Beranda Memulai Bisnis Bagaimana Cara Memulai Bisnis Properti Dari Nol

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Properti Dari Nol

680
1
BERBAGI
bisnis properti, cara memulai bisnis properti, bagaimana cara memulai bisnis properti
image credit : pexels.com

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Properti Dari Nol?” Pertanyaan tersebut pasti pernah muncul di benak seorang calon entrepreneur dan pengusaha yang mempunyai ketertarikan dengan bidang properti.

Bisnis properti termasuk salah satu bisnis yang banyak diminati oleh calon entrepreneur dan pengusaha. Minat tersebut tidak terlepas dari tingginya permintaan terhadap produk dari bisnis properti yang menjual kebutuhan dasar manusia yaitu papan dan peluang investasi. Namun membangun suatu properti dibutuhkan modal yang tidak sedikit, sehingga muncul anggapan bahwa memulai bisnis properti membutuhkan modal yang besar.

Anggapan tersebut tidaklah sepenuhnya benar, terdapat cara yang dapat ditempuh untuk memulai bisnis properti dari nol dan dengan modal uang yang minim. Cara-cara tersebut umumnya membutuhkan modal dalam bentuk lain seperti pengalaman, keahlian, jaringan dan relasi serta kemampuan pemasaran. Untuk membangun modal tersebut anda hanya membutuhkan modal uang yang minim tetapi dibutuhkan waktu, komitmen, kerja keras dan kemauan untuk belajar yang tinggi.

Jika anda ingin tau bagaimana cara memulai bisnis properti dari nol dengan modal minim simak beberapa langkah dan tips memulai bisnis properti dari nol di bawah ini. Langkah-langkah memulai bisnis properti dari nol ini bersumber dari bagaimana Sean Conlon menjadi seorang pengusaha properti dari seorang cleaning service.

1. Memulai dengan menjadi agen atau broker properti

cara memulai bisnis properti, belajar bisnis properti, bisnis properti
image credit : pixabay.com

Modal utama untuk memulai bisnis properti dengan modal minim adalah pengetahuan, pengalaman dan jaringan. Cara yang paling efektif untuk mengakumulasi ketiga hal tersebut adalah dengan menjadi seorang agen atau broker properti.

Menjadi seorang agen atau broker properti tidak membutuhkan modal uang, tetapi anda biasanya diharuskan memiliki kendaraan pribadi untuk memudahkan anda dalam bertemu dengan klien serta mengumpulkan prospek dan melalui proses sertifikasi jika anda ingin menjadi seorang agen properti yang terdaftar.

Selain itu mendapatkan pengalaman dan ilmu yang penting dalam memulai bisnis properti, dengan menjadi agen atau broker properti anda juga mendapatkan tambahan penghasilan yang tidak sedikit. Dimana menurut Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 33/M-DAG/PER/8/2008 tentang Perusahaan Perantara Perdagangan Properti besaran komisi untuk broker properti minimal 2 persen dari nilai transaksi.

 

2. Kuasai Informasi Pasar

cara memulai bisnis properti, belajar bisnis properti
image credit : pexels.com

Menguasai informasi pasar adalah kunci sukses dari bisnis properti. Oleh karena itu mempunyai informasi pasar yang lengkap harus menjadi prioritas anda jika ingin memulai bisnis properti dengan modal kecil.

Informasi pasar yang harus anda kumpulkan disini mencakup harga beli, jual dan sewa terhadap suatu jenis properti dipasaran. Selain itu anda juga perlu mengetahui trend dari harga dari properti di daerah tersebut, apakah kecenderungannya naik atau turun. Akan lebih baik lagi jika anda mengetahui informasi lain seperti rencana tata ruang pemerintah daerah untuk dapat mengetahui bagaimana perencanaan infrastruktur di daerah tersebut dan apa peruntukan di daerah tersebut.

 

3. Bangun Jaringan Pemasaran Anda

Pemasaran adalah aspek penting dari bisnis properti, anda tidak bisa mengharapkan agar properti yang anda jual atau sewa untuk terjual atau tersewa sendiri tanpa melakukan usaha. Untuk dapat sukses di bisnis properti dalam jangka panjang anda harus mempunyai jaringan pemasaran yang luas dan dapat diandalkan.

Membangun jaringan pemasaran dibisnis properti bukanlah suatu perkara yang mudah, dibutuhkan waktu, kerja keras dan usaha yang konsisten untuk membangun hubungan dengan pembeli serta penjual properti. Hal ini berarti anda harus memberikan nilai tambah yang tinggi kepada pembeli dan penjual anda untuk membangun suatu hubungan yang positif sehingga pembeli dan penjual yang telah berhubungan dengan anda percaya untuk berbisnis dengan anda lagi dimasa depan.

 

4. Mencari Peluang Dengan Kerjasama

Setelah anda mendapatkan pengetahuan, pengalaman, jaringan dan informasi pasar maka anda dapat mulai mencari peluang bisnis properti yang lebih besar dengan bekerjasama. Peluang bisnis properti tersebut dapat anda temukan disaat anda menemukan suatu properti yang nilainya bisa ditingkatkan dengan:

  • Renovasi sederhana: misalnya rumah dengan lokasi strategis tetapi karena bangunannya sudah sangat jelek nilai tanahnya lebih rendah 30% dibandingkan rata-rata di daerah tersebut.
  • Pengembangan : peningkatan nilai suatu properti dengan membangun properti baru atau menambah bangunan baru. Misalnya terdapat lahan kosong yang kemudian bisa dikembangkan menjadi perumahan atau pertokoan.

Setelah menemukan peluang yang berpotensi menguntungkan tersebut anda dapat membuat suatu perencanaan bisnis dengan analisa yang lengkap mulai dari trend, harga pasar, serta kebutuhan investasi. Dengan bekal rencana tersebut anda dapat mengajukan proposal kerjasama dengan pemilik properti atau dengan investor untuk mewujudkan proyek tersebut.

 

5. Investasikan Kembali Keuntungan Anda

Setelah berhasil menyelesaikan satu atau beberapa proyek anda perlu menginvestasikan kembali keuntungan anda. Hal ini penting untuk dilakukan untuk memberikan anda modal dalam memulai proyek yang lebih besar. Selain itu dengan turut serta dalam menginvestasikan modal uang dalam proyek selanjutnya anda juga meningkatkan kepercayaan investor atau mitra anda yang berminat untuk bekerjasama lagi dengan anda.

Baca Juga 7 Strategi Yang Dilakukan Orang Kaya Untuk Menjadi Kaya

>

1 KOMENTAR

  1. makasih gan artikel sangat bermanfaat…bagi saya yg pemula bisnis onlain ini sangat terbantu akan informasi ini…semoga bisnis saya bisa berjalan lancar..amiin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here