Beranda Ide Bisnis 20 Peluang Usaha Sampingan Untuk Karyawan Kantoran

20 Peluang Usaha Sampingan Untuk Karyawan Kantoran

216
0

Apakah anda seorang karyawan kantoran yang sedang mencari peluang usaha sampingan? Jika ya anda berada ditempat yang tepat. Dalam artikel ini kami akan membahas apa saja peluang usaha sampingan untuk karyawan kantoran yang bisa anda jalankan disela-sela kesibukan menjalankan tugas-tugas dari kantor.

Sebelum membahas apa saja ide bisnis sampingan yang cocok untuk karyawan kantoran anda harus melihat terlebih dahulu apa minat anda dan apa tujuan anda dalam memulai usaha sampingan. Jika anda mengetahui jawaban yang jelas dari dua pertanyaan tersebut akan jauh lebih mudah untuk memilih apa bisnis sampingan yang cocok untuk anda.

Misalnya jika tujuan anda untuk memulai usaha sampingan adalah untuk mempunyai sumber penghasilan yang lain dari pekerjaan utama anda maka anda dapat memilih ide bisnis yang lebih pasif dengan potensi penghasilan yang juga lebih kecil.

Beda halnya jika anda memulai usaha sampingan untuk membangun “jaminan” kehilangan pekerjaan, atau untuk transisi sebagai pengusaha professional maka peluang usaha sampingan yang tepat adalah peluang usaha yang mempunyai skalabilitas dan tingkat pengembangan yang lebih tinggi.

Begitu juga dengan minat, memilih peluang usaha yang tepat untuk anda akan lebih mudah jika anda sudah mengetahui apa saja minat anda.
Namun, jika anda belum mengetahui apa tujuan dan minat anda dalam memulai usaha sampingan jangan khawatir karena yang perlu anda lakukan hanyalah bertanya kepada diri sendiri mengenai apa yang anda ingin lakukan dan apa yang ingin anda capai.

Tanpa lebih panjang lebar lagi berikut 20 peluang usaha sampingan untuk karyawan kantoran yang dapat anda lakukan.

 

1. Tawarkan Jasa Professional Freelance

usaha sampingan untuk karyawan kantoran, usaha freelance
usaha sampingan untuk karyawan kantoran – freelancer /image credit: pexels.com

Banyak karyawan kantoran yang mempunyai waktu luang cukup banyak, terutama pada malam hari atau pada hari libur. Salah satu usaha sampingan untuk karyawan kantoran yang menggunakan modal waktu tersebut dan dapat memberikan penghasilan tambahan yang lumayan adalah dengan memberikan jasa professional secara freelance.

Dengan menawarkan dan mengambil pekerjaan freelance anda bisa menghasilkan penghasilan tambahan dengan relatif cepat. Terutama jika anda mempunyai skill dan kemampuan yang banyak diperlukan seperti desain grafis, website design, website programming, mobile programming, search engine optimization, dan menulis artikel.

Anda mungkin berpikir bahwa melakukan pekerjaan freelance bukanlah usaha sampingan untuk karyawan kantoran yang dapat dilakukan untuk jangka waktu panjang dan mempunyai potensi ekspansi yang terbatas.

Namun sebenarnya jika anda sudah memiliki portofolio, dan track record yang bagus maka anda dapat memperoleh klien yang loyal. Kemudian setelah mempunyai klien yang loyal anda bisa merekrut karyawan untuk membantu anda dalam mengerjakan pekerjaan freelance yang sebelumnya anda kerjakan sendiri.

 

2. Membuat Online Course

bisnis online course, usaha sampingan untuk karyawan kantoran

Jika anda mempunyai suatu pengetahuan atau skill dan anda senang membantu orang lain mempelajari sesuatu maka usaha online course dapat menjadi usaha sampingan untuk karyawan kantoran seperti anda.

