Beranda Ide Bisnis 10 Ide Bisnis dan Usaha Modal 10 Juta Yang Menjanjikan

10 Ide Bisnis dan Usaha Modal 10 Juta Yang Menjanjikan

1162
0
usaha modal 10 juta yang menjanjikan
image credit : pexels.com
Tidak sedikit orang yang bercita-cita menjadi pengusaha sukses. Bahkan anda kemungkinan besar adalah salah satu dari mereka yang ingin menjadi pengusaha sukses.

Walaupun begitu hanya sebagian kecil yang benar-benar memulai usaha dan terjun ke jalan seorang pengusaha.

Salah satu alasan yang umum adalah kurangnya modal. Alasan tersebut sebenarnya lemah karena banyak ide bisnis yang dapat dimulai dengan modal kecil. Contohnya pernah kami tulis dalam artikel, ide bisnis modal 1 juta, ide bisnis modal 5 juta dan 50 usaha rumahan yang menjanjikan.

Namun jika anda mempunyai modal lebih anda bisa mencoba 7 ide bisnis 10 juta yang paling menjanjikan sebagai berikut:

 

Usaha Modal 10 Juta Yang Menjanjikan

1. Usaha Sepatu 

Egar Putra Bahtera, pendiri Chevalier yang sempat diwawancarai oleh Detikfinance bercerita bahwa dirinya memulai bisnis usaha sepatu premium dengan modal awal 10 juta untuk membuat 12 pasang sepatu.

Berbeda dengan kebanyakan usaha sepatu lokal yang bermain diharga Rp. 300 ribu sampai Rp. 600 ribu, Chevalier menyasar pasar premium dengan harga mulai dari RP. 1 juta sampai Rp. 2 jutaan. Dengan mengedepankan kualitas produk yang tinggi Chevalier bisa eksis dan dapat mengekspor setidaknya 50 pasang sepatu ke luar negeri tiap 2 bulan.

Cerita Egar Putra Bahtera tersebut menjadi salah satu contoh dan bukti bahwa bisnis sepatu termasuk sebagai salah satu usaha dengan modal 10 juta yang menjanjikan.

Bahkan untuk sepatu non premium yang mempunyai kualitas lebih rendah, dapat anda mulai dengan modal dari 5 juta saja untuk memproduksi 20-25 pasang sepatu sebagai persediaan awal.

 

2. Usaha Whiteboard/Explainer Video

Apakah anda bisa menggambar dengan baik dan dapat menggunakan software edit video seperti Adobe After Effect? Jika ya, usaha modal 10 juta yang menjanjikan untuk anda dengan menggunakan keahlian tersebut adalah membuka usaha pembuatan Whiteboard/Explainer Video.

Jika anda belum mengetahui apa itu Whiteboard/Explainer video anda bisa menonton video dibawah ini:

Seperti yang anda lihat video whiteboard/explainer adalah media yang sangat kuat untuk menjelaskan perusahaan atau produk anda secara menarik kepada pelanggan, klien, atau bahkan investor.

Konsep video whiteboard/explainer yang relatif sederhana tersebut cocok untuk sebagian besar perusahaan atau produk. Oleh karena itu terdapat potensi pasar yang sangat besar untuk usaha yang menawarkan jasa tersebut.

Sebagai gambaran, di Fiverr jasa pembuatan video whiteboard diberikan dengan harga mulai dari US$ 40 untuk video template yang hanya membutuhkan sedikit penyesuaian.

Dengan potensi pasar yang besar dan tingginya harga yang dapat dikenakan kepada pelanggan, maka dapat disimpulkan bahwa usaha pembuatan video ini termasuk usaha modal 10 juta yang menjanjikan.

Untuk memulai usaha ini anda memerlukan laptop dengan spesifikasi cukup tinggi seperti Asus A456UR yang dilengkapi dengan intel core i5 7200U, 4 GB Ram, dan kartu grafis NVDIA GeForce GTX930MX 2 GB yang bertenaga untuk video editing dan rendering.

Selain itu juga anda membutuhkan camcorder beserta tripod, whiteboard, beberapa spidol, mic untuk merekam suara dan kreativitas anda.

 

3. Usaha Laundry Rumahan

Mencuci baju bukanlah pekerjaan yang menyenangkan dan memakan waktu. Dengan semakin sibuknya kegiatan masyarakat perkotaan maka semakin sedikit juga waktu yang dapat diluangkan untuk mencuci baju. Oleh karena itu selalu terdapat permintaan untuk jasa laundry yang bersih, cepat dan dapat diandalkan. Jika anda mempunyai rumah ditempat yang dekat dengan kos-kosan atau apartemen, jasa laundry dapat menjadi usaha modal 10 juta yang menjanjikan.

Anda bisa memulai dengan skala kecil bermodal 2 mesin cuci, 2 setrika, jemuran baju serta perlengkapan kecil lain seperti sealer plastik anda sudah bisa memulai usaha laundry rumahan. Dengan modal tersebut anda bisa mengerjakan order sampai dengan 50 Kg – 60 kg perhari. Dari order tersebut anda bisa meraih omzet sampai dengan Rp. 12 juta. Oleh karena itu, usaha laundry rumahan termasuk dalam usaha modal 10 juta yang menjanjikan.

