Beranda Entrepreneur 10 Tips Bisnis Sukses Dari Richard Branson

10 Tips Bisnis Sukses Dari Richard Branson

365
0
tips sukses bisnis dari richard branson, tips bisnis richard branson, tips bisnis, tips bisnis sukses
image credit : virgin.com
tips sukses bisnis dari richard branson, tips bisnis richard branson, tips bisnis, tips bisnis sukses
image credit : virgin.com

Richard Branson adalah salah satu entrepreneur sukses yang berhasil membangun bisnis dari nol. Branson berhasil mendirikan dan membesarkan Virgin Group yang membawahi 400 perusahaan yang tersebar di berbagai industri, mulai dari penerbangan, entertainment, perbankan, pusat kebugaran dan masih banyak lagi. Dengan kesuksesannya tersebut Branson adalah sosok yang ideal untuk dipelajari.

Sebagaimana dilansir dari bukunya yang berjudul “Like a Virgin: Secrets They Won’t Teach You at Business Schoolterdapat 10 tips bisnis sukses dari Richard Branson yang sangat penting untuk membangun bisnis yang sukses:

 

#1 Jalankan Bisnis Yang Sesuai Dengan Passion

Tips bisnis sukses dari Richard Branson yang pertama adalah “ikuti dan wujudkan passion kamu dalam bisnis”. Branson mengatakan, “Disaat saya memulai Virgin dari basemen di London Barat, tidak ada rencana besar atau strategi. Saya tidak bekerja untuk membangun kerajaan bisnis. Bagi saya, membangun bisnis adalah mengenai melakukan sesuatu yang dapat dibanggakan, mengumpulkan orang-orang berbakat dan menghasilkan sesuatu yang akan membuat perbedaan nyata di kehidupan orang lain.

Branson juga mengatakan bahwa membangun bisnis adalah sesuatu yang membutuhkan kerja keras, kesabaran dan juga kemampuan untuk bangkit. Melakukan bisnis yang sesuai dengan passion akan sangat membantu dalam menjawab semua tantangan yang dihadapi dalam membangun sebuah bisnis.

 

#2 Jangan Takut Mengambil Risiko

Branson dikenal dengan kegiatannya yang menantang dan keberaniannya dalam mengambil risiko. Hal tersebut tercermin pada bagaimana Branson menjalankan bisnisnya. Branson tidak ragu untuk memulai bisnis yang sama sekali baru diluar dari bisnisnya yang sudah sukses. Virgin Galactic yang didirikan oleh Branson pada tahun 2004 untuk melayani penerbengan luar angkasa sub orbital adalah contoh nyatanya.

“Seorang pemberani mungkin tidak hidup selamanya, tetapi mereka yang berhati-hati tidak hidup sama sekali” adalah kata-kata favorit Branson yang mencerminkan filosofinya. Perlu diakui bahwa setiap bisnis mempunyai risiko dan bersiaplah untuk mengalami rintangan. Tetapi kesuksesan jarang didapatkan dengan jalan menghindari risiko yang diperlukan.

 

#3 Buat Perbedaan Positif dan Lakukan Kebaikan

Membuat perbedaan positif dan melakukan kebaikan adalah tips bisnis sukses dari Richard Branson yang sangat sering diutarakan olehnya pada berbagai kesempatan. Branson sering mengatakan bahwa seorang entrepreneur atau pengusaha harus memiliki gagasan yang membuat perbedaan positif bagi kehidupan orang lain. Dengan kata lain, membangun sebuah bisnis haruslah menyelesaikan masalah orang lain.

Branson juga berpendapat bahwa bisnis yang membuat perbedaan positif memberikan pengaruh baik kepada karyawan perusahaan. Karyawan akan merasa lebih baik dan bangga kepada perusahaan yang benar-benar membuat perbedaan dan melakukan kebaikan kepada orang lain.

 

#4 Bangun Keyakinan pada ide-ide Anda dan jadilah yang terbaik

Branson melihat keyakinan sangat diperlukan untuk membangun bisnis. Anda harus benar-benar meyakini ide bisnis anda, Branson mengatakan bahwa tidak ada gunanya melakukan suatu hal kecuali mereka merasa sangat baik dan bangga terhadap hal tersebut. Bagaimana bisa anda meyakinkan dan menginspirasi orang lain mengenai bisnis anda jika anda sendiri tidak mempunyai keyakinan?

 

#5 Jangan Menyerah

One thing is certain in business. You and everyone around you will make mistakes. – Sir Richard Branson

Pada era merkantilisme eropa, seorang entrepreneur atau pengusaha adalah mereka yang menjelajahi lautan, mencari daratan baru, dan membuka jalur perdagangan baru. Branson mempunyai pendapat bahwa menjadi seorang entrepreneur atau pengusaha tidak jauh berbeda dari menjadi seorang penjelajah.