Tidak dapat dipungkiri jika saat ini akses internet semakin cepat dan terjangkau. Perkembangan tersebut mendukung tumbuhnya peluang usaha baru yaitu usaha online course.

Walaupun banyak sekali sumber informasi di Internet yang tersedia secara gratis namun banyak orang yang rela mengeluarkan uang untuk mendapatkan materi pembelajaran yang berkualitas dan mudah dipahami.

Untuk memulai usaha sampingan ini anda dapat membuat video tutorial, contoh dan template material, dan teks instruksi untuk kemudian diupload ke situs-situs online course seperti Udemy, Linkedin Learning, atau bahkan di website anda sendiri.

 

3. Sewakan Kamar atau Apartemen Kosong

Jika anda mempunyai rumah atau apartemen kosong yang berlokasi dekat dengan tempat wisata atau di kota besar maka salah satu peluang usaha sampingan untuk karyawan kantoran yang bisa anda jalankan adalah menjadi host Airbnb.

Hasilnya juga tidak buruk, jika anda menjadi host Airbnb di Jakarta misalnya rata-rata host dapat menghasilkan uang sekitar Rp. 9 jutaan per bulan. Ingin mengetahui lebih lanjut? pelajari melalui tautan ini Airbnb

 

4. Peer to Peer Lending

Amartha Passive Income, ide bisnis 2018, peluang usaha 2018
Amartha Peer to Peer Lending

Walaupun lebih kearah investasi Peer to Peer atau P2P Lending merupakan salah satu bisnis yang harus dipertimbangkan untuk anda yang menginginkan uang tambahan tanpa harus menghabiskan waktu.

P2P Lending juga merupakan salah satu cara terbaik menghasilkan passive income melalui Internet saat ini. P2P Lending memberikan potensi untuk mendapatkan imbal hasil 15%-20% per tahun yang jauh lebih tinggi dari deposito dan bahkan obligasi.

Anda dapat mempelajari lebih jauh mengenai P2P Lending di website Koinworks. Koinworks merupakan platform P2P Lending yang terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Selain itu Koinworks juga menawarkan dana awal investasi yang rendah dan terjangkau, anda dapat berinvestasi dengan modal Rp. 100 ribu saja. Koinworks memberikan keuntungan yang menarik dengan imbal hasil mulai dari 18% pertahun dan untuk investasi grade B anda bisa mendapat imbal hasil sampai 22% pertahun.

Jika anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang Koinworks anda bisa mengunjungi tautan berikut untuk mendapat tambahan Rp. 50.000 investasi pertama anda: Koinworks.

 

5. Usaha Jasa Konsultasi

usaha sampingan untuk karyawan kantoran, bisnis jasa konsultan
image credit : pexels.com

Sebagai karyawan kantoran yang sudah berpengalaman kemungkinan besar anda mempunyai suatu keahlian atau expertise yang mempunyai nilai bagi orang lain.

Misalnya jika anda merupakan seorang karyawan di bagian legal maka anda dapat membuka usaha jasa konsultasi hukum. Contoh lainnya, misalnya anda merupakan karyawan sales dan marketing asuransi yang berprestasi maka anda bisa menawarkan jasa konsultasi strategi marketing dan pemasaran kepada perusahaan-perusahaan.

Dalam bisnis jasa konsultan modal utama anda adalah pengetahuan, keahlian dan jaringan yang anda punya sehingga tidak memerlukan modal besar. Selain itu usaha ini juga dapat anda mulai secara paruh waktu sehingga merupakan usaha sampingan untuk karyawan kantoran yang ideal.

 

6. Bisnis Dropship

Bisnis dropship adalah salah satu peluang usaha sampingan yang tepat untuk karyawan kantoran. Hal tersebut karena bisnis dropship dapat anda lakukan dimanapun anda berada selama anda mempunyai smartphone dan koneksi internet.

