Beranda Entrepreneur Apa itu Mastermind Group dan Manfaatnya Untuk Entrepreneur

Apa itu Mastermind Group dan Manfaatnya Untuk Entrepreneur

458
1
BERBAGI
mastermind group adalah, apa itu mastermind group, manfaat mastermind group
image credit : linkhuman via flickr.com
mastermind group adalah, apa itu mastermind group, manfaat mastermind group
image credit : linkhuman via flickr.com

Apa itu Mastermind Group?

Pertanyaan itu pasti muncul untuk kebanyakan orang, terutama bagi mereka yang belum membaca buku all time bestseller Napoleon Hill, “Think and Grow Rich“. Mastermind Group adalah sekelompok orang yang mempunyai pikiran atau tujuan serupa yang melakukan pertemuan dan diskusi diantara mereka secara reguler.

Figur sukses seperti Benjamin Franklin, J.R.R Tolkien, Henry Ford dan Thomas Alfa Edison adalah contoh dari mereka yang secara reguler melakukan pertemuan dengan orang-orang yang mempunyai tujuan atau pemikiran serupa, untuk membantu satu sama lain mencapai tujuan tersebut dan berkembang. Konsep yang kemudian disebut sebagai “Mastermind Group” oleh Napoleon Hill di Think and Grow Rich.

Pat Flyn adalah contoh lain dari orang yang bergabung dan merasakan manfaat dari Mastermind Group. Pat Flynn saat ini adalah salah satu blogger/podcaster tersukses dunia dengan pendapatan lebih dari US$ 1.500.000 (satu juta lima ratus dolar Amerika Serikat) per tahun (anda bisa membaca kisah suksesnya di Kisah Sukses Pat Flynn Blogger Berpenghasilan Milyaran).

Apa Alasan dan Manfaat Bergabung Dengan Mastermind Group?

#1 Meningkatkan Rasa Bertanggungjawab Untuk Terus Berusaha

Manfaat pertama bergabung dengan Mastermind Group adalah dengan adanya orang-orang lain yang mengetahui tujuan yang ingin anda capai dan apa permasalahannya akan membantu anda bertanggungjawab untuk terus berusaha mencapai tujuan tersebut dan melakukan hal yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah yang anda hadapi.

Manfaat ini sendiri sangatlah besar jika kamu ingin mencapai suatu tujuan, kenapa? karena dengan adanya orang yang mengetahui apa yang seharusnya anda lakukan pada minggu atau bulan ini maka anda akan lebih terdorong untuk melakukannya sehingga dipertemuan selanjutnya anda bisa berbicara tentang hasil yang anda peroleh.

#2 Kolaborasi

Berkumpul dan berdiskusi dengan mereka yang mempunyai tujuan dan pemikiran yang serupa dengan anda membuka peluang untuk saling membantu satu sama lain. Dalam mastermind group anda mungkin dapat menerima bantuan atau memberikan bantuan yang diperlukan oleh anggota lain untuk mengembangkan bisnis mereka. Bahkan bukannya tidak mungkin bisnis yang anda jalankan dengan yang anggota lain jalankan dapat melengkapi satu dengan yang lain dan memberikan nilai tambah yang lebih bagi pelanggan.

#3 Memperluas Network

Mempunyai network yang tepat dan luas sangat membantu dalam kesuksesan bisnis, memperluas network anda adalah manfaat lain yang diberikan oleh Mastermind Group. Seperti pernah dikatakan oleh Jim Rohn “Kamu adalah rata-rata dari 5 orang yang paling sering kamu habiskan waktu bersama“. Perlu diakui terdapat kebenaran dalam kata-kata tersebut, orang disekitar anda sangat penting dan berpengaruh dalam meraih sukses atau jatuh dalam kegagalan.

Jika kamu dikelilingi dan terbiasa bergaul dengan orang-orang yang mempunyai tujuan dan melakukan tindakan nyata untuk menjadi pengusaha, dapat dipastikan kamu akan lebih berani dan bersemangat untuk menjadi seorang pengusaha. Hal ini juga yang menjadi salah satu faktor mengapa startup yang dimulai oleh 2 orang co-founder mempunyai peluang lebih besar untuk sukses dibandingkan 1 orang founder.

