Beranda Bisnis Online 20 Cara Menghasilkan Uang Dari Internet Terbaru 2018

20 Cara Menghasilkan Uang Dari Internet Terbaru 2018

98
0
BERBAGI

Saat ini semakin banyak orang yang mencari cara menghasilkan uang dari internet. Meledaknya minat orang untuk mencari uang dari internet tidak terlepas dari pesatnya perkembangan teknologi yang semakin terjangkau bagi masyarakat umum.

Namun, minat mencari cara untuk mencari uang di Internet meledak tidak hanya karena semakin terjangkaunya dan mudahnya akses internet. Banyaknya cerita-cerita sukses dan mitos “cepat menjadi kaya” dengan internet juga menjadi bensin yang menyiramkan api ke meledaknya minat kepada “bisnis online” dan “peluang usaha online”

Memang banyak cerita-cerita sukses dan menjadi kaya dengan Internet yang nyata. Contohnya seperti Pat Flynn dan John Lee Dumas yang menghasilkan jutaan dollar dari bisnis online mereka.

Tetapi pencapaian tersebut tidaklah mudah dan terjadi dalam semalam. Tidak hanya itu, jalan untuk menghasilkan uang dari internet juga penuh dengan perangkap skema cepat kaya, MLM, scam dan berbagai penipuan lainnya.

Kenyataannya untuk bisa menghasilkan uang dari internet dan menjadi kaya dari bisnis online perlu perjuangan serta persaingan yang keras. Mereka yang mengatakan sebaliknya tidak jujur kepada anda atau bahkan ingin menipu anda.

Pertanyaannya, apa saja cara menghasilkan uang dari internet yang benar-benar menghasilkan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut kami telah menyusun daftar 20 cara menghasilkan uang di Internet. Namun, perlu anda ingat bahwa cara-cara tersebut tidak semudah membalikkan telapak tangan, seperti bisnis konvensional terdapat juga risiko kegagalan.

1. Bisnis Affiliate Marketing

strategi pemasaran online affiliate marketing
cara kerja affiliate marketing

Affiliate marketing adalah salah satu cara menghasilkan uang dari internet yang sudah teruji keampuhannya.

Website-website review gadget, komputer, perlengkapan rumah tangga, perlengkapan bayi, travel blog, fashion blog dapat menghasilkan uang yang signifikan dari bisnis affiliate marketing ini.

Dalam bisnis affiliate marketing anda harus mempromosikan suatu produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan lain kepada teman-teman, pengunjung website anda, pengikut social media anda, atau bahkan mailing list anda dengan menggunakan suatu tautan/link khusus.

Jika ada teman, pengunjung atau pengikut anda yang tertarik dengan produk yang anda promosikan dan mengklik link khusus tersebut anda akan mendapatkan komisi jika mereka melakukan tindakan khusus (biasanya melakukan pembelian, mendaftar atau melakukan permintaan penawaran, hal tersebut bergantung kepada ketentuan penyedia kerjasama affiliate).

Skema bisnis tersebut menguntungkan bagi mereka yang ingin menghasilkan uang dari Internet karena pebisnis affiliate marketing tidak harus membuat, mengembangkan, mengirimkan produk yang dijual tersebut. Tetapi disisi lain hal tersebut juga tidaklah mudah.

Namun perjuangan tersebut ditembus dengan hasil yang sepadan. Pebisnis affiliate marketing yang sukses dapat menghasilkan ribuan sampai puluhan ribu dolar AS dari bisnis affiliate marketing.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Affiliate Marketing Untuk Pemula

2. Bisnis Toko Online

toko online, ecommerce, online store
toko online dan ecommerce

Menjual barang di toko online merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari internet yang sudah diketahui oleh banyak orang dan sudah banyak sekali orang sukses dengan cara ini.

Yasa singgih pendiri men’s republic, Yukka Harlanda pendiri Brodo, dan ribuan top seller tokopedia adalah contohnya. Bisnis online dengan menjual barang melalui toko online tidak jauh berbeda dari berjualan di pasar atau toko fisik.

Anda memulai dengan membuka toko anda. Untuk pemula anda bisa membuka toko online di website marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee atau Lazada.

Anda juga bisa membuat website sendiri jika anda sudah memiliki pendapatan yang cukup. Membuat website terpisah sendiri diperlukan dalam hal terjadinya hal-hal yang diluar kontrol anda seperti perubahan syarat dan ketentuan website, akun anda di ban atau menurunnya peringkat anda.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Toko Online Untuk Pemula

 

3. Investasikan Uang di Peer to Peer Lending

Jika anda lebih suka menghasilkan uang dari Internet tanpa harus berjualan dan investasi waktu yang minim maka inilah cara yang tepat untuk anda.

