Beranda Bisnis UKM 5 Alasan Mengapa Pembukuan Penting Untuk UKM

5 Alasan Mengapa Pembukuan Penting Untuk UKM

266
0
jasa pembukuan bisnis sampingan untuk karyawan yang menguntungkan, bisnis sampingan

Apakah pembukuan bisnis ukm anda sudah baik dan rapi? Jika belum, anda tidak sendirian. Banyak pengusaha UKM yang tidak memberikan perhatian yang cukup untuk memastikan bisnis mereka mempunyai pembukuan yang baik. Salah satu sumber masalahnya terletak pada banyaknya pengusaha UKM yang tidak mengetahui alasan mengapa pembukuan penting untuk UKM.

Hal ini sangat disayangkan karena dalam setiap kegiatan bisnis, pembukuan yang baik sangatlah penting. Tanpa adanya pembukuan yang baik, anda tidak dapat mengetahui apakah bisnis anda benar-benar untung atau sebenarnya malah merugi. Anda juga tidak dapat mengambil keputusan dengan baik karena anda tidak mengetahui secara pasti komponen pengeluaran dari bisnis anda yang tidak memberikan manfaat berarti.

 

Alasan Mengapa Pembukuan Penting Untuk UKM :

1. Meningkatkan Kualitas Pengambilan Keputusan

Salah satu alasan mengapa pembukuan penting untuk UKM adalah dengan pembukuan anda dapat mengetahui data-data keuangan yang faktual dan tidak hanya berdasarkan intuisi anda. Hal ini berarti anda dapat mengetahui berapa untung atau rugi bisnis anda dalam suatu periode tertentu. Selain itu anda juga dapat mengetahui komponen pendapatan dan pengeluaran yang mempengeruhi untung atau rugi dari bisnis anda.

Semua informasi tersebut sangat berguna disaat anda ingin mengambil suatu keputusan bisnis yang penting seperti memotong pengeluaran, meningkatkan pengeluaran suatu item, melakukan ekspansi atau bahkan menjual bisnis anda.

Tanpa adanya data-data faktual yang dapat diandalkan sebagai dasar untuk mengambil keputusan anda mempunyai risiko yang sangat besar untuk mengambil keputusan yang salah. Misalnya anda mendasarkan keputusan anda untuk melakukan ekspansi dan membuka cabang karena melihat toko anda yang selalu ramai. Padahal sebenarnya arus kas bisnis anda tidak cukup kuat untuk mendukung ekspansi karena piutang usaha anda yang terlalu menumpuk.

 

2. Menghindari Kesalahan Pembayaran Pajak

Mempunyai pembukuan yang baik merupakan langkah terpenting dalam menghindari kesalahan pembayaran pajak. Dalam pembukuan bisnis yang baik setiap pengeluaran dan pemasukan tercatat dengan rapi, hal ini memastikan bahwa keuntungan yang anda laporkan sesuai dengan fakta dilapangan. Selain itu jika anda mengalami kerugian anda dapat mengurangi kewajiban perpajakan anda dengan pembukuan yang baik.

Pembukuan bisnis yang baik juga mengurangi waktu yang diperlukan dan stres yang anda rasakan disaat semakin dekatnya periode pelaporan perpajakan. Hal ini berarti anda dapat memberikan fokus yang lebih besar walaupun anda mempunyai keharusan untuk melaporkan pembukuan anda ke kantor pajak.

 

3. Membantu Mendapatkan Pinjaman atau Investasi

Banyak UKM yang membutuhkan penambahan modal dan membutuhkan pinjaman atau investasi mengalami kesulitan untuk mendapatkan kedua hal tersebut. Salah satu alasan dari kesulitan tersebut adalah kurang tertatanya pembukuan bisnis yang dapat dijadikan data untuk menganalisa prospek usaha anda bagi bank atau investor.

Dengan mempunyai pembukuan yang tertata dimulai sejak tahun-tahun pertama berbisnis, anda dapat menunjukkan bahwa trend bisnis anda kepada bank atau investor dan meningkatkan peluang anda untuk mendapatkan tambahan modal yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis anda.

 

4. Membantu Dalam Membuat Rencana Bisnis 

Membuat rencana bisnis mempunyai peran penting dalam menentukan strategi agar bisnis anda dapat berkembang dan bertahan dari persaingan. Selain itu rencana bisnis juga seringkali dibutuhkan untuk mendapatkan pendanaan baik berupa pinjaman atau investasi.

Salah satu manfaat mengapa pembukuan penting untuk UKM adalah dengan adanya pembukuan yang baik anda dapat membuat rencana bisnis dengan jauh lebih mudah dan cepat. Anda dapat membuat proyeksi dalam rencana bisnis dengan mempunyai dasar pendukung yang kuat.

Hal ini pada akhirnya memungkinkan anda untuk membuat rencana bisnis yang tidak hanya dapat digunakan untuk mencari pendanaan tetapi juga dapat diimplementasikan ke bisnis anda.

Terkait : Panduan Lengkap Menulis Rencana Bisnis

 

5. Meningkatkan Peluang Sukses Bisnis Anda

Inilah alasan mengapa pembukuan penting untuk UKM yang paling utama. Dengan 4 manfaat sebelumnya, anda dapat menghindari kesalahan pengambilan keputusan, memudahkan mencari pendanaan, meminimalkan risiko dalam pembayaran pajak dan meningkatkan kualitas strategi serta implementasi strategi tersebut dalam bisnis anda.

Semua manfaat tersebut secara sekaligus dapat menentukan apakah bisnis anda sukses atau tidak. Dengan demikian pada akhirnya pembukuan yang baik juga akan menentukan besarnya peluang sukses bisnis anda. Karena bagaimanapun juga peluang sukses anda akan lebih kecil disaat anda tidak mengetahui secara pasti apakah bisnis anda sedang untung atau malah merugi.

 

Penutup

Dengan 5 alasan mengapa pembukuan penting untuk UKM yang telah kami jabarkan diatas sudah sepatutnya anda mempertimbangkan untuk memperbaiki pembukuan anda. Jika anda mengalami kesulitan untuk melakukan pembukuan anda dapat menggunakan software pembukuan UKM atau menggunakan outsourcing untuk memudahkan anda dalam melakukan pembukuan yang baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here