Terdapat banyak situasi dimana anda merasa terdesak dan anda harus bekerja siang dan malam untuk memastikan anda bisa melewati rintangan yang bisnis anda hadapi. Tidak jarang usaha anda untuk melewati rintangan tersebut gagal atau bahkan menghadapi rintangan yang lebih besar lagi. Tetapi seorang entrepreneur atau pengusaha yang sukses tidak tinggal diam dihadapan kegagalan atau hambatan.Setelah itu anda harus siap untuk menghadapi tantangan lain dan bekerja untuk hal lain.

 

 

#6 Pilih Nama Bisnis Anda Dengan Bijak

Menurut Branson salah satu kunci sukses dari Virgin Group adalah nama dan merek bisnisnya yang unik. Melalui merek “Virgin” Branson ingin mewakili nilai tambah, service yang lebih baik, dan pendekatan yang segar terhadap bisnis. Oleh karena itu memilih nama bisnis secara bijak adalah salah satu tips bisnis sukses dari Richard Branson yang perlu kamu ingat saat memulai bisnis.

Sedikit cerita menarik dibalik nama dan merek “Virgin” yang dipakai oleh Richard Branson berasal dari filosofinya disaat Branson dan rekannya memulai bisnis sebagai seorang “Virgin” dalam memulai bisnis. Branson berpendapat nama tersebut sangatlah menarik karena menarik perhatian, memberikan kesan yang baru dan segar dalam suatu bisnis.

 

#7 Kesempurnaan Tidak Dapat Dicapai

Branson mengatakan bahwa “terdapat bahaya yang melekat dalam membiarkan orang berpikir bahwa mereka telah menyempurnakan sesuatu,”. “Ketika mereka percaya bahwa mereka telah ‘sukses’, kebanyakan orang cenderung untuk bersantai dan beristirahat di pencapaian mereka sementara terdapat orang lain yang bekerja mati-matian untuk lebih baik dalam pekerjaan mereka.”

Untuk alasan ini, Branson tidak pernah memberi orang review yang sempurna 100% atas pekerjaan mereka. Ia percaya bahwa tidak peduli berapapun hebatnya atau cemerlangnya sesuatu, selalu ada ruang untuk perbaikan.

 

#8 Berikan Penawaran dan Pengalaman Yang Berbeda

Seperti yang sering Branson katakan, Virgin tidak akan masuk kedalam suatu bisnis baru kecuali kami percaya dapat menawarkan sesuatu yang berbeda dari apa yang sudah ada. “Dari bisnis pertama kami, seperti toko musik dan label rekaman kami, sampai bisnis andalan Virgin hari ini, termasuk maskapai penerbangan dan perusahaan wisata luar angkasa kami, kami mempunyai pendekatan pengembangan bisnis yang proaktif dan memanfaatkan kesempatan. Kamu mencari peluang bisnis dimana kami dapat mengejutkan dan menyenangkan pelanggan dengan menawarkan sesuatu yang benar-benar berbeda.”

 

#9 Bersenang-senanglah dan Jaga Tim Anda

A business has to be involving, it has to be fun, and it has to exercise your creative instincts. – Sir Richard Branson

tips bisnis sukses dari Richard Branson yang lain adalah carilah kesenangan dan jaga tim anda. Branson percaya bahwa sangat penting bagi entrepreneur atau pengusaha untuk bersenang-senang dalam membangun bisnisnya dan jika anda tidak mempunyai kesenangan lagi dalam bisnis tersebut, itu mungkin waktunya untuk mencari bisnis lain.

Branson percaya bahwa mempunyai kesenangan dalam menjalankan bisnis memberikan energi yang diperlukan untuk membangun bisnis yang sukses. Hal ini karena kesenangan dalam pekerjaan sangat penting dalam membentuk lingkungan kerja yang nyaman dan positif. Kondisi tersebut merupakan kunci dari membangun bisnis yang peduli terhadap pelanggan, karyawan dan masyarakat.

 

#10 Belajar Untuk Mendelegasikan Pekerjaan Kepada Orang Yang Tepat

Branson berpendapat bahwa salah satu hal awal yang harus anda lakukan sebagai pengusaha adalah mempelajari seni delegasi. Sangat penting untuk menemukan orang yang lebih baik dari anda untuk menjalankan suatu tugas tertentu, dan membebaskan diri untuk berpikir tentang gambaran yang lebih besar dan menghabiskan waktu bersama keluarga anda.

 


Baca Juga :

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here