peluang usaha bisnis yang menjanjikan di tahun 2020
image credit : pexels.com

Apa kamu bingung peluang usaha dan bisnis yang menjanjikan di tahun 2020? Jika ya dapatkan inspirasi usaha untuk tahun 2020 disini. Tahun yang baru sering digunakan menjadi momentum untuk memulai sesuatu yang baru atau memperbaiki keadaan yang lama menjadi lebih baik. Memulai bisnis baru yang menjanjikan adalah salah satu keinginan yang sering muncul dengan momen baru tersebut.

Sebelum memulai usaha atau bisnis baru di tahun 2020 ada baiknya untuk melihat berbagai perkembangan teknologi, trend dan arah pertumbuhan yang dapat mempengaruhi kondisi bisnis tersebut di tahun 2020, berikut 10 peluang usaha bisnis yang menjanjikan di tahun 2020.

 

1. Konsultan Implementasi dan Support Software 

bisnis konsultan software, bisnis yang menjanjikan di tahun 2020
image credit : pexels.com

Perkembangan teknologi yang begitu pesat saat ini telah membawa berbagai perubahan yang memudahkan hidup dan meningkatkan produktivitas. Namun manfaat tersebut hanya dapat diperoleh apabila dilakukan implementasi yang baik terhadap teknologi baru tersebut. 

Salah satu teknologi yang krusial dalam berbagai operasional bisnis dan industri adalah penggunaan software yang tepat dan efektif. Dengan menggunakan software terkini yang tepat suatu bisnis dapat meningkatkan produktivitas dan menjadi sumber data untuk mengambil keputusan yang tepat. Namun untuk mengimplementasikan software terkini tidaklah mudah, kebanyakan bisnis mempunyai kapabilitas yang tidak mumpuni untuk melakukannya sendiri. 

Peran konsultan implementasi dan support software disini adalah menjawab kebutuhan akan bisnis yang membutuhkan implementasi dan support software secara tepat dan efektif. Semakin besarnya tekanan perubahan teknologi dan potensi pertumbuhan dari adopsi software yang tepat menjadikan bisnis konsultan implementasi dan support software menjadi salah satu satu bisnis yang menjanjikan di tahun 2020.

 

2. Perencana dan Konsultan Pernikahan

konsultan pernikahan, peluang usaha bisnis yang menjanjikan di tahun 2020
image credit : pexels.com

Pernikahan merupakan satu peristiwa penting dalam fase kehidupan sebagian besar orang. Tidak heran jika banyak orang yang kemudian rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk melangsungkan sebuah resepsi pernikahan. Terlebih karena masih tingginya ekpektasi dan tekanan sosial untuk mengadakan pernikahan dengan jumlah tamu yang tidak sedikit dengan tema dan dekorasi yang mengesankan.

Dari sisi demografi, Indonesia saat ini sedang mengalami bonus demografi dimana jumlah penduduk usia muda dan produktif lebih banyak daripada usia non-produktif, yaitu penduduk usia sekolah dan pensiunan. Selain itu dari sisi ekonomi, penduduk Indonesia sedang mengalami pertumbuhan penduduk kelas menengah yang mempunyai uang lebih banyak untuk berbagai kebutuhan sekunder dan tersier.

Melihat berbagai kondisi tersebut bisnis sebagai perencana dan konsultan pernikahan patut dilirik sebagai salah satu usaha dan bisnis yang menjanjikan di tahun 2020. Memulai bisnis perencana dan konsultan pernikahan tidaklah mudah, kamu harus mempunyai keahlian perencanaan yang bagus, ketelitian, kemampuan komunikasi serta integritas yang tinggi. Kelebihannya bisnis yang satu ini tidak membutuhkan modal yang terlampau besar, modal utama kamu adalah keahlian untuk bisa mendapatkan kepercayaan dari klien untuk mengurus salah satu acara terpenting dalam hidup mereka.

 

3. Konsultan Keamanan Siber

datacenterPenggunaan teknologi informasi yang sangat masif di era digital seperti sekarang tidak hanya memudahkan hidup dan meningkatkan produktivitas, terdapat sisi lain dari masifnya penggunaan teknologi informasi yaitu semakin pentingnya keamananan siber dalam berbagai operasional perusahaan.

Pentingnya keamanan siber tercermin dengan semakin ketatnya peraturan pemerintah mengenai sistem dan informasi elektronik yang mewajibkan setiap perusahaan yang mengelola sistem elektronik untuk menjaga keamanan sistem mereka. Kegagalan untuk melaksanakan kewajiban tersebut dapat berakibat pada pengenaan sanksi administrasi yang berat.

