usaha kopi, bisnis sampingan karyawan kantoran
image credit: pexels.com

Apakah anda merasa gaji anda sebagai karyawan kurang atau kecil? Jika ya, solusinya mulailah melakukan bisnis sampingan. Melakukan usaha sampingan merupakan salah satu solusi gaji karyawan yang kurang atau kecil. Terlebih di era digital seperti saat ini banyak bisnis sampingan untuk karyawan swasta kantoran modal kecil yang dapat dilakukan tanpa menggangu pekerjaan utama.

Meskipun dimulai sebagai sebuah bisnis sampingan, bukan berarti penghasilan yang diberikan oleh bisnis sampingan dapat diremehkan. Tidak sedikit mereka yang kemudian berhasil mengembangkan bisnis sampingan mereka menjadi cukup besar dan menyaingi penghasilan dari pekerjaan utama.

Namun untuk mencapai titik tersebut tentu diperlukan usaha yang keras, kesabaran, ketekunan dan juga semangat untuk terus belajar dan bekerja. Nah jika sobat entrepreneur ingin memulai usaha sampingan sebagai karyawan swasta berikut 10 ide bisnis sampingan untuk karyawan swasta kantoran modal kecil yang telah kami kumpulkan sebagai berikut:

Contoh Ide Bisnis Sampingan Karyawan Kantoran

1. Usaha Makanan Kemasan

usaha makanan kemasan, bisnis sampingan karyawan kantoran
image credit: Photo by Hoang Loc from Pexels

Usaha Keripik pedas, pisang kepok, bawang goreng, rendang kemasan dan sambal kemasan adalah beberapa contoh usaha makanan kemasan yang dapat dijadikan sebagai usaha sampingan karyawan swasta dengan modal kecil.

Meskipun modal yang dibutuhkan untuk memulai terbilang kecil namun potensi pendapatannya tidak dapat diremehkan. Contohnya, bisnis pisang kepok dan keripik pedas bisa meraih puluhan juta perbulannya hanya dengan mengandalkan pemasaran online saja.

Modal yang anda perlukan juga tidaklah banyak karena anda bisa memulai dari dapur anda sendiri dengan menggunakan perlengkapan yang sudah ada. Jika anda mempunyai tambahan modal anda bisa membeli mesin vacuum sealer untuk meningkatkan daya tahan produk anda.

Anda dapat memulai usaha yang satu ini sebagai usaha sampingan dengan menggunakan sistem preorder atau dengan pemasaran online dan keagenan. Kemudian setelah mendapatkan pelanggan dalam jumlah yang cukup lumayan anda bisa mempekerjakan ibu-ibu disekitar rumah anda sebagai tenaga tambahan.

 

2. Usaha Kue Kering

usaha kue kering, usaha sampingan karyawan kantoran
image credit : pexels.com

Banyak sekali jenis kue kering yang laku dijual seperti cookies, nastar, cheese stick dan beragam kue-kue kering lainnya. Kue kering mungkin identik dengan momen khusus seperti lebaran atau natal, tetapi diluar kesempatan itu anda juga bisa menjualnya sebagai hadiah untuk orang lain atau hampers.

Usaha kue kering cocok dilakukan oleh karyawan swasta kantoran dengan modal kecil. Anda bisa memulai bisnis yang satu ini secara sampingan disela-sela kesibukan anda dengan menggunakan sistem preorder. Kemudian anda bisa membuatnya diwaktu senggang anda atau dengan mempekerjakan karyawan paruh waktu.

 

 

3. Usaha Thai Tea

usaha thai tea, bisnis sampingan karyawan kantoran modal kecil
bisnis thai tea modal 5 juta

Jika kamu lebih senang dengan bisnis yang mempunyai turnover tinggi maka usaha thai tea dapat menjadi pilihan bisnis sampingan karyawan kantoran seperti kamu. Bisnis thai tae dapat dimulai dengan modal kecil dan mempunyai turnover yang tinggi dimana setiap harinya kamu bisa menjual puluhan sampai ratusan gelas asalkan kamu membuka usaha di lokasi yang ramai.

Kelebihan lain dari bisnis yang satu ini adalah sistem kerjanya yang sederhana sehingga kamu tidak memerlukan tenaga kerja terampil untuk menjadi karyawan kamu, dan pelatihannya pun dapat dilakukan hanya dalam satu dua hari.

Jika kamu mempunyai resep dan cara membuat thai tea yang enak ada baiknya jika kamu membuka brand sendiri dengan membuat konsep yang berbeda. Jika cukup berhasil kamu bisa mengembangkan usaha kamu dengan pesat dengan membuka peluang kemitraan kepada masyarakat luas.

