Beranda Ecommerce 7 Cara Meningkatkan Traffic Toko Online Anda Dengan Efektif

7 Cara Meningkatkan Traffic Toko Online Anda Dengan Efektif

304
0
BERBAGI
meningkatkan penjualan, meningkatkan traffic toko online, mengembangkan toko online
bagaimana meningkatkan traffic ke toko online anda?

Bagaimana cara meningkatkan traffic toko online?”

Pertanyaan tersebut pasti muncul pada suatu titik dipikiran seorang entrepreneur toko online. Mungkin anda ingin meluncurkan produk atau jasa bisnis online baru anda, atau meningkatkan penjualan toko online anda. Untuk mencapai tujuan tersebut meningkatkan traffic toko online anda merupakan salah satu strategi yang dapat anda lakukan.

Baik disaat anda sedang mencoba menjual ke pelanggan pertama atau pelanggan ke 5.000 sekalipun, meningkatkan traffic ke toko online anda adalah bagian penting dari mengembangkan bisnis online anda. Jika situs anda sudah dioptimalisasi untuk konversi, mendapatkan peningkatan traffic ke website anda berarti mendapat pelanggan dan penjualan yang lebih banyak.

Bagi seorang pengusaha toko online pemula meningkatkan traffic ke toko online dapat membingungkan dan membuat frustasi. Untuk membantu anda dalam mengembangkan bisnis online anda, kami telah mengumpulkan 7 cara meningkatkan traffic toko online yang efektif.

1. Tingkatkan Traffic Dengan Content Marketing

Content marketing adalah marketing dengan menciptakan konten yang menarik, interaktif dan informatif untuk dibaca oleh calon pelanggan anda. Content marketing identik dengan blog dan artikel panjang, tetapi sebenarnya content marketing lebih dari sekedar blog.

Content marketing juga dapat berupa gambar, video, infografis, podcast, ebook dan pedoman. Apapun bentuknya content marketing mempunyai satu kesamaan, yaitu informatif dan menarik.

Informatif disini artinya konten yang dibuat harus menjawab suatu pertanyaan atau memecahkan masalah. Sedangkan menarik disini berarti konten tersebut harus berisi sesuatu yang mampu menarik perhatian calon pelanggan.

Dengan content marketing anda dapat meningkatkan traffic toko online anda secara organik. Selain itu menciptakan konten yang hebat sangat membantu untuk menempatkan bisnis anda sebagai expert yang dapat dirujuk oleh orang lain di bidang tersebut.

Liveplan adalah contoh terbaik dari bisnis yang menggunakan strategi content marketing. Mereka mempunyai ratusan content yang menarik dan informatif mulai dari contoh rencana bisnis, tips-tips bisnis, langkah memulai bisnis dan banyak lagi.

liveplan, software rencana bisnis, rencana bisnis, template rencana bisnis
image source : liveplan.com

 

2. Optimalisasi Sharing Di Social Media

Apakah anda pernah tertarik membeli sesuatu karena melihat review teman anda di instagram atau facebook? Tidak sedikit orang yang kemudian tertarik membeli suatu produk karena rekomendasi dari temannya di social media. Rekomendasi seorang pelanggan di social media seperti instagram, facebook, dan twitter  mempunyai efek yang tidak jauh berbeda dari pemasaran dari mulut ke mulut.

Dengan karakteristik rekomendasi social media yang meningkatkan kepercayaan orang dengan rekomendasi dari orang dekat yang telah menjadi pelanggan, social media mempunyai peran yang sangat penting. Hal ini berarti dengan mengoptimalkan bisnis anda untuk mendapatkan sharing di social media anda dapat meningkatkan traffic yang berkualitas ke website anda.

sharing waltmart
image source : wishpond.com

Cara untuk mengoptimalisi sharing di social media dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari kontes, giveaway, hadiah voucher untuk sharing, sampai membuat konten yang viral untuk disharing. Anda kemungkinan perlu bereksperimen untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dari strategi meningkatkan traffic ke toko online anda yang ini. Anda juga bisa memulai dari hal yang sederhana, dengan meminta secara jujur untuk sharing posting social media anda meningkatkan kemungkinan sharing social media sampai 10 kali lipat.

Terkait : Panduan Pemula Belajar Social Media Marketing

 

3. Hubungi Blog atau Toko Online Lain Yang Relevan

Mendapatkan rekomendasi atau disebutkan oleh blog atau toko online lain yang relevan dengan toko online anda dapat menjadi sangat berarti. Karena pengunjung blog atau toko online tersebut mempunyai relevansi yang lebih tinggi dibandingkan pengujung random yang mengklik link ke website anda secara tidak sengaja.

