Beranda Entrepreneur 10 Buku Inspiratif Untuk Entrepreneur Yang Harus Kamu Baca

10 Buku Inspiratif Untuk Entrepreneur Yang Harus Kamu Baca

1980
1
buku inspiratif untuk entrepreneur, buku entrepreneur, buku untuk pengusaha, buku entrepreneur inspiratif
image via : pexels.com

Apa kesamaan dari pengusaha dan entrepreneur paling berpengaruh dan sukses seperti Bill Gates, Elon Musk, Warren Buffet, dan Mark Zuckerberg? Salah satu kesamaan mereka adalah mereka semua mempunyai kebiasaan untuk banyak membaca buku. Kebiasaan membaca buku tersebut adalah salah satu faktor yang membawa Warren Buffet kesuksesan. Membaca buku inspiratif untuk entrepreneur tidak saja dapat memberikan insight, pengetahuan, tetapi juga solusi yang diperlukan untuk membangun bisnis yang sukses.

Perlu diketahui juga bahwa kebiasaan banyak membaca buku tersebut tidak hanya umum di kalangan entrepreneur dan pengusaha paling sukses. Sebuah hasil penelitian Steve Siebold dari mewawancarai 1,200 orang terkaya dunia menunjukkan bahwa mereka mempunyai kebiasaan belajar mandiri dengan membaca banyak buku.

Seperti yang Aristoteles pernah katakan “We are what we repeatly do. Excellence, then is not an act, but a habit”, seorang manusia sangat ditentukan oleh kebiasaannya. Oleh karena itu jika ingin meraih sukses, mengikuti kebiasaan banyak membaca harus dilakukan.  Untuk memaksimalkan efek dari membaca tersebut berikut 10 buku inspiratif untuk entrepreneur yang harus kamu baca.

 

1. Think and Grow Rich (1937)

oleh Napoleon Hill

Think and Grow Rich adalah buku tertua kedua dari buku-buku lain di daftar buku inspiratif untuk entrepreneur ini tetapi manfaat yang diberikannya tidak hilang oleh waktu. Buku ini dapat dikatakan sebagai “leluhur dari semua buku inspirasi dan motivasi mandiri.” Think and Grow Rich  adalah salah satu buku pertama yang dengan berani menanyakan “Apa rahasia untuk mencapai kesuksesan?”.

Napoleon Hill, setelah mendapatkan inspirasi dari Andrew Carnegie (salah satu orang terkaya dalam sejarah) mendedikasikan 25 tahun untuk mencari tahu apa rahasia dari kesuksesan. Setelah mewawancarai lebih dari 500 orang paling kaya atau berpengaruh pada saat itu, ia menemukan rahasia dari pencapaian kesuksesan.

Dalam buku Think and Grow Rich, Napoleon Hill menjelaskan 13 prinsip-prinsip pencapaian tujuan yang universal melalui cerita-cerita dari orang-orang sukses yang secara sadar atau tidak menggunakan prinsip-prinsip tersebut. Think and Grow Rich adalah salah satu buku bisnis terlaris sepanjang sejarah.

 

 

2. How to Win Friends and Influence People (1936)

oleh  Dale Carnegie

Warren Buffet pernah mengatakan bahwa ada dua buku yang merubah hidupnya. Buku How to Win Friends and Influence People adalah salah satunya (yang kedua adalah buku investasi klasik berjudul “The Intellegent Investor“). Setelah membaca buku ini, Warren Buffet mengikuti kelas public speaking dari Dale Carnegie yang diakuinya sangat penting baginya.

Dalam buku ini Dale Carnegie memberikan petunjuk dan penjelasan dalam bagaimana menangani orang, memenangkan teman, membawa orang untuk mengikuti cara berpikir anda, menjadi seorang pemimpin besar, dan mengatur kehidupan rumah tangga yang berhasil.