Berinvestasi di Peer to Peer Lending (P2P Lending) dapat memberikan imbal hasil / return mulai dari 15% sampai 25% pertahun. Jauh lebih tinggi dari bunga deposito yang sebesar 4-6% dan kupon bunga obligasi pemerintah sebesar 7-8%.

Namun disisi lain P2P Lending mempunyai risiko gagal bayar yang lebih besar dan tidak aman seperti deposito atau obligasi. Karena berbeda dengan deposito dan obligasi yang dijamin pemerintah, investasi P2P Lending tidak dijamin oleh pemerintah.

Oleh karena itu penting untuk mengenal terlebih dahulu bagaimana sistem dari P2P Lending. Selain itu perlu dilakukannya diversifikasi dalam memberikan pinjaman (menyebarkan dana ke dalam beberapa peminjam) untuk meminimalisir besarnya kerugian dalam hal terjadinya gagal bayar.

Dengan mempertimbangkan hal tersebut salah satu platform P2P Lending yang sangat cocok untuk pemula adalah Koinworks. Koinworks memungkinkan anda untuk mencoba berinvestasi P2P Lending dengan modal mulai dari Rp. 100.000 saja. Dengan sistem investasi kelipatan Rp. 100.000 yang diterapkan Koinworks anda dapat menyebar dana pinjaman tanpa harus mempunyai modal yang besar.

Selain itu Koinworks juga mempunyai dana proteksi yang akan mengganti modal investasi anda jika terjadi gagal bayar (100% untuk kredit skor A, 80% untuk kredit skor B, 60% untuk kredit skor C) sehingga investasi yang anda juga lebih aman.

Jika anda ingin mempelajari lebih lanjut anda bisa mengunjungi website Koinworks, dan dengan memasukkan kode referral 88105 anda dapat memperoleh tambahan Rp. 50.000 untuk modal investasi anda.

Baca Juga : Bagaimana Cara Menghasilkan Passive Income Yang Efektif

 

4. Usaha Dropshipper

Jika anda tidak memiliki cukup modal untuk membeli barang dagangan, menyewa tempat untuk penyimpanan, dan mengatur pengiriman barang maka anda bisa menghasilkan uang dari Internet dengan menggunakan sistem dropship dalam berjualan.

Dropshipper adalah suatu bisnis online dengan skema supplier mengirimkan langsung barang dagangan yang dipesan oleh pembeli kepada pembeli tersebut atas nama Dropshipper tersebut. Atau anda juga bisa mencari Supplier dari toko-toko online di Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak yang mendukung fitur dropship.

Namun menjadi dropshipper juga mempunyai risiko sendiri, dalam bisnis dropship permasalahan yang paling utama adalah bagaimana mengatur biaya pengiriman jika anda harus mengirim barang dari 2 supplier yang berbeda dalam satu pesanan.

 

5. Blogging

Salah satu cara menghasilkan uang dari Internet atau online yang sudah ada sejak lama adalah dengan membuat sebuah blog yang populer. Tetapi karena cara ini populer dan banyak dilakukan oleh orang lain, membangun blog yang populer dan menghasilkan uang adalah hal yang sulit.

Dibutuhkan banyak kerja keras, kesabaran, trial and error, serta gairah untuk terus mencoba. Blog internasional yang sukses dapat menghasilkan puluhan ribu dolar hingga ratusan ribu dolar per bulan bila dilakukan dengan benar. Sedangkan blog lokal dapat menghasilkan jutaan sampai puluhan juta rupiah sebulan.

Blog yang menghasilkan uang tidak berbeda dengan bisnis online lainnya, anda harus melewati berbagai hambatan, memenangkan persaingan dan terus belajar untuk bisa sukses. Memang membuat blog yang menghasilkan uang tidaklah mudah, tetapi jika anda tidak mencoba sekarang untuk membuat blog yang menghasilkan uang secara serius maka anda tidak akan pernah dapat mewujudkannya.

 

6. Membuat Channel Youtube

Saat ini Youtube semakin populer sebagai salah satu cara menghasilkan uang dari Internet dan online. Tidak heran, karena saat ini semakin banyak Youtuber top yang diberitakan oleh media mainstream karena penghasilan mereka yang mencapai jutaan dolar pertahunnya.

Dengan nilai penghasilan yang fantasis, jam kerja yang fleksibel, dan ruang kreativitas yang besar tersebut Youtube dapat menjadi bisnis online yang menguntungkan untuk mereka yang gemar membuat konten visual yang menarik.