 

4. Usaha Warung Kopi

Menjamur usaha warung kopi saat ini menunjukkan bahwa terdapat pasar yang besar dan berkembang untuk bisnis warung kopi. Bisnis warung kopi dapat menjadi bisnis sampingan karyawan kantoran modal kecil dengan membuka gerai kecil yang fokus kepada penjualan kopi takeaway dan hanya menyediakan tempat terbatas untuk diminum ditempat.

Untuk sukses usaha warung kopi kamu harus mempunyai racikan kopi yang enak, supplier yang dapat diandalkan dan tenaga barista yang handal. Mengingat saat ini sudah sangat banyak warung kopi yang berjualan disetiap sudut kota dengan sistem takeaway ada baiknya kamu memikirkan keunggulan atau ciri khas kamu.

Kamu bisa menyasar pasar yang spesifik dengan mendukung isu yang menjadi perhatian target pasar kamu. Misalnya kamu menargetkan anak-anak muda dan untuk itu kamu mendukung kesadaran sosial dengan memberikan sumbangan kepada anak yatim dari sebagian keuntungan yang kamu peroleh.

 

5. Membuat Blog

blogging, bisnis sampingan karyawan kantoran modal kecilBlogging merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari internet yang sudah terbukti dan teruji sejak lama. Blogging dapat anda lakukan dimana saja dan kapan saja selama kamu mempunyai perangkat untuk menulis dan sambungan internet yang cukup baik.

Kamu tidak memerlukan toko atau karyawan untuk memulai blog sehingga bisnis blogging sangat cocok sebagai usaha sampingan karyawan kantoran dengan modal kecil. Tetapi kamu tetap perlu menginvestasikan beberapa ratus ribu untuk hosting dan juga sewa domain. Sedangkan untuk desainnya kamu bisa menggunakan template WordPress gratis atau membeli template WordPress yang murah melalui Tokopedia

Setelah kamu mendapatkan jumlah pengunjung yang cukup banyak kamu bisa menghasilkan uang dari iklan Adsense, affiliate marketing, berjualan produk digital dan berjualan produk fisik.

 

6. Affiliate Marketing

Seperti blogging, bisnis affiliate marketing sangat cocok untuk dijadikan usaha sampingan bagi karyawan swasta karena fleksibel untuk dijalankan dan juga tidak membutuhkan tempat fisik. Kamu bisa memulai bisnis affiliate marketing dari kamar kamu atau meja dapur kamu dengan modal sebuah handphone dan jaringan internet.

Affiliate marketing menghasilkan uang dari komisi yang diberikan perusahaan kepada mitra affiliate yang mempromosikan produk atau jasa yang mereka tawarkan. Komisi biasanya diberikan jika ada pembeli atau pelanggan yang membeli melalui link khusus yang diberikan oleh perusahaan.

Saat ini sangat banyak perusahaan yang menawarkan peluang affiliate, misalnya ada Tiket.com yang memberikan komisi untuk penjualan tiket pesawat, hotel dan kereta api. Selain itu masih banyak produk-produk atau jasa yang dapat anda promosikan sebagai affiliate.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memulai Affiliate Marketing Untuk Pemula

 

7. Usaha Toko Online

Jika kamu lebih tertarik dengan usaha perdagangan maka salah satu usaha sampingan untuk karyawan kantoran yang cocok untuk kamu adalah usaha toko online. Usaha toko online dapat kamu mulai dengan modal kecil dengan membuka akun di Tokopedia, Shopee atau social media kamu seperti Instagram atau Facebook.

Kamu dapat menjual hampir semua jenis produk di toko online, tetapi terdapat beberapa barang yang lebih laku dijual di toko online seperti aksesoris handphone dan gadget, produk-produk fashion, produk-produk perlengkapan rumah tangga dan juga barang-barang kebutuhan bayi dan anak.

 

8. Usaha Desain Grafis

Jika kamu mempunyai keahlian desain grafis yang cukup baik tidak ada salahnya untuk memulai usaha sampingan dengan keahlian tersebut sebagai modal utama. Untuk memulai usaha desain grafis kamu membutuhkan laptop atau desktop dengan spesifikasi mumpuni dan juga software desain grafis seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan lainnya.

Kamu dapat memulai usaha yang satu ini dengan membuat website portfolio gratis di WordPress atau Blogspot atau membuka akun di DeviantArt. Kemudian kamu bisa menggunggah beberapa contoh karya kamu dan kemudian kamu dapat mulai mencari klien baik dengan sistem door to door atau melalui media online seperti sosial media atau platform freelance online seperti Sribulancer, Fiverr, dan Freelancer.com.

