barang yang paling laku di toko online, produk paling laku di toko online, bisnis toko online
image credit : pexels.com

Bisnis toko online saat ini sudah menjadi suatu aktivitas penting dalam kegiatan ekonomi masyarakat. Hal tersebut berlaku khususnya bagi masyarakat usia muda yang seringkali berbelanja melalui toko online setidaknya satu kali dalam sebulan. Tidak heran jika kemudian bermunculan berbagai sosok pengusaha muda yang sukses dalam bisnis toko online seperti Yasa Singgih, Yukka Harlanda dan Carline.

Melihat kesuksesan tersebut menjadi semakin jelas bahwa bisnis toko online adalah bisnis yang mempunyai prospek cerah dan menguntungkan. Namun tidak semua barang cocok dijual secara online, dan terdapat juga barang yang sangat cocok untuk dijual secara online. Perbedaan karakteristik setiap barang seperti berat, ukuran, dan harga barang kemudian menjadi beberapa contoh faktor penentu mengapa sebagian barang jauh lebih laku dijual secara online dibandingkan dengan barang yang lain.

Jika anda termasuk yang tertarik untuk bisnis toko online maka kemungkinan besar anda juga sempat bertanya-tanya apa saja produk atau barang yang paling laku di toko online? Mengetahui apa saja produk atau barang paling laku di toko online dalam hal ini dapat memberikan ide kepada anda yang masih bingung dalam menentukan apa produk atau barang yang akan anda jual di toko online anda nantinya.

Inspirasi Barang Yang Laku Dijual Online Tahun 2021

Dengan berkembangnya eCommerce di Indonesia saat ini semakin banyak barang yang laku dijual online, jika sebelumnya produk-produk yang laku dijual online terbatas pada produk komoditas dengan harga murah seperti produk fashion dan gadget saat ini hampir semua barang laku dijual online. Contohnya dulu tidak ada yang terpikir untuk berjualan emas batangan secara online tetapi saat ini semakin banyak mereka yang cukup percaya dengan sistem jual beli online hingga berani membeli emas batangan secara online.

Melihat perkembangan tersebut, tidak berarti barang diluar daftar ini tidak akan laku dijual secara online, daftar ini hanyalah rekomendasi kami untuk membantu anda mencari inspirasi apa produk yang dapat dijual secara online atau melalui toko online.

Tanpa menunda lagi berikut inspirasi 17 produk atau barang yang paling laku dijual online atau untuk toko online.

1. Aksesoris Handphone

aksesoris hp, barang yang laku dijual online
aksesoris hp – image credit : pexels.com

Charger HP, casing, screen protector, mount, dan berbagai aksesoris handphone lainnya adalah jenis produk atau barang yang paling laku di toko online. Selain sangat laku dipasaran, kategori produk ini merupakan salah satu produk yang persaingannya juga sangat ketat.

Larisnya aksesoris handphone di bisnis online tidak terlepas dari beberapa keunggulan aksesoris handphone untuk dijual secara online seperti beratnya yang relatif ringan, harga yang terjangkau, variasi produk yang sangat banyak, dan besarnya pasar aksesoris handphone yang luar biasa. Segmen pasar aksesoris handphone didominasi oleh pelanggan usia muda baik pria maupun wanita, dengan besarnya segmen pasar tersebut tidak heran jika aksesoris handphone merupakan produk atau barang yang paling laku di toko online.

Salah barang di kategori ini yang sangat laku dijual misalnya:

Softcase

barang yang laku di jual online softcase hp shopee
barang yang laku di jual online softcase hp shopee

TWS Handphone

tws handphone
tws handphone

2. Pakaian Wanita

Tidak dapat dipungkiri jika semua wanita pasti ingin tampil cantik dan menarik. Dengan besarnya keinginan untuk tampil menarik dan gaya yang lebih kuat untuk wanita maka tidak heran jika pakaian wanita menjadi salah satu produk atau barang yang paling laku dan laris di toko online.