Terkait : 50 Ide Usaha Rumahan Yang Menjanjikan dan Menguntungkan

 

4. Usaha Aplikasi Smartphone

Saat ini pengguna smartphone di dunia sudah sangat banyak. Di Indonesia saja pada tahun 2018 diperkirakan akan terdapat 100 juta pengguna aktif smartphone.

Selain jumlahnya yang luar biasa banyak, penggunaan smartphone juga semakin meningkat durasinya. Kondisi tersebut menjadi faktor penting dalam mendorong meledaknya pasar aplikasi mobile. Pada tahun 2017 ini diprediksi nilai pasar aplikasi mobile secara global sudah mencapai angka USD 77 milyar dan diperkirakan akan mencapai USD 189 milyar pada tahun 2020.

Selain trendnya yang positif tersebut, usaha aplikasi smartphone atau mobile juga tidak membutuhkan modal yang besar untuk dimulai. Yang anda perlukan adalah laptop atau desktop yang cukup kuat untuk melakukan programming serta smartphone untuk melakukan pengetesan aplikasi yang anda buat.

Salah satu contoh aplikasi mobile yang meledak walaupun dengan modal yang kecil adalah Flappy Bird. Game viral yang dibuat oleh Dong Nguyen tersebut dalam waktu 2 sampai 3 hari sempat merajai posisi paling atas Top Downloaded Game di App Store dan salah satu yang tertinggi di Play Store. Dengan pencapaian tersebut Flappy Bird menghasilkan pendapatan sebesar USD 50.000 per hari (sekitar Rp.  675 juta).

Bukan berarti anda yang tidak bisa programming tidak bisa menjalankan bisnis ini. Jika anda mempunyai ide aplikasi smartphone yang cemerlang anda bisa menyewa jasa orang lain untuk membuat aplikasi smartphone yang anda inginkan. Untuk itu anda dapat menggunakan situs yang menyediakan jasa pembuatan aplikasi smartphone seperti Fiverr.

usaha sampingan untuk karyawan kantoran, usaha aplikasi handphone
punya ide untuk aplikasi smartphone? buat

5. Usaha Service AC

Iklim di Indonesia yang dikebanyakan daerah relatif panas dan lembab  menjadikan usaha service AC sebagai salah satu usaha modal 10 juta yang sangat menjanjikan.

Hal tersebut juga didukung dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang cukup tinggi dari tahun ke tahun dan penggunaan AC juga menjadi semakin terjangkau.

Untuk memulai usaha service AC anda membutuhkan toolbox, sepeda motor, freon, tangga, ember, kanebo, dan biaya promosi. Semua keperluan tersebut tidak membutuhkan modal lebih dari 10 juta.

Sebagai gambaran, dengan asumsi anda dapat mengerjakan rata-rata 130 order cuci AC sebulan (5 order per hari) dengan harga Rp. 60 ribu dan tambah freon 20 order perbulan dengan harga Rp. 150 ribu maka anda sudah bisa memperoleh omzet lebih dari Rp. 10 juta perbulan. Cukup menguntungkan bukan? oleh karena itu jelas bahwa usaha service AC termasuk dalam usaha modal 10 juta yang menjanjikan.

6. Usaha Kuliner Kaki Lima

Usaha kuliner adalah usaha yang tidak pernah mati dan. Ungkapan tersebut pasti pernah anda dengar, karena tentu saja selama masih ada orang yang butuh makan maka usaha kuliner akan tetap ada pelanggannya.

Usaha kuliner yang memanfaatkan kaki lima khususnya mempunyai peluang dan pasar tersendiri yang berbeda dari usaha kuliner dengan modal lebih besar seperti restoran dan cafe. Selain modalnya yang relatif lebih kecil, usaha kuliner kaki lima juga mempunyai fleksibilitas tempat yang memungkinkan bagi anda untuk pindah lokasi jika lokasi yang anda pilih sepi atau tidak menguntungkan.

Usaha kuliner umumnya mempunyai margin laba kotor yang cukup tinggi, dengan minimum laba kotor 50% dari omzet dan bahkan untuk usaha kuliner tertentu dapat mencapai lebih dari 70% dari omzet.

Dengan asumsi margin laba kotor 50% maka jika anda membuka usaha kuliner ayam geprek yang mendapat rata-rata 25 pelanggan saja tiap harinya dengan nilai order rata-rata sebesar Rp. 20 ribu maka anda sudah dapat meraup omzet lebih dari Rp 11 juta dengan 26 hari kerja. Dimana dengan margin laba minimum 50% saja anda sudah memperoleh laba kotor sekitar Rp. 5 juta perbulan.

Usaha kuliner kaki lima yang cukup ramai tidak akan mengalami kesulitan untuk mencapai angka tersebut, dan bahkan dapat tidak sedikit yang bisa memperoleh lebih dari 100 pelanggan per hari. Karena potensi keuntungan yang besar, modal yang relatif kecil dan fleksibilitas yang tinggi tersebut maka jelas bahwa usaha kuliner kaki lima termasuk sebagai usaha modal 10 juta yang menjanjikan.