Namun, perlu diingat bahwa Youtube mempunyai syarat dan ketentuan yang cukup ketat untuk bisa mulai menghasilkan uang dari Channel anda. Salah satu syarat berat terbaru adalah anda harus mengumpulkan minimal 1,000 subscriber dan 4,000 jam ditonton dalam 12 bulan.

Jika anda berhasilkan mengumpulkan satu juta subscriber atau lebih maka hasilnya juga sepadan dengan perjuangan anda. Penghasilan puluhan juta rupiah atau ribuan dollar perbulan dapat anda raih hanya dari program Google Adsense saja. Belum lagi tambahan dari proyek-proyek vendor lainnya.

 

7. Usaha Promosi Sosial Media

Bisnis promosi social media atau dikenal juga dengan akun promo, selebgram, influencer dan lainnya adalah salah satu cara menghasilkan uang dari Internet yang relatif lebih baru dari ide-ide mencari uang secara online lainnya.

Untuk bisa menghasilkan uang dari usaha promosi social media ini anda harus mempunyai akun social media dengan jumlah pengikut yang besar, atau setidaknya mempunyai jumlah pengikut yang cukup banyak dengan kemampuan mempengaruhi pengikut dengan efektif (misal pengikut 50 ribu tetapi mempunyai reputasi tinggi dalam suatu bidang tertentu).

Penghasilan yang didapat dari bisnis ini sangat bervariasi, bergantung kepada jumlah pengikut, demografi pengikut, wilayah utama geografi pengikut, namun umumnya semakin banyak pengikut juga semakin besar penghasilan yang bisa didapat.

Bisnis ini dapat menghasilkan uang dari sponsored post, review, kerjasama campaign, dan affiliate marketing.

 

8. Bisnis Online Course

Jika anda mempunyai suatu keahlian, pendidikan, pengalaman atau pengetahuan tertentu untuk diajarkan, salah satu cara menghasilkan uang dari internet dengan menggunakan otak anda sebagai modal utama adalah bisnis online course.

Bisnis online course adalah bisnis dimana anda harus membuat suatu program untuk memungkinkan murid anda belajar suatu keahlian,  pendidikan, pengalaman atau pengetahuan tertentu melalui media Internet.

Hal tersebut dapat anda lakukan dengan membuat berbagai video-video tutorial, instruksi, latihan, sesi video call dan juga dengan menyiapkan materi tertulis yang dibutuhkan.

 

9. Menulis Artikel Untuk Website Lain

Saat ini sudah semakin banyak platform atau website yang menawarkan mereka yang mempunyai hobi menulis, membuat konten dan berkreasi dengan tulisan untuk menghasilkan uang dari kegiatan tersebut.

Beberapa kontohnya IDNtimes, Nulis.co.id,  UC We-Media, Babe.co.id, Mojok, dan masih banyak lagi. Uang yang dapat dihasilkan dari menulis di website-website tersebut beragam nilainya. Tetapi umumnya anda akan mendapatkan bagi hasil dari revenue yang dihasilkan tulisan anda, skema biaya per view, dan bonus untuk penulis teratas.

 

10. Membuat Aplikasi Mobile

Cara menghasilkan uang dari Internet yang satu ini mungkin terdengar membutuhkan keahlian teknis yang cukup tinggi.

Walaupun demikian anda yang tidak mempunyai keahlian teknis untuk membuat aplikasi juga bisa menjalankan bisnis online yang satu ini. Caranya? kembangkan ide dan konsep aplikasi mobile yang matang dan sesuai dengan selera pasar. Anda dapat melakukan riset-riset online, survey pasar dan wawancara untuk mengembangkan konsep tersebut secara matang.

Setelah itu anda dapat membuat aplikasi versi beta dengan menyewa orang yang berpengalaman dalam membuat aplikasi mobile yang sesuai dengan konsep anda secara freelance.

 

11. Membuat eBook dan Audible Book

Jika anda suka menulis namun kurang suka menulis artikel yang relatif pendek, dan lebih suka menulis karya yang lebih panjang maka membuat eBook dan Audible Book lebih cocok untuk anda.

Jika anda merasa anda kurang kreatif maka tidak perlu khawatir karena eBook tidak harus berupa cerita fiksi, anda bisa membuat eBook non fiksi yang mengajarkan suatu hal-hal yang unik dan bernilai.