Jika anda belum mengetahui seperti apa bisnis dropship anda dapat melihat gambar dibawah ini:

 

usaha sampingan untuk karyawan kantoran, bisnis dropship
dropshipper : usaha sampingan untuk karyawan kantoran

Dalam proses bisnis dropship anda tidak membeli barang terlebih dahulu dari supplier, anda hanya meneruskan suatu order pembeli yang anda dapatkan kepada supplier anda dan supplier yang mengirimkan produk tersebut langsung ke pembeli.

Dengan sistem tersebut modal yang dibutuhkan dalam bisnis dropship sangatlah kecil bahkan anda dapat memulai bisnis dropship tanpa uang sepersenpun. Modal utama anda adalah kemampuan untuk memasarkan dan marketing.

Jika anda tertarik untuk mempelajari langkah-langkah memulai bisnis dropship, anda bisa membaca lebih jauh di artikel Bagaimana Memulai Bisnis Dropship.

 

7. Rental Pompa Asi 

Bisnis pompa asi merupakan salah satu peluang usaha sampingan untuk karyawan kantoran yang sangat cocok untuk perempuan. ASI merupakan asupan gizi paling baik dan penting untuk pertumbuhan bayi. Namun, seiring dengan perkembangan zaman semakin banyak ibu yang selain harus mengurus bayi juga harus bekerja.

Hal ini mengharuskan sang ibu untuk memompa ASI agar bisa tetap memberikan yang terbaik kepada si kecil dan juga bekerja. Untuk memudahkan hal tersebut pompa ASI sangat dibutuhkan.

Tetapi tidak semua pompa ASI cocok dengan keinginan si ibu sedangkan harga pompa ASI yang berkualitas dan bermerek juga cukup mahal. Selain itu masa penggunaannya mutlak diperlukan hanya sampai si kecil berusia 12 bulan saja. Sehingga tidak ekonomis jika harus membeli pompa ASI sendiri.

Oleh karena itu bisnis rental pompa ASI semakin berkembang di daerah kota besar seperti Jakarta. Usaha rental pompa ASI juga tergolong menjanjikan karena tingkat pengembaliannya yang cukup tinggi.

Anda juga dapat mengembangkan bisnis ini dengan menawarkan jasa rental freezer ASI yang juga dibutuhkan oleh ibu menyusui untuk menyimpan cadangan ASI yang sudah dipompa.

 

8. Agen Kudo

Jika anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari berjualan online dengan ribuan produk, pulsa telepon, listrik PLN, BPJS, asuransi, tiket pesawat, menjadi agen rekrut mitra Grab tanpa modal maka usaha sampingan untuk karyawan kantoran yang dapat anda coba adalah menjadi agen Kudo.

Kudo adalah singkatan dari Kios Untuk Dagang Online yang merupakan sebuah perusahaan teknologi yang menciptakan sebuah platform yang memberikan peluang kepada jutaan rakyat Indonesia untuk memiliki peluang usaha dengan menjadi reseller jutaan produk dari berbagai merchant ternama.

usaha sampingan untuk karyawan kantoran, agen kudo

Dengan bergabung di Kudo anda bisa mendapatkan komisi dari berjualan produk-produk di berbagai toko online terkemuka seperti Lazada, Bukalapak, Zalora dan lainnya. Anda juga bisa berjualan pulsa dan lain-lain sebagaimana saya sebutkan diatas.

Untuk perekrutan mitra Grab sendiri Kudo memberikan komisi sebesar Rp. 350 rb per mitra yang direkrut. Anda juga dapat menghasilkan komisi Rp. 275.000 untuk referensi kredit multiguna dari Adira Finance.

Bagaimana cara menghasilkan uang dari Kudo? anda bisa memberikan jasa pembayaran tagihan-tagihan kepada teman-teman dan kolega anda. Anda juga bisa membantu mereka mencari barang-barang yang mereka butuhkan dengan harga murah. Tertarik? Kunjungi tautan berikut untuk mempelajari dan dapatkan bonus komisi Kudo!

