Beranda eCommerce 7 Alasan Bisnis Harus Mempunyai Website Sendiri

7 Alasan Bisnis Harus Mempunyai Website Sendiri

356
0
alasan bisnis anda harus mempunyai website, keuntungan mempunyai website bisnis
image credit : pexels.com

Perlukah bisnis saya mempunyai website sendiri? Walaupun sekarang membuat website jauh lebih murah dan mudah dibandingkan dengan awal tahun 2000an tetapi masih banyak bisnis yang belum mempunyai website sendiri. Bahkan hal ini tidak hanya terjadi pada bisnis skala UMKM saja tetapi masih ada perusahaan yang cukup besar tapi tidak mempunyai website atau punya website tetapi tampilannya sangat tidak menarik.

Hal ini sangatlah disayangkan karena banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan mempunyai website sendiri. Jika manfaat yang diberikan oleh website yang menarik dan up to date dibandingkan dengan biaya yang dibutuhkan untuk hal tersebut, dapat dipastikan jika manfaatnya jauh melebihi biayanya.

Jika anda masih tidak yakin dengan manfaat yang diberikan untuk bisnis anda, berikut 7 alasan bisnis harus mempunyai website.

 

1. Mendatangkan Pembeli

Inilah alasan bisnis harus mempunyai website yang paling utama. Di era smartphone hampir semua orang melakukan pencarian di internet sebelum melakukan pembelian barang atau menggunakan jasa. Fenomena tersebut berlaku untuk semua jenis barang dan jasa, mulai dari produk sehari-hari seperti popok, susu, baju sampai sebuah layanan profesional seperti desain interior dan lain-lain.

Dengan adanya keberadaan bisnis anda secara online melalui website yang menarik, calon pelanggan lebih mudah menemukan, mengetahui dan mengenal bisnis anda. Calon pelanggan juga akan lebih percaya untuk mencoba produk atau jasa yang anda tawarkan apabila bisnis anda mempunyai website yang menarik dan up to date.

 

2. Bisnis anda Buka Setiap Saat

Alasan bisnis harus mempunyai website yang kedua adalah dengan website, bisnis anda dapat buka setiap saat. Walaupun terdapat beberapa restoran makan cepat saji, toko dan pompa bensin yang memberikan layanan 24 jam sehari 7 hari seminggu, hal ini tidak dimungkinkan untuk sebagian besar bisnis. Tetapi dengan memiliki website sendiri bisnis anda bisa melayani pelanggan dan calon pelanggan anda tanpa dibatasi oleh waktu buka secara fisik.

Dengan mempunyai website pelanggan dan calon pelanggan anda bisa membaca dan mengenal produk atau jasa bisnis anda atau bahkan melakukan pemesanan pada saat anda sedang tertidur.  Bayangkan apa yang menjadi jika bisnis anda bisa buka 3-4 kali lebih lama dan apa manfaatnya untuk bisnis Anda.

 

3. Meningkatkan Citra dan Merek Bisnis

Website yang menarik merepresentasikan citra dan merek bisnis anda. Dengan mempunyai website yang menarik anda dapat memposisikan merek bisnis anda sebagai merek bisnis yang dapat dipercaya. Selain itu keberadaan website bisnis mempermudah upaya marketing bisnis secara online mulai dari email marketing, social media marketing, konten marketing dan lainnya.

 

4. Mendukung Customer Support Yang Lebih Baik

Jika anda mempunyai website bisnis atau perusahaan, bisnis anda dapat menjawab pertanyaan, memberikan penjelasan, membangun hubungan dengan pelanggan tanpa mengambil waktu anda. Dengan adanya website bisnis atau perusahaan, anda bisa membuat video penjelasan atau presentasi penjualan, detail spesifikasi produk dan halaman FAQ (pertanyaan yang sering diajukan) untuk melayani pertanyaan pelanggan anda hanya dengan sekali membuat jawaban.