Apalagi untuk segmen pakaian wanita yang pelanggannya lebih sering belanja dibandingkan dengan segmen pakaian pria, tidak sedikit wanita yang bisa berbelanja lebih dari sekali dalam sebulan.

Selain besarnya pasar pakaian wanita, karakteristik lain yang menjadi penyebab larisnya pakaian dewasa adalah barang yang ringan, variasi yang sangat banyak, beragamnya selera pasar, dan dinamisnya pasar pakaian wanita.

Namun perlu diingat bahwa persaingan di pasar pakaian wanita sangatlah ketat dan anda perlu mempunyai suatu keunggulan kompetitif baik berupa harga atau penawaran fokus untuk membuat anda berbeda dari kompetitor.

Salah barang di kategori ini yang sangat laku dijual misalnya:

Daster

 

Sponsored

3. Sepatu

usaha sepatu, barang yang laku dijual online
sepatu laku dijual online – image : pexels.com

Masih terkait dengan segmen fashion, sepatu juga termasuk produk atau barang yang sangat laris dijual di toko online. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya brand-brand lokal yang menjual sepatu melalui media toko online seperti Brodo, Guteninc, Amblefootwear dan masih banyak lagi. Selain karena beratnya yang ringan sepatu juga laris karena sepatu yang dijual di toko online mempunyai kualitas yang baik dengan harga relatif lebih murah.

Baca Juga: 20+ Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Menjanjikan dan Menguntungkan

 

4. Perlengkapan Rumah Tangga

Berbagai perlengkapan rumah tangga yang kecil dan unik seperti payung, keset cendol, tupperware, rak sepatu, gelas dan ketel anti pecah sangat laku dijual di toko online.

Segmen perlengkapan rumah tangga sangat populer dikalangan mama muda dan papa muda yang menyukai barang-barang unik serta bermanfaat untuk rumah. Populernya produk untuk dijual di toko online tidak terlepas dari karakteristik produk yang lebih murah, mudah, dan praktis untuk didapatkan melalui toko online ketimbang dengan berbelanja langsung.

Contoh barang yang laku dijual di kategori ini:

Tempat Penyimpanan

5. Pakaian Bayi dan Anak

baju bayi, barang yang laku dijual online, barang yang laku di toko online
image credit : pexels.com

Larisnya pakaian bayi dan anak di toko online tidak terlepas dari perubahan demografi Indonesia yang semakin banyak penduduk usia muda produktif. Disisi lain penduduk usia muda produktif tersebut merupakan usia yang paling banyak memiliki bayi dan paling banyak berbelanja online.

Dengan kepraktisan belanja online, banyaknya variasi produk, ringannya produk, kategori pakaian bayi dan anak termasuk sebagai jenis produk yang sangat ideal untuk dijual di toko online.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Baju Bayi Modal Kecil Kurang Dari 1 Juta

6. Perlengkapan Bayi

Masih terkait dengan bayi dan anak, perlengkapan bayi seperti gendongan, tas bayi, dan pompa asi juga sangat laku dijual di toko online. Selain praktis, banyak perlengkapan bayi yang hanya dapat dibeli di toko online atau dapat dibeli dengan harga yang lebih murah dibandingkan di toko fisik.

 

7. Mainan dan Hobi

Berbagai jenis mainan mulai dari mainan bayi, anak dan bahkan hobi termasuk sebagai produk atau barang yang laris di toko online. Walaupun banyak sekali jenis mainan yang laku dijual online tetapi mainan yang sangat laris biasanya unik, sulit ditemukan dipasar biasa, dan ringan.

Dengan besarnya pasar mainan dan hobi dan penjualan mencapai ratusan ribu per bulan dan omzet transaksi puluhan miliar perbulan, barang-barang mainan dan hobi termasuk salah satu barang atau produk yang paling laris dijual di toko online.

