Beranda Entrepreneur 10 Alasan Mengapa Entrepreneur Itu Hebat

10 Alasan Mengapa Entrepreneur Itu Hebat

312
0
alasan mengapa entrepreneur luar biasa, mengapa menjadi entrepreneur, manfaat menjadi entrepreneur
image credit : stocksnap.io

Setiap entrepreneur atau pengusaha mempunyai alasan sendiri dan unik dalam memulai bisnis. Misalnya Elang Gumilang founder dari Elang Group memulai bisnis properti berawal dari kepeduliannya terhadap kesulitan masyarakat dengan penghasilan rendah seperti buruh pabrik, petani, pedagang dan masyarakat lain yang tidak mempunyai akses pembiayaan perbankan.

Walaupun masing-masing entrepreneur atau pengusaha mempunyai alasan sendiri dalam memulai bisnis, mereka semua sepakat bahwa menjadi seorang entrepreneur atau pengusaha adalah suatu pengalaman yang luar biasa. Selain kesempatan untuk mempunyai pendapatan yang besar, masih banyak alasan lain mengapa menjadi seorang entrepreneur sangat luar biasa. Jika anda belum tertarik untuk menjadi entrepreneur atau pengusaha mungkin artikel ini dapat membuat anda mempertimbangkannya kembali.

1. Meningkatkan Kualitas Kehidupan Orang Lain

Entrepreneur adalah mereka yang memberikan produk atau jasa yang berguna atau memberikan nilai bagi orang lain. Hal tersebut berarti sebagai seorang Entrepreneur anda turut membantu mereka dalam meningkatkan kualitas kehidupan pelanggan anda walaupun hanya sedikit.

Selain meningkatkan kualitas hidup pelanggan anda, Entrepreneur juga mempunyai kesempatan untuk meningkatkan kualitas kehidupan para karyawan yang dipekerjakannya. Dimana anda memberikan mereka penghasilan untuk hidup, pelatihan untuk berkembang dan bahkan kepemimpinan untuk menjadi seorang role model.

2. Bekerja Sesuai Dengan Passion dan Tujuan

Ini adalah salah satu alasan yang paling banyak bagi entrepreneur yang sebelumnya bekerja sebagai karyawan kantoran. Menjadi seorang entrepreneur memberikan kesempatan yang unik untuk melakukan hal yang anda sukai dan mencoba membangun bisnis dari hal tersebut.

Bekerja sesuai dengan passion tidak saja penting untuk mencapai kesuksesan disuatu bidang, tetapi juga untuk hidup yang lebih baik. Bagaimanapun juga waktu yang dihabiskan untuk pekerjaan sangatlah besar, dan akan jauh lebih berarti jika waktu tersebut dihabiskan untuk hal-hal yang kamu sukai.

3. Mewujudkan Ide Menjadi Kenyataan 

Apakah kamu mempunyai banyak ide yang dapat memberikan dampak positif bagi orang lain? jika ya maka salah satu jalan mewujudkan ide tersebut adalah dengan menjadi seorang Entrepreneur. Entrepreneur adalah mereka yang sanggup merubah ide menjadi sebuah kenyataan, terlepas dari apakah mereka mempunyai modal atau pengetahuan yang cukup untuk mewujudkan hal tersebut.

Jack Ma founder dari Alibaba Group adalah contoh nyata dari hal tersebut, walaupun dia tidak mempunyai modal ataupun pendidikan yang mendukung untuk membangun ecommerce kelas dunia, dengan semangat dan kegigihannya sebagai seorang entrepreneur dia sanggup mewujudkan idenya untuk website ecommerce yang membawa bisnis dan produk dari Cina ke dunia menjadi sebuah kenyataan.

4. Selalu Mendapatkan Tantangan Baru

Membangun dan mengembangkan bisnis tidaklah mudah, dapat dipastikan akan ada banyak hambatan dan tantangan yang muncul. Mulai dari masalah pendanaan, gangguan operasional, persaingan pasar, sampai masalah manajemen seperti bagaimana mengatur karyawan secara efektif, dan masih banyak tantangan lain yang perlu dijawab oleh seorang entrepreneur. Menghadapi hal tersebut, entrepreneur tidak akan pernah kekurangan tantangan dan dapat dipastikan anda tidak akan pernah merasa bosan jika menjadi seorang entrepreneur.

5. Mencapai Kebebasan Finansial

Mencapai kebebasan finansial adalah mimpi bagi kebanyakan orang. Tetapi mimpi tersebut sangat sulit untuk diraih oleh kebanyakan orang, terlebih setelah berbagai krisis ekonomi global semakin banyak mereka yang bahkan berisiko tidak mempunyai cukup uang untuk masa pensiun.

