Beranda Memulai Bisnis 7 Tips Membuat Nama Perusahaan Yang Menarik

7 Tips Membuat Nama Perusahaan Yang Menarik

931
0
membuat nama perusahaan yang menarik
image credit : pexels.com

Jika anda kesulitan dalam membuat nama perusahaan yang menarik untuk memulai bisnis, jangan khawatir anda tidak sendirian. Salah satu tugas yang seringkali menjadi hambatan bagi entrepreneur dalam memulai bisnis adalah membuat nama perusahaan bagi bisnis yang ingin dimulai.

Menentukan nama perusahaan yang menarik adalah salah satu tahap yang penting dalam memulai bisnis setelah menemukan ide bisnis yang tepat. Nama perusahaan yang menarik dapat membantu bisnis anda berkembang sedangkan nama perusahaan yang tidak menarik dan sulit diingat dapat berkontribusi terhadap kegagalan bisnis anda.

Pentingnya sebuah nama perusahaan yang tepat tersebut menjadi alasan mengapa Jeff Bezos mengubah nama bisnis e-commerce miliknya beberapa kali dari Cadabra dan Relentress sebelum akhirnya memilih nama Amazon.com. Jeff Bezos tidak ingin nama perusahaannya disebutkan dengan pengejaan yang salah seperti yang diberikan nama Cadabra atau mempunyai kesan yang buruk seperti Relentress.

Jadi bagaimana cara untuk membuat nama perusahaan yang menarik dan akan membantu bisnis anda meraih sukses? Berikut 7 tips membuat nama perusahaan yang menarik dan sesuai dengan bisnis anda.

 

1) Nama Perusahaan Harus Mudah Diingat

Mempunyai nama perusahaan yang mudah diingat merupakan kunci membuat nama perusahaan yang menarik. Sebagus apapun arti dari nama perusahaan yang anda buat akan tidak berarti jika orang lain kesulitan untuk mengingat nama perusahaan anda.

Untuk membuat nama yang mudah diingat akan lebih baik jika anda menghindari menggunakan akronim atau singkatan inisial yang tidak mempunyai arti bagi kebanyakan orang. Anda juga perlu menghindari penyebutan kata yang tidak umum.

Selain itu, anda juga perlu memikirkan representasi visual dari nama perusahaan anda agar mudah diingat. Hal ini secara sempurna digambarkan dengan nama perusahaan Apple yang digambarkan dengan simbol apel yang telah digigit.

 

2) Nama Perusahaan Harus Sesuai Dengan Produk atau Jasa Yang Ditawarkan

Membuat nama perusahaan yang sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan menambah kemudahan pelanggan dalam mengingat nama perusahaan anda. Hal ini menjadi alasan mengapa kebanyakan nama perusahaan makanan dan minuman menggunakan nama makanan atau minuman tersebut seperti Burger King, Dunkin Donuts, atau Pizza Huts.

Selain memudahkan calon pelanggan anda mengetahui apa produk atau jasa yang anda tawarkan, memberikan nama yang sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan juga dapat memudahkan pelanggan anda mencari produk atau jasa anda melalui search engine seperti Google. Kemudahan dalam mencari produk atau jasa anda melalui Google merupakan keuntungan yang besar dalam internet marketing dan patut menjadi pertimbangan anda dalam menentukan nama perusahaan anda.

 

3) Nama Perusahaan Memberikan Kesan Positif

Sebuah kata mempunyai dapat memberikan kesan positif, netral atau bahkan negatif. Dalam hal ini anda harus memperhatikan apa produk atau jasa yang anda tawarkan dan kesan apa yang ingin anda berikan kepada calon pelanggan. Hal ini berarti terdapat beberapa kata-kata yang harus anda hindari dalam memilih nama perusahaan.

Jika anda ingin memulai bisnis pengiriman dan logistik maka anda tidak ingin memilih nama yang memberikan kesan lambat atau tidak bisa diandalkan. Sebaliknya anda akan lebih baik mencari nama dengan kata yang memberikan kesan cepat dan akurat seperti Ninja Logistik atau Elang Express.

