Beranda Marketing 5 Strategi Social Media Marketing Dari Master Internet Marketing

5 Strategi Social Media Marketing Dari Master Internet Marketing

193
0
5 strategi social media marketing, master internet marketing, strategi social media
image credit : pexels.com

Di era sekarang, implementasi strategi Social Media Marketing dalam melakukan suatu pemasaran menjadi suatu hal yang sangat penting. Tidak sedikit bisnis yang dimulai dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal kemudian menjadi bisnis yang besar karena mereka sanggup mengimplementasikan strategi social media marketing secara pintar.

Kisah Jason Stone adalah contoh nyata dari besarnya pengaruh Social Media Marketing dalam dunia bisnis. Jason Stone adalah pendiri Millionaire Mentor, Millionaire Mentor adalah profil Instagram dengan pengikut lebih dari 2.5 juta orang dalam waktu yang singkat. Jason hanya memerlukan 6 bulan untuk mendapatkan 100 ribu pengikut pertamanya, dan 6 bulan berikutnya untuk mencapai angka 1 juta pengikut. Semuanya merupakan pengikut asli yang didapat tanpa menggunakan iklan atau uang marketing.

Keberhasilan Jason Stone dalam social media marketing tidak hanya tercermin dari keberhasilannya mengumpulkan pengikut setia. Jason juga berhasil mengkonversi mereka menjadi suatu bisnis yang sangat menguntungkan. Dengan Millionaire Mentor, Jason Stone telah menciptakan bisnis affiliate marketing yang mempunyai pendapatan jutaan dolar Amerika Serikat setahunnya. Jason Stone dalam 12 bulan terakhir berhasil mendapatkan penjualan lebih dari USD 7 juta  hanya dengan memposting affliate marketing di Millionaire Mentor.

Jason Stone tidak sendirian, masih banyak orang lain yang berhasil membangun bisnis dari pengunaan social media marketing secara cerdik. Contohnya adalah DollarShaveClub yang terkenal dengan marketing video Youtube viral yang kemudian mengubah industri pisau cukur dan pada akhirnya dibeli oleh Unilever seharga USD 1 miliar.

Setelah mengetahui kekuatan dari strategi social media marketing yang cerdik tersebut tentu timbul pertanyaan, apa saja strategi social media marketing yang memberikan hasil? untuk menjawab pertanyaan berikut ini 5 strategi social media marketing dari Jason Stone.

1. Kolaborasi

Keberhasilan Jason Stone membangun Millionaire Mentor tidak terlepas dari Kolaborasi sebagai salah satu strategi social media marketing yang dia terapkan.

Jason Stone mengetahui bahwa melakukan sesuatu secara bersama-sama lebih mudah daripada melakukannya sendiri. Dengan mengaplikasikan konsep Mastermind Group Jason Stone dan 15 orang lainnya meluncurkan KIK group dengan tujuan saling memberikan berinteraksi dan mendorong satu sama lain di social media. Setiap hari anggota dari group tersebut menyapa dan mereferensikan satu sama lain dengan jadwal secara bergantian.

Beberapa anggota dari group tersebut antara lain Tim Karskiyev dari @dailydose, Joe Duncan dari @before5am, Joel Brown dari @addicted2success, Mike Pudzianowski from @motive8co, Brad Cameron @buildyourempire, Peter Boone from @achievetheimpossible, Nathan Chan @foundr and Ruben Chavez @thinkgrowprosper.

Hasilnya? setiap anggota dari group tersebut mendapatkan peningkatan dalam jumlah besar untuk pengikut masing-masing. Dengan keberhasilan tersebut Jason Stone mendapatkan potensi yang lebih besar dengan meningkatnya jangkauan pesan yang diberikan oleh Millionaire Mentor.