Misalnya dalam buku 100$ Startup yang ditulis oleh Chris Guillebeau diceritakan kisah tentang Brett Kelly penulis Evernote Essential Guide yang menghasilkan ratusan ribu dollar dari eBook mengenai tips dan trik software pencatat populer, Evernote yang ditulisnya tersebut.

 

12. Tawarkan Jasa Virtual Assistant

Virtual assistant memberikan jasa bantuan kepada klien melalui internet untuk melakukan berbagai tugas-tugas seperti mengecek dan membalas email, mengatur jadwal pertemuan, melakukan riset, melakukan tindak lanjut atas suatu pertemuan dan hal-hal administratif lainnya.

Walaupun menjadi asisten virtual tidak akan menghasilkan uang dengan jumlah yang sebanding dengan bisnis online lain seperti toko online atau membuat online course , jika Anda ingin menjadi seorang nomaden digital di kota dengan biaya hidup rendah, menjadi assisten virtual dapat memberikan penghasilan yang lebih dari cukup untuk membayar tagihan anda.

Selama Anda memiliki dasar-dasar yang mencakup program seperti Word, Excel, dan PowerPoint, misalnya, dan anda seorang komunikator yang efektif, yang mampu mempertahankan tenggat waktu, anda mungkin menemukan diri anda mahir sebagai asisten virtual.

 

13. Bisnis Jasa Search Engine Optimization

Jika anda mempunyai pengalaman dan pengetahuan tentang bagaimana cara membuat suatu website berada di peringkat atas Google, Bing dan search engine lainnya maka salah satu bisnis online yang dapat anda jalankan adalah membuat bisnis jasa seach engine optimization atau SEO.

Bisnis jasa SEO dibutuhkan oleh banyak sekali perusahaan-perusahaan yang menginginkan mereka bisa dikenal oleh calon pembeli dan prospek melalui mesin pencarian. Hal tersebut karena pengunjung yang dihasilkan dari mesin pencari bisanya mempunyai kualitas yang lebih baik karena mereka secara aktif mencari informasi yang terkait dengan kata kunci tertentu.

 

14.  Bisnis Template dan Plugin WordPress

Apakah anda tau bahwa WordPress digunakan oleh 60% dari pengguna Content Management System (CMS) dan 30% dari seluruh website yang ada di Internet?

Dari fakta tersebut jelas bahwa banyak sekali orang yang menggunakan WordPress untuk membuat dan menjalankan website mereka.

Template sangatlah penting untuk memudahkan dalam membuat tampilan website yang menarik, fungsional dan memberikan pengalaman pengguna yang baik. Sedangkan plugin sangat penting untuk berbagai aspek pengaturan, menjalankan, meningkatkan kemampuan dan juga meningkatkan penampilan website WordPress.

Jika anda mempunyai keahlian teknis yang cukup atau dapat mencari orang yang mampu bermitra dengan anda untuk membuat template dan/atau plugin WordPress maka anda dapat menghasilkan uang dengan cara ini. Anda dapat membuat template dan/atau plugin tersebut dan kemudian menjualnya melalui EnvatoMarket.

 

15. Bisnis Stock Foto 

Jika anda suka dan mempunyai bakat untuk mengambil foto yang menarik atau video yang bagus untuk digunakan orang lain maka salah satu bisnis online yang dapat anda jalankan untuk menghasilkan uang adalah dengan menjadi fotografer foto stock dan menjual gambar Anda ke perusahaan foto stock seperti ShutterStock atau iStockPhoto.

Dengan menjual foto anda ke website stock foto anda akan mendapatkan royalti setiap kali seseorang melisensikan foto yang anda ambil dan kirim.

Setelah mendapatkan berbagai stock foto yang laku terjual anda dapat mengembangkan bisnis ini dengan membuat website fotografi anda sendiri dan memamerkan karya-karya anda untuk mendapatkan proyek dari perusahaan dengan bayaran yang lebih tinggi.

16. Manfaatkan Program Cashback dan Promosikan 

Apakah anda sering memberi barang atau jasa secara online? atau mungkin anda suka memesan tiket pesawat dan hotel melalui travel agent online? atau membeli pulsa dan membayar listrik secara online?

Jika ya maka anda dapat menghasilkan uang dengan melakukan hal-hal tersebut. Caranya anda hanya perlu mendaftar program Cashback dari Shopback. Program Shopback memberikan anda cashback dengan persentase tertentu dari setiap pembelian anda.

Selain itu anda juga dapat menghasilkan uang tambahan jika anda mereferensikan program tersebut kepada teman anda dan menggunakannya untuk berbelanja online. Sebagai catatan, jika anda mendaftar melalui link berikut (Shopback) anda akan mendapatkan bonus Rp. 25.000 hanya dengan mendaftarkan diri anda dan tambahan bonus Rp. 20.000 setelah melakukan pembelian pertama!

