nam watch - usaha kreatif dan inovatif Indonesia

Apa saja usaha kreatif dan inovatif dari Indonesia? artikel ini akan membahas beberapa bisnis dan usaha kreatif dan inovatif untuk menginspirasi anda entrepreneur Indonesia.

Dalam dunia usaha kreatifitas dan inovasi merupakan hal yang penting. Kreatifitas dan inovasi memberikan diferensiasi dari persaingan dan dapat membangun posisi yang kuat di pasar.

Kreatifitas dan inovasi juga merupakan faktor yang penting dalam kesuksesan jangka panjang, karena kedua hal tersebut merupakan sumber keunggulan suatu bisnis dari persaingan.

Di Indonesia sendiri cukup banyak usaha yang kreatif dan inovatif, dengan kreatifitas dan inovasi tersebut mereka dapat bersaing di pasar global dan memberikan inspirasi.

Apa saja contoh usaha yang kreatif dan inovatif Indonesia? untuk menjawab hal tersebut berikut ini 7 contoh usaha kreatif dan inovatif Indonesia untuk menginspirasi anda.

1. eFishery

e-fishery, usaha kreatif dan inovatif Indonesia
e-fishery – usaha kreatif dan inovatif Indonesia

Didirikan oleh  Gibran Hufauziah salah satu pendiri startup Indonesia yang inspiratif, e-Fishery adalah perusahaan penyedia alat pemberi pakan ikan otomatis yang inovatif.

Alat pemberi pakan ikan e-Fishery merupakan perangkat Internet of Things yang menggunakan Big Data untuk memastikan pemberian pakan ikan secara efektif dan efisien.

Selain itu e-Fishery juga menyediakan dashboard untuk perangkat laptop dan smartphone untuk memantau, memperkirakan perkembangan ikan dan mengontrol pemberian pakan.

Keuntungan lain yang ditawarkan alat ini adalah peternak bisa mengendalikan stok pakan dari jarak jauh, e-fishery juga punya sensor untuk mengukur nafsu makan ikan.

Dari inovasi tersebut e-Fishery dapat mengurangi biaya pakan sampai 20 persen. Selain itu, air kolam tidak cepat keruh sehingga perkembangan ikan lebih optimal dan sehat.menawarkan efisiensi dalam pemberian pakan.

Mengingat biaya pakan dapat memakan sampai mencapai 80% dari biaya produksi, inovasi dari e-Fishery tersebut diharapkan akan mendorong pertumbuhan industri budidaya ikan Indonesia menjadi lebih maju, efisien dan modern.

Ingin tau lebih jauh tentang e-Fishery? Tonton liputan CNN Indonesia di bahwa ini.

2. Never Too Lavish

Never Too Lavish, usaha kreatif dan inovatif
Never Too Lavish – usaha kreatif dan inovatif

Nevertoolavish adalah salah satu usaha kreatif dan inovatif yang cukup dikenal di masyarakat karena jaket custom hand paiting gambar Indonesia, dan jaket custom bertema Asian Games yang karyanya dipakai oleh Jokowi.

Selain membuat jaket custom hand painting, Never Too Lavish juga membuat custom hand painting di barang-barang lain seperti sneaker, tas, dompet dan lainnya.

salah satu karya Never Too Lavish – image courtesy : hard13.com

Tidak hanya hand painting, Never Too Lavish juga menawarkan jasa dekonstruksi dan rekonstruksi atau biasa disebut decon-recon. Decon-recon adalah jasa mengganti material bahan asli sneaker dengan material lainnya seperti kulit buaya, kulit buaya, atau bahkan kulit motif bahan bermerek seperti Luis Vuitton.

Kesuksesan Never Too Lavish tidak terlepas dari tingginya kreativitas mereka dalam menciptakan kreasi yang bernilai seni tinggi dan inovasi mereka dalam menciptakan desain-desain yang unik.

 

3. NAM Watch

nam watch, usaha kreatif dan inovatif Indonesia
nam watch – usaha kreatif dan inovatif Indonesia

NAM Watch adalah perusahaan asal Indonesia yang memproduksi jam tangan yang memiliki minat yang kuat terhadap nilai historis dan warisan dari unsur tradisional sebagai budaya, identitas, dan keindahan alam Indonesia.

Sebagai brand asli Indonesia, NAM Watch cukup diminati tidak hanya dipasar domestik, jam tangan mereka juga diminati oleh pembeli diluar negeri.

Minat pasar internasional tersebut tercermin dari besarnya jumlah pembeli internasional yang mencapai 85%. Selain itu NAM Watch juga telah dua kali mendapatkan pendanaan dari platform crowdfunding asal AS, Kickstarter.

Pada pendanaan pertama, NAM Watch mendapatkan pendanaan sebesar US$ 15,000 untuk mengembangkan produk pertama mereka, seri jam quartz Krakatoa dan Toba.

Kemudian pada pendanaan kedua, NAM Watch mendapatkan pendanaan sebesar US$ 30,000 untuk mengembangkan jam automatic mereka yaitu seri jam Mahameru.

NAM Watch diposisikan sebagai jam tangan berkualitas tinggi dengan desain menarik khas dan harga terjangkau. Model Mahameru sendiri merupakan jam tangan brand Indonesia model automatic pertama. Kreasi dan keberhasilan tersebut menempatkan NAM Watch sebagai salah satu usaha kreatif dan inovatif Indonesia yang patut dibanggakan.

 

4. Tees.co.id

Apakah anda pernah memiliki keinginan untuk mempunyai kaos dengan gambar tertentu namun tidak ada yang menjualnya?

Atau anda punya ide untuk membuat konsep baju distro atau jaket yang keren tapi terkendala modal?

Atau mungkin anda pernah ingin punya mug, casing hp, tas, poster kustom?