Beberapa contoh mainan dan hobi yang termasuk barang yang laku dijual online di tahun 2021 antara lain:

  • Hot wheels
  • Lego
  • Drone
  • Mobil R/C Offroad
hot wheels barang yang laku dijual online
hot wheels barang yang laku dijual online

8. Aksesoris Wanita

Sangat banyak wanita muda yang gemar dengan anting, bros, gelang, kalung  dan berbagai aksesoris wanita lainnya. Hal Dengan tingginya permintaan akan produk aksesoris wanita yang cantik dan murah serta karakteristik produknya yang mendukung untuk dijual secara online maka tidak heran jika aksesoris wanita sangat laris dijual di toko online.

Beberapa contoh aksesoris wanita yang laku dijual online seperti:

  • Kacamata fashion
  • Schruncie
  • Cincin korea
  • Softlens

 

9. Tas Wanita

Seperti produk fashion wanita lainnya yang laris di toko online, tas wanita juga termasuk barang yang laku dijual di toko online. Tas wanita sangat laku terutama untuk tas-tas branded yang mempunyai harga ‘miring’ dibandingkan dengan yang dijual di outlet atau di mall-mall. Biasanya para seller mendapatkan supply tas tersebut dengan pergi keluar negeri dan membeli tas branded tersebut dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan di Indonesia untuk kemudian dijual kembali.

 

10. Make Up

Lipstik, pensil alis dan peralatan makeup lain sangat populer dijual di toko online. Make Up biasanya dapat dengan mudah ditemukan di toko online berbasis media social seperti toko online instagram dan facebook.

Tingginya popularitas bisnis toko online produk kecantikan sudah terbukti juga dengan banyaknya artis dan selebriti yang terjun dalam bisnis ini. Mademe Gie merupakan salah satu contoh toko online yang sukses dengan berjualan make up secara online.

madame gie, contoh barang yang laku dijual online
madame gie, contoh barang yang laku dijual online

 

11. Obat Herbal

Dengan penjualan mencapai puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu perbulan untuk berbagai produk-produk herbal seperti penumbuh rambut, penambah nafsu makan, kesuburan dan berbagai masalah kesehatan lainnya, obat herbal termasuk salah satu produk atau barang yang laris di jual di toko online.

Contoh obat herbal yang sangat laku dijual online ditahun 2021:

  • Lian Hua Qing Wei Jiao Nang
  • Teh daun jati
  • Samyun wan
  • Lo Han Kuo Infusion

 

12. Barang dan Aksesoris Gaming

Tidak dapat dipungkiri jika gaming saat ini telah menjadi bagian kehidupan banyak orang. Banyak sekali gamer yang tidak ragu mengeluarkan ratusan ribu atau jutaan rupiah perbulan untuk hobi gamingnya tersebut. Oleh karena itu berbagai barang dan aksesoris gaming seperti gamepad, mouse, keyboard, dan headset gaming merupakan barang yang laku dijual di toko online.

Beberapa contoh barang yang laku dijual di kategori ini adalah:

Mouse Gaming

mouse gaming contoh barang yang laku dijual online
mouse gaming contoh barang yang laku dijual online

13.  Jam Tangan

Jam tangan termasuk barang yang mempunyai banyak sekali pilihan dan jenis, selain itu jam tangan berukuran relatif kecil, dan ringan sehingga ongkos kirimnya murah. Dengan kedua karakteristik tersebut jam tangan cukup laris dijual secara online. Contoh jam tangan yang laku dijual online seperti Bobobird, jam tangan kayu yang dijual di Aliexpress.

 

14. Speaker Portable 

Saat ini semakin banyak orang yang menikmati musik melalui handphone, tetapi kekurangannya speaker bawaan handphone biasanya tidak terlalu bagus. Speaker portable juga berukuran kecil dan ringan sehingga tidak sulit untuk dikirim melalui agen pengiriman. Oleh karena itu speaker portable juga termasuk salah satu produk yang laris dijual online.