Terkait : Peluang Usaha Kuliner Modal Kecil Dengan Go-Food

7. Usaha Jasa Fotografi

Jasa fotografi adalah salah satu bidang usaha jasa yang dapat anda mulai dengan modal 10 juta untuk membeli perlengkapan yang diperlukan. Jika anda mempunyai keahlian fotografi yang mumpuni untuk memberikan gambar yang berkualitas kepada klien anda dan dapat berkomunikasi dengan baik maka ini ide bisnis yang bisa anda pilih.

Jika anda dapat mendapatkan klien yang tepat di pasar yang menjanjikan seperti pre wedding dan wedding maka anda bisa mendapatkan jutaan rupiah atau bahkan puluhan juta dari satu proyek tersebut. Oleh karena itu, jika anda mempunyai jaringan yang luas atau pandai melakukan pemasaran maka usaha jasa fotografi dapat menjadi usaha modal 10 juta yang menjanjikan untuk anda.

8. Usaha Jasa Konsultan

Menjual pengetahuan dan pengalaman yang sudah anda miliki adalah cara paling efektif untuk memulai bisnis yang menguntungkan. Konsultan disini tidak hanya mencakup konsultan jasa professional seperti pengacara, notaris, akuntan, financial planner, dan lainnya.

Usaha konsultan disini juga mencakup usaha yang mengandalkan pengetahuan dan pengalaman fisik seperti personal trainer, konsultan diet, dan masih banyak lagi.

Karena mengandalkan pengetahuan dan pengalaman tentu saja anda dapat memulai usaha ini dengan modal 10 juta atau bahkan kurang. Pengeluaran terbesar yang mungkin anda perlu lakukan adalah untuk melakukan promosi, pembuatan profil bisnis dan membuat proposal untuk menawarkan jasa konsultan anda.

Kelebihan utama dari usaha jasa konsultan adalah dengan semakin lamanya anda di bisnis ini anda akan mempunyai pengalaman, pengetahuan, jaringan serta reputasi yang semakin baik. Peningkatan hal-hal tersebut kemudian menjadi faktor utama bagi anda untuk meningkatkan pendapatan yang dapat anda raih dari usaha ini.

 

9. Usaha Rental Pompa Asi

Air susu ibu atau ASI adalah asupan paling baik dan sangat penting untuk pertumbuhan si kecil. Namun, seiring dengan perkembangan zaman semakin banyak ibu yang selain harus mengurus bayi juga harus bekerja.

Hal ini mengharuskan sang ibu untuk memompa ASI agar bisa tetap memberikan yang terbaik kepada si kecil dan juga bekerja. Untuk memudahkan hal tersebut pompa ASI sangat dibutuhkan.

Tetapi tidak semua pompa ASI cocok dengan keinginan si ibu sedangkan harga pompa ASI yang berkualitas dan bermerek juga cukup mahal. Selain itu masa penggunaannya mutlak diperlukan hanya sampai si kecil berusia 12 bulan saja. Sehingga tidak ekonomis jika harus membeli pompa ASI sendiri.

Hal inilah yang menjadi latar belakang dari munculnya usaha rental pompa ASI di daerah perkotaan. Dengan modal 10 juta rupiah, anda bisa membeli 10 unit Medela Mini Electric yang sangat cocok dan praktis untuk ibu yang bekerja karena bentuknya yang kecil dan kualitasnya juga tidak diragukan lagi.

Harga sewa Medela Mini Electric sendiri berkisar antara Rp. 100.000 sampai Rp. 120.000. Dengan harga sewa tersebut anda akan mendapatkan kembali modal anda setidaknya setelah 9 – 10 bulan (jika tersewa seluruhnya).

Selain itu bisnis ini juga dapat anda kembangkan ke bisnis rental freezer ASI yang juga dibutuhkan oleh ibu menyusui untuk menyimpan cadangan ASI yang sudah dipompa.

Terkait : 9 Peluang Usaha Ibu Rumah Tangga Yang Menguntungkan

 

10. Usaha Web Design

Tidak dapat dipungkiri bahwa di era yang akses internet semakin mudah dan terjangkau, informasi yang ada dalam suatu website menjadi semakin baik untuk menunjukkan profil perusahaan, branding personal, branding produk atau bahkan untuk bertransaksi.

Oleh karena itu usaha web design merupakan salah satu jasa yang dibutuhkan oleh banyak orang. Walaupun gelar sarjana cukup membantu anda, tetapi anda tidak diharuskan untuk mempunyai latar belakang pendidikan yang khusus untuk terjun ke usaha ini. Anda dapat belajar secara otodidak atau mengikuti kursus intensif untuk mempelajari aspek-aspek penting dalam melakukan web design.

Untuk memulai usaha web design anda hanya memerlukan laptop dengan spesifikasi mumpuni untuk menjalankan program-program yang penting dalam web design khususnya Adobe Photoshop dan Adobe Dreamweaver.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here