Beranda Mengembangkan Bisnis 5 Cara Mengembang Bisnis Dengan Scale Up

5 Cara Mengembang Bisnis Dengan Scale Up

425
0
scale up startup, mengembangkan bisnis
image credit : pexels.com

Bagaimana cara mengembangkan bisnis dengan scale up? Bagi kebanyakan pengusaha pemula hal ini menjadi salah satu pertanyaan yang mendasar. Scale up tidak hanya penting untuk mengembangkan bisnis ke tingkat yang lebih tinggi, mengembangkan bisnis dengan scale up juga berarti melipatgandakan pendapatan bisnis tanpa mengorbankan waktu pribadi anda.

Ada dua hal yang diinginkan oleh semua pengusaha, entrepeneur dan pemilik UKM. Lebih banyak uang dan lebih banyak waktu luang. Tidak sulit mencari alasan mengapa kita menginginkan lebih banyak waktu luang. Kita menginginkan lebih banyak waktu luang karena seorang pengusaha juga membutuhkan waktu untuk keluarga, diri sendiri, dan terkadang untuk bersenang-senang.

Disisi lain, seorang pengusaha juga menginginkan uang yang lebih banyak untuk dibelanjakan, diinvestasikan, membayar karyawan atau untuk mengembangkan bisnisnya. Mempunyai uang yang lebih banyak seringkali menjadi tujuan utama dari seorang pengusaha.

Namun obsesi untuk mendapatkan uang lebih banyak tersebut seringkali mendorong seorang pengusaha untuk mengorbankan waktunya lebih banyak dan melakukan lebih banyak hal sendiri. Pendekatan tersebut tidak sepenuhnya salah, tetapi disisi lain jika anda terus mengorbankan waktu untuk menghasilkan lebih banyak uang maka tinggal menunggu waktu untuk penurunan kesehatan anda, keletihan, dan bahkan retaknya hubungan dengan orang-orang terdekat anda.

Walaupun begitu terdapat jalan lain untuk mendapatkan uang lebih banyak tanpa harus mengorbankan waktu anda. Jalan tersebut adalah mengembangkan bisnis dengan scale up dan membangun sistem yang tepat.

 

1. Bentuk Tim Terbaik

Salah satu prinsip utama dari mengembangkan bisnis dengan scale up adalah bentuk tim terbaik yang bisa anda dapatkan. Perlu anda akui bahwa anda tidak dapat melakukan semua hal sendirian, terdapat beberapa hal yang lebih baik dikerjakan oleh orang lain yang mempunyai keahlian lebih tinggi dibandingkan anda.

Dengan membentuk tim terbaik anda dapat memanfaatkan berbagai keahlian yang terbaik untuk mengembangkan bisnis anda. Hal ini berarti jika anda dapat membentuk tim penjualan yang baik anda dapat meningkatkan penjualan secara signifikan tanpa mengorbankan waktu anda lebih banyak.

 

2. Bangun Personal Brand Anda

Semua bisnis bisa mendapatkan manfaat yang besar dengan membangun personal brand anda sebagai orang yang bisa dipercaya untuk hal tersebut. Hal ini tidak hanya berlaku untuk bisnis-bisnis besar, bisnis kecil juga bisa mendapatkan pelanggan jika anda dapat membangun reputasi anda sebagai ahli di bidang tersebut.

Ambil contoh sederhana seperti tukang reparasi AC, sebagian besar orang mencari tukang AC dari referensi yang mereka dapatkan dari orang-orang terdekat mereka. Hal ini karena setiap pelanggan lebih nyaman untuk berbisnis dengan orang yang mempunyai reputasi dan dapat direferensikan oleh orang lain.

Besarnya manfaat dari memiliki personal brand yang kuat ini tidak dapat anda lewatkan jika anda ingin mengembangkan bisnis dengan scale up. Untuk membangun personal brand anda, mulailah tampil kedepan pelanggan anda, perkenalkan diri anda sebagai pemilik bisnis dan bangun komunikasi dengan mereka.

Selain itu jika sumbang artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang anda di blog-blog atau dengan menulisnya di blog anda sendiri. Dengan kekonsistenan anda menulis, anda dapat membangun pembaca yang mengetahui siapa anda dan kemudian anda dapat memperkenalkan apa layanan yang bisnis anda berikan.

 

3. Bangun Sistem Yang Baik

Untuk mengembangkan bisnis dengan scale up anda perlu membangun sistem yang baik dalam operasional bisnis anda. Membangun sistem yang baik dalam suatu usaha dapat dilakukan dengan menerapkan kebijakan-kebijakan secara sistematis. Misalnya, dengan membuat standard operating procedure atau SOP, membuat pemberian dan pembatasan wewenang terhadap karyawan, membuat panduan mengenai retur dan penanganan komplain pelanggan.

Sistem bisnis dapat diibaratkan seperti sebuah mesin dalam mobil, dengan mesin yang didesain dengan baik maka mobil dapat berfungsi dengan baik. Begitu juga dengan bisnis, sistem bisnis yang baik akan mendorong kinerja yang baik dari bisnis anda. Selain itu membangun sistem yang baik sangat penting untuk meningkatkan efisiensi dan produktifitas usaha anda. Dengan meningkatkan efisiensi dan produktifitas tersebut, bisnis anda dapat berkembang kearah yang lebih baik.

4. Temukan dan Bangun Jaringan Bisnis

Menurut Ernst & Young, anda dapat “mendorong pertumbuhan perusahaan anda dengan membangun dan mengembangkan hubungan yang penting

Apa artinya? secara sederhana kalimat tersebut berarti, mempunyai koneksi yang penting dapat membantu anda dalam mendorong pertumbuhan bisnis anda.

Mempunyai koneksi yang penting dapat menjadi jalan untuk membuka peluang-peluang baru yang sangat penting dalam mengembangkan bisnis. Jack Ma adalah salah satu contoh nyata dari hal ini. Gagal mencari pendanaan dari Silicon Valley Jack Ma mencari investor lain dengan memanfaatkan jaringan pribadi Joseph Tsai (CFO Alibaba pertama) untuk bertemu dengan Masayoshi Son yang kemudian menjadi investor penting bagi kesuksesan Alibaba.

 

5. Carilah Investor Yang Tepat

Bagaimana caranya untuk mengembangkan bisnis jutaan rupiah menjadi bisnis milyaran rupiah? Salah satu hal yang anda perlukan adalah modal yang cukup untuk mengembangkan bisnis anda.

Sangat sedikit bisnis besar yang dibiayai sendiri” menurut Jeri Harman, founder dan managing partner dari Avante Mezzanine Partner yang mempunyai pengalaman 30 tahun sebagai investor. “Baik untuk menambah tenaga kerja, membeli mesin baru, membuka lokasi baru, atau mengembangkan produk baru, salah satu elemen penting dalam membawa suatu bisnis ke tingkat lebih lanjut adalah mengetahui modal yang diperlukan untuk mendukung pertumbuhan tersebut”.

Dalam mendukung pertumbuhan suatu bisnis selain diperlukan modal yang cukup juga diperlukan investor yang tepat. Modal yang besar dari investor yang salah sama buruknya dengan tidak memiliki modal yang cukup. Jika anda mendapat investor yang salah anda dapat kehilangan fokus bisnis anda atau bahkan kehilangan kontrol perusahaan anda. Oleh karena itu penting untuk memastikan bisnis anda memperoleh investor yang tepat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here