 

9. Jasa Konsultan Profesional

pelanggan setia
image credit : pexels.com

Tidak hanya keahlian desain grafis yang bisa menjadi modal usaha sampingan, keahlian lainnya juga dapat menjadi modal penting dalam memulai usaha sampingan bisnis jasa konsultan. Dalam bisnis jasa konsultan kamu bisa menawarkan jasa mengajarkan suatu keahlian tertentu atau untuk memberikan saran tertentu.

Contohnya kamu mempunyai keahlian dalam menurunkan atua menaikkan berat badan kamu bisa menawarkan jasa konsultasi pengaturan berat badan. Atau kamu mempunyai keahlian dalam membaca cepat maka kamu bisa menawarkan jasa untuk mengajarkan keahlian membaca cepat sebagai konsultan.

 

10. Bisnis Hadiah Unik

Apakah kamu senang membuat sesuatu yang unik, menarik dan mempunyai jiwa kreatif? Jika ya maka salah satu peluang usaha sampingan untuk karyawan kantoran seperti kamu adalah bisnis hadiah unik.

Anda bisa menawarkan jasa membuat berbagai hadiah unik seperti explosion box, miniatur set, scrapbook, lukisan potret, lukisan kertas, dan sejenisnya.

Untuk memulai bisnis yang satu ini kamu tidak memerlukan modal besar karena bahan-bahan yang diperlukan tidaklah mahal dan untuk mengerjakan orderannya pun kamu bisa melakukannya di luar waktu kantor seperti pagi atau malam hari dan di waktu akhir pekan.

 

11. Tokopedia ByMe

Apakah kamu senang merekomendasikan suatu barang kepada teman atau kolega anda? Atau kamu senang mencarikan barang terbaik untuk orang lain? Jika jawabannya ya kamu bisa menghasilkan uang dengan Tokopedia ByMe. Tokopedia ByMe adalah program yang memberikan insentif berupa komisi dengan jumlah tertentu kepada mereka yang berhasil menjual suatu barang melalui kode unik yang diberikan.

Anda bisa merekomendasikan suatu barang dan kemudian mereka yang melihat rekomendasi anda bisa membelinya melalui kode unik tersebut. Dan jika mereka membeli maka kamu bisa mendapat komisi yang besarnya bergantung kepada penawaran program.

12. P2P Lending Koinworks

Jika kamu lebih suka menabung dan mendapatkan imbal hasil setiap bulan ketimbang menjalankan suatu bisnis yang mengharuskan untuk menjual sesuatu maka salah satu bisnis sampingan karyawan kantoran yang dapat kamu lakukan adalah berinvestasi di P2P Lending seperti Koinworks.

Berbeda dengan menabung biasa, P2P Lending dapat diibaratkan seperti mengelola suatu bank pribadi kecil dimana anda harus melakukan penilaian terhadap peminjam sebelum meminjamkan uang dan menilai apakah imbal hasil yang diberikan sesuai dengan risiko yang ada.

Keunggulan dari Koinworks adalah besaran unit pinjaman yang kecil yaitu mulai dari Rp. 100 ribu dan kelipatannya. Dengan jumlah tersebut anda bisa mengelola portofolio yang tersebar dan beragam sehingga bisa meminimalisir risiko anda.

Di Koinworks kamu bisa mendapatkan keuntungan sampai 22% setahun untuk pinjaman berisiko dan 14% untuk pinjaman yang aman. Selain itu Koinworks juga sudah terdaftar dan mempunyai izin Otoritas Jasa Keuangan sehingga legal dan sesuai hukum.

Jika kamu tertarik mencoba Koinworks kamu bisa mendaftar dan mendapatkan bonus senilai Rp. 350,000 untuk investasi kamu melalui link ini daftar Koinworks (harus di handphone).

 

13. Bisnis Aplikasi Mobile

Apakah kamu tau jika nilai ekonomi pasar aplikasi mobile diprediksi akan mencapai USD 6.3 triliun pada tahun 2021? Besarnya nilai pasar tersebut tidak terlepas dari semakin besarnya basis pengguna smartphone dan banyaknya waktu yang dihabiskan pengguna smartphone.

Anda dapat menghasilkan uang dari bisnis aplikasi mobile dengan mendapatkan iklan dari Google Adsense atau menjual versi premium dan pro untuk Apps Store. Bisnis aplikasi mobile dapat dijalankan sebagai usaha sampingan karena kamu bisa membuat aplikasi kamu sendiri diwaktu senggang atau jika kamu mempunyai ide yang bagus kamu bisa bermitra dengan programmer untuk pelaksanaan teknisnya.

 

14. Bisnis Konsultan Media Sosial

Saat ini media sosial tidak hanya menjadi sarana untuk berekpresi dan berkomunikasi dengan teman-teman anda, media sosial merupakan salah satu sarana iklan dan hubungan masyarakat yang sangat penting untuk banyak perusahaan dan bisnis.