Relevansi yang tinggi tersebut juga berarti traffic yang datang ke toko online anda juga lebih berkualitas dan tertarget. Traffic seperti itulah yang sangat potensial untuk dikonversi menjadi penjualan dan pelanggan.

Untuk mendapatkan rekomendasi atau disebutkan oleh blog atau toko online lain anda perlu memberikan sesuatu kepada mereka terlebih dahulu sebelum meminta kepada mereka. Cara terbaik yang tidak membutuhkan modal adalah dengan membuat artikel yang mereferensikan blog atau toko online lain tersebut terlebih dahulu dan kemudian menghubungi mereka untuk memberitahu bahwa mereka disebutkan dalam artikel anda karena mereka relevan dengan pengunjung toko online anda dan akan sangat berarti bagi anda jika mereka melakukan hal yang sama untuk anda.

 

4. Bermitra Dengan Instagram Influencer

Instagram pada saat ini telah menjadi salah satu marketing channel yang sangat efektif untuk toko online. Sebuah studi menunjukan bahwa Instagram memberikan interaksi 25% lebih banyak dibandingkan dengan social media lainnya.

Salah satu cara yang efektif untuk memasarkan suatu produk yang dijual di toko online anda adalah dengan influencer marketing. Apa itu influencer marketing? Influencer marketing adalah pemasaran dengan menggaet seseorang yang mempunyai pengaruh pada bidang yang relevan di suatu social media.

Dengan menggunakan influencer marketing bisnis anda dapat membangun koneksi dengan para pengikut influencer social media tersebut untuk mengenal atau membangun ketertarikan terhadap produk atau jasa yang anda jual.

Influencer marketing tidak hanya terbatas pada endorsement oleh artis semata, tapi juga bisa pada orang yang cukup dikenal pada suatu daerah atau komunitas tertentu.

mens republic influencer
image source : instagram.com/kevinyowilliam

5. Gunakan Email Marketing

Mempunyai list email dan menggunakan email marketing dalam bagian strategi pemasaran adalah salah satu cara yang juga sangat efektif dalam meningkatkan traffic toko online anda. Selain meningkatkan traffic, email marketing juga sangat efektif untuk mendorong konversi dari calon pelanggan menjadi pelanggan.

Email marketing adalah cara yang mudah untuk meningkatkan traffic ke toko online anda secara berkelanjutan dan terus menerus. Dengan email marketing anda dapat melakukan pemasaran ke :

  • Pelanggan baru yang tertarik dengan toko online anda tetapi belum siap membeli;
  • Pelanggan yang sudah ada yang telah berbelanja melalui toko online anda;
  • Pelanggan yang tidak jadi membeli yang mungkin tidak jadi membeli karena satu dan lain hal.

Untuk memulai email marketing anda perlu mulai mengumpulkan daftar email toko online anda. Hal ini bisa anda lakukan dengan menawarkan sesuatu kepada calon pelanggan anda untuk mendaftarkan email mereka. Sebagai imbalannya anda bisa menawarkan voucher untuk pembelian atau produk digital gratis.

 

6. Membuka Program Affiliate

Program affiliate termasuk salah satu cara meningkatkan traffic  toko online yang sangat efektif. Peningkatan traffic dengan membuka program affiliate tidak hanya karena affiliate marketer mempromosikan produk anda dan link ke produk tersebut. Tetapi juga karena setiap pembelian oleh pelanggan baru juga menambah daftar email pelanggan anda.

Dengan demikian program affiliate tidak hanya meningkatkan traffic untuk mendapat pelanggan baru saja tetapi juga meningkatkan traffic yang bisa anda dapatkan dari pelanggan yang sudah pernah membeli sebelumnya.

amazon affiliate
amazon associate adalah salah satu program affiliate ecommerce tersukses

7. Aktif di Forum Online

Berkontribusi di forum online dapat menjadi salah satu cara meningkatkan traffic toko online anda. Tetapi jangan salah, aktif di forum online disini tidak berarti sekedar meninggalkan link ke toko online anda. Bahkan sebenarnya jika anda hanya meninggalkan link tanpa kontribusi lain, anda kemungkinan besar akan di ban dari forum tersebut.

Oleh karena itu, disini anda harus aktif di forum dengan maksud untuk membantu mereka. Berikan ringkasan informasi berguna yang mempunyai kaitan dengan konten yang anda buat di toko online anda. Kemudian jika mereka membutuhkan penjelasan lebih lanjut anda bisa mereferensikan kepada mereka untuk membaca posting anda dalam bentuk artikel panjang.

Jika anda membantu mereka, seiring waktu anda akan membangun reputasi yang baik dan dapat mulai merekomendasikan produk yang berguna dalam konteks yang sesuai ke toko online anda.

>

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here