Dengan cara tersebut anda tidak hanya menghemat waktu dan dapat berkonsentrasi untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis. Anda juga memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan dan calon pelanggan anda yang mencari informasi tertentu seperti:

 

  • Sebelum mereka membuat keputusan pembelian
  • Untuk mengatasi masalah dengan pembelian yang ada

Dengan kehadiran online Anda dapat memberi mereka hanya informasi yang mereka cari, dan hanya ketika mereka mencari untuk informasi itu. Ini berarti mengurangi biaya telepon untuk melayani pertanyaan teknis dan penjualan yang lebih banyak.

 

5. Mengurangi Biaya Operasional

Keberadaan website bisnis atau perusahaan bisa meningkatkan efisiensi terhadap proses operasional bisnis yang membawa perbedaan signifikan dalam penghematan biaya operasional. Misalnya, menerima pesanan online mengurangi kebutuhan untuk staf layanan pelanggan. Dengan penjualan yang komprehensif dan informasi produk secara online, Anda hanya akan menerima pesanan pembelian dan pembayaran melalui email atau ke dalam database Anda. Dengan berkurangnya kebutuhan jumlah staf,  kebutuhan akan ruang kantor dan biaya kantor terkait juga akan berkurang.

Dengan memanfaatkan berbagai penyedia layanan online anda dapat membawa hampir semua aspek bisnis ke ranah online, seperti pembelian, penagihan, pemenuhan pesanan dan pengiriman. Fungsi lain dapat mencakup layanan pra penjualan dan pasca penjualan seperti penjelasan produk, deskripsi produk, pertanyaan lanjutan calon pelanggan melalui bagian FAQ atau forum pelanggan.

 

6. Transaksi Ecommerce Yang Terus Meningkat

Seperti yang kami jelaskan dalam artikel peluang bisnis online transaksi terus meningkat dari tahun-ketahun. Pada tahun tahun 2016 nilai transaksi ecommerce mencapai Rp. 394 trilliun (US$ 30 miliar) dan akan membengkak menjadi Rp. 1.710 trilliun (US$ 130 miliar) pada tahun 2020. Hal inilah yang menjadi alasan bisnis harus mempunyai website, jika tidak bisnis anda akan kehilangan potensi pasar yang besar.

Proyeksi tersebut menunjukkan bahwa masyarakat akan semakin banyak yang berbelanja dan mencari informasi secara online. Hal tersebut akan merubah perilaku yang biasanya melakukan pembelian secara offline menjadi secara online. Jika bisnis anda tidak mempunyai website, anda berarti akan tertinggal dari kompetitor anda dan tidak bisa memanfaatkan ledakan pertumbuhan di ecommerce tersebut untuk mengembangkan bisnis anda.

 

7. Membuat Website Sudah Jauh Lebih Murah dan Mudah

Alasan bisnis harus mempunyai website yang terakhir adalah membuat website sekarang sangatlah murah dan mudah. Banyak pemilik bisnis kecil atau menengah mengandalkan menggunakan platform pihak ketiga seperti facebook, instagram, dan lainnya untuk menghindari membuat website mereka sendiri karena mereka pikir hal tersebut rumit atau mahal.

Faktanya saat ini membangun dan memelihara website jauh lebih mudah dan murah dibandingkan sebelumnya. Bahkan jika Anda tidak ahli teknologi atau kreatif, anda sekarang dapat menggunakan CMS (Content Management System) sederhana seperti WordPress untuk membangun sebuah website hanya dalam beberapa jam. Biayanyapun sangatlah murah, hosting dengan harga Rp. 15.000 perbulan tidaklah sulit ditemukan. Selain itu untuk membuat tampilan website menjadi menarik cukup dengan mengeluarkan biaya untuk membeli theme premium seharga US$ 30 untuk seumur hidup.

Dengan semakin murah dan mudahnya membuat website, maka semakin besar juga kemungkinan saingan anda sudah mempunyai website. Jika saingan anda sudah mempunyai website yang menarik maka akan semakin besar kemungkinan anda tertinggal dari saingan anda dan kehilanggan pelanggan potensial.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here