 

2. Berikan Nilai Yang Besar

Social Media Marketing adalah suatu pasar yang padat, banyak sekali orang yang berusaha untuk tampil didalamnya. Dengan ketatnya kompetisi tersebut anda memerlukan sesuatu yang berbeda dan nilai besar yang dapat anda tawarkan kepada pengikut anda. Memberikan nilai yang besar kepada pengikut anda tidak hanya memberikan anda kesempatan untuk mempunyai pengikut yang setia tetapi juga untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pengikut anda. Secara umum jika anda sudah memberikan banyak hal kepada pengikut anda maka pengikut anda akan lebih percaya kepada produk yang anda tawarkan atau promosikan.

Untuk Jason Stone dan Millinaire Mentor hal ini berarti memberikan motivasi kepada entrepreneur lain dan memberikan mereka inspirasi untuk maju. Sedangkan untuk anda, anda bisa mencari apa pengetahuan yang berguna dan apa cara yang efektif untuk membagikan pengetahuan tersebut kepada orang lain. Dengan memberikan manfaat yang besar kepada pengikut anda, anda telah menanam benih kebaikan yang kemudian akan membawa kesuksesan jangka panjang.

 

3. Kenali Audience Anda

Seperti apa pengikut yang anda inginkan? bagaimana karakteristik pengikut anda? dan apa yang mereka harapkan dari anda? Menjawab tiga pertanyaan tersebut sangatlah penting. Strategi social media marketing yang efektif memerlukan adanya relevansi yang tinggi antara konten yang anda bagikan dan gaya komunikasi anda terhadap siapa pengikut anda. Hal ini menjadi dasar dari cara membangun hubungan dengan pengikut anda melalui social media.

Semakin jelas siapa audience anda, dan siapa yang anda ingin raih maka semakin besar peluang anda untuk tampil dan meraih sukses. Jika anda tidak mempertimbangkan siapa yang ingin anda raih dan menyesuaikan konten serta gaya komunikasi yang anda adopsi untuk mencoba menarik semua orang maka kemungkinan besar anda tidak akan menarik perhatian siapa-siapa. Jason Stone dan Millionaire mentor dalam hal ini mempunyai target yang spesifik, orang-orang yang tertarik dengan peluang bisnis dan wirausaha.

 

4. Konsisten

Konsisten dalam membuat konten yang menarik dan baru tidaklah mudah, hal ini menjadi salah satu faktor penyebab kegagalan dalam strategi social media. Banyak pelaku social media marketing mempunyai harapan yang besar dan cepat untuk mendapatkan hasil dari social media marketing. Tetapi kenyataannya social media marketing tidaklah selalu memberikan hasil yang instan. Mendapatkan jumlah pengikut yang besar selalu dimulai dari angka 0 dan mendapatkan konten yang viral seringkali membutuhkan ratusan bahkan ribuan kali percobaan.

Ingatlah bahwa tidak ada hal yang instan, hal ini juga berlaku untuk strategi social media marketing. Jika anda konsisten untuk membuat dan menyebarkan konten yang bagus dan menarik secara berkala maka cepat atau lambat kesuksesan akan menghampiri anda.

 

5. Gunakan Hashtag

Hashtag merupakan faktor penting dalam meningkatkan visibility posting anda di social media. Dengan menggunakan Hashtag posting social media anda akan muncul disaat seseorang melakukan pencarian untuk hashtag tersebut. Menggunakan hashtag secara bijak oleh karena itu menjadi sangat penting, anda ingin orang-orang yang mencari topik yang relevan dapat melihat posting anda tetapi disisi lain anda juga tidak ingin merusak reputasi anda dengan menggunakan hashtag yang terlalu banyak atau tidak relevan dengan topik anda.

Beri waktu untuk melalukan riset apa hashtag yang tepat dan pastikan hashtag tersebut sesuai dengan audience serta konten anda jika anda serius untuk berhasil dalam melakukan social media marketing.

Demikian 5 strategi social media marketing dari master internet marketing, Jason Stone yang telah membesarkan Millionaire Mentor.

Bagaimana menurut anda? apa lagi strategi social media marketing yang penting untuk dilakukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here