Mastermind group adalah cara yang hebat untuk memperluas network anda dan terhubung dengan orang-orang yang sesuai dan dapat membantu anda dalam mencapai tujuan anda. Dalam Mastermind Group anda tidak hanya memperluas network pribadi anda tetapi juga membuka pintu baru dari network yang dimiliki oleh anggota lain dari Mastermind Group. Bisa saja dari network tersebut anda memperoleh kesempatan bisnis baru, solusi baru, pelanggan baru atau bahkan investor baru yang dapat membantu pertumbuhan bisnis anda.

#4 Menambah Pengetahuan

Seperti yang sering dikatakan, pengetahuan adalah kekuatan. Menambah pengetahuan adalah manfaat lain bergabung dengan Mastermind Group.Setiap orang anggota Mastermind Group adalah orang unik yang masing-masing mempunyai pengalaman, pengalaman dan koneksi tersendiri dan unik. Mungkin anda adalah orang dengan banyak pengetahuan dan pengalaman dalam pemasaran tetapi anda perlu bantuan dalam aspek desain. Jika ada anggota lain dalam kelompok anda yang memiliki latar belakang bidang desain, anda dapat membantu mereka dengan pemasaran saat mereka membantu anda dengan desain.

#5 Saling Mempromosikan

Jangkauan dan sarana promosi yang tepat membuka banyak peluang, ini adalah salah satu manfaat dari bergabung dengan Mastermind Group. Ketika anda bergabung Mastermind Group, kemungkinan besar anda akan menemukan cara untuk membantu satu sama lain dengan memanfaatkan promosi silang. Semua orang dalam Mastermind Group kemungkinan besar mempunyai akun social media atau bahkan blog. Sehingga Mastermind Group anda bisa saling mempromosikan satu sama lain di social media masing-masing.

#6 Memperkuat Sistem Dukungan

Dalam Mastermind Group anda dan anggota lain akan saling berbagi hambatan dan pengalaman dalam meraih tujuan yang diinginkan. Dengan berdiskusi secara rutin dengan orang-orang yang mempunyai tujuan dan pemikiran yang serupa dalam Mastermind Group anda dapat menerima dukungan yang seringkali dibutuhkan disaat bisnis anda mengalami hambatan atau kegagalan. Terlebih lagi dalam hal bisnis, yang benar-benar memahami bagaimana dinamika dan hambatan yang dihadapi dalam berbisnis adalah mereka yang sedang menjalankan dan membesarkan bisnis.

#7 Mendapatkan Saran dan Masukan Untuk Berkembang

Dalam Mastermind Group yang efektif, setiap orang diberikan kesempatan untuk membagikan cerita dan hambatan yang dialami dalam meraih suatu tujuan yang diharapkan. Disisi lain, orang yang mendengarkan diharapkan untuk memberikan saran dan masukan untuk menyelesaikan hambatan atau masalah yang dihadapi tersebut.

Pat Flynn, blogger sukses yang saya sebutkan sebelumnya merasakan hal ini disaat dia mendapatkan saran untuk membuat buku elektronik (ebook) dan dijual melalui blognya. Dapat dikatakan bahwa saran tersebut adalah salah satu saran terbaik yang pernah diterima oleh Pat, setelah menyelesaikan ebook tersebut Pat Flynn meraih pemasukan yang melebihi penghasilannya sebagai arsitek di Amerika Serikat.

Penutup

Manfaat yang diberikan oleh Mastermind Group sangat penting dalam membantu meraih kesuksesan berbisnis. Memperluas network, membantu mendapatkan solusi, sampai mendapatkan dukungan yang dibutuhkan sangat dibutuhkan jika anda mau meraih sukses dalam bisnis.

Jika anda mempunyai pertanyaan atau ingin mencari Mastermind Group, tinggalkan komentar dibawah blog ini agar orang-orang lain mengetahuinya minat anda. Siapa tau mereka yang membaca komentar anda kemudian mengajak anda bergabung dengan Mastermind Group yang kemudian membantu anda meraih kesuksesan.

 

>

1 KOMENTAR

  1. halo netizen saya masih awam dan perlu banyak belajar tentang bisnis, untuk saat ini saya tertarik dengan bagaimna membuat dan mengedit video di youtube, khususnya tentang dunia pendidikan. terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here