Beranda Entrepreneur 7 Karakter Entrepreneur Sukses Yang Dapat Kita Contoh

7 Karakter Entrepreneur Sukses Yang Dapat Kita Contoh

590
0
karakteristik entrepreneur sukses, berani mengejar ambisi karakter entrepreneur sukses
image credit : pexels.com

Apa peran karakter kesuksesan entrepreneur?

Tidak dapat dipungkiri jika kesuksesan beberapa #entrepreneur legendaris seperti Bill Gates dan Steve Jobs tidak terlepas dari keadaan, kesempatan dan bakat yang mereka punya. Tanpa akses menggunakan komputer pada usia muda di masa komputer sulit ditemukan, Bill Gates mungkin tidak akan menjadi pendiri Microsoft.

Tetapi jika melihat Richard Branson, pendiri Virgin Group yang menjadi entrepreneur sukses tanpa keadaan dan kesempatan langka seperti Bill Gates dan tidak mempunyai bakat seperti Steve Jobs, tidak dapat dipungkiri bahwa terdapat peran karakter dalam kesuksesan seorang entrepreneur.

Peran karakter dalam kesuksesan entrepreneur juga diperkuat dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Hao Zhao dari University of Illinois dan Scott E. Seibert dari Melbourne Business School yang menunjukkan bahwa entrepreneur mempunyai nilai keterbukaan terhadap pengalaman (keingintahuan dan inovasi) dan kesadaran diri  (kedisiplinan dan motivasi)  yang lebih tinggi daripada seorang eksekutif perusahaan (manager).

Maka dari itu mempelajari karakter entrepreneur sukses dapat memberikan kita kesempatan dan kemungkinan yang lebih besar dalam mencapai kesuksesan sebagai entrepreneur. Dari hasil penelusuran dan penelitan terhadap entrepreneur sukses berikut 7 karakter entrepreneur sukses yang dapat kita contoh:

 

1. Didorong oleh Ambisi Bukan Oleh Rasa Takut Akan Kegagalan

Dalam setiap karakter entrepreneur sukses terdapat ambisi yang mendorong entrepreneur tersebut untuk mewujudkan visi dan tujuan mereka. Walaupun dalam mewujudkan visi dan misi tersebut dihalangi oleh banyak ketidakpastian dan hambatan, seorang entrepreneur yang sukses tidak menjadikan rasa takut akan kegagalan menghalangi ambisi mereka.

Jeff Bezos, pendiri dari raksasa E-Commerce global Amazon.com adalah contoh entrepreneur sukses yang menjadikan ambisi sebagai dorongan utama dan bukannya rasa takut kegagalan sebagai penghalang. Pada saat Jeff Bezos keluar dari pekerjaannya dan mendirikan Amazon.com, dia sudah berkeluarga dan mempunyai karir yang sangat sukses sebagai Wakil Direktur di Bank Investasi di Wall Street dengan gaji besar. Jika dia menjadikan rasa takut kegagalan sebagai pendorong maka Amazon.com tidak akan pernah ada saat ini.

karakterist entrepreneur sukses, karakter entrepreneur sukses jeff bezos
image via quotesgram.com

 

2. Kegigihan Dalam Menghadapi Suatu Hambatan

Perjalanan sebagai seorang entrepreneur penuh dengan hambatan mulai dari yang sulit maupun yang mudah diselesaikan. Entrepreneur sukses membedakan dirinya dari orang kebanyakan dengan cara mereka menghadapi hambatan yang sulit tersebut. Dimana kebanyakan orang menyerah untuk menyelesaikan hambatan yang tampaknya tidak dapat diselesaikan tersebut, mereka yang menjadi entrepreneur sukses dengan gigih terus mencari solusi untuk menyelesaikannya.