 

9. Blogging

usaha sampingan untuk karyawan kantoran, blogging
image credit : pexels.com

Menjadi seorang blogger adalah bisnis yang serius. Contoh paling ekstrimnya The Huffington Post yang sekarang terkenal sebagai internasional media berawal dari blog. Sekarang pendapatannya mencapai $ 2.500.000 (sekitar Rp 32 miliar) per bulannya.

Contoh lain, Mashable.com awalnya adalah blog yang mempunyai tema teknologi dan hal-hal menarik yang ada di Internet. Saat ini Mashable.com dapat meraup $ 600.000 (sekitar Rp. 7,8 miliar) per bulan. (anda bisa liha list lengkap blog internasional penghasilan terbesar disini).

Lalu bagaimana dengan blogger Indonesia? Salah satu blog tersukses berbahasa Indonesia yaitu  Maxmanroe.com diperkirakan mendapat Rp. 50 juta perbulan.

Untuk menghasilkan uang dari blog anda harus memiliki pembaca dalam jumlah besar. Setelah mendapatkan pembaca atau pengunjung dalam jumlah besar anda dapat monetisasi blog anda dengan cara sebagai berikut (atau gabungan dari beberapa):

  • AdSense
  • Jual iklan banner
  • Affiliate marketing
  • menawarkan layanan premium ke anggota
  • berjualan produk fisik atau digital yang relevan dengan blog

Anda bisa memulai blogging secara paruh waktu dengan memanfaatkan waktu-waktu kosong di malam hari atau akhir pekan untuk menulis, membuat strategi monetisasi, atau bahkan membuat produk untuk dijual di blog. Kemudian setelah menghasilkan anda bisa menjalankannya dengan penuh waktu. Oleh karena sifatnya yang dapat dimulai secara paruh waktu tersebut dan fleksibel tersebut blogging merupakan salah satu peluang usaha untuk karyawan kantoran.

 

10. Affiliate Marketing

Apa itu affiliate marketing? Affiliate marketing adalah bisnis dimana anda mendapat uang dari mempromosikan suatu produk atau jasa. Tetapi berbeda dengan penghasilan dari iklan yang berbasis impresi atau klik, penghasilan affiliate marketing didasarkan dari penjualan, pendaftaran atau prospek yang dihasilkan.

strategi pemasaran online affiliate marketing
cara kerja affiliate marketing

Kelebihannya dibanding dengan iklan, persentase pendapatan yang bisa anda dari per klik link affiliate jauh lebih besar daripada pendapatan per klik dari iklan. Untuk produk-produk dengan komisi affiliate besar (seperti theme premium dan produk digital) tidak jarang anda bisa mendapatkan komisi sampai puluhan dollar Amerika.

Salah satu affiliate marketer yang sangat sukses adalah Pat Flynn. Dia bisa mendapat komisi affiliate sampai $ 88.000 per bulannya.

peluang bisnis online, affiliate marketing, penghasilan affiliate marketing

Untuk bisa berbisnis affiliate anda setidak-tidaknya membutuhkan website atau social media untuk menjadi sarana promosi link affiliate anda. Affiliate marketing juga sangat cocok sebagai usaha sampingan untuk karyawan kantoran karena dapat dikerjakan paruh waktu dan tidak terikat tempat.

Tetapi mendapatkan uang dari affiliate marketing juga tidaklah mudah karena anda harus mempunyai traffic website yang banyak dan juga mempelajari berbagai macam cara yang efektif dalam mempromosikan suatu produk. Anda tidak akan mendapatkan hasil yang instan dari affiliate marketing.