 

15. Alat Kesehatan

Pandemi Covid-19 telah mengubah perilaku masyarakat menjadi lebih sadar akan pentingnya kesehatan dan hal ini juga mendorong penjualan alat-alat kesehatan seperti thermometer, masker, pengukur kadar oksigen  dalam darah (Oximeter), tali masker, semprotan sanitizer, dan faceshield.

 

16. Perawatan Kecantikan

Perawatan kecantikan merupakan salah satu produk yang permintaannya terus meningkat seiring dengan naiknya daya beli masyarakat serta meningkatnya keinginan setiap orang untuk selalu tampil menarik.

Tidak hanya itu, pembelian produk perawatan kecantikan umumnya dilakukan secara berkala sehingga setiap pelanggan dapat membeli produk secara rutin setiap bulan. Oleh karena itu produk-produk perawatan kecantikan seperti serum rambut, masker wajah, serum wajah, sabun wajah, obat jerawat dan lain sebagainya sebagai salah satu barang yang laku dijual online.

 

17. Aksesoris Pengendara Motor

Merupakan suatu kenyataan bahwa motor adalah sarana transportasi yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Banyaknya pengguna motor di Indonesia dalam hal ini membuka peluang bagi pasar aksesoris pengendara motor yang sangat besar.

Dengan besarnya pasar pengendara motor di Indonesia, kategori produk aksesoris pengendara motor mempunyai prospek yang baik dan termasuk sebagai salah satu barang yang laku dijual online.
Beberapa contoh barang yang laris dijual di toko online pada kategori aksesoris pengendara motor antara lain:

  • Masker pengendara motor;
  • Helm;
  • Sarung tangan;
  • Jaket pengendara motor;
  • Jas hujan;
  • Gembok/Kunci motor.

 

Penutup

Selain rekomendasi 17 kategori barang diatas masih ada berbagai jenis barang yang juga laku dijual di toko online. Namun 17 barang tersebut merupakan jenis barang yang umumnya laku dan laris dijual di toko online.

Bagaimana? apakah anda sudah mendapatkan ide apa yang akan anda jual di toko online anda? Jika ya, selamat! saatnya untuk mengambil langkah selanjutnya, mulailah membuat toko online anda. Jika anda kesulitan dalam membuat toko online, anda dapat menggunakan jasa pembuatan website toko online yang murah dan praktis. Daripada anda menghabiskan waktu untuk membuat website akan lebih baik jika anda bisa langsung berjualan dan mendapat uang.

Sponsored
Artikulli paraprakReview Jurnal Software Akuntansi Untuk UKM Berbasis Cloud
Artikulli tjetër20 Peluang Usaha Sampingan Untuk Karyawan Kantoran
Firman adalah dosen manajemen di Fakultas Ekonomi & Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, internet entrepreneur,dan investor keuangan. Mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam wirausaha, bisnis, usaha kecil dan menengah, entrepreneurship dan manajemen keuangan.

12 KOMENTAR

    • Saya rasa cukup laku selama bentuknya tidak terlalu besar dan berat. Contohnya di Tokopedia produk-produk terkait tour, travel, transport banyak yang sudah membukukan lebih dari ribuan penjualan untuk produk-produk sleeping bag, headlamp, travel bag, dll.

  1. Perilaku konsumen semakin berubah sejak semakin gencarnya branding marketplace, toko ijo, merah, dan orange.
    Barang – barang di atas menurut saya laku nya di marketplace itu. Tapi harus siap dengan strategi untuk mengatasi persaingan harga.

    • Setuju, tanpa strategi yang tepat akan sulit untuk bisa bersaing. Saat ini untuk jualan online tidak cukup hanya pajang gambar dan menulis deskripsi seadanya seperti dulu awal berkembang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini