Beranda Memulai Bisnis Bagaimana Memulai Bisnis Online Sesuai Dengan Passion Anda

Bagaimana Memulai Bisnis Online Sesuai Dengan Passion Anda

323
1
memulai bisnis, passion bisnis,
image credit : stocksnap.io

“Ikuti passion anda” mantra sukses tersebut sangat sering diberikan oleh orang-orang super sukses dari berbagai bidang mulai dari bidang bisnis dan teknologi seperti Bill Gates, Elon Musk, Jeff Bezos, bidang olahraga seperti Michael Jordan dan masih banyak lagi.

Kesamaan dari nasihat orang-orang super sukses tersebut bukan merupakan suatu kebetulan karena pada dasarnya kesuksesan luar biasa dapat dicapai dengan kerja keras dan usaha yang terus menerus. Oleh karena itu mempunyai passion di bidang tersebut sangatlah penting karena anda hanya bisa bekerja dengan sangat keras dan terus berusaha disaat menghadapi hambatan jika anda mempunyai passion di bidang tersebut.

Apakah anda bingung apa passion anda?

Apakah anda pernah memikirkan untuk memulai bisnis yang sesuai dengan passion anda tetapi belum memulainya?

Jika jawabannya adalah iya, anda tidak sendirian.

Pada suatu titik tertentu seorang calon entrepreneur perlu menemukan terlebih dahulu apa yang menjadi passion mereka dan kemudian mengatasi ketakutan atau hambatan yang mencegah mereka mewujudkan bisnis yang sesuai dengan passion tersebut.

 

Bagaimana Cara Menemukan Passion Yang Dapat Dijadikan Bisnis?

Bagi beberapa orang menemukan passion tidaklah mudah, dan menjadi lebih sulit disaat anda diharuskan menemukan passion yang juga dapat menjadi bisnis yang menguntungkan.

Tetapi hal tersebut tidak dapat dijadikan alasan bagi anda untuk tidak mencari passion anda yang dapat dijadikan bisnis karena dengan langkah-langkah dibawah ini anda akan lebih mudah menemukan apa passion anda yang dapat menjadi bisnis yang menguntungkan. Tanpa panjang lebar lagi berikut bagaimana cara memulai bisnis online sesuai dengan passion anda.

Langkah Memulai Bisnis Online Sesuai Dengan Passion Anda

1. Semangat

Langkah yang pertama adalah temukan hal yang membakar semangat anda. Apa kegiatan yang senang anda lakukan? Apakah kegiatan tersebut dapat anda lakukan terus menerus tanpa merasa lelah?

Jika anda merasa saat ini anda tidak mempunyai kegiatan yang memenuhi kriteria tersebut, anda mungkin perlu mengingat kembali masa kecil anda dan mencoba melakukan hal yang membuat anda bersemangat dan senang di masa kecil anda.

Jangan memikirkan bagaimana cara menghasilkan uang dari passion anda terlebih dahulu yang terpenting apakah kegiatan yang anda lakukan tersebut memberikan semangat atau tidak.

Catat kegiatan-kegiatan tersebut dalam catatan anda, dan ketika daftar anda sudah terisi 5-10 kegiatan saatnya ke tahap berikutnya.

 

2. Keahlian

Langkah selanjutnya dari bagaimana cara memulai bisnis online sesuai dengan passion adalah melihat apa saja yang menjadi keahlian anda. Apa yang menjadi poin kuat dari anda? apa yang hebat anda lakukan?

Dalam melihat keahlian yang dimiliki anda perlu berpikir secara luas, misalnya jika anda bekerja sebagai guru sekolah selama maka selain mempunyai keahlian mengajar anda juga mungkin mempunyai keahlian trik belajar, komunikasi, pengaturan waktu dan masih banyak lagi.

Hindari untuk merendahkan suatu keahlian yang anda punya, walaupun anda merasa keahlian tersebut tidak istimewa kemungkinan besar banyak orang lain yang tidak mempunyai keahlian yang sama dengan anda.

 

3. Nilai dan Permintaan

Terakhir, lihat kembali daftar kegiatan dan keahlian yang sudah anda buat. Renungkan dan pikirkan apakah diantara daftar tersebut terdapat nilai yang dapat anda berikan kepada orang lain dengan kegiatan atau keahlian tersebut? Nilai disini dapat berupa manfaat untuk memberikan kesenangan, menyelesaikan suatu masalah atau menghilangkan suatu hal yang tidak menyenangkan.

Jika terdapat nilai dalam kegiatan atau keahlian tersebut maka anda bisa membangun bisnis dari hal tersebut. Bisnis yang dapat anda bangun bergantung kepada bidang yang telah anda pilih, misalnya jika anda senang memancing maka anda bisa menghasilkan uang dengan membuat bisnis travel yang dikombinasikan dengan tour memancing di sungai ataupun danau. Dengan berpikir kreatif pada akhirnya banyak sekali alternatif bentuk bisnis yang bisa dibangun dari passion anda.

 

Kesalahan Yang Orang Lain Lakukan

Apa penyebab utama seseorang tidak dapat mewujudkan passion mereka menjadi bisnis yang menguntungkan?

Mereka tidak pernah memulai tindakan nyata untuk mewujudkan impian tersebut. Mereka terpaku dengan alasan untuk tidak mulai seperti bingung untuk memulai dari mana atau ragu untuk memulai hal ini terjadi karena mereka ingin mendapatkan kepastian dan tidak mengambil risiko.