Untuk memulai anda bisa membaca lebih jauh dari artikel berikut: Bagaimana Cara Memulai Bisnis Affiliate Marketing Untuk Pemula

11. Bisnis Jasa Social Media Marketing

strategi pemasaran UKM, cara pemasaran UKM dengan modal kecil

Tidak dapat dipungkiri jika jumlah user social media di Indonesia sangatlah banyak. Pada tahun 2016 pengguna Facebook di Indonesia sudah mencapai angka 82 juta orang. Sedangkan pengguna Twitter di Indonesia mencapai angka 50 juta pada tahun 2015. Selain itu rata-rata orang Indonesia menonton video di Youtube hingga lebih dari 1 jam perhari.

Statistik tersebut menunjukkan bahwa peranan social media untuk memasarkan semakin penting saat ini. Buktinya terlihat dari dari banyaknya bisnis kecil yang bisa menjadi besar dengan memanfaatkan pemasaran social media yang efektif seperti Steak Holycow, keripik Maicih, sepatu Brodo, buku anak Rabbithole dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu jika anda senang bermain social media dan menciptakan konten yang menarik untuk pengikut anda maka salah satu usaha sampingan untuk karyawan kantoran yang anda lakukan adalah bisnis jasa social media marketing.

Bisnis jasa social media marketing disini anda dapat menjadi influencer atau selebgram yang menghasilkan uang dari endorse atau kerjasama dengan brand. Atau, anda bisa menghasilkan uang dengan memberikan jasa managemen social media untuk merancang strategi dan implementasi pemasaran social media marketing untuk bisnis dan produk perusahaan lain.

Terkait Panduan Pemula Belajar Social Media Marketing

 

12. Bisnis eBook

Apakah anda senang menulis? Jika ya, tulis dan kemas pengetahuan anda secara menarik dalam sebuah ebook yang membantu pembaca anda mempelajari suatu keahlian baru, mengembangkan karir mereka, menyelesaikan suatu masalah atau meningkatkan kehidupan pribadi mereka.

Atau, anda mempunyai imaginasi yang luas dan dapat menulis dengan kreatif anda dapat menulis cerita fiksi yang menarik dan menghibur pembaca anda.

Hugh Howey adalah satu satu contoh penulis eBook  yang sukses menjual serangkaian buku fiksi ilmiah melalui Amazon Kindle Direct Publishing. Pada satu titik, Hugh dapat menjual 20.000 – 30.000 buku per bulan. Dari penjualan tersebut dia menghasilkan $ 150.000 setiap bulan.

Untuk sukses menjadi seorang penulis ebook anda tidak cukup dengan mampu menulis dengan baik, anda juga harus menguasai pemasaran online agar orang mengetahui dan membeli ebook yang anda tulis.

Dalam memulai usaha eBook anda bisa menggunakan waktu di akhir pekan, malam hari atau pagi hari untuk menulis buku tersebut. Selain itu dengan semakin canggihnya teknologi anda dapat menulis buku dimana saja dengan menggunakan Google Drive, oleh karena itu bisnis eBook termasuk usaha sampingan untuk karyawan kantoran.

 

13. Usaha Fotografi

usaha sampingan untuk karyawan kantoran, jasa fotografi
image credit : pexels.com

a picture worth a thousand word dalam banyak hal kata-kata tersebut benar adanya. Gambar atau foto sangat membantu dalam menyampaikan maksud secara lebih baik. Video bahkan lebih baik lagi daripada sekedar gambar, hal ini terbukti dengan semakin populernya konten video untuk pemasaran website.

Dengan meningkatnya permintaan akan konten website yang baik berupa gambar/foto dan video maka jasa fotografi dan videografi juga semakin cerah peluangnya. Bisnis ini dapat dijalankan diwaktu senggang anda seperti akhir pekan atau di sela-sela waktu kantor anda sehingga cocok sebagai usaha sampingan untuk karyawan kantoran.

Untuk memulai anda perlu membangun portofolio hasil karya anda dan menunjukkannya secara menarik di  blog atau website anda dan di channel Youtube anda. Memulailah membangun portofolio anda dengan menawarkan jasa secara gratis kepada keluarga atau teman anda dan mintalah umpan balik dari mereka.

