usaha kopi, bisnis sampingan karyawan kantoran
image credit: pexels.com

Apakah anda merasa gaji anda sebagai karyawan kurang atau kecil? Jika ya, solusinya mulailah melakukan bisnis sampingan. Melakukan usaha sampingan merupakan salah satu solusi gaji karyawan yang kurang atau kecil. Terlebih di era digital seperti saat ini banyak bisnis sampingan untuk karyawan swasta kantoran modal kecil yang dapat dilakukan tanpa menggangu pekerjaan utama.

Meskipun dimulai sebagai sebuah bisnis sampingan, bukan berarti penghasilan yang diberikan oleh bisnis sampingan dapat diremehkan. Tidak sedikit mereka yang kemudian berhasil mengembangkan bisnis sampingan mereka menjadi cukup besar dan menyaingi penghasilan dari pekerjaan utama.

Namun untuk mencapai titik tersebut tentu diperlukan usaha yang keras, kesabaran, ketekunan dan juga semangat untuk terus belajar dan bekerja. Nah jika sobat entrepreneur ingin memulai usaha sampingan sebagai karyawan swasta berikut 10 ide bisnis sampingan untuk karyawan swasta kantoran modal kecil yang telah kami kumpulkan sebagai berikut:

1. Usaha Makanan Kemasan

usaha makanan kemasan, bisnis sampingan karyawan kantoran
image credit: Photo by Hoang Loc from Pexels

Usaha Keripik pedas, pisang kepok, bawang goreng, rendang kemasan dan sambal kemasan adalah beberapa contoh usaha makanan kemasan yang dapat dijadikan sebagai usaha sampingan karyawan swasta dengan modal kecil.

Meskipun modal yang dibutuhkan untuk memulai terbilang kecil namun potensi pendapatannya tidak dapat diremehkan. Contohnya, bisnis pisang kepok dan keripik pedas bisa meraih puluhan juta perbulannya hanya dengan mengandalkan pemasaran online saja.

Modal yang anda perlukan juga tidaklah banyak karena anda bisa memulai dari dapur anda sendiri dengan menggunakan perlengkapan yang sudah ada. Jika anda mempunyai tambahan modal anda bisa membeli mesin vacuum sealer untuk meningkatkan daya tahan produk anda.

Anda dapat memulai usaha yang satu ini sebagai usaha sampingan dengan menggunakan sistem preorder atau dengan pemasaran online dan keagenan. Kemudian setelah mendapatkan pelanggan dalam jumlah yang cukup lumayan anda bisa mempekerjakan ibu-ibu disekitar rumah anda sebagai tenaga tambahan.

 

2. Usaha Kue Kering

usaha kue kering, usaha sampingan karyawan kantoran
image credit : pexels.com

Banyak sekali jenis kue kering yang laku dijual seperti cookies, nastar, cheese stick dan beragam kue-kue kering lainnya. Kue kering mungkin identik dengan momen khusus seperti lebaran atau natal, tetapi diluar kesempatan itu anda juga bisa menjualnya sebagai hadiah untuk orang lain atau hampers.

Usaha kue kering cocok dilakukan oleh karyawan swasta kantoran dengan modal kecil. Anda bisa memulai bisnis yang satu ini secara sampingan disela-sela kesibukan anda dengan menggunakan sistem preorder. Kemudian anda bisa membuatnya diwaktu senggang anda atau dengan mempekerjakan karyawan paruh waktu.

 

 

3. Usaha Thai Tea

usaha thai tea, bisnis sampingan karyawan kantoran modal kecil
bisnis thai tea modal 5 juta

Jika kamu lebih senang dengan bisnis yang mempunyai turnover tinggi maka usaha thai tea dapat menjadi pilihan bisnis sampingan karyawan kantoran seperti kamu. Bisnis thai tae dapat dimulai dengan modal kecil dan mempunyai turnover yang tinggi dimana setiap harinya kamu bisa menjual puluhan sampai ratusan gelas asalkan kamu membuka usaha di lokasi yang ramai.

Kelebihan lain dari bisnis yang satu ini adalah sistem kerjanya yang sederhana sehingga kamu tidak memerlukan tenaga kerja terampil untuk menjadi karyawan kamu, dan pelatihannya pun dapat dilakukan hanya dalam satu dua hari.

Jika kamu mempunyai resep dan cara membuat thai tea yang enak ada baiknya jika kamu membuka brand sendiri dengan membuat konsep yang berbeda. Jika cukup berhasil kamu bisa mengembangkan usaha kamu dengan pesat dengan membuka peluang kemitraan kepada masyarakat luas.

 

4. Usaha Warung Kopi

Menjamur usaha warung kopi saat ini menunjukkan bahwa terdapat pasar yang besar dan berkembang untuk bisnis warung kopi. Bisnis warung kopi dapat menjadi bisnis sampingan karyawan kantoran modal kecil dengan membuka gerai kecil yang fokus kepada penjualan kopi takeaway dan hanya menyediakan tempat terbatas untuk diminum ditempat.