Jika anda menjawab ya disalah satunya, saat ini anda tidak perlu bingung lagi karena Tees.co.id menawarkan solusi yang mudah dan cepat untuk membuat kreasi berbagai jenis barang desain sendiri.

Selain membuat desain sendiri, anda juga dapat membeli barang-barang unik hasil kreasi para pengguna Tees dengan harga terjangkau.

Tees mempunyai kelebihan dalam sistem desain barang yang mudah digunakan, serta tidak adanya minimal pembelian atau pesanan untuk satu desain. Anda bahkan bisa memesan satu kaos saja dengan desain yang unik.

Sangat berbeda dengan sistem sablon yang mengharuskan anda minimal memesan beberapa lusin untuk satu desain agar anda bisa memproduksi kaos tersebut.

Selain itu, Tees juga mempunyai kelebihan di sistem marketplacenya yang mudah digunakan, aman dan membantu para kreator mendapatkan pembeli.

Dengan fitur tersebut, Tees tidak hanya sekedar usaha digital, tetapi juga merupakan sebuah platform yang mendukung tumbuhnya usaha kreatif dan inovatif.

Baca Juga : 10 Startup Indonesia Yang Sukses dan Inovatif

 

5. Crowde.co

crowde pembiayaan petani, usaha kreatif dan inovatif indonesia
crowde pembiayaan petani – usaha kreatif dan inovatif indonesia

Apa masalah utama dalam sektor pertanian Indonesia? salah satu masalah utamanya adalah kurangnya modal dan lahan untuk dapat menghasilkan hasil tani dengan jumlah yang cukup.

Crowde adalah perusahaan yang berusaha menyelesaikan masalah tersebut dengan skema pembiayaan crowd lending kepada petani dan peternak.

Skema pembiayaan yang difasilitasi oleh Crowde bervariasi, mulai dari pinjaman yang mengharuskan pembayaran dengan bunga tetap, atau bagi hasil yang sesuai syariah.

Dengan skema pembiayaan crowd lending tersebut petani dapat mengakses permodalan tanpa harus dibebani oleh biaya cicilan dan keharusan memberikan jaminan yang umumnya diterapkan bank.

Crowde tidak hanya mendorong inklusi keuangan dari sisi pengusaha agrobisnis, mereka juga memfasilitasi edukasi keuangan dengan rendahnya modal awal investor untuk turut berkontribusi dalam proyek pendanaan. Modal minimal yang diterapkan Crowde sangatlah kecil, hanya Rp. 10 ribu rupiah saja.

Selama anda mempunyai Rp. 10 ribu rupiah, KTP dan rekening bank anda juga bisa berkontribusi untuk kemajuan petani dan peternak Indonesia, sekaligus mendapatkan keuntungan dari kontribusi anda tersebut.

 

6. Tanijoy.id

tanijoy, usaha kreatif dan inovatif indonesia
tanijoy – usaha kreatif dan inovatif indonesia

Tanijoy merupakan startup yang berusaha menjawab salah satu masalah utama penghambat perkembangan bidang pertanian di Indonesia yang disebutkan diatas.

Berbeda dengan Crowde yang fokus untuk menjawab masalah akses permodalan ke petani. Tanijoy mempunyai fokus utama untuk akses petani ke lahan tanam dan mengurangi lahan tidur yang tidak produktif.

Tanijoy berusaha menghubungkan pemilik lahan tidur tersebut dengan kelompok petani lokal, dan melatih salah satu petani tersebut untuk menjadi field manager yang langsung mengawasi semua aktivitas tani dan mengupload data-data tersebut ke dashboard.

Melalui dashboard tersebut, pemilik lahan dapat mengakses perkembangan dan aktivitas tani secara mudah dan transparan. Selain itu, Tanijoy juga memberikan rekomendasi tanam setiap musimnya berdasarkan kebutuhan yang diinginkan oleh pasar.

Jika anda memiliki lahan seluas minimal 3 hektar mungkin anda juga ingin berkontribusi untuk kesejahteraan petani dan tidak perlu repot lagi mengurusi lahan tersebut dengan mengunakan Tanijoy. Ingin mengenal Tanijoy lebih lanjut? kunjungi websitenya disini.

7. Burgreens

burgreens, usaha yang kreatif dan inovatif Indonesia
burgreens – usaha yang kreatif dan inovatif Indonesia

Burger dan steak biasa dipandang sebagai makanan yang tinggi lemak dan kurang sehat untuk diet. Namun pandangan tersebut dapat berubah jika anda mencicipi burger dan steak dari dapur Burgreens resto.

Burgreens adalah restoran yang menyajikan makanan dan minuman dari bahan-bahan organik yang sehat. Burger dan steak yang disajikan berbeda dari yang biasa karena bahan  “dagingnya” menggunakan tanaman dan jamur sehingga jauh lebih sehat.

Walaupun terbuat dari tanaman dan jamur, rasa sajian yang dihidangkan tetap menggugah selera dan enak. Review-review  yang didapat dari situs-situs seperti Zomato pun terbilang tinggi, 4.4 dari nilai maksimal 5.

Keunggulan Burgreens sehingga dapat masuk sebagai usaha yang kreatif dan inovatif tidak hanya sajian yang sehat, enak dan suasana restonya yang nyaman.

Burgreens juga mempunyai misi yang lebih besar dibalik semua itu. Mereka mendorong gaya hidup sehat, memperdayakan petani organik lokal, dan mendorong pemberdayaan wanita yang kurang beruntung.

Dengan inovasi dan kreativitas pada pembuatan makanan, penyusunan menu, pematangan konsep dan kesadaran sosial tersebut, Burgreens patut dijadikan contoh untuk model bisnis yang memberikan dampak positif kepada masyarakat lebih luas.

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here