Namun, anda juga perlu mempelajari terlebih dahulu teknik-teknik fotografi, videografi, dan editing yang cukup untuk bisa memberikan jasa professional. Anda bisa mendapatkan pengetahuan tersebut dari tutorial gratis di Internet, buku ataupun di kursus online.

 

14. Menjadi Youtuber

Sudah bukan rahasia lagi jika Youtuber yang sukses bisa mendapatkan pundi-pundi uang yang tidak sedikit. Jika anda sudah memenuhi syarat untuk menjadi mitra konten Youtube anda dapat menghasilkan uang dari iklan yang ditayang oleh Youtube di video yang anda buat.

Anda bisa mulai membangun jumlah pengikut dan penonton secara sedikit demi sedikit dengan membuat video-video yang menarik dan menghibur di sela-sela waktu anda sebagai karyawan kantoran. Oleh karena itu menjadi Youtuber dapat menjadi usaha sampingan untuk karyawan kantoran.

Bahkan Dan Middleton (atau dikenal sebagai DanTDM) yang menjadi Youtuber dengan penghasilan tertinggi adalah seorang karyawan Tesco. Sekarang Dan Middleton dapat menghasilkan puluhan juta dollar dari videonya yang ditonton oleh ratusan juta orang.

 

15. Bisnis Snack

Peluang usaha kuliner di Indonesia tidak pernah surut, namun banyak yang beragapan bahwa bisnis kuliner mempunyai modal besar. Anggapan tersebut salah besar, ada beberapa peluang usaha kuliner yang hanya membutuhkan modal kecil.

Contohnya usaha snack kemasan, usaha ini merupakan salah satu peluang usaha kuliner yang dapat anda mulai dengan modal 1 juta saja. Modal sebesar satu juga tersebut sudah cukup untuk membeli bahan baku awal serta bahan-bahan untuk membuat kemasan plastik.

Selain itu bisnis usaha snack kemasan juga dapat dijalankan sebagai usaha sampingan untuk karyawan kantoran karena anda dapat mengerjakan pembuatan selama pagi hari atau malam hari dan akhir pekan. Kemudian anda dapat memasarkan produk yang sudah jadi tersebut melalui internet.

Setelah sukses menjual produksi awal anda, anda dapat mengembangkan usaha ini dengan menginvestasikan kembali keuntungannya. Atau anda juga bisa mencari mitra kerja untuk meningkatkan produksi anda.

 

16. Bisnis Toko Online

Sudah bukan rahasia jika bisnis toko online termasuk usaha sampingan untuk karyawan kantoran yang menjanjikan. Sudah banyak sekali karyawan kantoran yang menghasilkan uang serius dari bisnis toko online, bahkan ada juga yang meninggalkan pekerjaan kantoran mereka untuk menekuni bisnis ini dengna lebih serius.

Modal untuk memulai usaha toko online pun relatif kecil, tergantung barang yang anda jual, bisnis toko online bisa dimulai dengan modal 2 juta sampai 10 juta.

Anda bisa berjualan baju, aksesoris, tas, dan perlengkapan rumah tangga lainnya dengan toko online. Untuk pemula anda bisa memulai dengan membuka toko online di online marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Jika anda eksis disocial media instagram atau facebook anda juga bisa memanfaatkan akun social media sebagai tempat untuk berjualan.

Terkait : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Shop

 

17. Bisnis Katering Harian

bisnis katering harian, usaha sampingan untuk karyawan kantoran
image credit : pexels.com

Dengan semakin sibuknya kehidupan perkotaan dan mahalnya biaya makan diluar, jasa katering harian untuk karyawan saat ini semakin berkembang dan meningkat permintaannya.

Jika anda suka memasak dan dapat menghidangkan makanan yang enak maka usaha jasa katering harian dapat menjadi salah satu peluangan usaha rumahan yang menjanjikan.