 

4) Nama Perusahaan Harus Singkat 

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa manusia mempunyai daya ingat yang terbatas. Nama perusahaan yang panjang akan menyulitkan pelanggan untuk mengingat nama anda dan sebaliknya nama yang singkat relatif lebih mudah diingat oleh pelanggan anda. Gunakan paling banyak 2 suku kata jika nama perusahaan anda menggunakan kombinasi kata-kata misalnya.

Mempunyai nama perusahaan yang singkat tidak hanya penting agar mudah diingat pelanggan, tetapi juga penting untuk meminimalkan jumlah huruf yang harus diketik oleh pelanggan anda saat mengunjungi website anda.

 

5) Nama Perusahaan Relevan Dengan Pelanggan 

Nama perusahaan tidak hanya harus mudah diingat, menarik dan menjelaskan apa yang anda tawarkan. Nama perusahaan yang baik adalah nama perusahaan relevan dengan pelanggan mereka.

Hal ini sangat penting jika anda mempunyai target pasar yang spesifik, dengan menggunakan nama perusahaan yang relevan anda dapat dikenal lebih cepat dengan target pasar tersebut. Strategi penamaan yang relevan dengan pelanggan ini digunakan oleh perusahaan kamera luar ruang dan olahraga GoPro yang memberi nama Hero pada lini kamera andalannya.

Penamaan tersebut relevan dengan segmen utama dari pelanggan GoPro yang merupakan penggemar olahraga luar ruang dan olahraga yang tahan dengan berbagai kondisi dan ringan.

 

6) Nama Perusahaan Harus Unik

Membuat nama perusahaan yang unik tidak hanya berguna agar bisnis anda berbeda dari bisnis yang lain. Memberikan nama yang umum dapat menimbulkan masalah di kemudian hari seperti tidak bisanya didaftarkan dalam perlindungan hak merek sampai tuntutan pembatalan atas merek.

Hal ini terjadi kepada pemilik merek cafe “Kopitiam” di Indonesia yang dituntut karena dianggap menggunakan nama yang terlalu umum.

Selain itu hindari menggunakan kata-kata yang mengandung merek dagang dari merek internasional yang sudah dikenal secara luas. Hal ini penting bukan saja untuk menghindari munculnya masalah hukum dikemudian hari tetapi juga untuk menghindari kesan bahwa perusahaan anda hanyalah peniru dari merek internasional tersebut.

7) Brainstorming Nama Perusahaan

Untuk membuat nama perusahaan yang menarik anda tidak bisa mengharapkan datangnya inspirasi dan pencerahan, sebaliknya anda harus menampung ide-ide nama yang anda punya untuk kemudian anda seleksi.

Brainstorming adalah salah satu metode yang dapat anda lakukan untuk menampung ide-ide nama perusahaan yang prospektif tersebut. Mulailah dengan mencari selembar kertas besar dan sebuah laptop, kemudian tuliskan seluruh kata-kata yang berkaitan dengan perusahaan anda, apa yang perusahaan anda tawarkan, siapa pelanggan anda, serta apa visi dan misi perusahaan anda.

Anda bisa menggunakan Google untuk mencari kata-kata yang berkaitan dengan hal-hal tersebut. Hubungan antara kata dalam nama perusahaan anda bisa berupa tempat, kata dalam bahasa lain, nama orang, benda yang terkait, warna yang cocok dan masih banyak lagi. Setelah itu cobalah untuk mengkombinasikan kata-kata tersebut dan tuliskan kombinasi dari kata-kata tersebut.

Kemudian, kerucutkan kandidat nama yang ingin menurut anda menarik menjadi 10 besar. Dari 10 besar nama tersebut lakukan pengujian pengucapan untuk mengetahui apakah nama tersebut mudah diucapkan atau tidak dan coret nama yang sulit untuk diucapkan.

Setelah itu anda bisa memilih nama yang menurut anda paling baik dan mintalah pendapat orang lain apakah nama yang anda pilih tersebut cocok dengan perusahaan anda atau tidak.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here