Melihat semakin ketatnya pengaturan pemerintah dan juga pentingnya peranan sistem elektronik dalam berbagai bidang bisnis saat ini bisnis konsultan keamanan siber menjadi semakin dibutuhkan dan mempunyai prospek yang cerah untuk dapat berkembang di tahun 2020. Untuk memulai usaha yang satu ini kamu harus mempunyai keahlian yang mendalam dalam infrastruktur keamanan sistem elektronik dan mempunyai beberapa sertifikat yang menjadi bukti keahlian kamu tersebut.

 

4. Affiliate Marketing

Jika kamu senang membuat review suatu barang atau merekomendasikan suatu jasa kepada orang lain maka salah satu bisnis yang menjanjikan di tahun 2020 yang dapat kamu lakukan adalah bisnis affiliate marketing.

Bisnis affiliate marketing saat ini semakin menjanjikan karena semakin banyaknya orang yang terbiasa berbelanja barang atau jasa melalui internet. Selain itu semakin banyak juga perusahaan yang menawarkan kerjasama affiliate baik untuk pasar global maupun pasar domestik.

Tidak hanya itu affiliate marketing merupakan industri yang tumbuh pesar dengan pertumbuhan global rata-rata 10% pertahun dengan nilai pasar mencapai USD 12 milyar. Melihat Indonesia merupakan salah satu pasar yang mempunyai tingkat pertumbuhan ekonomi digital yang tinggi affiliate marketing mempunyai potensi yang masih sangat besar dan menjanjikan.

 

5. Vlogger

Menjadi Youtuber dan Vlogger memang sangat digandrungi akhir-akhir ini. Bahkan cukup banyak anak-anak yang kemudian mempunyai cita-cita untuk menjadi Youtuber. Bisnis Youtube memang sedang naik daun karena semakin terjangkaunya akses internet dan murahnya smartphone. Akibatnya pendapatan Youtuber Indonesia yang top cenderung meningkat sejak beberapa tahun belakangan.

Walaupun terlihat menyenangkan dan mudah, menjadi Youtuber top bukanlah hal yang mudah. Ketatnya persaingan dan besar perbedaan pendapatan yang diraih oleh Youtuber tingkat atas dengan tingkat bawah dan menengah mengharuskan seorang Youtuber mempunyai kreativitas yang tinggi dan konsistensi agar bisa mencapai tingkat pendapatan yang menarik.

 

6. Online Course

Jika kamu mempunyai keahlian yang dapat diajarkan melalui media video, tulisan atau audio maka kamu dapat mempertimbangkan untuk memulai bisnis online course. Bisnis online course termasuk salah satu peluang usaha bisnis yang menjanjikan di tahun 2020 karena faktor teknologi dan perkembangan masyarakat yang semakin terbiasa membeli jasa melalui internet seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Menurut riset Global Industry Analyst sebagaimana dikutip Forbes, industri “E Learning” diprediksi akan tumbuh dari USD 105 milyar pada tahun 2015 menjadi USD 325 milyar pada tahun 2025. Selain itu bisnis E Learning merupakan salah satu industri dengan margin keuntungan yang tinggi dan mempunyai kebutuhan modal yang relatif rendah.

Rintangan pertama untuk memulai bisnis online course terdapat pada penguasaan teknologi, keahlian membuat model kursus yang menarik, praktis dan mudah dimengerti. Selain itu kamu juga harus menguasai teknik-teknik pemasaran online agar dapat sukses di bisnis yang satu ini.

 

7. Konsultan Pemasaran Media Sosial 

Menurut data Hootsuite saat ini sudah terdapat 150 juta pengguna media sosial di Indonesia, atau mencapai 56% dari total populasi. Artinya saat ini sebagian besar orang mempunyai akun media sosial dan aktif dalam salah satu media sosial utama seperti Facebook, Instagram, atau Twitter.

Selain itu waktu yang dihabiskan di media sosial juga terus meningkat dari tahun ke tahun. Ini artinya kebutuhan akan pemasaran media sosial akan terus meningkat dan menjadi semakin penting.

Disisi lain persaingan untuk bisa menonjol dalam pemasaran media sosial semakin ketat dan membutuhkan keahlian tersendiri dalam membuat konten dan berinteraksi dengan pengikut secara efektif.

Jika kamu mempunyai keahlian dalam melakukan pemasaran media sosial kemungkinan besar kamu dapat menawarkan jasa tersebut kepada perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jasa pemasaran yang efektif dan bernilai tinggi. Oleh karena itu bisnis konsultan pemasaran media sosial termasuk sebagai salah satu peluang usaha dan bisnis yang menjanjikan di tahun 2020.