Hal tersebut tidak terlepas dari semakin banyaknya pengguna sosial media yang sudah melebihi 50% penduduk Indonesia dan rata-rata menghabiskan 2 jam untuk bermedia sosial.

Nah jika kamu mempunyai keahlian dalam pembuatan konten atau merancang strategi pemasaran media sosial kamu bisa menawarkan jasa tersebut kepada perusahaan dan bisnis yang ingin meraih sukses dari upaya pemasaran media sosial mereka.

 

15. Bisnis Reparasi Smartphone

Apakah kamu senang mengutak-atik elektronik? gemar melakukan root, menambah custom room, atau memperbaiki bug smartphone anda? Jika ya anda bisa memulai usaha sampingan bisnis reparasi smartphone.

Anda bisa memulai usaha ini sebagai usaha sampingan karena anda bisa mengumpulkan pesanan jasa melalui media internet atau dari teman-teman anda. Kemudian anda bisa mengerjakannya dirumah saat malam hari, pagi hari atau di akhir pekan.

 

16. Jasa Menulis Freelance

Salah satu alternatif ide bisnis anak muda bagi anda yang senang menulis dan ingin menghasilkan uang dengan segera adalah dengan memulai bisnis jasa menulis freelance.

Jasa menulis yang dapat anda tawarkan bisa berupa pembuatan artikel website, ebook, penulisan kreatif, tulisan akademik, copywriting dan penulisan bisnis. Anda bisa memulai dengan mencari pekerjaan dari situs-situs freelance marketplace seperti Upwork, Freelancer, Fiverr dan lainnya.

 

17. Bisnis Jasa SEO

SEO atau Search engine Optimization adalah praktik-praktik untuk meningkatkan optimisasi website dan konten untuk mendapatkan rangking tinggi di mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dan lainnya.

SEO sangatlah penting karena 40% sumber traffic berasal dari referal search engine Google dan traffic dari mesin pencari mempunyai tingkat relevansi yang lebih tinggi daripada traffic yang berasal dari media sosial. Artinya pengunjung dari mesin pencari mempunyai kemungkinan yang lebih tinggi akan ketertarikan mereka atas suatu topik tersebut, dan untuk membeli sesuatu terkait hal tersebut.

Jika kamu dapat memahami praktik terbaik SEO dengan membangun website sendiri dan meningkatkan rangkingnya untuk meraih halaman satu Google untuk kata kunci yang bersaing maka kamu bisa menawarkan jasa kamu untuk berbagai perusahaan yang ingin mudah ditemukan di Google.

 

18. Bisnis Barang Handmade

Membuat kreasi yang unik dan kreatif dan kemudian memasarkannya adalah inti dari bisnis barang handmade. Kedua kegiatan tersebut saat ini dapat dilakukan tanpa harus terikat pada suatu waktu tertentu dengan menggunakan media online.

Oleh karena itu bisnis barang handmade dapat menjadi usaha sampingan untuk karyawan kantoran yang sibuk di waktu pagi dan siang. Untuk memulai bisnis ini Anda dapat membuat dan menjual berbagi barang handmade seperti perhiasan, tas, dekorasi rumah, sarung bantal, produk kerajinan kayu atau tekstil lainnya. Jika anda ingin mempelajari lebih jauh tentang bisnis barang handmade anda bisa membaca artikel di bawah ini.

Terkait : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Handmade Dalam 4 Langkah

 

19. Bisnis Laundry 

Bisnis laundry adalah bisnis lain dapat dijalakan sebagai usaha sampingan untuk karyawan kantoran yang memiliki modal lebih. Anda memerlukan pegawai, mesin cuci, tempat usaha, timbangan dan rak untuk memulai usaha ini. Kelebihan dari usaha laundry adalah potensi pendapatan perharinya yang cukup tinggi dan dapat diandalkan, selain itu kamu juga dapat mengembangkan kapasitas bisnis laundry dengan cukup mudah.

 

20. Bisnis Merangkai Bunga

Banyak berbagai momen yang akan lebih spesial dengan hadiah bunga seperti wisuda, ulang tahun, dan anniversary kekasih. Jika kamu mempunyai kreativitas, dan mempunyai keahlian pemasaran anda bisa memulai bisnis merangkai bunga sebagai bisnis sampingan anda.

Anda bisa memfokuskan kepada penerimaan order melalui media online dan anda dapat mengerjakan order disaat waktu senggang atau dengan bermitra dengan ibu-ibu sekitar dengan skema paruh waktu yang sudah anda training terlebih dahulu.

Please follow and like us:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here