How to Win Friends and Influence People dianggap sebagai “buku klasik untuk komunikasi dan networking”.  Buku ini juga merupakan salah satu buku bisnis terlaris dengan penjualan lebih dari 30 juta kopi dan masuk dalam jajaran 100 buku paling berpengaruh dari majalah Time.

 

3. Good to Great : Why Some Companies Make the Leap and Others Don’t (2001) 

oleh Jim Collins

Dalam buku Good to Great, Jim Collins menjelaskan hasil penelitian dan wawancaranya yang dilakukan oleh timnya pada tahun 90an. Collins memilih beberapa perusahaan yang rata-rata mempunyai imbal hasil saham 7 kali dari indeks pasar saham selama 15 tahun.

Dia kemudian membandingkan perusahaan yang hebat tersebut dengan perusahaan lain yang hampir mencapai kesuksesan luar biasa tapi tidak pernah mencapainya. Dalam buku ini Collins memberikan pelajaran mengenai hal-hal penting yang harus dimiliki oleh perusahaan yang hebat seperti karakteristik pemimpin dan konsep-konsep lainnya.

 

4. $100 Startup 

oleh Chris Guillebeau

$100 Startup menceritakan tentang entrepreneur yang berhasil membangun bisnis dengan penghasilan lebih dari $ 50,000 pertahun (Rp. 650 juta) dengan jumlah investasi yang minim (dalam banyak kasus $100/Rp 1.3 juta atau kurang). Buku ini akan memberikan motivasi bagi anda yang mempunyai alasan tidak memulai bisnis karena kekurangan modal.

 

 

5. The Lean Startup

oleh Eric Ries

Sebagian besar startup berakhir dengan kegagalan. Kegagalan dalam Silicon Valley dilihat sebagai suatu proses belajar yang diperlukan. Tetapi menurut Eric, dalam banyak kasus kegagalan tersebut bisa dicegah dengan mengurangi ketidakpastian yang ada dalam startup.

Lean Startup mengedepankan penggunaan modal secara efisien dan kretifitas sumber daya manusia untuk membangun startup yang meraih kesuksesan. Lean Startup melawan pendekatan pengembangan produk/perusahaan yang berorientasi kepada produk dan bukan kepada permintaan pasar.  Metode Lean Startup 

Terkait : Metode Lean Startup

 

6. The Swordless Samurai

oleh Masao Kitami

Walaupun bukan buku bisnis dan lebih kepada buku sejarah, the Swordless Samurai memberikan pelajaran kepemimpinan, pemecahan masalah, negosiasi dan berpikir kritis yang sangat penting untuk keberhasilan bisnis.

The Swordless Samurai menceritakan bagaimana seorang Toyotomi Hideyoshi, anak petani yang tidak mempunyai uang, latar belakang, koneksi dan bahkan fisik sebagai seorang samurai mengalahkan saingan-saingannya dan menjadi Shogun atau pemimpin pemerintahan Jepang.

Selain memberikan pelajaran yang berharga buku ini juga memberikan motivasi kepada entrepreneur bahwa dengan kreativitas dan ketekunan seseorang bisa mencapai kesuksesan yang luar biasa tanpa latar belakang yang mendukung.

 

7. The Innovator Dillema

oleh Clayton M Christensen

Jeff Bezos CEO dan Founder Amazon.com mewajibkan buku ini untuk dibaca oleh manajemen perusahaannya. “The Innovator Dillema” adalah salah satu buku bisnis yang paling berpengaruh. Hal tersebut tercermin dari ulasan beberapa figur pemimpin bisnis dibawah ini.

Steve Blank, mantan serial entrepreneur (4 perusahaan IPO) yang kini mengajar di UC Berkeley dan sekolah lainnya, mengatakan buku ini:

Mengapa perusahaan besar tampak dan bertindak seperti dinosaurus? Christensen akhirnya mampu mendiagnosa mengapa dan apa solusinya. Pengusaha harus membaca buku ini sebagai “buku panduan” untuk mengalahkan perusahaan besar di pasar mereka sendiri.