8. Bisnis Host / Pengalaman AirBnB

Berkembangnya industri pariwisata dan travel saat telah menjadi salah satu faktor positif yang menjadikan bisnis host dan pengalaman di AirBnB salah satu peluang usaha dan bisnis yang menjanjikan di tahun 2020.

Jika kamu mempunyai kamar kosong dirumah, atau apartemen yang berlokasi di kota-kota wisata dan banyak dikunjungi wisatawan atau berada dilokasi yang mempunyai potensi pariwisata maka bisnis host AirBnB cukup menjanjikan untuk dimulai.

Untuk memulainya pun sangat mudah, kamu cukup mendaftar sebagai host melalui link berikut ini: bisnis host AirBnB .

 

9. Rias Pengantin

Seperti yang sebelumnya dijelaskan bahwa bisnis pernikahan merupakan salah satu bisnis yang mempunyai potensi pertumbuhan baik dan cukup menjanjikan karena tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan uang untuk bisa menggelar pernikahan yang sesuai dengan keinginan mereka.

Selain sebagai konsultan pernikahan, bisnis rias pengantin merupakan salah satu bagian dari industri pernikahan yang mempunyai kebutuhan modal kecil dengan potensi pendapatan yang tinggi.

Bisnis yang satu ini sangat menjanjikan karena beberapa pengusaha di bidang ini mengaku bisa balik modal hanya dalam waktu 3-4 bulan saja. Tari Hartono misalnya, perias pengantin ini berhasil memulai bisnis rias pengantin yang omzetnya hingga Rp15 juta tiap bulannya.

 

10. Kosmetik Halal dan Organik

Industri kosmetik tercatat sebagai salah satu industri yang mencatatkan pertumbuhan tinggi, di tahun 2018 pertumbuhannya mencapai 7,3% dan di tahun 2019 pertumbuhan industri kosmetik dipatok hingga 9%.

Tingginya pertumbuhan industri kosmetik didorong dengan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat kelas menengah yang mempunyai uang untuk membeli kosmetik. Industri kosmetik mempunyai potensi pasar yang baik dalam pasar domestik dan juga ekspor.

Kosmetik yang halal dan organik khususnya mempunyai potensi yang sangat menjanjikan karena semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya produk yang halal dan produk yang bebas dari bahan-bahan kimia.

 

11. Bisnis Snack

Bisnis snack masih menjanjikan di tahun 2020. Bisnis yang satu ini memang tidak ada matinya. Trend positif bisnis snack didukung oleh hobi masyarakat Indonesia yang gemar ngemil dalam berbagai kesempatan.

Selain itu bisnis snack mempunyai peluang yang cukup terbuka untuk pemain baru, dan tidak didominasi oleh pemain-pemain besar saja. Jika kamu mempunyai ide snack yang kreatif dan enak maka tidak ada salahnya jika kamu mencoba peruntungan kamu di peluang usaha bisnis yang menjanjikan di tahun 2020 yang satu ini.

 

12. Travel Guide

Semakin digencarkannya pariwisata Indonesia di kancah internasional dan domestik mendorong bisnis travel guide atau tur guide menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan di tahun 2020.

Untuk memulai bisnis travel guide kamu harus mempunyai pengetahuan yang mendalam terkait tempat wisata yang menjadi fokus keahlian kamu, serta keahlian untuk berkomunikasi dengan orang-orang. Akan lebih baik lagi jika kamu mempunyai keahlian bahasa asing seperti Mandarin dan Inggris.

Untuk pemasaran kamu dapat mengandalkan website-website seperti Tripadvisor dan Airbnb untuk menawarkan jasa sebagai travel atau tur guide.

 

Penutup – Peluang Bisnis Yang Menjanjikan Di Tahun 2020

Selain peluang usaha dan bisnis di atas masih ada beberapa bisnis yang cukup menjanjikan di tahun ini seperti bisnis aplikasi dan game, bisnis virtual assistant dan masih banyak lagi. Meskipun bisnis-bisnis diatas menjanjikan untuk beberapa tahun ke depan tapi untuk bisa sukses kamu harus mempunyai keahlian yang cukup dan juga kegigihan untuk berusaha. Sekarang saatnya untuk mulai merencanakan dan mengeksekusi ide bisnis kamu, ide yang bagus bukan penentu utama kesuksesan, eksekusi yang bagus adalah penentu utama kesuksesan bisnis kamu.

 

 

 

 

 

 

Please follow and like us:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here