Beranda Ide Bisnis 9 Peluang Usaha Ibu Rumah Tangga Yang Menguntungkan

9 Peluang Usaha Ibu Rumah Tangga Yang Menguntungkan

466
0
peluang usaha ibu rumah tangga yang menguntungkan
image credit : pexels.com

Menjadi ibu rumah tangga bukanlah pekerjaan yang mudah. Mengurus rumah dan anak seringkali menghabiskan waktu dan energi yang tidak sedikit. Walaupun begitu, tidak sedikit juga ibu rumah tangga yang ingin membantu keluarga dan memberikan penghasilan tambahan. Tetapi dengan tuntutan tugas ibu rumah tangga yang berat tersebut, seringkali ibu rumah tangga bingung apa peluang usaha ibu rumah tangga yang menguntungkan.

Untungnya saat ini dengan perkembangan teknologi yang memungkinkan untuk bekerja dari rumah dan dengan waktu yang fleksibel terdapat banyak peluang usaha ibu rumah tangga yang bisa dijalankan. Meskipun berhasil menjalankan bisnis sekaligus menjadi ibu rumah tangga tentu saja tidak mudah, memulai bisnis anda sendiri bisa menjadi kunci untuk mencapai mimpi pribadi dan karir anda. Untuk membantu Anda memulai, kami telah mengumpulkan daftar peluang usaha ibu rumah tangga yang menguntungkan dibawah ini:

 

1) Event Planner

Merencanakan, mengatur dan memastikan suatu acara berjalan dengan lancar dapat menghabiskan banyak waktu, tenaga dan pikiran bagi banyak orang.

Jika anda mempunyai minat atau keahlian untuk bertemu dengan banyak orang, membuat perencanaan acara dan mengatur jalannya suatu acara, anda mungkin cocok untuk membuka usaha event planner.

Bisnis event planner tidak terbatas pada acara-acara keluarga seperti ulang tahun atau kawinan, tetapi juga mencakup event-event bisnis dan formal seperti bazaar, workshop, seminar, dan lainnya.

Bisnis event planner adalah bisnis jasa sehingga modal untuk memulainya sangat kecil, anda juga tidak diharuskan untuk menyewa kantor sendiri. Walaupun modal untuk memulainya kecil, bisnis event planner dapat memberikan keuntungan yang cukup besar. Kunci untuk sukses dalam bisnis event planner adalah marketing pemasaran yang baik dan jaringan bisnis yang kuat.

 

2) Make-Up Artist

Seorang make-up artist memberikan jasa kepada wanita untuk tampil lebih cantik dan menawan. Tidak hanya untuk momen-momen istimewa seperti kawinan, atau acara lain, jasa seorang make-up artist juga senantiasa dibutuhkan untuk sesi photoshot ataupun modelling.

Menjadi seorang make-up artist dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi anda yang senang berkreasi dengan make-up. Terlebih disaat klien anda mengapresiasi hasil kerja anda.

Selain menarik, bisnis make-up artist juga mempunyai potensi penghasilan yang besar. Make-up artist yang sudah terkenal dapat mengenakan biaya jutaan rupiah kepada kliennya. Bahkan untuk yang make-up artist yang pemula saja bisa mengenakan biaya setidaknya ratusan ribu rupiah.

Bisnis make-up artist juga termasuk sebagai peluang usaha ibu rumah tangga yang sangat ideal karena jam kerja yang fleksibel, tanpa terikat tempat kerja tertentu dan modal yang dibutuhkan relatif tidak besar. Kunci suksesnya dalam bisnis make-up artist adalah jaringan bisnis, pemasaran, dan portofolio hasil karya anda.

 

3) Konsultan Keluarga 

Dalam kehidupan berkeluarga seringkali terdapat berbagai masalah dan tantangan yang memerlukan saran dari pihak ketiga yang mempunyai pengetahuan mendalam untuk menyelesaikannya. Mulai dari masalah perencanaan anak, pendidikan anak, sampai hubungan dengan pasangan seringkali hanya dapat diselesaikan jika orang tua mendapatkan saran dari pihak yang dapat melihat secara objektif dan memberikan saran atau masukan yang sesuai.

Mendengarkan masalah dari klien, memberikan sudut pandang yang berbeda serta saran atau solusi yang tepat adalah nilai yang berikan oleh seorang konsultan keluarga. Jika anda merupakan orang yang senang mendengarkan keluhan dari orang lain, serta membantu mereka mencari solusinya maka anda dapat mencoba menjadi seorang konsultan keluarga.

Dengan semakin kompleksnya kehidupan berkeluarga dan sosial, yang dapat dilihat dari semakin tingginya angka perceraian maka permintaan akan konsultan keluarga yang berkualitas juga semakin tinggi. Selain itu mengingat bahwa keharmonisan keluarga adalah hal yang tidak dapat dinilai dengan uang, jasa seorang konsultan keluarga tidak dapat diberikan nilai rendah.