Kegigihan dalam terus mencoba mencari solusi tersebut adalah salah satu faktor utama keberhasilan Alibaba.com yang didirikan oleh Jack Ma. Dimana Alibaba.com pada tahun 2000 nyaris bangkrut karena tidak mempunyai pendapatan yang cukup untuk menutupi pengeluarannya sehingga membutuhkan investor baru.

Pada tahun 2000, pendanaan startup internet sedang dalam kondisi yang buruk karena pecahnya gelembung ekonomi dotcom yang berujung kepada banyaknya perusahaan internet yang bangkrut. Jack Ma menghadapi banyak penolakan dari investor di Silicon Valley untuk berinvestasi di Alibaba.com dan dipandang skeptis.  Karena kegigihannya dia akhirnya berhasil mendapatkan pendanaan dari Softbank dan Goldman Sach.

karakteristik entrepreneur sukses, karakter entrepreneur sukses jack ma
image via addicted2success.com

 

3. Mempunyai Keinginan Belajar Yang Besar

Mayoritas entrepreneur yang sukses saat memulai bisnis pertamanya tidak mengetahui semuanya tentang bisnis tersebut. Namun seiring dengan perkembangan bisnis dan hambatan yang mereka temukan saat menjalankan bisnis tersebut mereka dengan antusiasnya mencari solusi dan belajar mengenai industri yang mereka jalani.

Dari proses pembelajaran yang intensif tersebut seorang entrepreneur kemudian dapat menjadi sukses dengan memanfaatkan pengetahuan yang informasi yang mereka dapatkan. Entrepreneur sukses seperti Bill Gates dan Elon Musk dikenal sebagai pembaca yang rajin sejak kecil. Elon Musk sendiri memulai SpaceX perusahaan roket dan eksplorasi luar angkasanya dengan membaca buku-buku tentang teknologi roket secara intensif.

karakter entrepreneur sukses richard branson, karakter entrepreneur sukses, entrepreneur sukses

 

4. Mempunyai Passion Di Bidangnya

Mencapai kesuksesan dalam berbisnis seringkali meembutuhkan komitmen waktu, investasi, dan pengorbanan yang tidak sedikit. Terlebih setelah melalui berbagai perjuangan dalam mendirikan bisnis tersebut anda masih menghadapi persaingan yang ketat dan dapat gagal sewaktu-waktu.

Dengan semua hal tersebut, akan sangat sulit untuk bisa terus melangkah dan melewati masa-masa sulit tanpa adanya passion yang menjadi pendorong anda. Selain itu, sebagaimana dikutip dari Entrepreneur.com , Jay Friedlander, professor sustainable business yang bekerja dengan entrepreneur di College of the Atlantic dan di Babson College menjelaskan bahwa hampir semua entrepreneur yang dia ketahui percaya bahwa mereka akan mengubah dunia dan selalu ada rasa antusias serta kepercayaan yang kuat yang membantu mereka melewati masa sulit.

Lebih lanjut, menurut para peneliti di University of Maryland, passion adalah bahan utama dalam menumbuhkan bisnis baru yang sukses. Itu alasan pengusaha menginspirasi kita semua dan mempercayai produk yang mereka tawarkan. Dari peran pentingnya passion dalam melewati masa sulit serta untuk menumbuhkan bisnis, tidak dapat diragukan lagi bahwa mempunyai passion di bidangnya adalah salah satu karakteristik entrepreneur sukses yang utama.

steve jobs karakter entrepreneur sukses, percaya diri karakter entrepreneur sukses, karakter entrepreneur sukses

 

5. Mempunyai Kepercayaan Diri Yang Tinggi

Menjadi seorang entrepreneur seringkali berarti menghadapi pandangan skeptis orang-orang  terhadap bisnis anda. Untuk menghadapi pandangan skeptis tersebut seorang entrepreneur membutuhkan kepercayaan diri yang tinggi terhadap ide bisnis dan model bisnis yang dia punya.