Selain tidak membutuhkan modal yang besar, usaha jasa katering harian juga mempunyai potensi yang besar dengan kemungkinan bagi anda untuk mengembangkannya menjadi katering acara. Untuk memulai peluang usaha rumahan yang satu ini anda hanya memerlukan dapur, keahlian memasak dan semangat kerja keras untuk memasarkan jasa katering anda.

Usaha katering harian ini dapat menjadi usaha sampingan untuk karyawan kantoran dengan memanfaatkan bantuan tenaga memasak pada pagi hari untuk mempersiapkan makanan yang dipesan pada hari tersebut dan kemudian dapat anda antar kepada pelanggan anda yang berada di sekitar kantor anda.

 

18. Bisnis Agen Jasa Pengiriman

Apakah rumah anda berlokasi ditempat yang mudah dicapai dan strategis? Jika ya, bisnis agen jasa pengiriman dapat menjadi usaha sampingan untuk karyawan kantoran untuk anda. Bisnis agen jasa pengiriman memiliki prospek yang bagus dan termasuk sebagai salah satu dari 7 Bisnis UKM Paling Menguntungkan.

Cerahnya prospek Bisnis agen jasa pengiriman terlihat pada pertumbuhan yang sehat sebesar 30% pada bisnis agen jasa pengiriman. Terlebih lagi bisnis e-commerce yang mempunyai pengaruh besar pada bisnis jasa pengiriman masih bertumbuh pesat.

Untuk memulai bisnis ini sebagai usaha sampingan anda mungkin memerlukan karyawan untuk menjaga kios/stan pengiriman dan untuk mengatur pengiriman.

 

19. Bisnis Aplikasi Handphone

Bisnis aplikasi Handphone adalah bisnis yang besar. Berdasarkan statistik dari Statista nilai pasar dari pasar aplikasi bisnis dan produktivitas mencapai USD 85 miliar, dan pasar aplikasi konsumen mencapai USD 58 miliar. Pasar aplikasi handphone sendiri diprediksi masih terus akan bertumbuh dengan tingkat pertumbuhan 15%-20% pertahun.

Oleh karena itu peluang bisnis aplikasi hp sebenarnya masih bagus. Apalagi jika melihat bahwa suatu aplikasi atau game hp yang meraih kesuksesan besar kemudian dapat dijual kepada perusahaan lain dengan nilai yang fantastis.

Jika anda mempunyai kemampuan programming aplikasi maka bisnis aplikasi smartphone dapat menjadi salah satu pilihan usaha sampingan untuk karyawan kantoran yang anda tekuni.

Bukan berarti anda yang tidak bisa programming tidak bisa menjalankan bisnis ini. Jika anda mempunyai ide aplikasi smartphone yang cemerlang anda bisa menyewa jasa orang lain untuk membuat aplikasi smartphone yang anda inginkan. Untuk itu anda dapat menggunakan situs yang menyediakan jasa pembuatan aplikasi smartphone seperti Fiverr.

usaha sampingan untuk karyawan kantoran, usaha aplikasi handphone
punya ide untuk aplikasi smartphone? buat di Fiverr

 

20. Bisnis Laundry

Jika anda mempunyai modal sebesar Rp. 10 juta – Rp. 20 juta, maka salah satu usaha sampingan untuk karyawan kantoran yang dapat anda lakukan adalah menjalankan usaha laundry.

Dengan modal tersebut anda dapat menyewa kios kecil, perlengkapan seperti meja, timbangan, dan lainnya serta karyawan untuk mencatat, mengatur dan menerima pesanan cuci dari pelanggan. Kemudian dengan sistem keagenan anda dapat meneruskan pesanan cuci pelanggan anda ke workshop yang menangani pencucian baju kotor pelanggan.Biasanya dengan sistem keagenan tersebut anda dapat memperoleh komisi sebesar 20% – 30% dari omzet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here