 

17.  Bisnis Pembuatan dan Manajemen Website

Saat ini penggunaan internet sudah semakin meluas dan merakyat, tetapi disisi lain masih banyak sekali bisnis kecil dan menengah yang tidak mempunyai website atau profil online apapun yang dapat menjelaskan bisnis atau produk yang mereka tawarkan dengan cukup baik.

Hal tersebut sangatlah disayangkan karena saat ini banyak sekali orang yang mencoba mencari informasi bisnis atau produk melalui internet terlebih dahulu sebelum mengunjungi toko atau melakukan pembelian.

Salah satu alasan umum mengapa bisnis kecil dan menegah tidak mempunyai website yang cukup baik adalah kurangnya pengetahuan mereka tentang bagaimana mudahnya membuat website saat ini. Sedangkan alasan kedua adalah tidak adanya orang untuk mengatur website yang mereka buat.

Jika anda mempunyai kemampuan untuk membuat website dan/atau menjalankan website maka anda dapat menawarkan jasa tersebut kepada bisnis kecil dan menengah. Sebagai tambahan penghasilan anda tidak hanya akan memperoleh uang dari jasa pembuatan dan/atau manajemen website, anda juga bisa mendapatkan uang dari program sampingan sebagai reseller hosting.

 

18. Sewakan Kamar atau Apartemen Kosong di Airbnb

Jika anda mempunyai kamar atau apartemen yang kosong AirBnB adalah cara terbaik untuk menghasilkan uang tambahan dari Internet.

Tetapi jangan salah paham dengan berpikir bahwa hal ini dapat menjadi sumber penghasilan pasif dan mudah. Anda harus menghabiskan waktu untuk berkomunikasi dengan tamu dan anda juga harus selalu menjaga kebersihan tempat untuk tamu anda.

Tuan rumah atau apartemen di Jakarta yang menyewakan kamarnya di Airbnb dapat menghasilkan uang Rp. 9 jutaan.

19. Buat Website Yang Nampung Karya Menarik Anda Dan Terima Donasi Dengan Patreon

Patreon adalah situs web yang mengambil tradisi orang-orang kaya yang membiayai seni dari uang mereka (seperti zaman Renaissance atau zaman Yunani) dan menggabungkannya dengan crowdfunding.

Hasilnya sekarang orang biasapun dapat memberikan dukungan finansial kepada orang-orang yang pekerjaannya mereka nikmati. Misalnya seorang penulis novel independen di website mereka, musisi indie yang menggungah lagu dan video mereka, atau komikus yang menghasilkan komik menarik.

Jika anda seseorang yang kreatif dan mempunyai fokus untuk membangun hubungan dengan audiens anda untuk melibatkan mereka dan mendorong perkembangan anda, Patreon dapat menjadi cara yang tepat untuk hal itu!

Amanda Palmer, seorang musisi independen, menghasilkan sekitar $ 83.000 dari para pendukung Patreonnya per karya kreatif yang ia rilis. (ia sebelumnya memiliki audiens yang sangat besar sebelum ia memulai halaman Patreon – ia adalah seorang musisi yang melakukan hal-hal besar yang diproduksi perusahaan rekaman tradisional untuk sementara waktu dan dia membina audiensnya secara online selama bertahun-tahun.) Contoh lainnya, the Chapo Trap House Podcast memiliki lebih dari 20.000 pendukung dan menghasilkan sekitar $ 88.000 per bulan.

 

20. Tawarkan Jasa Professional di Situs Freelance

Jika Anda memiliki keterampilan yang bisa dipasarkan dan dapat memberikan suatu jasa professional seperti menerjemahkan, menulis, membuat website, mendesain, melakukan pemasaran, manajemen proyek, mengisi suara, membuat video, mengambil foto dan banyak lagi. Salah satu cara termudah untuk menghasilkan uang tambahan yang lumayan adalah dengan mencari pekerjaan lepas/freelance.

Walaupun freelancing mungkin tidak mempunyai skalabilitas untuk ditingkatkan secara masif seperti toko online, online course, eBook dan beberapa ide bisnis online lain yang telah kami sebutkan diatas, tidak jarang seorang freelancer yang berpengalaman dan mempunyai reputasi baik untuk membangun bisnis freelance yang menghasilkan puluhan atau bahkan ratusan ribu dollar untuk diri mereka sendiri.

>

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here