Bisnis jasa konsultan keluarga juga merupakan peluang usaha ibu rumah tangga yang ideal karena bisnis konsultan dapat dilakukan tanpa mempunyai kantor sendiri dan bekerja sesuai dengan perjanjian dengan klien.

 

4) Bisnis Produk Kerajinan Tangan / Handmade

Tidak sedikit ibu rumah tangga yang disela-sela kesibukannya mempunyai hobi menjahit pakaian atau membuat pernak-pernik kerajinan tangan lainnya. Dengan belajar keahlian pemasaran dan mempelajari selera pasar, hobi tersebut dapat dijadikan bisnis sampingan yang menghasilkan uang tambahan.

Jika dulu untuk berjualan produk kerajinan tangan atau handmade mengharuskan anda untuk mencari rekanan fisik yang mau menjual barang anda, sekarang dengan munculnya online marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak anda dapat memulai bisnis produk kerajinan tangan atau handmade ini dengan sangat mudah. Bahkan dengan adanya online marketplace khusus barang handmade dan unik seperti Qlapa.com atau Etsy.com anda dapat memasarkan dengan jauh lebih mudah kepada segmen pasar pecinta barang handmade dengan jauh lebih mudah dan cepat.

 

5) Menulis Buku/Ebook

Apakah anda mempunyai imajinasi dan dapat menulis? atau anda mempunyai pengetahuan mengenai hal-hal tertentu yang diperlukan orang dan dapat menuliskannya dengan menarik? Jika salah satu dari dua jawaban tersebut adalah ya maka anda dapat menulis buku atau membuat ebook sebagai bisnis sampingan anda.

Anda dapat menulis buku atau ebook fiksi dan mencoba menciptakan franchise buku baru seperti Harry Potter, Lord of The Ring, Hunger Game dan lainnya. Anda juga dapat menulis buku non-fiksi yang berisi informasi spesifik yang dituliskan secara menarik.

 

6) Bisnis Makanan Ringan, Snack atau Cemilan

Melihat populernya keripik pedas Ma-icih, karuhun, makaroni pedas dan berbagai makanan ringan lainnya di Indonesia menunjukkan bahwa bisnis makanan ringan, snack atau cemilan merupakan bisnis yang menjanjikan.

Bagi anda ibu rumah tangga yang mempunyai ide cemilan unik dengan rasa yang enak, bisnis ini patut dicoba karena selain memberikan keuntungan yang tidak sedikit, bisnis makanan ringan juga dapat anda lakukan tanpa terlalu menghabiskan banyak waktu.

Anda bisa melakukan proses produksi makanan ringan di pagi hari dan kemudian memasarkannya dengan cara konsinyasi ataupun online yang tidak menghabiskan waktu terlalu banyak.

 

7) Bisnis Kursus

Memberikan dan membagikan ilmu yang bermanfaat tidak saja memberikan pahala tetapi juga bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Bagi ibu rumah tangga, bisnis kursus merupakan peluang usaha yang dilakukan sejak lama untuk memberikan penghasilan tambahan.

Jika dulu untuk mendapatkan uang dengan memberikan kursus berarti mencari murid privat dan mendatangi rumahnya atau bergabung pada tempat kursus sekarang ini anda dapat menawarkan kursus jarak jauh dengan menggunakan sarana multimedia seperti videoconference atau bahkan dengan membangun website online course yang berisikan video-video materi kursus yang anda berikan. Jika anda tertarik untuk membuat website online course anda bisa mengujungi Create Awesome Online Courses.

 

8) Bisnis Desainer Website

Walaupun saat ini membuat website jauh lebih mudah, tidak semua orang sanggup melakukannya sendiri. Karena kenyataannya masih banyak orang yang tidak begitu mengerti bagaimana proses membuat website, apa hosting yang bagus, paket hosting apa yang dibutuhkan, tampilan seperti apa yang cocok untuk bisnis mereka dan masih banyak lagi hal-hal yang harus dipikirkan.

Semua hal tersebut dapat membingungkan orang yang tidak terlalu pintar menggunakan teknologi. Disinilah peran anda untuk membantu mereka mendapatkan manfaat dari memiliki sebuah website yang menarik dan berfungsi dengan baik.

Sebagai permulaan anda tidak perlu mengetahui coding secara mendalam dan cukup mempelajari platform utama seperti WordPress, dan sedikit pengetahuan HTML dan CSS. Selain itu anda juga harus mengetahui dimana anda dapat mendapatkan theme, plugins serta support yang dibutuhkan jika klien anda mendapatkan kesulitan yang tidak dapat anda selesaikan.

 

9) Bisnis Desain Grafis

Apakah anda mempunyai kreatifitas yang melimpah dan hobi menggambar atau mendesain sesuatu? Jika ya, peluang usaha ibu rumah tangga yang menguntungkan untuk anda adalah bisnis desain grafis.

Selain karena modal utama dari bisnis desain grafis tidak membutuhkan modal besar, anda juga dapat melakukannya dengan jam kerja yang fleksibel. Jasa yang diberikan bisnis desain grafis biasanya berupa desain logo, kartu nama, spanduk, banner, flyer, desain kaos dan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here