Beranda Ide Bisnis Peluang Usaha Kuliner Modal Kecil Dengan Go-Food

Peluang Usaha Kuliner Modal Kecil Dengan Go-Food

2011
1

Apakah anda mempunyai ide bisnis kuliner tapi terkendala modal untuk penyewaan tempat? Jika jawaban anda adalah “Ya” maka anda mungkin perlu mempertimbangkan Go-Food yang merupakan salah satu layanan dari Go-jek sebagai solusinya. Sebagai sebuah layanan transportasi berbasis aplikasi Go-Jek tidak hanya memberikan kemudahan dalam bepergian, Go-jek juga memberikan kemudahan untuk mencari makan dengan Go-Food.

Layanan Go-Food  didukung oleh armada Go-jek yang masif dan basis pengguna yang luar biasa besar. Dari data yang terakhir saya peroleh Go-jek mempunyai 200.000 driver yang tersebar di 14 kota diseluruh Indonesia. Sedangkan jumlah pesanan perhari Go-jek per Juni 2016 telah menembus angka 600.000 pesanan per hari atau mencapai 20 juta pesanan pada bulan Juni.

Selain jumlah yang fantastis tersebut Go-jek juga merupakan pemimpin  pasar transportasi berbasis online dengan jumlah pengguna mencapai 21,6 persen dari total pengguna aplikasi transportasi online. Setelah Go-jek urutan kedua diraih oleh Grab dengan angka pengguna 6,4 persen.B

Dengan besarnya dukungan armada, basis pengguna yang masif dan posisi pemimpin pasar tersebut tersebut Go-food bisa menjadi solusi untuk memulai usaha dengan modal kecil dengan mengurangi kebutuhan sewa tempat dan karyawan untuk menjaga tempat. Selain itu ekspansi usaha juga lebih mudah karena dengan menggunakan Go-Food anda mengembangkan konsep kuliner yang dikirim atau take out yang jumlah pesanan tidak terikat dengan jumlah tempat makan.

Namun tidak semua peluang usaha kuliner cocok dengan model bisnis tersebut, dan ada peluang usaha kuliner modal kecil yang lebih cocok dengan model bisnis ini. Berikut 5 peluang usaha kuliner modal kecil yang cocok dijalankan dengan memanfaatkan Go-Food.

1.Bisnis Nasi Bento/Lunch Box

peluang-usaha-kuliner-bento

 

Mudah diantar, memastikan makanan tetap tertata rapi, potensi ruang untuk kreativitas dan nilai tambah yang besar, dengan karakteristik tersebut bisnis kuliner nasi bento/lunch box adalah ide bisnis kuliner yang sangat sesuai dengan konsep pesan antar. Selain itu bergantung dari target pasar anda dan kemasan yang anda berikan anda bisa mengenakan harga yang cukup premium pada bisnis kuliner ini.

Bisnis ini mempunyai target utama pasar karyawan kantoran yang sibuk dan tidak mempunyai waktu cukup untuk menyiapkan makanan sendiri atau tempat kerjanya tidak dekat dengan tempat makan. Atau jika lokasi anda jauh dari perkantoran anda bisa menargetkan pelajar atau mahasiswa sebagai pasar anda.

 

2. Bisnis Mie Aceh

peluang usaha kuliner mie aceh
peluang usaha kuliner mie aceh

Dengan kombinasi bumbu yang lezat dan wangi yang membangkitkan selera, Mie Aceh adalah salah satu makanan yang sangat digemari dan diminati terutama pada saat sore dan malam hari. Namun berbeda dengan baso, mie ayam atau nasi goreng yang dengan mudah ditemukan dan suka berkeliling, tidak ada penjual mie aceh yang keliling. Sehingga anda dapat menghindari kompetisi dari makanan keliling tersebut dan menjadi alternatif dari makanan yang umumnya tersedia tersebut.

 

3. Bisnis Jus, Smoothies, Bubble Drink dan Milkshake

peluang usaha kuliner jus
peluang usaha kuliner jus

Dapat dipastikan jika hampir semua orang menyukai jus, smoothies, bubble drink atau milkshake. Minuman yang menyegarkan tersebut memang memberikan kepuasan dan kegembiraan tersendiri saat meminumnya, terlebih disaat cuaca sedang panas atau sebagai teman untuk makan-makanan yang panas atau berkuah seperti soto, baso, dan mie aceh, semuanya makanan yang sangat digemari di Indonesia.

Dengan permintaan pasar yang tinggi tersebut tidak heran terdapat banyak gerai yang secara khusus menawarkan jus, smoothies, bubble drink dan milkshake secara khusus. Sebagai diferensiasi atau faktor pembeda, anda bisa membuat inovasi rasa yang unik dengan membuat variasi campuran buah dan bahan lainnya seperti coklat.

 

4. Bisnis Pempek dan Dimsum

peluang usaha kuliner pempek
peluang usaha kuliner pempek

Pempek dan Dimsum adalah salah satu makanan selingan yang selain mempunyai rasa enak juga dikenal secara luas oleh masyarakat Indonesia. Namun walaupun dikenal secara luas, pempek dan dimsum relatif lebih sulit ditemukan jika dibandingkan dengan nasi goreng, mie ayam, baso, dan soto. Selain itu pempek dan dimsum yang banyak terdapat dipasaran tidak mempunyai suatu differensiasi yang kuat, berbeda dengan baso yang sudah mempunyai banyak varian dengan membuat ukuran baso yang besar atau dengan isi baso yang unik. Dengan demikian terdapat peluang bagi anda yang bisa membuat kreasi pempek dan dimsum dengan ukuran yang besar atau isi yang unik.

 

5. Bisnis Donat

peluang usaha kuliner donat
peluang usaha kuliner donat

Donat sangat populer sebagai makanan manis pendamping kopi ataupun sebagai cemilan disaat bersantai dan berkumpul dengan teman ataupun keluarga. Donat juga dapat menjadi pilihan yang tepat sebagai makanan untuk dibawa saat berkunjung kerumah saudara dan teman anda.

Bahan dasar untuk membuat donat juga sangatlah murah, jika diperhitungkan setiap donat yang dijual dapat memberikan profit margin sebesar 80% dari bahan dasar. Namun permasalahannya adalah untuk meraih omzet yang signifikan dibutuhkan penjualan dalam volume yang cukup besar. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan penjualan secara lusinan atau untuk suatu acara khusus. Dengan potensi keuntungan yang besar tersebut dan masih terbukanya peluang usaha donat khususnya yang dijual dengan harga terjangkau maka bisnis donat patut diperhitungkan

.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here