Beranda Marketing Cara Meningkatkan Penjualan: 7 Strategi Pemasaran Jitu

Cara Meningkatkan Penjualan: 7 Strategi Pemasaran Jitu

786
1
cara meningkatkan penjualan

 

Peningkatan penjualan bukan saja menunjukkan pertumbuhan bisnis perusahaan tetapi juga penting untuk meningkatkan keuntungan bisnis. Oleh karena itu hampir semua bisnis mempunyai target untuk meningkatkan penjualan. Untuk mencapai target tersebut dibutuhkan cara meningkatkan penjualan dengan strategi pemasaran yang sesuai dan tepat.

Dalam artikel ini kami akan memberikan 7 strategi pemasaran jitu yang dapat anda gunakan sebagai cara meningkatkan penjualan. Anda selain dapat menggunakan strategi tersebut secara sendiri-sendiri juga dapat menggunakan strategi-strategi tersebut secara paralel dan saling bersinergi untuk hasil yang lebih maksimal.

1. Perbanyak Saluran Penjualan

Memperbanyak saluran penjualan adalah cara meningkatkan penjualan yang dasar, logikanya dengan menambah lokasi-lokasi penjualan anda dapat memperluas jangkauan bisnis anda. Hal ini berlaku terhadap bisnis offline maupun online, pada bisnis offline hal ini jauh lebih penting karena terdapatnya batasan jarak layanan bisnis anda.

Untuk bisnis online memperbanyak saluran penjualan juga efektif untuk menjangkau segmen-segmen pasar yang hanya menggunakan suatu platform tertentu. Misalnya sebagian besar pengguna internet Indonesia menghabiskan waktu di social media seperti Facebook, anda dapat meningkatkan penjualan dengan membuka “cadang” toko online anda di page bisnis atau profil pribadi anda.

Contoh lainnya, jika anda berjualan secara offline maka untuk memperbanyak saluran penjualan anda bisa mengembangkan saluran pemasaran secara online dan membuka program reseller dan/atau dropshipper. Dengan demikian anda bisa menambah penjualan dari segmen ecommerce yang sebelumnya bisnis anda abaikan.

 

2. Strategi Upselling dan Cross-selling

Jika anda belum menggunakan strategi Upselling dan Cross-selling dalam bisnis anda, cobalah untuk mulai menerapkannya. Upselling adalah cara meningkatkan penjualan dengan menawarkan kepada pelanggan anda produk atau jasa yang memiliki kualitas dan harga yang lebih tinggi.

Anda pasti pernah mengalami hal ini saat membeli makanan cepat saji internasional, yang menawarkan paket makan dengan ukuran yang lebih besar atau lebih lengkap. Contoh lainnya anda diberikan opsi pelengkap dari produk yang sebenarnya sudah anda beli dengan potongan harga. Strategi tersebut diimplementasikan di Bhinneka.com yang menawarkan pembelian laptop/komputer baru secara lengkap dengan printer, operation system, microsoft office dan lainnya dengan potongan harga.

Upselling dan Cross-selling merupakan cara meningkatkan penjualan anda secara efektif karena anda memaksimalkan potensi pendapatan dari pelanggan yang sudah ada. Terlebih Upselling dan Cross-selling juga memanfaatkan momen dengan memberikan penawaran disaat mereka dalam mood untuk melakukan pembelian dan percaya kepada anda.

 

3. Strategi Bundling atau Paket

Strategi bundling produk adalah strategi meningkatkan penjualan dengan melakukan penjualan suatu produk dengan suatu paket lengkap. Contoh dari strategi ini mencakup penjualan paket makanan lengkap dengan minuman, penjualan mobil dengan GPS, dan asuransi, penjualan komputer dekstop secara lengkap. Strategi ini tidak hanya meningkatkan penjualan anda tetapi juga dapat meningkatkan pengalaman konsumen dan efisiensi bisnis anda.

Strategi bundling sangat efektif untuk penjualan barang-barang yang secara alami saling melengkapi dan dibutuhkan antara satu dengan yang lain. Misalnya jika anda menjual baju bayi anda bisa melakukan bundling baju bayi baru lahir dengan berbagai model dan warna.

 

4. Strategi Kupon dan Loyalty Program

Kupon dan loyalty program adalah strategi yang penting untuk mempertahankan pelanggan lama anda dan meningkatkan frekuensi berbelanja mereka. Mempertahankan pelanggan lama sangat penting untuk efisiensi biaya marketing, karena mencari pelanggan baru jauh lebih mahal dan memakan waktu.Pada akhirnya dengan meningkatnya frekuensi belanja pelanggan dan berkurangnya biaya dan waktu marketing yang dibutuhkan anda akan memperoleh peningkatan penjualan.

Anda tidak perlu merancang program loyalty program yang rumit, anda bisa melakukan strategi ini dalam bentuk yang sederhana seperti:

  • Menjadi member dan menggunakan kartu member memberikan diskon 5% untuk setiap pembelian
  • Setiap pembelian memberikan 1 poin, setiap terkumpul 10 poin anda bisa mendapat diskon 20% untuk pembelian berikutnya.
  • Pelanggan yang berbelanja diatas Rp. 100.000 mendapatkan kupon diskon 20% untuk pembelian berikutnya dengan minimal pembelian Rp. 100.000.

 

5. Berikan Sampel atau Masa Percobaan/Trial

Memberikan sampel atau masa percobaan sangat penting untuk membangun hubungan dengan pelanggan baru, dalam jangka panjang strategi ini sangat penting untuk mengenalkan bisnis anda kepada pasar. Dengan memberikan sampel atau masa percobaan anda bisa melakukan penjualan yang sebenarnya pada saat pelanggan anda sudah mencoba atau menggunakan produk anda, dengan sudah mengetahui keunggulan dari produk anda maka anda akan lebih mudah dan cepat dalam melakukan penjualan.

 

6. Perluas Penawaran Produk Anda

Cara meningkatkan penjualan dengan memperluas penawaran produk anda adalah dengan meningkatkan pangsa pasar di pasar terkait dengan penawaran produk utama anda. Dengan membuka penawaran yang baru anda bisa mendapatkan penjualan dari penawaran baru tersebut, sebagai tips lakukan Cross-Selling secara sinergi dengan strategi ini.

 

7. Beriklan Dengan Pintar

Beriklan sangat penting untuk mengenalkan produk anda kepada calon pelanggan. Tetapi tidak semua media iklan mempunyai manfaat dan karakteristik yang sama. Anda harus  memanfaatkan media iklan yang paling sesuai dengan produk atau jasa yang anda tawarkan. Anda harus mengetahui bukan saja berapa orang yang melihat iklan anda tetapi juga siapa yang melihat iklan anda.

Misalnya jika anda mempunyai bisnis cafe yang cocok untuk anak muda maka anda mungkin harus mempertimbangkan iklan di social media dengan cakupan geografis terbatas pada daerah lokal anda saja.

1 KOMENTAR

  1. Berarti dalam beriklan dan menawarkan produk yang kita jual juga harus sesuai dengan target konsumen yang akan menjadi pembeli selain itu apakah dengan melakukan upseling dan cross selling ini dapat diterapkan dalam berbagai produk atau hanya dalam kelompok produk yang sama saja??

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here