Untuk sukses usaha warung kopi kamu harus mempunyai racikan kopi yang enak, supplier yang dapat diandalkan dan tenaga barista yang handal. Mengingat saat ini sudah sangat banyak warung kopi yang berjualan disetiap sudut kota dengan sistem takeaway ada baiknya kamu memikirkan keunggulan atau ciri khas kamu.

Kamu bisa menyasar pasar yang spesifik dengan mendukung isu yang menjadi perhatian target pasar kamu. Misalnya kamu menargetkan anak-anak muda dan untuk itu kamu mendukung kesadaran sosial dengan memberikan sumbangan kepada anak yatim dari sebagian keuntungan yang kamu peroleh.

 

5. Membuat Blog

blogging, bisnis sampingan karyawan kantoran modal kecilBlogging merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari internet yang sudah terbukti dan teruji sejak lama. Blogging dapat anda lakukan dimana saja dan kapan saja selama kamu mempunyai perangkat untuk menulis dan sambungan internet yang cukup baik.

Kamu tidak memerlukan toko atau karyawan untuk memulai blog sehingga bisnis blogging sangat cocok sebagai usaha sampingan karyawan kantoran dengan modal kecil. Tetapi kamu tetap perlu menginvestasikan beberapa ratus ribu untuk hosting dan juga sewa domain. Sedangkan untuk desainnya kamu bisa menggunakan template WordPress gratis atau membeli template WordPress yang murah melalui Tokopedia

Setelah kamu mendapatkan jumlah pengunjung yang cukup banyak kamu bisa menghasilkan uang dari iklan Adsense, affiliate marketing, berjualan produk digital dan berjualan produk fisik.

 

6. Affiliate Marketing

Seperti blogging, bisnis affiliate marketing sangat cocok untuk dijadikan usaha sampingan bagi karyawan swasta karena fleksibel untuk dijalankan dan juga tidak membutuhkan tempat fisik. Kamu bisa memulai bisnis affiliate marketing dari kamar kamu atau meja dapur kamu dengan modal sebuah handphone dan jaringan internet.

Affiliate marketing menghasilkan uang dari komisi yang diberikan perusahaan kepada mitra affiliate yang mempromosikan produk atau jasa yang mereka tawarkan. Komisi biasanya diberikan jika ada pembeli atau pelanggan yang membeli melalui link khusus yang diberikan oleh perusahaan.

Saat ini sangat banyak perusahaan yang menawarkan peluang affiliate, Tokopedia misalnya menawarkan komisi affiliate dengan nama ByMe, kemudian ada Tiket.com yang memberikan komisi untuk penjualan tiket pesawat, hotel dan kereta api. Selain itu masih banyak produk-produk atau jasa yang dapat anda promosikan sebagai affiliate.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memulai Affiliate Marketing Untuk Pemula

 

7. Usaha Toko Online

Jika kamu lebih tertarik dengan usaha perdagangan maka salah satu usaha sampingan untuk karyawan kantoran yang cocok untuk kamu adalah usaha toko online. Usaha toko online dapat kamu mulai dengan modal kecil dengan membuka akun di Tokopedia, Shopee atau social media kamu seperti Instagram atau Facebook.

Kamu dapat menjual hampir semua jenis produk di toko online, tetapi terdapat beberapa barang yang lebih laku dijual di toko online seperti aksesoris handphone dan gadget, produk-produk fashion, produk-produk perlengkapan rumah tangga dan juga barang-barang kebutuhan bayi dan anak.

 

8. Usaha Desain Grafis

Jika kamu mempunyai keahlian desain grafis yang cukup baik tidak ada salahnya untuk memulai usaha sampingan dengan keahlian tersebut sebagai modal utama. Untuk memulai usaha desain grafis kamu membutuhkan laptop atau desktop dengan spesifikasi mumpuni dan juga software desain grafis seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan lainnya.

Kamu dapat memulai usaha yang satu ini dengan membuat website portfolio gratis di WordPress atau Blogspot atau membuka akun di DeviantArt. Kemudian kamu bisa menggunggah beberapa contoh karya kamu dan kemudian kamu dapat mulai mencari klien baik dengan sistem door to door atau melalui media online seperti sosial media atau platform freelance online seperti Sribulancer, Fiverr, dan Freelancer.com.

 

9. Jasa Konsultan

pelanggan setia
image credit : pexels.com

Tidak hanya keahlian desain grafis yang bisa menjadi modal usaha sampingan, keahlian lainnya juga dapat menjadi modal penting dalam memulai usaha sampingan bisnis jasa konsultan. Dalam bisnis jasa konsultan kamu bisa menawarkan jasa mengajarkan suatu keahlian tertentu atau untuk memberikan saran tertentu.

Contohnya kamu mempunyai keahlian dalam bersosial media maka kamu bisa menawarkan jasa konsultasi pemasaran sosial media. Atau kamu mempunyai keahlian dalam membaca cepat maka kamu bisa menawarkan jasa untuk mengajarkan keahlian membaca cepat sebagai konsultan.

 

 

 

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here