Beranda Uncategorized Review Jurnal Software Akuntansi Untuk UKM Berbasis Cloud

Review Jurnal Software Akuntansi Untuk UKM Berbasis Cloud

10
0
BERBAGI

Banyak sekali UKM yang mempunyai pembukuan yang tidak rapih dan teratur. Padahal pembukuan yang berantakan dan tidak cermat dapat berakibat fatal. Pembukuan usaha yang buruk berarti menempatkan usaha anda dalam posisi risiko tinggi mengalami kerugian yang besar.

Beberapa kerugian yang dapat terjadi akibat pembukuan yang buruk antara lain:

  • Penggelapan uang oleh karyawan yang tidak/terlambat dideteksi;
  • Pengeluaran usaha yang lebih besar dari seharusnya;
  • Kerugian pembayaran pajak akibat lebih bayar dari yang seharusnya;
  • Terdapatnya pengeluaran yang tidak tercatat;
  • Kerugian akibat adanya tagihan/piutang usaha yang tidak terbayar/terlambat ditagih;
  • Tidak adanya data keuangan untuk mendukung pengambilan keputusan penting (misal: pengurangan belanja persediaan, efisiensi pengeluaran operasional, peningkatan belanja modal);
  • dan masih banyak lagi.

Memang mengatur pembukuan usaha yang baik tidak mudah.. Terutama untuk UKM yang hanya memiliki karyawan sedikit dan tidak ada budget untuk mempekerjakan seorang akuntan profesional.

Namun, di era teknologi yang semakin maju ini tidak harus selalu demikian. Dulu membuat website mustahil dilakukan tanpa bantuan programmer, tetapi dengan adanya CMS seperti WordPress dan theme sangatlah mudah membuat website tanpa mempunyai pengetahuan programming.

Begitu juga di bidang pembukuan, sekarang anda yang tidak memiliki pengetahuan akuntansi yang dalam juga dapat membuat pembukuan yang baik dengan menggunakan software akuntansi untuk UKM yang tepat.

Jurnal adalah satu software akuntasi untuk UKM yang mempunyai fitur-fitur lengkap dan sangat cocok pemilik usaha UKM yang tidak memiliki pengetahuan di bidang akuntansi.

Interface jurnal sangat intuitif dan mudah digunakan, anda dapat mempelajari berbagai fitur-fitur pencatatan keuangan yang diperlukan dalam waktu yang singkat. Selain itu anda juga dapat menemukan tutorial yang lengkap dalam dokumentasi yang disediakan oleh Jurnal. Bahkan jika anda mau anda bisa meminta training gratis (dan migrasi data gratis) dari tim jurnal untuk pelanggan yang sudah berlangganan.

Untuk lebih memudahkan pengguna, Jurnal juga memberikan tuntunan awal pada saat baru memulai. Pada saat baru memulai pengguna akan diarahkan untuk mulai membuat invoice penjualan.

jurnal software akuntansi, software akuntansi murah, software pembukuan ukm, software akuntansi pemula
tampilan dashboard Jurnal yang minimalis dan modern

Untuk membuat invoice penjualan anda hanya perlu memasukkan beberapa informasi penting seperti pelanggan (bisa tulis pelanggan saja jika bukan langganan), tanggal transaksi, syarat pembayaran (tunai, piutang dll), produk, dan harga satuan.

Setelah mencatatkan penjualan tersebut anda akan memperoleh invoice dengan desain dan tampilan yang professional. Sehingga anda dapat melakukan penagihan kepada pelanggan anda secara cepat dan mudah.

jurnal software akuntansi, software akuntansi murah, software pembukuan ukm, software akuntansi pemula
contoh invoice yang dibuat otomatis dengan Jurnal

Selain untuk mencatatkan penjualan anda juga dapat mencatat biaya-biaya seperti gaji pegawai, beban pokok penjualan, transportasi, pemasaran, dan lain-lain. Setelah mencatatkan penjualan dan biaya-biaya anda dapat melihat laporan-laporan seperti laporan laba rugi, neraca, dan arus kas hanya dengan satu klik saja.

jurnal software akuntansi, software akuntansi murah, software pembukuan ukm, software akuntansi pemula
laporan laba rugi Jurnal

Fitur-fitur unggulan lain dari Jurnal adalah dapat dihubungkannya akun Jurnal dengan bank untuk memudahkan rekonsiliasi akun kas dan bank. Anda juga dapat menggunakan Jurnal Pay untuk menerima pembayaran dari pelanggan anda melalui Virtual Account dan Kartu Kredit.

Selain itu karena Jurnal ini berbasis cloud anda tidak memerlukan komputer khusus dan software. Anda juga dapat mengakses laporan dan mencatat laporan dari mana saja dengan menggunakan aplikasi smartphone Jurnal yang tersedia di Apple Store dan Playstore.

Untuk menggunakan Jurnal anda dapat mencoba terlebih dahulu selama 30 hari secara gratis (tanpa Kartu Kredit, atau jaminan apapun) dengan menggunakan link berikut ini.

Coba Jurnal

Jika anda puas dengan fitur Jurnal barulah anda perlu membayar biaya berlangganan sebesar Rp149.000/bulan (paket Starter) atau sebesar Rp279.000/bulan (paket Pro). Biaya tersebut akan ditagihkan secara bulanan dan anda dapat menghentikan langganan anda dengan mudah.

Dari segi biaya, Jurnal sebagai software akuntansi untuk UKM mengenakan harga yang relatif terjangkau untuk pengusaha UKM. Terlebih dengan menggunakan software akuntansi untuk UKM ini seorang pengusaha UKM dapat menghemat biaya antara 20-30% dengan efisiensi pengeluaran-pengeluaran dan juga tenaga kerja.

Baca Juga : 5 Alasan Mengapa Pembukuan Penting Untuk UKM

>

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here