Beranda Ide Bisnis 7 Peluang Usaha Untuk Kota Kecil dan Desa Yang Menguntungkan

7 Peluang Usaha Untuk Kota Kecil dan Desa Yang Menguntungkan

4753
0
BERBAGI
peluang usaha untuk kota kecil dan desa, peluang usaha kota kecil, ide bisnis kota kecil, ide bisnis kota kecil, ide bisnis didesa, ide bisnis desa
image via : pexels.com

Setiap daerah mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri. Hal ini juga berlaku untuk kota kecil dan desa, dimana kota kecil dan desa mempunyai potensi unik yang tidak dimiliki oleh kota besar. Oleh karena itu peluang usaha untuk kota kecil dan desa yang menguntungkan juga berbeda dengan peluang usaha yang ada di kota besar.

Entrepreneur yang tinggal di kota kecil dan desa seringkali bingung mencari peluang usaha untuk kota kecil dan desa yang cocok. Sebenarnya mencari peluang usaha untuk kota kecil dan desa tidak berbeda dengan langkah-langkah menemukan peluang usaha secara umum.

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah carilah apa hal yang anda minati, kemudian lihat apa permasalahan terkait dengan hal apa yang anda minati dan apa solusinya. Solusi yang unik dan belum ditawarkan di kota kecil atau target pasar andalah yang dapat menjadi ide bisnis yang cocok untuk kota kecil dan desa anda. Namun jika anda masih bingung, untuk membantu anda dalam menemukan peluang usaha yang tepat bagi kota kecil dan desa anda, berikut 7 peluang usaha untuk kota kecil dan desa yang mungkin bisa anda coba.

 

1. Usaha Furniture Knockdown

Kota kecil dan desa biasanya relatif dekat dengan bahan baku dan bahan penolong produksi furniture seperti kayu dan kulit. Selain itu biasanya kota kecil dan desa mempunyai biaya sewa tempat dan tenaga kerja yang jauh lebih rendah dibandingkan  dengan kota besar.

Rendahnya biaya ketiga faktor produksi untuk usaha furniture tersebut dapat memberikan peluang untuk usaha furniture yang dipasarkan untuk kota-kota besar atau bahkan global. Kendala utama dari pemasaran furniture adalah biaya transportasi dan pemasaran yang tinggi. Masalah terkait dengan biaya transportasi dapat diakali dengan membuat furniture knockdown (furniture yang dapat dibongkar pasang) yang mudah disimpan dan dipindahkan.

Masalah kedua terkait dengan pemasaran, saat ini telah berkembang situs-situs ecommerce seperti OLX.co.id, Tokopedia, Bukalapak yang dapat membantu dalam pemasaran atau anda juga bisa bermitra dengan Lazada dan Fabelio yang mempunyai banyak pilihan furniture disitusnya. Selain itu jika anda juga bisa mencari mitra-mitra showroom yang dapat membantu pemasaran furniture anda.

Terkait : 7 Bisnis UKM Paling Menguntungkan 

2. Usaha Makanan Olahan

Sebagian besar kota kecil atau desa mempunyai suatu produk makanan yang unik dan berkualitas. Produk makanan yang unik dan mempunyai kualitas tinggi di daerah kota kecil atau desa itulah yang dapat dijadikan bahan dasar untuk bisnis makanan olahan seperti Lapis Talas Bogor Sangkuriang yang memanfaatkan talas Bogor yang terkenal mempunyai kualitas bagus dan mudah ditemukan di Bogor.

Untuk sukses dalam usaha makanan olahan anda harus memikirkan rasa dan daya tahan dari produk makanan olahan yang dihasilkan bisnis anda. Jenis makanan olahan yang dapat dihasilkan tidaklah sebatas jajanan atau untuk oleh-oleh seperti bakpia, Lapis Bogor atau pempek palembang, anda juga bisa mencoba usaha makanan olahan lain seperti makanan beku seperti nugget, bakso, atau sosis.

 

3. Usaha Produk  Kerajinan Tangan/Handmade

Produk kerajinan tangan yang berseni dan berkualitas tinggi mempunyai daya pikat tersendiri untuk konsumen kelas menengah ke atas. Selain memberikan nilai tambah yang tinggi kepada bahan baku yang digunakan (misalnya kain polos yang dijadikan batik tulis), produk kerajinan tangan atau handmade mempunyai peluang besar untuk dipasarkan keluar negeri, terutama negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Eropa.