Chris Dixon, investor di Andreessen Horowitz dan mantan pendiri dan CEO Hunch, mencatat:

“The Innovator Dilema” mempopulerkan frase “distruptive technology” tapi ada lebih banyak ide yang diuraikan dibuku ini. Contohnya wawasan ke dalam “dinamika” (perubahan dari waktu ke waktu) di suatu pasar.

 

8. Awaken The Giant Within

oleh Anthony Robbins

 

Tidak dapat dipungkiri bahwa Anthony Robbins telah meraih kesuksesan besar. Selain telah menghasilkan jutaan dolar dari bisnis bisnisnya sebagai seorang pembicara, konsultan, dan pelatih pengembangan pribadi, Anthony Robbins mempunyai jaringan yang luar biasa. Mulai dari atlet, pemimpin bank dan perusahaan investasi multinasional, bahkan presiden Amerika Serikat.

Dalam buku ini, Robbins menjelaskan sistem dia pakai untuk mencapai kesuksesan tersebut terlepas dari latar belakangnya yang miskin. Prinsip-prinsip yang Robbins jelaskan adalah prinsip dasar yang dapat dipakai dalam semua aspek kehidupan mulai dari membuat perubahan fisik, emosi, hubungan dan keuangan.

Dalam buku ini anda akan memahami pentingnya membuat keputusan, menetapkan tujuan, membangun kebiasaan dan konsistensi untuk mencapai kesuksesan yang ingin anda capai.

 

9. Elon Musk: Tesla, SpaceX, and the Quest for a Fantastic Future

oleh Ashlee Vance

Buku ini menceritakan bagaimana visi dan perjalanan Elon Musk, entrepreneur dan inovator dibalik SpaceX, Tesla dan SolarCity. Mulai dari awal hidupnya yang penuh gejolak di Afrika Selatan, berimigrasi ke Kanada dan akhirnya ke Amerika Serikat untuk ikut serta dalam inovasi teknologi yang tengah meledak saat itu. Setelah meraih kesuksesan dengan menjual perusahaan ke eBay dan mendapat ratusan juta dollar, Elon Musk tidak berhenti dan mendirikan 3 perusahaan baru untuk menemukan solusi bagi permasalahan yang lebih besar.

 

 10. Losing My Virginity: How I Survived, Had Fun, and Made a Fortune Doing Business My Way

oleh Richard Branson

Richard Branson adalah salah satu entrepreneur sukses yang paling populer dengan kisah yang penuh dengan inspirasi. Branson merupakan contoh klasik dari miskin menjadi kaya yang luar biasa, berawal dari masa kecil yang sulit,  memulai bisnis kecil sejak sekolah sampai akhirnya menjadi konglomerat global.

Pendekatan Branson terhadap manajemen, inovasi, dan dedikasinya terhadap entrepreneurship mempunyai ciri khas tersendiri dan penuh dengan nilai moral. Sebagai sebuah buku otobiografi, buku ini tidak hanya menceritakan kisah yang luar biasa dari Branson tetapi juga pelajaran bagaimana menjadi seorang entrepreneur sukses.

 

Extra (Fiksi) : The Alchemist oleh Paulo Coelho

The Alchemist bukanlah buku bisnis atau kewirausahaan. The Alchemist adalah novel yang menceritakan kisah anak laki-laki mengejar mimpinya. Dalam perjalan mengejar mimpinya tersebut dia memperoleh banyak pelajaran dan apa arti untuk menentukan tujuan dan apa sebenernya kesuksesan tersebut. Walaupun bukan sebuah buku bisnis atau kewirausahaan, tetapi novel ini dapat memberikan inspirasi dan pengajaran yang berharga bagi anda.

1 KOMENTAR

  1. Jika ingin membaca versi terjemahan bahasa Indonesia, Think and Grow Rich sudah bisa didapatkan. Diterbitkan oleh MIC Publishing, buku yang bagus, walau ditulis 80 tahun yang lalu, tapi bahasannya masih cocok dengan kondisi sekarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here