingin mempelajari lebih jauh tentang email marketing anda bisa mempelajari dasar-dasar email marketing untuk pemula di artikel Kissmetric ini.

 

6. Review dan Testimonial Pelanggan

strategi pemasaran online review pelanggan
review pelanggan adalah bagian penting dalam strategi pemasaran online

Review dan testimonial dari pelanggan anda adalah salah satu cara yang paling efektif untuk membangun kepercayaan calon pelanggan anda terhadap bisnis anda. Mintalah kepada pelanggan anda untuk memberikan testimonial. Jika dimungkinkan minta juga kesediaan pelanggan anda untuk menyertakan foto mereka bersama dengan toko, produk atau pegawai anda. Dengan menyertakan gambar efektivitas dari review dan testimonial yang diberikan akan meningkat dan lebih menarik perhatian.

 

7. Membuka Program Reseller  

Manfaat membuka program reseller tidak perlu diragukan lagi. Dengan membuka program reseller anda dapat memperluas jangkauan pemasaran bisnis anda dengan upaya yang relatif sedikit. Selain itu program reseller tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Oleh karena itu program reseller adalah salah satu strategi pemasaran online untuk UKM yang efektif.

Namun perlu diperhatikan agar program reseller bisa berjalan dengan baik anda perlu menerapkan kebijakan harga jual minimum untuk reseller anda. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya perang harga diantara reseller anda.

 

8. Membuka Program Affiliate

strategi pemasaran online affiliate marketing
cara kerja affiliate marketing

Program affiliate adalah program untuk mempromosikan produk bisnis anda dengan biaya berdasarkan kinerja dari affiliate marketer yang bersangkutan. Dengan program affiliate, anda dapat perlu mengeluarkan biaya sesuai dengan penjualan yang anda dapat. Oleh karena itu membuka program affiliate adalah salah satu strategi pemasaran online untuk UKM yang efektif.

Untuk membuka program affiliate, anda yang menggunakan Woocommerce / WordPress bisa mencoba AffiliateWP secara gratis.

 

9. Ulasan Blogger 

meeting bisnis
image credit: pixabay.com

Ulasan dari blogger tidak hanya berguna untuk menarik perhatian pembaca blog tersebut ke produk dan bisnis anda. Ulasan dari blogger juga dapat meningkatkan rangking search engine website anda dengan meningkatnya jumlah tautan (link) yang menjadi salah satu faktor penting dari tinggi rendahnya rangking search engine suatu website.

Suatu blog yang populer dapat menarik puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu pembaca setiap bulannya dan para pembaca blog tersebut biasanya mempunyai kepercayaan yang tinggi terhadap penulis blog tersebut. Hal ini berarti dengan mendapatkan ulasan dari blogger tersebut anda berpotensi untuk mendapatkan tambahan pengunjung dari pembaca blog tersebut secara signifikan. Oleh karena itu, mendapat ulasan dari blogger adalah salah satu strategi pemasaran online untuk UKM yang efektif.

 

10. Gunakan Facebook Ads

tools untuk mengembangkan bisnis
Facebookads : media beriklan yang efektif

Di Indonesia Facebook mempunyai pengguna aktif bulanan lebih dari 88 Juta. Sedangkan Instagram yang juga dimiliki Facebook mempunyai 22 Juta pengguna aktif bulanan. Dengan jumlah yang besar tersebut terdapat potensi yang sangat besar untuk menjangkau pasar melalui Facebook dan Instagram.

Namun dengan semakin menurunnya jangkauan organik (tidak berbayar) dari kiriman suatu “Facebook Page” (dimana diprediksi jangkauan organik instagram juga akan semakin menurun) maka untuk bisa menjangkau calon pelanggan secara lebih efektif anda perlu untuk menggunakan Facebook Ads.

Dengan menggunakan Facebook Ads anda dapat menjangkau pengguna Facebook dan Instagram yang mempunyai profil pelanggan ideal sehingga tingkat konversi dari iklan anda akan relatif lebih tinggi dibandingkan iklan yang tidak tertarget.

Selain itu Facebook Ads mempunyai biaya iklan per klik (Cost Per Klik/CPC) yang terjangkau sehingga dapat digunakan sebagai salah satu strategi pemasaran online untuk UKM yang efektif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here