Peluang produk kerajinan tangan masih sangat terbuka untuk kota kecil dan desa yang biasanya mempunyai variasi bahan baku dan relatif mudah mendapatkan bahan baku yang dibutuhkan dengan harga murah. Salah satu kendala yang perlu dipikirkan dari produk kerajinan tangan adalah bagaimana membuat desain yang menarik, mencari atau melatih pengrajin yang bisa membuat dan pemasaran yang efektif.

Beruntung dengan adanya internet saat ini anda bisa mencari berbagai inspirasi desain yang menarik dari Pinterest dan Etsy. Begitu juga dengan pemasaran yang dapat dilakukan dengan media internet dengan menggunakan situs seperti Alibaba. Untuk masalah pelatihan pengrajin terampil anda bisa mencoba menghubungi dinas usaha kecil dan menegah untuk mendapatkan pelatihan yang dibutuhkan atau mencari lembaga swasta yang memberikan pelatihan tersebut.

Terkait : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Handmade Dalam 4 Langkah

 

4. Usaha Jual Beli dan Reparasi Smartphone 

Saat ini smartphone merupakan barang yang bisa dibeli siapapun, dan masih terbuka peluang besar untuk jual beli dan reparasi smartphone di kota kecil atau bahkan desa. Hal ini karena penduduk di kota kecil dan desa masih cenderung untuk berbelanja secara langsung dibandingkan dengan membeli secara online.

Untuk melengkapi usaha jual beli smartphone, anda juga bisa membuka usaha reparasi smartphone sehingga anda juga bisa memperoleh pendapatan disaat pelanggan anda belum mempunyai uang untuk membeli smartphone baru tetapi ingin memperbaiki smartphone lamanya.

Terkait : 5 Ide Bisnis Bidang Teknologi Modal Kecil Paling Menguntungkan

 

5. Usaha Jasa Perbaikan dan Pembangunan Rumah 

Setiap orang pasti membutuhkan rumah yang berfungsi secara baik. Hal ini  tidak terkecuali bagi penduduk di kota kecil dan desa. Jika anda melihat bahwa jasa perbaikan dan pembangunan rumah yang sudah ada di kota kecil dan desa anda tidak memberikan pelayanan yang terbaik dan anda merasa bisa memberikan lebih maka salah satu peluang usaha untuk kota kecil dan desa yang dapat anda lakukan adalah memberikan jasa perbaikan dan pembangunan rumah.

Selain itu jika kemudian usaha anda sudah berkembang dan tim anda mempunyai pengalaman anda bisa mengembangkan bisnis anda dengan memberikan jasa perbaikan dan pembangunan untuk bangunan usaha seperti ruko dan lain-lain.

 

6. Usaha Katering

Jasa katering selalu dibutuhkan untuk acara-acara spesial seperti kawinan, khitanan, ulang tahun, atau bahkan acara resmi pemerintah maupun swasta. Jika di kota atau desa anda tidak terdapat banyak variasi katering yang ditawarkan anda bisa mencoba usaha katering di kota atau desa anda.

Dalam membuka usaha katering anda tidak memerlukan modal yang besar, untuk bahan baku anda bisa mendapatkan modal dari pembayaran Downpayment pelanggan anda. Tetapi untuk bisa berbisnis katering anda harus sanggup memberikan konsistensi rasa yang enak dan penawaran menu yang unik dibandingkan dengan pesaing anda.

Terkait : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Katering Untuk Pemula

 

7. Usaha Budidaya Ikan Air Tawar

Salah satu kelebihan kota kecil atau desa adalah ketersediaan lahan yang jauh lebih murah dibandingkan dengan di kota. Selain itu biaya tenaga kerja yang juga jauh lebih mudah dapat menjadi kunci untuk sukses bisnis budidaya ikan air tawar yang membutuhkan lahan yang cukup besar dan pekerja yang tidak sedikit.

Bisnis budidaya ikan air tawar juga mempunyai peluang yang besar di masa depan karena persediaan perikanan tawar tangkap saat ini semakin terbatas dan tidak mencukupi permintaan terhadap ikan-ikan air tawar yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

 

Penutup

Memulai bisnis di kota kecil atau desa mempunyai tantangan dan kelebihan tersendiri dibandingkan dengan memulai bisnis di kota besar. Walaupun terdapat kelemahan tetapi dengan memanfaatkan kelebihan tersebut mendirikan bisnis di kota kecil atau desa dapat dilakukan. Bahkan dengan memanfaatkan kelebihan tersebut anda dapat mengalahkan pesaing anda yang berada di kota besar.

Bagaimana menurut anda? apa peluang bisnis yang menurut anda cocok dimulai di kota kecil atau desa? berikan komentar anda untuk artikel ini atau share artikel ini.

 

>

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here