Hal ini sangat penting terutama dalam kasus seorang entrepreneur melakukan bisnis yang mengubah kebiasaan industri lama atau melakukan bisnis yang tidak pernah dilakukan orang lain sebelumnya. Contoh dari kepercayaan diri yang tinggi ini dicerminkan oleh Jack Ma dimana saat dia mengumpulkan 18 orang co-founder (termasuk dirinya dan istrinya) semua orang kecuali istrinya mengganggap idenya mendirikan Alibaba.com merupakan ide yang gila dan hanya mimpi.

 

karakteri entrepreneur sukses theodore roosevelt, karakter entrepreneur sukses

 

6. Melakukan Tindakan dan Mengambil Keputusan

Entrepreneur sukses tidak takut melakukan tindakan dan mengambil keputusan yang diperlukan untuk memulai, mengembangkan dan menyelamatkan bisnis mereka. Tanpa melakukan tindakan yang diperlukan, seorang entrepreneur tidak berbeda dengan seorang pemimpi yang hanya bisa berangan-angan untuk bisa menjadi seorang entrepreneur sejati.

Mengambil keputusan yang sulit khususnya sangat penting dalam semua tahap bisnis, baik disaat memulai, mengembangkan atau masa sulit. Tanpa mengambil keputusan yang sulit anda dihadapkan kepada kegagalan, misalnya disaat perusahaan tidak mendapatkan hasil yang diharapkan dari suatu strategi jika tidak mengambil keputusan untuk mengganti strategi atau mengganti karyawan yang bertanggung jawab maka pada akhirnya bisnis anda hanya akan membakar uang untuk hal yang sia-sia.

tony robbin karakter entrepreneur sukses, entrepreneur sukses
image via bestsayingquotes.com

 

7. Bangkit Setiap Menghadapi Kegagalan

Karakteristik entrepreneur sukses yang ketujuh adalah bangkit dari setiap kegagalan yang dia alami. Peneliti dari University of Gothenburg menjelaskan bahwa “mempeljari dari kegagalan adalah karakteristik penting, khususnya untuk entrepreneur dan terdapat banyak kasus mengenai bagaimana kegagalan dan kemampuan untuk membangun kembali bisnis setelah kegagalan telah membentuk entrepreneur sukses”.

Salah satu contoh entrepreneur legendaris yang mempunyai karakteristik ini adalah Thomas Alpha Edison yang terus melakukan eksperimen untuk mencari formula bola lampu yang tepat walau telah mengalami kegagalan terus menurus. Namun, Edison tidak melihat kegagalan sebagai hal yang ditakuti, dia melihat kegagalan sebagai satu langkah maju mendapatkan solusi. Pandangannya terhadap kegagalan tersebut melahirkan kata-kata terkenal Edison sebagai berikut:

Saya tidak gagal, saya hanya menemukan 10.000 jalan yang tidak berhasil” – Thomas Alpha Edison

 

Penutup

Karakter entrepreneur sukses diatas bukanlah suatu hal yang diperoleh dari lahir seperti IQ, tidak ada orang yang begitu lahir langsung mengetahui passion mereka. Namun berbeda dengan kebanyakan orang seorang entrepreneur sukses dapat menemukan passion mereka dan mengasah keahlian mereka.

Beberapa orang memang memiliki bakat lebih untuk membentuk karakteristik entrepreneur sukses, tetapi disisi lain karakteristik tersebut juga bisa dipelajari. Ingatlah bahwa manusia mempunyai kemampuan untuk menentukan nasibnya sendiri dan membentuk karakter mereka dengan tindakan yang mereka lakukan.

Jika anda menjadi entrepreneur sukses mulailah membentuk karakter entrepreneur sukses seperti di atas dari hal-hal yang kecil. Misalnya anda yang mempunyai kepercayaan diri rendah dapat meningkatkan kepercayaan diri dengan membuat daftar kelebihan anda dan mengembangkan kelebihan anda tersebut menjadi hebat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here