Berhentilah untuk menghindari mengambil risiko, dan ingin memastikan semuanya dapat berjalan seperti yang anda harapkan.

Seorang entrepreneur sejati tidak menghindari risiko, mereka mengetahui risiko dalam memulai bisnis, tetapi mereka tetap mengambil risiko tersebut karena tidak bertindak berarti gagal sebelum memulai. Bagaimanapun juga kemungkinan 10% untuk sukses jauh lebih baik daripada pasti gagal karena tidak memulai.

Mulailah memutuskan untuk memulai saat ini juga dan sekarang juga, buang jauh-jauh alasan anda untuk tidak memulai. Untuk memulai berikut bagaimana cara memulai bisnis online sesuai dengan passion anda dengan penjelasan langkah-langkah yang perlu dilakukan.

5 Langkah Untuk Memulai Bisnis Sekarang 

Mengambil tindakan yang dibutuhkan dengan segera adalah langkah utama dalam mewujudkan mimpi apapun, mempunyai bisnis menguntungkan yang sesuai dengan passion bukanlah pengecualian dari prinsip tersebut.

Anda tidak bisa mengharapkan untuk mewujudkan ide anda hanya dengan bermimpi dan menunggu modal ventura menyerahkan uang kepada anda. Anda harus memberikan upaya, kerja keras dan kreativitas sebelum bisa melihat hasil dari ide anda.

Mewujudkan bisnis sesuai dengan passion tidak selamanya dimulai dengan modal besar dan teknologi yang rumit. Anda bisa memulainya secara sederhana dan dengan modal yang terbatas. Ambil tindakan yang diperlukan dengan 5 langkah untuk memulai bisnis sekarang sebagai berikut:

 

1. Tentukan Produk atau Jasa Yang Anda Jual

Lihat dan perhatikan penawaran terkait passion anda yang sudah ada dan apakah terdapat cukup banyak penjualan untuk penawaran tersebut. Adanya produk atau jasa terkait dengan passion anda yang sudah dijual menandakan bahwa terdapat permintaan pasar untuk hal tersebut.

Anda kemudian bisa meniru penawaran yang sudah ada tersebut dan membuat variasi penawaran untuk menyasar suatu niche tertentu dan menjangkau pasar-pasar baru yang belum tersentuh.

 

2. Buat Website Bisnis Anda

Selanjutnya anda perlu membuat website untuk bisnis anda. Membuat website untuk bisnis anda sangat penting karena website tersebut akan menjadi pusat semua strategi marketing dan informasi untuk bisnis anda. Dimana anda dapat membangun brand yang lebih kuat dengan memusatkan website anda sebagai tempat informasi dan kegiatan marketing anda.

Selain itu membuat website saat ini sudah jauh lebih mudah dan murah. Anda bisa membeli hosting dengan domain dengan harga Rp. 300.000 an setahun dengan space data yang besar. Sedangkan untuk  membuat website yang menarik anda bisa memakai platform gratis seperti WordPress dan membuat tampilannya menarik dengan menggunakan template dengan harga Rp. 400.000 an.

Terkait : Bagaimana Cara Membuat Toko Online Yang Menarik Dengan WordPress

3. Buatlah Suatu Penawaran 

Penawaran dalam bisnis lebih dari sekedar produk atau jasa yang bisnis anda jual. Penawaran mencakup nilai tambah diluar dari produk atau jasa yang anda jual seperti kesenangan, kemudahan, mengurangi rasa sakit, menyelesaikan masalah, meningkatkan kualitas hidup atau menimbulkan emosi tertentu yang diinginkan.

Untuk memahami seperti apa penawaran yang tepat, anda dapat melihat bagaimana brand-brand besar tidak mengiklan produk atau jasa yang mereka tawarkan sebatas pada produk atau jasanya. Brand-brand besar yang sukses umumnya mengiklan apa yang mereka jual secara emosional dan membungkusnya sebagai penawaran.

Sebagai contoh, Red Bull (Krating daeng versi soda) adalah brand yang memberikan penawaran hebat sebagai sebuah minuman yang membangkitkan semangat dan memberi energi. Hal ini Red Bull lakukan dengan mengiklankan produk mereka sebagai minuman para petualang dan penantang bahaya.

 

4. Sebarkan Penawaran Anda

Sebuah produk dan penawaran yang hebat tidak akan ada artinya jika tidak ada orang yang mengetahuinya. Oleh karena itu menyebarkan penawaran anda sehingga diketahui oleh cukup banyak orang menjadi tugas bagi anda agar bisnis anda dapat memperoleh pelanggan.

Saat ini terdapat berbagai cara untuk menyebarkan penawaran yang bisnis anda punya. Selain menggunakan media cetak pada umumnya seperti flyer, brosur, dan iklan cetak lain anda juga bisa menyebarkan penawaran anda secara online.

Terkait : Cara Meningkatkan Penjualan : 7 Strategi Pemasaran Jitu

5. Belajar Dari Hasil Langkah 1-4 dan Ulangi

Bagaimana hasil yang anda dapatkan dengan menjalankan langkah dari 1 sampai 4? apakah cukup memuaskan? jika tidak apa yang menjadi penyebabnya?

Pelajari hasil dari langkah yang telah anda lakukan dan lakukan peningkatan dari sebelumnya. Dengan melakukan hal tersebut anda dapat terus berkembang dan menjadi yang terbaik di bidang tersebut. Jika anda konsisten melakukannya dapat dipastikan anda akan berhasil mewujudkan passion anda menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan pada saatnya.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here