Entrepreneur disisi lain dapat mencapai kebebasan finansial jauh lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang menjadi karyawan. Dengan membangun bisnis yang sehat, Entrepreneur tetap dapat menghasilkan uang walaupun mereka tidak banyak terlibat lagi didalam bisnis  yang sebelumnya mereka bangun. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa menjadi entrepreneur itu sangat luar biasa.

6. Mendapatkan Penghargaan Yang Pantas Atas Pekerjaan Yang Dilakukan

Menjadi seorang Entrepreneur berarti mengambil tanggung jawab penuh atas pekerjaan yang anda lakukan. Dengan menjadi entrepreneur anda tidak saja mengatur gaji anda sendiri sesuai dengan performa yang anda lakukan, hal tersebut berbeda dengan menjadi seorang karyawan yang bisa saja walaupun kamu melakukan semuanya untuk perusahaan tersebut tetapi pada akhirnya perusahaan tersebut tidak mengingat jasa yang telah anda berikan. Selain itu, dengan menjadi entrepreneur anda juga bisa memperoleh penghargaan dari pelanggan anda berupa apresiasi terhadap layanan atau produk anda yang memuaskan.

7. Mendapatkan Pengalaman Yang Luar Biasa

Dibalik tantangan dan hambatan yang anda hadapi dengan menjadi seorang entrepreneur terdapat banyak cerita dan pengalaman yang akan anda alami. Mulai dari bagaimana anda merintis usaha dengan modal pas-pasan, memperoleh pelanggan pertama, bagaimana anda mengembangkan bisnis menjadi besar, bertemu dengan orang-orang lain yang mempunyai pemikiran dan visi yang juga tidak kalah besar adalah hal-hal yang dapat anda alami dengan menjadi seorang entrepreneur.

Jika anda kemudian telah mencapai kesuksesan sebagai entrepreneur, anda juga akan merasakah perasaan puas yang luar biasa. Dimana pada titik tersebut anda bisa merasa bangga kepada diri anda sendiri telah berhasil melewati semua hambatan dan tantangan yang tidak terhitung jumlahnya.

8. Mempunyai Kebebasan Untuk  Berkreasi

Berbeda dengan pegawai kantoran yang terikat kepada kebijakan perusahaan atau atasan anda. Menjadi seorang entrepreneur memberikan anda kebebasan lebih untuk berkreasi dalam banyak hal. Mulai dari mendesain tempat kerja anda sendiri, bagaimana anda mempresentasikan diri anda, sampai hal kecil seperti bagaimana anda berpakaian untuk bekerja. Semua hal tersebut dapat anda atur sendiri jika anda menjadi seorang entrepreneur.

9. Memberikan Inspirasi Untuk Banyak Orang

Dengan banyaknya pengalaman dan cerita yang anda peroleh dengan menjadi entrepreneur, ditambah banyaknya hambatan dan tantangan yang anda lewati, cerita hidup sebagai entrepreneur seringkali dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang lain yang ingin meraih kesuksesan dan membutuhkan keberanian untuk memulai.

Hampir semua orang terinspirasi oleh cerita Jack Ma yang memulai bisnis walaupun tidak mempunyai modal, pendidikan dan pengetahuan yang sesuai bahkan hampir semua orang meremehkannya sebelum dia mencapai sukses. Begitu juga dengan cerita Muhammad Baedowy  yang keluar dari pekerjaannya sebagai auditor perusahaan multinasional untuk menjadi entrepreneur, yang memberikan inspirasi. Anda juga bisa membuat cerita anda sendiri yang memberikan inspirasi seperti itu dengan menjadi seorang entrepreneur.

10. Memberikan Kontribusi Yang Besar Kepada Masyarakat

Entrepreneur memberikan pengaruh dan kontribusi yang besar kepada masyarakat dan negara. Bisnis yang dibangun oleh seorang entrepreneur memberikan lapangan pekerjaan bagi orang lain, memberikan pemasukan kepada negara berupa pajak, mendorong inovasi dan implementasi teknologi baru, sampai mendorong pertumbuhan ekonomi negara.

Selain itu dengan menjadi seorang entrepreneur sukses anda kemudian mempunyai kesempatan untuk memberikan kembali kepada masyarakat hal-hal yang anda yang anda peroleh dengan menjadi entrepreneur. Misalnya, anda dapat membagikan pengalaman dan pengetahuan anda dengan menjadi seorang pembicara dan pelatih bagi entrepreneur muda yang membutuhkan saran dan pengalaman anda. Anda juga bisa menjadi seorang filantropi yang mendorong perubahan positif dimasyarakat dengan mendermakan harta yang anda peroleh dari bisnis anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here